Jasa Pindahan Rumah – Pindahan yang artinya memindahkan barang ini sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Aktivitas yang satu ini memang sering dilakukan bahkan banyak orang yang senang dengan kegiatan ini apalagi jika yang dituju adalah rumah baru. Aktivitas pindahan artinya memindahkan berbagai barang yang ada di salah satu tempat ke tempat yang lain dan biasanya menggunakan jasa pindahan rumah.

Memang ada beberapa pilihan untuk memilih jasa pindahan atau memilih melakukannya sendiri. Namun, untuk barang dengan jumlah yang cukup besar jika menggunakan kendaraan sendiri pasti sobat IKE akan kesulitan, belum lagi dengan kesibukan masyarakat modern saat ini. Oleh karena itu, banyak yang memilih menggunakan jasa.

Beberapa Alasan Ingin Melakukan Pindah

Sebelum mengetahui berbagai hal tentang jasa pindahan rumah ini sebaiknya sobat IKE mengetahui terlebih dahulu beberapa alasan mengapa banyak orang melakukan pindahan. Ya, yang paling sering menggunakan jasa pindahan ini adalah rumah, kantor, dan juga kos-kosan.

Nomor Telepon / WA Pelayanan Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

Jasa Pindahan Rumah

Pindahan rumah merupakan salah satu aktivitas pindahan yang sering dilakukan oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Banyak alasan bagi masyarakat untuk berpindah dari satu rumah ke rumah yang lain, yaitu sebagai berikut:

1. Mendapat Rezeki Yang Melimpah untuk Membuat Rumah Yang Baru

Alasan yang sering muncul adalah karena memiliki rumah yang baru. Ya, bagi beberapa orang yang dahulunya tidak memiliki rumah yang layak pastinya akan membuat atau membeli rumah yang baru dan lebih bagus ketika memiliki rezeki yang cukup. Memiliki rumah impian memang selalu ada dalam diri manusia sehingga tak jarang apabila banyak yang pindah rumah dengan alasan memiliki rumah baru. Semoga Sobat IKE mudah mendapat rezekinya sehingga bisa membeli rumah impian. Aamiin..

Biasnya yang memiliki pemikiran seperti ini adalah pasangan–pasangan muda yang mana sangat mempertimbangkan ruang gerak yang lebih dinamis dan juga rumah yang modern dibandingkan dengan rumah yang sebelumnya. Oleh karena itu banyak sekali orang yang menggunakan jasa pindahan rumah untuk pindah ke rumah baru yang lebih bagus lagi.

2. Pindah Rumah Agar Lebih Dekat Dengan Tempat Kerja, Orangtua, atau Lainnya

Alasan yang selanjutnya adalah agar lebih dekat dengan tempat kerja. Kini baik itu laki-laki atau pun perempuan semuanya sudah memilih untuk bekerja karena tidak ada lagi diskriminasi gender jadi semuanya dapat menghasilkan uang pendapatan sendiri. Terkadang rumah yang jauh dari kantor membuat biaya transportasi menjadi lebih besar dan rawan telat.

Hal ini yang menjadi alasan banyak orang untuk memilih pindah apalagi jika tinggal pada kota-kota metropolitan yang mana sering kali ada macet dalam perjalanan. Khususnya anak mudah zaman sekarang memilih pindah rumah ke tempat yang lebih dekat dengan kantor sambil menerapkan pola hidup sehat baik dengan berjalan kaki atau naik sepeda ke kantor.

3. Pindah Karena Ikut Dengan Pasangan Yang Sudah Memilik Rumah Sendiri

Khususnya bagi wanita, mengikuti pasangan adalah hal yang umum terjadi. Kini banyak pula laki-laki yang berpikir masa depan sehingga pada usia mudah telah memiliki rumah sendiri. Alhasil pihak perempuan juga harus ikut dengan suami untuk menempati rumahnya. Mungkin bagi wanita yang awalnya mengekos, ikut orang tua, atau bahkan memiliki rumah sendiri lebih memilih pindah.

Pihak perempuan yang sebelumnya memiliki rumah sendiri rela untuk menjual atau menyewakan rumahnya dan memilih pindah bersama dengan suaminya. Untuk barang-barang yang dipindahkan biasanya juga tidak terlalu banyak karena hanya satu orang saja. Jadi penggunaan armada juga lebih kecil dan tidak terlalu besar.

Jasa Pindahan Kos-kosan

Kos sangat laku di Indonesia pasalnya banyak anak-anak dari suatu daerah yang menuntut ilmu ke daerah lain yang lebih berkualitas, banyak pekerja dari daerah ke kota atau sebaliknya yang jauh dari tempat tinggal, dan lainnya. Lalu, apa saja alasan pindah kos? Berikut penjelasannya:

1. Harga Kos-kosan Yang Semakin Tidak Sesuai Dengan Keuangan

Naiknya kebutuhan properti Indonesia ternyata juga menyebabkan naiknya tarif kos pada beberapa tempat. Mungkin sebelumnya kos-kosan menetapkan harga yang murah namun semakin hari mengalami peningkatan apalagi dengan nilai tukar rupiah yang semakin hari semakin naik dan berdampak pada industri properti Indonesia. Namun tak jarang pula yang masih menerapkan harga yang lebih murah.

Oleh karena itu banyak orang memilih pindah kos dengan harga yang lebih murah daripada bertahan dengan kos yang sebelumnya yang harganya sangat mahal. Hal ini dapat mengurangi pengeluaran apalagi bagi Sobat IKE yang sedang merancang masa depan dan memerlukan banyak biaya untuk mewujudkan mimpi sobat IKE.

2. Kos-kosan Yang Tidak Kondusif

Kos-kosan juga sering menjadi racun atau toxic karena aktivitas penghuni lainnya yang super mengganggu. Banyak orang memilih pindah dari satu kos ke kos yang lain untuk mendapatkan ketenangan karena jika tetap tinggal maka hanya akan terganggu. Mungkin untuk penghuni kos kamar lain tidak begitu berisik kan tetapi sering membawa teman yang akhirnya menjadi berisik.

Selain berisik terkadang kos juga menjadi tempat maksiat yang mungkin membuat Sobat IKE tidak nyaman. Hal ini sering kali terjadi pada kos campur pria dan wanita walaupun tidak semuanya seperti itu. Mungkin sering kali ada ketakutan jika sampai ada penggerebekan dari aparat lalu sobat IKE yang menjadi korban padahal tidak salah.

3. Kebersihan Kos Yang Sudah Diabaikan

Karena bisnis properti sangat laku saat ini membaut banyak pebisnis kos-kosan yang memilih untuk membuat banyak kos-kosan sehingga kos yang lama tidak terurus. Hal ini sering kali menyebabkan kos menjadi sangat kotor dan tentunya membuat semua penghuninya menjadi tidak nyaman.

Hal ini juga sering menjadi alasan para penghuni kos untuk pindah ke kos yang lebih bersih dan memang terawat baik oleh petugas. Untuk para pekerja yang sibuk tentunya untuk merawat kebersihan kos tidak ada waktu sehingga memilih kos yang sudah memiliki sistem kebersihan yang layak dari pihak kos itu sendiri. BagI Sobat IKE yang ingin pindah kos-kosan bisa menggunakan jasa pindahan rumah PT IKE.

Jasa Pindahan Kantor

Tidak hanya penghuni rumah dan kos saja yang sering melakukan perpindahan akan tetapi institusi seperti kantor pun juga tak jarang melakukan pindahan karena berbagai hal, berikut penjelasannya:

1. Habis Masa Kontrak Dengan Pemilik Lahan

Biasanya bagi kantor yang baru buka atau cabang kantor dari perusahaan besar memilih menyewa tempat seperti ruko. Sebelum menggunakan roku pastinya telah terjadi kesepakatan mengenai berapa lama untuk menyewa ruko tersebut. Ada pemilik ruko yang menanyakan terlebih dahulu pada perusahaan untuk diperpanjang atau tidak namun ada juga yang tanpa konfirmasi setelah mendekati habis kontrak langsung menawarkan kepada orang lain.

Jika pemilik ruko telah menawarkan kepada orang lain dan laku maka mau tidak mau kantor yang sebelumnya berdiri dan beroperasi harus pindah tempat. Hal ini sering kali menjadi alasan mengapa banyak kantor-kantor yang pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

2. Ingin Membangun Kantor Lebih Besar dan Lebih Nyaman

Bagi perusahaan kecil biasanya membuat kantor yang berukuran kecil pula atau hanya menyewa sebuah ruko untuk digunakan sebagai kantor. Akan tetapi seiring berjalannya waktu perusahaan pasti akan berkembang ke arah yang lebih besar. Ketika keuntungan sudah mulai besar dan mendapat kepercaya masyarakat biasanya pihak perusahaan juga memilih pindah ke tempat yang lebih layak.

Pindah ke tempat yang lebih besar sehingga memberikan ruang gerak yang lebih baik serta membuat pekerja menjadi lebih nyaman dan produktif. Jika karyawan lebih produktif maka kemajuan dan kesuksesan perusahaan semakin pasti. Oleh karena itu banyak kantor yang menggunakan jasa pindahan kantor untuk mengisi kantor baru yang lain baik dari sebelumnya.

3. Lahan Kantor Masih Dalam Sengketa

Lahan sengketa ternyata tidak hanya dialami oleh beberapa rumah atau tempat ibadah, kantor pun sering kali mengalaminya. Pihak perusahaan banyak yang tidak tahu ternyata lahan yang mereka sewa berada dalam sengketa sehingga mau tidak mau harus pindah untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kembali dan mempermudah operasional perusahaan.

Oleh karena itu, banyak kantor yang menggunakan jasa pindahan rumah agar dapat mempercepat proses pemindahan agar kantor dapat beroperasi kembali secepatnya karena jika tidak maka kerugian lah yang akan datang dan semua perusahaan pasti tidak ingin mengalaminya. Untuk sobat IKE yang memilik kantor dalam sengketa maka lebih baik untuk cepat berpindah.

jasa pindahan

Alasan Menggunakan Jasa Pindahan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam melakukan aktivitas pindahan, sobat IKE bisa menggunakan tenaga pribadi atau menggunakan jasa. Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat banyak orang memilih menggunakan jasa pindahan. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Memiliki SOP Tersendiri Dan Kru yang Terlatih Dalam Menyikapi Barang

Alasan yang pertama mengapa memilih jasa pindahan rumah adalah mereka telah memiliki SOP atau Standar Operasional Perusahaan yang menjadi dasar mereka dalam melakukan pengangkutan barang, pengantaran, sampai pada penurunan barang tersebut. Dengan SOP ini mereka tidak bisa bekerja sembarangan atau asal angkat saja.

Mereka telah terbekali dengan pelatihan yang cukup untuk dapat memberlakukan barang  sobat IKE dengan baik sehingga mengurangi terjadinya kerusakan pada barang. Mereka memiliki teknik-teknik khusus dalam pengangkatan atau penataan barang sesuai dengan jenis barang tersebut sehingga lebih aman dan pastinya menjadi lebih efektif dan sangat efisien.

2. Tepat Waktu Dan Tidak Menguras Tenaga

Alasan selanjutnya adalah karena mereka sangat tepat waktu. Mereka telah terlatih untuk disiplin serta memiliki hitungan yang tepat. Kru akan datang tepat waktu dan juga pulang tepat waktu juga. Untuk transportasi, mereka juga sudah terbekali dengan teknik tertentu apalagi untuk wilayah dengan geografis yang cukup sulit seperti pada wilayah desa-desa.

Selain itu juga tidak akan menguras tenaga sobat IKE. Semua pengangkutan bisa dilakukan dalam satu waktu karena tersedia banyak sekali armada dengan berbagai ukuran sehingga tidak perlu bolak balik untuk mengambil dan meletakkan barang. Sobat IKE juga tidak perlu ikut mengangkat barang atau ikut menurunkannya, tunggu saja barang akan sampai tepat ke tujuan.

3. Pekerjaan  Menjadi Lebih Mudah Dan Lebih Cepat Selesai

Masih berkaitan dengan pelatihan dan juga SOP yang telah kru dapatkan, maka membuat pekerjaan menjadi lebih mudah selesai dan tentunya lebih cepat. Cukup menggunakan satu armada yang besar untuk mengangkut barang tanpa harus bolak-bailk.

4. Memiliki Kendaraan Yang Pas Dengan Barang Yang Ingin Dipindahkan

Seperti yang telah kita ketahui jasa pindahan rumah ini memiliki banyak sekali armada dari mulai yang kecil sampai yang super besar. Bahkan untuk pindah kantor yang besar pun bisa dengan menggunakan satu armada saja. Ruangan yang besar membuat sobat IKE lebih puas karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa kendaraan yang banyak.

Proses Menggunakan Jasa Pindahan

Untuk melakukan pindahan tidak serta merta pesan lalu diangkut, akan tetapi ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam menggunakan jasa pindahan agar semuanya dapat berjalan lancar dan tidak ada halangan yang berarti. Untuk informasi yang lebih jelas, pada bagian bawah ini adalah beberapa tahapannya yang perlu kita ketahui bersama:

1. Tahap Survei

Tahapan yang pertama adalah dengan survei, setelah sobat IKE datang ke kantor atau melakukan kontak secara online dan memiliki rencana untuk menggunakannya maka pihak jasa pindahan rumah akan melakukan survei. Survei ini untuk menentukan armada yang akan kita pakai dan juga biaya yang akan kita bayar.

Pada tahap survei ini, tim survey jasa pindahan rumah akan melakukan pengamatan dan juga penilaian apakah barang-barang yang di bawa sangat banyak dan berukuran besar atau hanya sedikit. Lalu, jika ada kesempatan mereka pun juga akan melakukan survei keadaan jalan dan juga tempat tujuan, baik secara langsung atau menggunakan teknologi seperti Google Maps.

2. Menentukan Harga

Setelah menyelesaikan tahap survei maka selanjutnya adalah menentukan harga, Dilihat dan dinilai dari jumlah barang yang akan dibawa, jauh dekatnya jarak pindah dari tempat lama ke tempat baru, jenis transportasi apa yang digunakan, dan hal-hal lainnya maka selanjutnya pihak jasa akan menentukan harga perkiraannya.

Pada tahap ini tidak menutup kemungkinan jika sobat IKE juga bisa mengajukan Nego sehingga harga yang tersedia sesuai dengan anggaran sobat IKE sendiri. Jika tidak sesuai dan memang harganya tidak bisa kurang lagi maka sobat IKE juga berhak untuk tidak melanjutkan menggunakan jasa tersebut. Pada sesi ini lah yang menentukan apakah sobat IKE menggunakan pihak jasa ini atau mencari yang lain.

3. Melakukan Kesepakatan

Jika sobat IKE sudah setuju menggunakan jasa pindahan rumah tersebut maka selanjutnya adalah melakukan kesepakatan. Pada tahap ini artinya sobat IKE dan juga pihak perusahaan jasa pindahan menentukan harga yang tepat, kendaraan apa yang digunakan, kapan mulai pindahan, pukul berapa akan dilakukan pengangkutan, dan berapa lama kebutuhan waktu yang diperlukan.

Setelah itu jika semuanya sudah sepakat maka sobat IKE menandatangani kesepakatan pada hari itu. Selanjutnya, sobat IKE juga harus membayar uang muka sesuai dengan aturan yang telah tertera. Pada saat ini pastikan ada kesepakatan hitam di atas putih dan bawa bukti agar nantinya ketika ada maslah sobat IKE memiliki bukti tertulis.

4. Proses Eksekusi Pindah

Ketika semuanya sepakat maka pada hari H pihak jasa pindahan akan datang dan mulai melakukan pengangkutan barang dari rumah lama sobat IKE ke dalam mobil.

Barang akan tersusun dengan rapi dalam mobil yang telah tersedia dan diantarkan ke rumah baru. Setelah sampai, kru yang bertugas akan membantu menurunkan barang dari dalam armada ke tempat baru. Setelah itu maka tugas mereka selesai. Lau sobat IKE bisa langsung membayar kekurangan biaya langsung kepada kru atau ke kantor perusahaan.

Nomor Telepon / WA Pelayanan Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

Cara Memilih Jasa Pindahan yang Tepat

Jasa pindahan rumah diIndonesia ini ada banyak sekali bahkan sering membuat bingung juga akan memilih yang mana. Dari pada bingung, sobat IKE bisa melihat beberapa cara memilih jasa pindahan yang tepat berikut ini:

1. Pilih Layanan Jasa yang Sudah Ternama dan Banyak Dipercaya Masyarakat

Agar tidak salah pilih, lakukan survei terhadap beberapa jasa pindahan yang ingin sobat IKE gunakan. Pastikan nama dari jasa pindahan tersebut sudah ternama dan terkenal dalam masyarakat. Pastikan namanya terkenal karena track record yang baik, jangan sampai jasa tersebut terkenal namanya karena pengalaman yang buruk. Survei beberapa forum diskusi atau review jujur dari pelanggan sebelumnya.

Dengan nama yang baik dalam masyarakat artinya mereka telah mendapat kepercayaan. Jika sudah terpercaya berarti pelayanan mereka sangat baik bukan?. Pelayanan yang baik dan memuaskan ini lah yang akan membuat  sobat IKE merasa aman dan nyaman ketika mempercayakan barang kepada mereka.

2. Pilih yang Harganya Terjangkau Namun Murahan

Untuk menghemat biaya, maka sobat IKE sebainya memilih yang mematok harga terjangkau. Terkadang untuk jasa pindahan yang sudah sangat terkenal dan memiliki brand ternama mematok harga yang sangat mahal padahal kualitasnya sama dengan brand lokal yang sedang berkembang.

Tidak ada salahnya memilih jasa pindahan lokal, selain standarnya sudah baik harganya pun juga lebih murah. Selain itu, sobat IKE juga bisa ikut membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia agar tidak terpuruk dan menjadi negara yang berkembang saja akan tetapi bisa terus menerus berusaha menjadi negara yang maju dan sejahtera.

3. Pilih Jasa Pindahan Rumah yang Bergaransi

Cara memilih jasa pindahan yang paling utama dan yang paling penting adalah memilih yang memberikan garansi. Garansi ini memiliki dua makna sekaligus yang bisa menjadi pertimbangan baik untuk sobat IKE.

Pertama, dengan keberanian perusahaan jasa  peindahan menghadirkan garansi artinya mereka bertanggung jawab penuh terhadap kualitas pelayanan. Kru yang sudah terlatih secara maksimal dan menerapkan SOP yang jelas dan mudah. Mana mungkin ada perusahaan yang mau rugi, pastinya tidak bukan? Makanya mereka memilih meningkatkan kualitas pelayanan agar tidak terjadi hal yang merugikan.

Kedua, dengan adanya garansi maka sobat IKE tidak perlu takut lagi jika sampai ada barang yang mungkin hilang atau rusak akibat kelalaian atau sebab lainnya. Baik akan ganti rugi dalam jumlah uang maupun barang serupa. Namun, jika adanya koordinasi dari jasa dan pelanggan yang baik yaitu pelayanan sesuai SOP dan pelanggan telah melajukan pengepakan dengan baik dan standar maka hal ini sangat jarang terjadi.

4. Pilih Yang Bisa Menjangkau Daerah Yang Dituju

Dan yang tak kalah pentingnya adalah memilih jasa pindahan yang dapat menjangkau daerah lokasi tujuan. Terkadang ada yang tidak bisa juga untuk beberapa wilayah tertentu karena mungkin ada masalah geografis, administratif, Kurangnya armada dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting sekali untuk mendiskusikan masalah tempat lokasi oleh sobat IKE tersebut kepada pihak jasa.

Bawa Hewan Anda Ke Rumah Baru!
PT IKE juga menyediakan layanan service jasa pengiriman hewan keluar pulau.

Persiapan yang Harus Dilakukan

Walaupun sobat IKE menggunakan jasa pindahan rumah bukan berati tidak melakukan persiapan. Sobat IKE harus melakukan persiapan-persiapan barang yang akan kita angkut karena semua jenis jasa pindahan tidak akan melayani packing barang, mereka hanya membantu memindahkannya saja.

1. Bungkus Barang Se-efisien Mungkin

Persiapan yang pertama dan yang paling utama adalah membungkus barang se-efisien mungkin. Hal ini untuk menghemat tempat dan membuat barang sobat IKE menjadi lebih berukuran kecil dan tidak memakan tempat.

Misalnya untuk pakaian atau apa saja yang sifatnya tidak keras lebih baik membungkus dengan menggunakan plastik lalu kita vakum hilangkan udaranya sehingga menjadi lebih tipis dan bisa tersusun lebih banyak.

Selanjutnya, untuk beberapa barang yang sudah tidak terpakai seperti baju yang sudah tidak muat, mainan anak kecil yang sudah tidak terpakai, dan lain sebagainya sebaiknya sumbangkan saja sehingga tidak membuat barang menjadi lebih banyak.

Hal ini juga sangat berpengaruh pada harga yang ada karena semakin besar kendaraan yang sobat IKE gunakan maka harganya juga akan lebih besar. Jadi, dengan membungkus barang dengan efisien maka sobat IKE menjadi lebih hemat.

2. Untuk Barang Yang Mudah Pecah Bungkus Dengan Bubble Wrap

Setiap rumah pastinya memiliki barang-barang yang bersifat pecah belah seperti piring, gelas, vas bunga, guci, jam, dan lain sebagainya. Nah untuk barang-barang yang sifatnya pecah belah seperti ini sebaiknya lapisi dengan bubble wrap yang tebal.

Bubble wrap ini sangat baik untuk melindungi badan barang yang pecah belah karena bubble wrap memiliki lapisan plastik yang telah terisi oleh udara sehingga akan lebih empuk dan menghindarkan barang pecah belah sobat IKE menjadi lebih aman dan tidak terbentur dengan barang padat lain. Barang akan selamat sampai tujuan dan tidak akan pecah.

3. Pastikan Semua Barang Standby Saat Tim Jasa Pindahan Tiba

Dan yang terakhir persiapkan semua barang sobat IKE tepat waktu sebelum jasa pindahan rumah sampai pada lokasi. Pastikan semuanya sudah terbungkus dengan rapi menggunakan kardus, kotak, atau plastik agar tidak kotor. Jangan sampai membuat jasa pindahan menunggu lama karena belum selesai membungkus barang dan persiapan yang belum matang.

Jika sampai barang belum selesai maka akan mengulur waktu yang telah tersepakati sebelumnya. Dengan waktu yang lebih lama dan melewati waktu yang sudah ada maka akan membuat biaya menjadi membengkak. Sobat IKE harus membayar waktu ekstra yang terjadi karena kesalahan sendiri sesuai dengan ketentuan dan juga aturan yang berlaku.

Jangan Jual Mobil Anda, cobalah ingat kenangan indah bersamanya.
Kami bantu kirimkan mobil anda sampai ke rumah baru dengan jasa pengiriman mobil yang kami sediakan

Tips Agar Barang Aman Dan Utuh Sampai Tujuan

Karena dengan menggunakan jasa pindahan rumah ini artinya menggunakan pihak ketiga maka harus lebih berhati-hati atas barang. Jangan sampai ada oknum kru yang curang atau kurang hati-hati sehingga barang tidak sampai tujuan dengan selamat. Untuk tips agar barang aman sampai tujuan ada pada bagian bawah ini secara lebih rinci:

1. Buat Daftar Barang Yang Akan Dipindah Dan Beri Kode Khusus

Tips yang pertama dan harus sobat IKE lakukan adalah dengan membuat daftar barang yang akan kita pindah. Lakukan pendaftaran dan juga jumlahnya dengan teliti. Jika perlu, sobat IKE juga bisa mengambil gambar dari barang-barang tersebut sehingga ketika nanti hilang atau rusak bisa melakukan klaim garansi kepada jasa pindahan rumah tersebut.

Untuk mempermudah pengecekannya, jangan hanya membuat daftarnya saja akan tetapi juga berikan kode khusus pada barang tersebut, buat pada kemasannya. Sobat IKE bisa menggunakan kode berupa angka dan juga huruf yang telah sesuai dengan daftarnya sehingga setelah sampai pada tujuan bisa kita cek kembali dengan mudah tanpa harus membuka satu per satu barangnya.

2. Tidak Perlu Ikut Mengangkat Barang, Lakukan Monitoring Barang Dan Kru Yang Terlibat

Pada saat akan mengangkut barang ke dalam kendaraan atau menurunkan barang dari kendaraan sebaiknya sobat IKE tidak perlu ikut mengangkutnya. Biarkan kru yang bekerja sendiri karena mereka pastinya sudah terlatih dan juga sudah ada SOP-nya sendiri sehingga jika sobat IKE ikut melakukan pengangkatan takutnya akan mengacaukan pekerjaan mereka sebab sobat IKE tidak tahu apa SOP-nya.

Tapi sobat IKE tidak serta merta duduk dan menunggu proses yang berjalan. Tetap lakukan monitoring barang yang diangkut , bisa dilakukan dari jauh atau bisa juga dari jarak dekat. Sobat IKE harus memantau pengangkutan barang aman dan juga pastikan tidak ada barang yang mendapat perlakukan sembarangan pada saat proses pengangkutan.

3. Lakukan Pengawalan Kendaraan Pindah Dengan Kendaraan Pribadi

Setelah selesai melakukan pengangkutan barang dari tempat lama ke tempat baru bukan berarti selesai dan sobat IKE lepas tanggung jawab. Jika bisa dan ada waktu sebaiknya kawal kendaraan yang sedang mengangkut barang tersebut baik pada belakangnya maupun depan sebagai petunjuk jalan asal tidak berjauhan saja.

Apabila sobat IKE melakukan pengawalan seperti ini maka bisa juga melakukan monitoring barang dengan lebih leluasa. Jika sampai terjadi apa-apa saat perjalanan, sobat IKE mengetahuinya langsung. Hal ini juga untuk menghindarkan adanya oknum curang yang mungkin mengincar salah satu atau beberapa barang milik  sobat IKE untuk digunakan pribadi, tetapi hal tersebut sangat jarang sekali terjadi, namun untuk jaga-jaga apa salahnya?

Yang dilakukan Setelah Sampai di Tempat Baru

Setelah barang sampai tujuan, tidak serta merta proses pindah dengan menggunakan jasa pindahan ini langsung selesa. Sobat IKE harus melakukan beberapa hal dan menyelesaikan masalah yang belum teratasi. Caranya akan dijelaskan di bawah ini, oleh karena itu simak baik-baik:

1. Jika Telah Disepakati, Bayar Pelunasan Melalui Kru

Terkadang untuk menggunakan jasa pindahan, sobat IKE tidak langsung membayar lunas karena sebagai jaminan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Nah, ketika sobat IKE dan pihak perusahaan sudah sepakat untuk membayar kekurangan biaya kepada kru maka bisa membayarnya langsung setelah melakukan perpindahan tersebut.

Namun setelah membayar jangan lupa untuk meminta nota atau kuitansi pembayaran yang  tertandatangan dan juga memiliki cap asli. Namun, jika tidak ada kesepakatan seperti itu maka jangan sekali-kali membayarkan kekurangan biaya kepada mereka, datang langsung ke kantor jasa atau bisa dengan mentransfer kekurangannya ke rekening resmi dari perusahaan dan mendapatkan kuitansi virtual.

2. Berikan Sedikit Tips Untuk Menghargai Kerja Keras Kru

Walaupun penyedia layanan jasa pindahan rumah tidak membenarkan pemberian tips akan tetapi sebagai sesama manusia yang memiliki hati pasti juga ada rasa empati dan penghargaan. Jika sobat IKE memiliki uang lebih sebaiknya berikan uang tips kepada mereka karena untuk mengangkut barang yang cukup banyak memerlukan tenaga yang cukup besar pula.

Sebenarnya tidak perlu uang juga, jika waktu batasan pengangkutan masih banyak, sobat IKE juga bisa memberikan mereka makanan misalnya akan siang baik bersama dengan sobat IKE atau nasi kotak dan snack saja sudah cukup. Kita tidak pernah tahu bagaimana keadaan mereka yang sebenarnya karena menggunakan seragam dengan rapi, memberikan sedikit yang kita punya tidak akan pernah ada salahnya.

3. Cek Barang Sesuai Dengan Daftar Yang Telah Dibuat

Saat penurunan barasng selesai, sobat IKE bisa langsung mengecek barang sesuai dengan daftar yang sebelumnya. Cek kembali barang sesuai dengan kode khusus yang telah buat, jika ada maka centang atau beri tanda daftar tersebut.

Jika sobat IKE membuat daftar dengan metode komputer misalnya menggunakan Excel atau aplikasi yang lainnya akan lebih mudah. Tidak perlu menunggu barang turun semua, satu per satu barang turun bisa langsung sobat IKE cek dengan mencarinya menggunakan sistem komputer sehingga lebih cepat daripada cara manual.

4. Jika Ada Barang Yang Rusak Atau Tidak Ada Tanyakan Pada Pihak Ekspedisi

Jika semua barang sudah turun jangan tunda-tunda lagi untuk membukanya. Karena biasanya pihak jasa pindahan ini akan memberikan waktu khusus untuk mengajukan komplain terhadap barang pindahan. Buka satu per satu dan cek apakah semua barang  sobat IKE masih dalam keadaan baik atau tidak.

Jika barang sudah  sobat IKE cek, sudah terbungkus sesuai dengan aturan yang berlaku akan tetapi ternyata barang rusak atau hilang maka sobat IKE bisa mengajukan komplain. Nah, saat ini lah foto barang yang sebelumnya dapat berfungsi sebagai barang bukti. Bandingkan keadaan awal barang dengan keadaan akhirnya, apakah kerusakan yang terjadi, jika ada laporkan agar pihak penyedia jasa dapat memproses dengan segera.

5. Tata Barang Sesuai Dengan Tempatnya

Setelah selesai mengecek barang setelah itu mulai tata barangnya seusai dengan tempatnya. Sobat IKE bisa mulai menempatkan barang-barang pindahan tersebut ke ruangan–ruangan yang sudah tersedia khusus untuk barang tersebut. Rencanakan terlebih dahulu dengan baik agar penempatannya lebih efektif dan lebih efisien dan tidak membuat ruangan menjadi membosankan penghuninya.

Lipat kemasan dari berbagai barang yang telah terangkut tadi dengan rapi. Apabila sobat IKE menggunakan plastik sebaiknya melipat sampai tipis. Jika menggunakan kardus maka bongkar kardus tersebut dan lipat kemudian tumpuk menjadi satu dan ikat dengan tali agar lebih rapi. Setelah rapi bisa simpan ke gudang atau bisa juga sumbangkan ke bank sampah agar lebih bermanfaat.

Kesimpulan dan Penutup

Pindahan menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Menyambut rumah atau tempat baru yang mungkin lebih indah memang membuat hati lebih gembira. Setelah melihat penjelasan tadi, ternyata pindahan tidak lah mudah, ada banyak hal yang perlu kit persiapkan dari mulai persiapan sampai pada tempat lokasi. Tapi sobat IKE tidak perlu khawatir lagi pasalnya dengan menggunakan jasa pindahan rumah PT Indone Kargo Ekspress membuat semua persiapan sampai tujuan menjadi lebih mudah. Sobat IKE akan mendapatkan layanan yang maksimal dan berkualitas.

Nomor Telepon / WA Pelayanan Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami