11 Rekomendasi Jasa Pengiriman Barang Online Terbaik Di Indonesia

11 Rekomendasi Jasa Pengiriman Barang Online Terbaik Di Indonesia

Kehadiran Jasa Pengiriman Barang Sangat Di Butuhkan

Saat ini, kirim barang menggunakan jasa pengiriman barang sudah jadi hal yang lumrah. Sebab, jasa cargo atau ekspedisi barang ini memang sangat mudah dan praktis.Baik itu untuk mengirim barang belanjaan yang dibeli secara online agar dikirim ke alamat rumah, hingga mengirim paket khusus untuk teman atau keluarga di luar kota atau pulau sekalipun, semuanya jadi lebih gampang dengan adanya layanan ini.

Oleh karena itu, tak heran kalau Anda sebenarnya bisa menemukan begitu banyak pilihan perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman barang ini. Tak hanya itu saja, opsi layanan pengiriman paket yang disediakan juga bervariasi, mulai dari jasa kirim barang sehari, reguler, pengiriman khusus makanan, hingga kargo dengan volume besar yang biasanya di atas 10 kg.

Dengan adanya pilihan yang sangat beragam tersebut, tentu akan sangat menguntungkan jika Anda mengenal layanan serta keunggulan dari masing-masing jasa pengiriman barang tersebut. Jadi, Anda bisa memilih apa jasa kirim yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda, apalagi jika Anda terbilang sering mengirim barang ke luar kota atau luar pulau.

Nah, tanpa buang waktu lagi, yuk simak daftar perusahaan pengiriman atau ekspedisi barang yang direkomendasikan berikut ini. Selamat membaca! 

PT Indone Kargo Ekspress

jasa pengiriman barang

PT Indone Kargo Ekspress atau PT IKE adalah salah satu perusahaan ekspedisi barang yang sangat direkomendasikan, terutama jika Anda membutuhkan layanan kargo untuk barang bervolume besar dengan harga yang terjangkau. Dengan memercayakan PT IKE untuk kebutuhan pengiriman barang, Anda bisa memilih jalur pengiriman lewat darat, laut, maupun udara sesuai dengan budget yang Anda punya.

Sebagai jasa pengiriman barang yang berspesialisasi pada pengiriman kargo, PT IKE menawarkan layanan pengiriman barang yang lebih beragam. Di samping paket barang seperti pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan sebagainya, PT IKE juga menyediakan layanan pengiriman kendaraan bermotor seperti mobil dan motor, makanan beku, hingga alat berat.

Tak hanya itu saja, PT IKE juga menawarkan harga layanan yang sangat kompetitif. Meskipun harganya terjangkau, layanan yang ditawarkan PT IKE jelas bukan layanan yang murahan. Tak hanya itu saja, Anda pun mendapatkan jaminan keamanan untuk memastikan bahwa keadaan barang yang Anda kirim lewat jasa ekspedisi ini selalu aman dan selamat selama perjalanan hingga tiba di tangan penerima. Pasalnya, PT IKE juga bekerjasama dengan asuransi terpercaya demi ketenangan hati Anda.

Jasa Pengiriman Barang JNE Express

jasa pengiriman barang JNE

Nama JNE Express terbilang sebagai salah satu pemain lama di bidang jasa pengiriman barang Indonesia. Dan hingga saat ini, JNE Express masih terus dipercaya masyarakat Indonesia sebagai layanan ekspedisi pengiriman barang yang andal ke berbagai lokasi di penjuru Indonesia.

Salah satu kelebihan JNE Express adalah pilihan produk layanan yang sangat beragam. Contohnya COD JNE, yang khusus disediakan untuk memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis. Karena lewat layanan COD JNE, pembeli bisa membayar barang yang dibeli dari penjual pada saat barang diterima secara tunai, alias cash on delivery. 

Kemudian ada juga layanan Yakin Esok Sampai (YES) dengan jaminan barang sampai di tujuan keesokan harinya, maupun Super Speed (SS) untuk pengiriman barang dengan jaminan sampai di tujuan pada waktu yang sudah disepakati. Dan tentunya ada layanan reguler (REG) dan Ongkos Kirim Ekonomis (OKE) untuk ongkos kirim yang lebih efisien, namun dengan lama waktu pengiriman yang disesuaikan.

J&T Express

j&t

Meskipun J&T Express terbilang jasa pengiriman barang yang masih “muda” karena baru didirikan ada tahun 2015, perusahaan ini telah sukses melesat jadi salah satu layanan ekspedisi terpopuler dan terfavorit di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya berbagai keunggulan yang ia tawarkan, dan salah satunya adalah sistem Drop Point untuk semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan J&T di penjuru Indonesia. Dengan sistem Drop Point ini, satu konter J&T memiliki setidaknya satu kurir sehingga mempercepat proses pengiriman.

Di samping itu, J&T juga memiliki layanan yang sudah terbukti berkualitas. Dan salah satunya adalah kecepatan pengiriman yang lebih baik. Hanya saja, dari segi harga atau ongkos kirim, J&T bisa dibilang lebih mahal dibandingkan layanan ekspedisi lainnya. Akan tetapi, kalau Anda memang tidak keberatan bayar lebih mahal, J&T Express tentu tidak akan mengecewakan Anda. 

Apalagi, sekarang J&T Express juga memiliki opsi layanan ekonomis bernama ECO dengan ongkos kirim lebih murah, namun tentu dengan durasi pengiriman yang lebih panjang. Selain itu, layanan ECO saat ini baru bisa menjangkau pengiriman di dalam Pulau Jawa, atau pengiriman dari Jawa ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

SiCepat

SiCepat

Sama seperti J&T Express, SiCepat juga sebenarnya masih terbilang baru dibandingkan mayoritas perusahaan ekspedisi lain di Indonesia, karena didirikan pada tahun 2014. Sesuai dengan yang namanya tunjukkan, SiCepat ini menawarkan jaminan pengiriman yang cepat sampai di tujuan. Bahkan, SiCepat berkomitmen untuk mengirimkan barang agar tiba di tujuan dalam waktu maksimal 15 jam lewat program 15 Hours Delivery.

Dengan jaminan dan komitmen pengiriman yang cepat, SiCepat menentukan tarif ongkir kirim yang terbilang ekonomis. Bahkan, jika Anda bandingkan dengan tarif kirim jasa pengiriman barang lainnya, bisa dibilang Anda akan mendapatkan layanan reguler dengan harga ekonomis.

Di samping itu, SiCepat juga menawarkan banyak pilihan produk layanan dengan tarif yang sangat bervariasi. Mulai dari Siuntung yang ekonomis, BEST (Besok Sampai Tujuan), Sicepat HALU (Harga Mulai Lima Ribu), hingga COD yang cocok bagi Anda pelaku bisnis dan ingin menyediakan opsi pembayaran cash on delivery kepada pembeli.

TIKI

TIKI

TIKI adalah jasa pengiriman barang tertua di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1970 di Jakarta. Perusahaan induk TIKI ini sebenarnya sama dengan perusahaan induk JNE Express, hanya saja keduanya memiliki fokus yang berbeda. Salah satunya adalah fokus TIKI untuk menyediakan layanan pengiriman paket dengan harga yang lebih ekonomis dan bisa menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia, termasuk di pelosok sekalipun.

Meski begitu, opsi layanan yang disediakan oleh TIKI juga tak kalah bervariasi. Anda bisa pilih dari layanan ECO yang ekonomis, reguler (REG), Over Night Service (ONS) atau layanan pengiriman semalam, Two Days Service (TDS) atau layanan pengiriman dengan estimasi pengiriman hingga 2 hari, Same Day Service (SDS) untuk pengiriman paket yang tiba di tujuan pada hari yang sama, jasa pengiriman barang internasional (INT) untuk pengiriman paket ke luar negeri.

Sebagai perusahaan ekspedisi barang paling tua dan berpengalaman di Indonesia, tentu TIKI menawarkan jaminan lebih tinggi bahwa paket Anda akan tiba dalam kondisi aman dan tepat pada waktunya di tangan penerima.

POS Indonesia

POS Indonesia

Lain dengan perusahaan ekspedisi dan pengiriman barang lainnya, POS Indonesia adalah jasa pengiriman barang yang berstatus BUMN alias Badan Usaha Milik Negara. Semenjak masyarakat sudah beralih ke media komunikasi digital dan tak lagi berkirim surat atau kartu pos, POS Indonesia kemudian mengalihkan fokus operasionalnya ke pengiriman barang.

Dengan mengandalkan jaringan layanan POS Indonesia yang sudah lebih lama dan lebih dulu terbentuk, tentu tak mengherankan kalau Anda bisa mengirim barang ke pelosok Tanah Air lewat pengiriman yang satu ini. Data terakhir menunjukkan bahwa POS Indonesia memiliki lebih dari 3.800 kantor yang tersebar di Indonesia, dengan total 24.000 titik layanan di lebih dari 100 kota dan kabupaten di Tanah Air.

Untuk pengiriman barang domestik atau dalam negeri, POS Indonesia menawarkan 4 opsi layanan. Ada Q9 Sameday Service untuk pengiriman maksimal 9 jam, Pos Express untuk kepastian pengiriman barang satu hari sampai, Pos Kilat Khusus untuk layanan reguler dengan estimasi pengiriman 2-7 hari ke seluruh Indonesia, serta Pos Jumbo Ekonomi untuk pengiriman paket dengan jumlah yang cukup besar, yaitu minimal 3 kg.

Wahana

wahana

Wahana adalah salah satu jasa pengiriman barang yang menyediakan layanan ekspedisi kargo barang dengan fokus pada harga atau tarif kirim yang murah. Bahkan, Wahana sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan layanan ekspedisi dengan ongkos kirim yang sangat ekonomis. Bahkan, ongkos kirim lewat Wahana bisa mencapai setengah dari ongkos kirim jasa ekspedisi barang lainnya.

Meskipun harganya murah, layanan Wahana sudah terbilang memuaskan dan tidak bisa dikatakan murahan juga. Salah satu alasannya adalah karena adanya nomor resi yang dibuat oleh sistem untuk membantu Anda melacak status pengiriman barang secara real time dan up to date.

Di samping itu, Wahana juga merupakan penyedia layanan pengiriman barang yang direkomendasikan jika Anda akan mengirim kargo alias barang dalam volume besar. Hanya saja, lama waktu pengiriman lewat Wahana biasanya lebih lama dibandingkan jasa pengiriman barang lainnya. Karena alasan inilah Wahana bisa memasang ongkos kirim lebih murah, meskipun tentu saja Wahana tidak serta-merta mengabaikan aspek keamanan barang selama perjalanan.

Indah Logistik

indah cargo

Pilihan jasa ekspedisi kargo lainnya yang populer di Indonesia adalah Indah Logistik. Dan serupa dengan Wahana, Indah Logistik paling dikenal karena ongkos kirimnya yang sangat murah, sehingga membuatnya sangat menarik di mata masyarakat. Terutama bagi pengguna yang lebih fokus pada ongkos kirim yang murah.

Meski begitu, Indah Logistik bukan hanya jasa pengiriman barang murah karena perusahaan ini juga menawarkan berbagai keunggulan lainnya. Salah satunya adalah jangkauan layanan dari Sabang sampai Merauke, hingga kecepatan pengiriman yang sangat baik di kelasnya.

Indah Logistik juga merupakan salah satu jasa ekspedisi kargo untuk pengiriman dengan volume besar yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk proses pengirimannya, Indah Logistik menawarkan opsi pengiriman lewat jalur darat, laut, maupun udara.

Anteraja

anteraja

Anteraja ini merupakan perusahaan jasa kirim barang yang masih seumur jagung, karena baru berdiri pada tahun 2019. Meskipun baru, Anteraja sudah secara agresif memasuki pasar e-commerce karena mengikuti perkembangan zaman dan peningkatan aktivitas belanja online dalam beberapa tahun belakangan ini. Oleh karena itu, tak heran kalau Anteraja sudah sangat dikenal walaupun umurnya masih sangat muda.

Untuk saat ini, Anteraja masih menyediakan 3 pilihan layanan. Salah satunya adalah Same Day untuk pengiriman paket yang sampai di tujuan pada hari yang sama. Bahkan, pengiriman paket lewat Same Day untuk area Jakarta dijamin bisa sampai di tujuan hanya dalam waktu maksimal 8 jam. Selain itu, ada juga layanan pengiriman Next Day untuk pengiriman dalam waktu sehari sampai di tujuan, serta layanan reguler.

Dari segi ongkos kirim, Anteraja menawarkan harga yang standar dan sesuai dengan ongkos kirim yang dipatok oleh mayoritas jasa pengiriman barang lainnya. Hanya saja, saat ini jangkauan layanan Anteraja masih sangat terbatas karena baru bisa melayani pengiriman di dalam Pulau Jawa atau dari Pulau Jawa ke luar Jawa. Sedangkan pengiriman di dalam dan dari luar Pulau Jawa masih belum tersedia.

ID Express

iD Express

ID Express juga merupakan nama salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang masih baru. Dan sama seperti Anteraja, nama ID Express sudah dikenal luas di Indonesia karena perusahaan ini juga terjun di dunia e-commerce dan marketplace populer di Tanah Air sehingga namanya jadi familiar.

Yang membuat ID Express terkenal adalah ongkos kirimnya yang terjangkau. Meski begitu, uniknya ID Express menghitung ongkos kirim bukan dari 1 kg, tapi justru dari 1/2 kg. Dengan begitu, Anda yang butuh kirim paket dengan ukuran kecil atau berat enteng tidak perlu bayar ongkos kirim 1 kg penuh. Dan layanan ini dapat Anda nikmati dengan memilih opsi pengiriman iDlite.

Dibandingkan Anteraja, jangkauan layanan ID Express masih lebih luas, sehingga tidak terbatas pada area Pulau Jawa saja. Sebagai contoh, ID Express juga bisa melayani pengiriman dari Sumatera ke Jawa. 

Akan tetapi, karena ID Express masih baru dan akan terus mengalami perbaikan, kualitas pelayanannya dari segi pengiriman bisa dibilang belum konsisten. Misalnya paket yang tertahan di gudang sampai berhari-hari dan baru dikirim ke penerima pada batas akhir estimasi pengiriman. Walaupun sebenarnya masih terhitung belum terlambat, tentu penerima akan terlanjur merasa kesal duluan karena posisi paket yang “diam” terlalu lama.

Ninja Xpress

ninja express

Perusahaan layanan pengiriman barang yang satu ini berasal dari luar negeri, tepatnya dari Singapura, dengan membawa nama Nina Van. Dan sebelum masuk Indonesia, Ninja Xpress sudah lebih dulu ada di negara-negara ASEAN lainnya, seperti Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Nah, dengan melihat latar belakang singkat Ninja Xpress di atas, tentu tak mengherankan jika perusahaan jasa pengiriman barang yang satu ini memiliki layanan pengiriman barang maupun dokumen internasional, terutama negara-negara tetangga yang juga sudah memiliki jangkauan layanan Ninja Xpress.

Selain itu, Ninja Xpress juga menyediakan pilihan produk layanan COD yang sangat cocok bagi Anda baik sebagai penjual maupun pembeli. Sebab, dengan begitu pembeli tidak perlu repot-repot transfer uang untuk membayar barang belanjaan maupun ongkos kirim, karena semuanya bisa dibayar secara tunai pada saat kurir Ninja Xpress mengantarkan barang ke tangan pembeli, alias sistem pembayaran cash on delivery (COD). Nah, itulah daftar 11 jasa pengiriman barang di Indonesia yang direkomendasikan dan dapat Anda pertimbangkan sebagai pilihan layanan ekspedisi Anda. Baik itu sebagai pengirim barang maupun penerima barang, maupun sebagai pemilik bisnis yang perlu mengirim barang ke pembeli maupun sebagai pembeli yang ingin belanja lebih praktis, layanan pengiriman barang memang sangat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan