Cari Jasa Pindahan Rumah Murah ? Disini Tempatnya!

Cari Jasa Pindahan Rumah Murah ? Disini Tempatnya!

  • Post author:
  • Post last modified:15 Februari 2021
  • Post category:General

Pindah rumah selalu jadi momen yang menguras tenaga dan bikin stress. Alasannya karena kamu harus mengurus segala sesuatunya sebelum menempati rumah baru. Mulai dari menyortir, mengepak barang-barang, cari jasa pindahan rumah, sampai menata ulang perabotan begitu tiba di rumah baru biar nyaman ditempati. 

Meskipun prosesnya bikin capek, tapi sebagian orang memilih pindah rumah karena beberapa alasan, seperti lingkungan tempat tinggal yang nggak aman, harga sewa terlalu tinggi, hingga pindah tugas ke luar kota. Terlepas dari apapun alasan kamu pindah rumah, mencari layanan cargo pindahan rumah yang tepat adalah suatu kewajiban. Nah supaya persiapan pindah rumah makin lancar, simak ulasan berikut sampai tuntas, yuk!

Bagaimana Mencari Jasa Pindahan Rumah?

Berkat kecanggihan teknologi sekarang ini, kamu bisa mencari jasa pindahan rumah dengan mudah lewat aplikasi ataupun website. Layanan yang  mereka tawarkan pun beragam, dari jasa pindah antar kota, antar pulau, sampai jasa angkut kendaraan. Bahkan, beberapa jasa juga menawarkan layanan packing, lho. 

Semakin lengkap layanan yang mereka tawarkan, maka semakin praktis juga proses pindahan. Sebab kamu nggak perlu cari jasa lain untuk memenuhi semua kebutuhanmu. 

Meskipun ada banyak jasa yang bisa ditemukan secara online, bukan berarti memilih jasa pindahan jauh lebih mudah. Nyatanya, kamu tetap harus selektif dalam memilih jasa pindahan rumah. Apalagi untuk pemula yang baru pertama kali melakukan pindahan. Selain layanannya, tarif juga adalah poin penting yang perlu dipertimbangkan.

Beberapa Alasan Mengapa Harus Pindah Rumah

Seperti yang disinggung di awal tadi, bahwa ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang pindah rumah. Walaupun terkadang enggan untuk pindah dari rumah lama yang terlanjur nyaman untuk ditinggali, tapi ada kalanya kamu harus cari hunian baru karena beberapa hal berikut ini:

1. Lingkungan Sekitar Yang Tidak Mendukung

Disadari ataupun tidak, lingkungan sekitar tempat kamu tinggal punya pengaruh pada gaya hidupmu. Terlebih lagi kalau kamu tinggal di lingkungan yang nggak ada matinya selama 24 jam. Kondisi seperti ini tentunya akan berpengaruh pada kualitas tidurmu. 

Selain itu, faktor geografis di lingkungan sekitar juga sering jadi alasan kenapa banyak orang mencari jasa pindahan rumah. Salah satu contohnya adalah banjir akibat tumpukan sampah ataupun drainase yang nggak berfungsi lagi. 

2. Bertambahnya Anggota Keluarga 

Buat pasangan muda yang baru menikah, tinggal di apartemen ataupun rumah kontrakan minimalis dianggap pilihan pas. Selain harganya lebih murah, hunian minimalis terbilang lebih dari cukup untuk ditinggal dua orang. Namun, ketika memiliki anak pertama, kedua, dan seterusnya, sebaiknya kamu mencari tempat tinggal yang lebih nyaman. 

Begitu pun untuk kamu yang masih single dan tinggal di kamar kos. Sebaiknya saat menikah nanti, pertimbangkan untuk mencari hunian yang lebih besar supaya nyaman ditinggali. Kalau sudah menemukan hunian yang pas, jangan lupa memilih jasa pindahan rumah yang pas juga, ya. 

3. Pindah Karena Pekerjaan 

Alasan lain kenapa kamu perlu cari jasa angkut barang pindahan adalah pindah tempat kerja. Saat pindah tempat kerja ke luar kota, mau nggak mau kamu harus pindah rumah supaya aksesnya lebih mudah dan nggak makan banyak waktu. 

4. Lingkungan Yang Tidak Aman Lagi

Nggak cuma soal kenyamanan, keamanan lingkungan pun bisa jadi alasan mengapa kamu harus cari jasa pindah rumah sesegera mungkin. Walaupun rumah lamamu terasa nyaman, tapi kalau lingkungan sekitar sering terjadi tindak kriminal, sudah selayaknya kamu cari hunian baru. Terlebih lagi kalau kamu sudah punya buah hati. Lingkungan yang sering terjadi tindak kriminal nggak baik buat pergaulan dan keamanan si kecil. 

5. Dapat Hunian Yang Lebih Layak

Kamu juga harus cari jasa angkut barang setelah dapat hunian yang lebih layak. Jika selama ini kamu hidup di kontrakan dan sudah punya tabungan untuk beli rumah baru, nggak ada salahnya untuk pindah ke hunian baru. Dengan pindah ke rumah sendiri, kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk membayar uang sewa. Selain itu, rumah yang kamu beli bisa jadi investasi jangka panjang. 

6. Akses Yang Nggak Mudah

Rumah di lokasi strategis adalah idaman banyak orang. Mungkin juga termasuk kamu. Nggak mengherankan, karena lokasi yang strategis memudahkan kamu untuk mencapai fasilitas umum, seperti sekolah, kantor, rumah sakit, dan masih banyak lagi. Makanya kalau aksesmu nggak lagi mudah, sebaiknya pertimbangkan untuk cari jasa Mover ke hunian baru. 

7. Harga Sewa Terlalu Mahal

Harga sewa rumahmu terlalu mahal? Nggak ada salahnya untuk cari jasa mover dan hunian baru yang harga sewanya lebih murah. Dengan harga sewa yang lebih murah, kamu bisa menyisihkan gaji bulanan untuk keperluan lainnya. Salah satunya untuk menabung. Walaupun begitu, pastikan rumah yang kamu cari tetap berkualitas, ya. 

8. Fasilitas kurang lengkap

Salah satu faktor yang menentukan kenyaman rumah adalah fasilitas yang lengkap. Kalau rumah kontrakan fasilitasnya nggak lengkap, seperti air yang sering macet, lingkungan kotor, sampai lahan parkir yang sempit, mending cari layanan pindahan rumah aja deh. Kamu bisa cari rumah baru yang punya fasilitas memadai dan sesuai dengan kriteriamu. 

9. Habis Masa Kontraknya

Alasan terkuat mengapa orang pindah rumah adalah masa kontrak yang sudah habis. Sebenarnya bisa diperpanjang lagi, tapi kalau kamu sudah merasa bosan dengan lingkungannya, sebaiknya mulai cari rumah baru yang punya harga sewa sesuai budget. Sebelum pergi dari rumah kontrakan lama, pastikan kamu cari cargo pindahan rumah yang sesuai, ya. 

10. Sudah lulus kuliah

Buat kamu si anak rantau yang sudah selesai kuliah, saatnya cari jasa pindahan kost untuk keluar dari tempat kos. Dengan bantuan jasa pindahan, barang-barangmu bisa terangkut sekaligus. 

12 Penyedia Layanan Pindahan Rumah Yang Pas Banget Buat Kamu

Buat kamu yang masih bingung menentukan pilihan jasa pindahan rumah ataupun kantor, berikut ini beberapa review yang bisa kamu pertimbangkan. 

1. PT Indone Kargo Ekspress

Jasa Pindahan Rumah
Jasa Pindahan Rumah PT IKE

Indone kargo ekspress adalah salah satu movers berkualitas di Indonesia. Movers domestik ini menawarkan packing barang-barang, pengangkutan kendaraan bermotor, mobil, pengiriman hewan, dan lain sebagainya. Nggak cuma pindahan rumah, PT Indone Kargo Ekspress bisa kamu andalkan untuk proses pindahan kantor. Selain itu, jasa pindahan rumah ini punya jangkauan yang luas, mulai dari antar kota sampai antar pulau. Layanan yang mereka tawarkan juga terbilang lengkap, yakni cargo darat, cargo udara, cargo laut dengan sistem door to door (DTD), door to port (DTP), port to port (PTP), hingga port to door (PTD). 

Soal tarif dan keamanan, kamu nggak perlu khawatir. Karena PT IKE yang sudah beroperasi selama 15 tahun lebih ini menjamin keamanan barang yang kamu kirimkan. Tarifnya pun cukup terjangkau, jadi tidak usah takut kantong jebol. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang layanan pengiriman dan jangkauan Indone kargo ekspress, kamu bisa menghubungi customer service yang standby selama 24 jam. 

2. Deliveree

Kalau kamu mencari jasa pindahan rumah dengan tarif bersahabat, Deliveree bisa jadi salah satu pilihannya. Deliveree melayani pindahan rumah, pindahan kantor, pindahan kost, hingga apartemen. Dengan jumlah armada mencapai 25.000 armada yang tersebar di Pulau Jawa, sebagian Lombok, Bali, dan Sumatra, kamu bisa menggunakan jasa ini untuk pindahan antar kota dan antar pulau. 

Sayangnya, layanan pindahan rumah Deliveree tidak menyediakan layanan packing barang-barang, sehingga kamu harus meluangkan waktu untuk mengepak semua barang yang ada di rumah. Sementara layanan yang disediakan Deliveree adalah angkat barang dari rumah pindah, memasukkan barang ke armada, pengiriman, sampai bongkar barang di rumah baru. 

3. Gobox by Gojek

Sama seperti jasa pindahan rumah sebelumnya, Gobox Gojek juga menawarkan tarif yang cukup terjangkau. Layanan Gobox sendiri bisa kamu nikmati di 16 wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Bali, Cirebon, Serang, Karawang, hingga Balikpapan. 

Jasa pindahan Gobox bisa kamu sewa dengan jarak tempuh lebih dari 100 km. Armada yang digunakan juga bervariatif, seperti pickup box, pick up bak, engkel bak, dan engkel box. Kamu bisa menggunakan jasa mover Gobox 24/7, sehingga lebih mudah dalam mengagendakan waktu pindah. Gobox bisa kamu pesan secara mudah melalui aplikasi Gojek. 

4. Lala Move

Urusan pindah rumah makin mudah ketika kamu menggunakan jasa pindahan Lalamove. Jasa pengiriman on-demand ini punya jangkauan di pasar Asia, Amerika Serikat, dan Amerika Latin. Kamu bisa menggunakan jasanya dengan cara mudah, yakni cukup dengan satu sentuhan saja. 

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, Lalamove punya beberapa armada yang digunakan untuk mengangkut barang-barangmu. Mulai dari truk, van, hingga mobil pengiriman dengan segala jenis ukuran. Nggak cuma urusan pindah rumah atau kantor, Lalamove menyediakan layanan kurir untuk pengiriman cepat dan digunakan oleh berbagai sektor usaha, seperti restoran, bisnis ritel, sampai e-commerce. 

Jasa mover yang satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang berencana pindah ke luar negeri. Untuk wilayah Asia, Lalamove beroperasi di beberapa kota besar seperti Jakarta, Kuala Lumpur, Manila, Delbi, Pattaya, dan masih banyak lagi. 

5. Raja Pindah 

Raja Pindah punya layanan yang sedikit berbeda dari keempat jasa pindah sebelumnya. Pindahan ini menawarkan Jasa Pindahan, Raja Pengepakan, dan Jasa Penyimpanan Barang. Tak hanya melayani keperluan residensial, Raja Pindah juga bisa kamu gunakan untuk pengiriman dokumen, barang-barang komersil, dan lain sebagainya. 

Raja pindah ini punya jangkauan domestik dan internasional. Jadi, ada banyak daerah yang bisa kamu jangkau dengan jasa Raja Pindah. Soal kredibilitas, kamu nggak perlu khawatir. Karena Raja Pindah sudah lama berkecimpung di dunia logistik dan distribusi. 

Soal tarif, Raja Pindah menghitung harga dengan sistem ukuran meter kubik. Tapi sayangnya, harga tarif pindahan rumah ini belum termasuk biaya weekend charges, bad access di area penjemputan, special handling, dan biaya asuransi. 

6. TheLorry 

Kamu lagi cari penyewaan armada untuk pindahan rumah? Jika iya, TheLorry bisa jadi solusinya. Jasa pindahan rumah ini menyewakan kendaraan van, pickup, dan truk on demand untuk memenuhi kebutuhan kamu selama proses pindah rumah. Selain melayani jasa mover, The Lorry juga melayani pindahan kantor dan jasa angkut barang UKM. 

Sebelum pindahan rumah, kamu bisa mengecek tarif TheLorry secara transparan, dengan cara memilih kendaraan, alamat, dan tanggal pemesanan. Dengan sistem pengecekan tarif semacam ini, kamu bisa tahu berapa banyak anggaran yang dibutuhkan. 

7. Beres  

Jasa pindahan lainnya yang bisa kamu pilih adalah Beres. Kamu bisa menikmati layanan Beres secara online lewat website maupun aplikasinya. Menariknya lagi, kamu bisa request jasa apa yang dibutuhkan dan di mana lokasinya. Sesuai dengan yang kamu butuhkan, jasa Beres akan memberikan penawaran beserta estimasi harganya. 

Soal keamanan barang, Beres memberikan garansi untuk setiap layanan yang diberikan. Dari garansi tersebut kamu bisa mendapatkan service ulang atau jaminan uang kembali kalau nggak puas sama layanan Beres. Selain itu, Beres juga menyediakan asuransi dari kerusakan, pencurian, dan tanggung jawab pihak ketiga. Asuransi yang diberikan jasa Beres berlaku sampai 30 hari sejak pengerjaan jasa. 

8. Cargo Online 

Jasa pindahan rumah yang satu ini cocok untuk kamu yang mau pindah antar kota. Kargo Online punya beberapa armada yang bisa digunakan untuk mengangkut barang-barangmu, seperti colt diesel, pick up, sampai truk engkel. Sayangnya, tarif pindah rumah ini terbilang sedikit mahal, sehingga kurang direkomendasikan untuk kamu yang punya anggaran terbatas. 

9. Dasmover 

Berencana pindah rumah, apartemen, kantor, atau kost? Kamu bisa banget pakai jasa pindahan rumah dari Dasmover. Dengan armada yang memadai dan crew profesional, Dasmover menawarkan pelayanan yang cukup komplit. Mulai dari survey sebelum pindahan, packing, bongkar pasang, pembongkaran & perakitan, pengambilan dan pengantaran barang, pengambilan dan pengiriman barang, removing, loading & unloading, sampai membersihkan ruangan pengambilan dan pengantaran barang. 

Biaya pindahan rumah Dasmover tergantung seberapa banyak barang yang kamu bawa, karena sistem yang digunakan adalah per meter kubik. Kamu bisa tahu estimasi anggaran setelah tim jasa pindah rumah Dasmover melakukan survei. 

10. Saga Mover 

Saga Movers sebenarnya nggak jauh beda dari jasa pindahan rumah lainnya. Yang membedakan antara jasa pindahan yang satu dan yang lainnya hanyalah layanan mereka. Di Saga Movers kamu bisa mendapatkan layanan yang terjamin dari tenaga profesional. Beberapa layanan yang akan kamu dapat dari Dasmover ini adalah layanan packing, reposisi barang, loading & unloading, hingga unpacking barang pindahan. 

Layanan Dasmover lengkap ini tentunya sangat berarti untuk kamu yang nggak punya waktu luang. Karena kamu nggak perlu repot-repot packing barang, nggak perlu ngatur-gatur ulang perabotan di rumah baru, dan yang pasti kamu tinggal terima beres. Sebab itu, Saga Movers bisa jadi pilihan pas untuk pekerja kantoran yang hidup di kota-kota besar. 

11. Mitralogistik 

Layanan Mitralogistik juga bisa kamu pertimbangkan saat berencana pindahan rumah. Mitralogistik punya layanan yang cukup lengkap, seperti Jasa Pengiriman barang via darat, laut, dan udara, Jasa Pindahan, Jasa Kirim Mobil, Jasa Kirim Motor, dan Project Cargo (sewa truk, pengiriman alat berat, sewa gudang).

Jangkauan mitralogistik meliputi sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Mulai dari Medan, Jakarta, Surabaya, Makassar, Bandung, Jogja, Samarinda, dan masih banyak lagi. Untuk estimasi biaya kirimnya sendiri, kamu bisa bertanya-tanya langsung dengan customer service Mitralogistik. 

12. Jasapindahanrumah.id 

Terakhir, ada jasapindahanrumah.id. Meski terbilang masih baru namun Jasa pindahan rumah yang satu ini siap melayani kebutuhan kamu. Mulai dari pindah kantor, pindahan apartemen, gudang, kost, toko, hingga rumah. Nggak cuma itu, jasapindahanrumah.id juga menyediakan layanan packing barang. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot packing sendiri. Menariknya lagi, jasapindahanrumah.id juga melayani pengiriman mobil, motor, dan pengiriman hewan.

Jasapindahanrumah.id punya jangkauan yang luas, dari Sabang sampai Merauke. Sebab itu, jasapindahanrumah.id bisa dibilang pilihan pas untuk kamu yang berencana pindah antar kota atau antar pulau. 

Apasih Keuntungan Menggunakan Jasa Pindah Rumah ? 

Tugas utama dari jasa pindahan rumah adalah mengangkut barang-barang anda dari rumah lama menuju rumah baru. Kehadiran jasa mover terbilang menguntungkan, karena memiliki banyak manfaat. Nah berikut ini beberapa kelebihan menggunakan jasa pindah rumah yang harus kamu tahu:

1. Proses Pindah Jadi Lebih Cepat

Apa jadinya kalau kamu mengangkut semua barang-barangmu sendiri saat pindahan rumah? Yang pasti tenagamu akan terforsir. Itulah mengapa, kamu butuh layanan cargo pindahan rumah supaya proses perpindahan menuju hunian baru bisa lebih cepat. Selain itu, kamu nggak perlu repot-repot packing, loading & unloading barang, ataupun cari armada yang pas kalau menggunakan jasa ini. 

2. Keamanan Barang Lebih Terjamin

Jasa pindahan rumah umumnya punya tenaga profesional yang handal di bidangnya, sehingga keamanan barang-barangmu lebih terjamin. Disamping itu, layanan pindahan rumah juga memberikan garansi dan asuransi untuk setiap barang yang dipindahkan. Jadi, kalau terjadi apa-apa sama barang-barangmu selama proses pemindahan, pihak jasa lah yang akan bertanggung jawab secara penuh. 

3. Pekerjaan Rumah Menjadi Lebih Ringan

Beberapa jasa pindahan rumah menawarkan layanan removing atau penataan barang di tempat tujuan. Kalau kamu pakai layanan pindahan rumah dengan layanan semacam ini, tentu akan sangat menguntungkan. Sebab kamu nggak perlu capek-capek menata ulang perabotan. 

4. Hemat Waktu Dan Tenaga

Dibanding melakukan pindahan sendiri, menggunakan jasa pindahan bisa menghemat waktu dan tenaga. Jumlah crew yang memadai akan membuat proses pengangkutan barang lebih cepat. Kamu pun nggak perlu turun tangan untuk mengangkat barang-barangmu. 

5. Menghemat Anggaran

Benar nggak, sih, kalau jasa pindahan rumah bisa menghemat anggaran? Sebenarnya hal ini kembali lagi pada diri masing-masing. Khususnya terkait jumlah barang dan jarak tempuh menuju rumah baru. Namun, untuk keperluan pindahan hingga antar pulau, layanan pindahan rumah tentu lebih efektif karena kamu bisa memindahkan perabotan dari rumah lama ke rumah baru secara bersamaan. Disamping itu, adanya jaminan keamanan barang dapat meminimalisir resiko yang timbul selama proses pengiriman. 

Cara Memilih Jasa Pindahan yang Tepat

Banyaknya jasa pindahan rumah yang bisa kamu jumpai sekarang ini bukan berarti meringankan beban dalam memilih jasa yang tepat. Supaya proses pindah rumahmu bisa berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa tips dalam memilih layanan pindahan rumah yang bisa kamu ikuti. 

1. Cari Beberapa Referensi 

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kamu mencari beberapa referensi pindahan rumah. Kamu bisa bertanya pada teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa pindah rumah atau mencarinya di internet. 

Karena kebanyakan cargo pindahan rumah menawarkan layanan yang sama, kamu perlu mencari tahu kelebihan dari setiap jasa. Kalau layanan yang mereka tawarkan terasa sudah pas, kamu bisa langsung memesan jasa tersebut via aplikasi ataupun website. 

2. Buat Perbandingan

Setelah mencari referensi dan mengetahui apa saja kelebihan setiap jasa pindah rumah, tahap selanjutnya adalah membuat perbandingan, terutama soal harga dan layanan apa saja yang diperoleh dengan tarif tersebut. Supaya pindah rumah nggak bikin kantong jebol, sebaiknya pilih jasa mover yang punya tarif sesuai dengan anggaranmu. 

Disamping itu, cari tahu juga jangkauan jasa pindah rumah tersebut. Jangan sampai kamu memilih jasa pindahan yang tidak menjangkau tempat tujuanmu. 

3. Cari Tahu Sistem Perhitungan Harganya

Setiap jasa pindahan rumah mempunyai sistem perhitungan harga yang berbeda-beda. Sebaiknya, sebelum menggunakan jasa mereka, tanyakan dulu sistem perhitungan seperti apa yang mereka gunakan. Apakah berdasarkan volume, jarak tempuh, dan lain-lain. Dengan mencari tahu sistem perhitungan yang digunakan, kamu bisa menghitung total biaya yang diperlukan. 

4. Cek Latar Belakang Perusahaan 

Selanjutnya, kamu perlu tahu latar belakang perusahaan tersebut. Kamu bisa mencari informasinya lewat sosial media ataupun website. Supaya lebih yakin, cari tahu juga testimoni dari klien jasa tersebut. Yang nggak kalah penting, pastikan bahwa nomor telepon jasa mover bisa kamu hubungi.

5. Tawar Harganya 

Ternyata banyak jasa pindahan rumah yang membolehkan kliennya untuk menawar harga. Biasanya keistimewaan ini berlaku untuk harga paket pindahan rumah, meliputi tenaga kerja, kardus untuk packing, dan lain sebagainya. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya pada jasa mover, ya. Siapa tahu dapat harga yang murah. 

6. Awasi Proses Pemindahannya

Cargo pindahan rumah memang punya tenaga profesional, tapi nggak ada salahnya untuk mengawasi proses pemindahan barang-barangmu. Kamu juga bisa memberikan panduan pada crew terkait barang mana saja yang harus dipindahkan. 

7. Temani Jasa Pindahan Rumah Saat Survey

Selain hari H, waktu survey juga nggak boleh kamu lewatkan. Biasanya jasa pindahan rumah akan melakukan survey beberapa hari sebelum kepindahan. Saat mereka melakukan survey, tunjukkan barang-barang apa saja yang akan dibawa dengan truk. 

8. Pilih barang yang tepat untuk diangkut ke dalam truk

Hal ini masih berkaitan dengan harga jasa mover. Karena beberapa jasa mematok harga berdasarkan volume, maka pintar-pintarlah dalam memilih barang yang akan dimasukkan ke dalam truk supaya biayanya tidak membengkak. 

9. Packing barang jauh-jauh hari

Sebaiknya lakukan packing barang jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu bisa memilah barang mana saja yang akan dibawa dan mana yang akan ditinggal. Disamping itu, kamu bisa memastikan semua barang terpacking secara baik dan rapi jika dilakukan sejak jauh-jauh hari. 

10. Pilih yang bergaransi dan berasuransi

Terakhir, pilihlah jasa pindahan yang memberikan garansi dan asuransi. Dengan adanya garansi dan asuransi, kamu bisa mendapatkan ganti rugi kalau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan selama proses pindahan. 

Nah itu tadi alasan, review, keunggulan dan tips dalam memilih jasa pindahan rumah yang tepat. Karena ada banyak barang yang harus kamu bawa menuju hunian baru, pastikan kamu menggunakan jasa yang sesuai, ya. Baik dari segi pelayanan, jangkauan, sampai tarifnya. Dengan memilih jasa pindahan yang tepat, proses pindahan bisa terjamin keamanan dan kelancarannya. Selain itu, perhatikan juga akses menuju lokasi rumah barumu. Sebab beberapa jasa pindahan mematok biaya tambahan untuk akses yang sulit ataupun tambahan layanan lainnya.