Serba-serbi Jasa Pengiriman Sepeda Motor yang Aman dan Memadai

Menggunakan jasa pengiriman motor adalah keputusan tepat yang bisa Sobat IKE ambil untuk berbagai kesempatan. Terutama kalau Sobat IKE tak mau kendaraan tersebut cacat atau rusak dan benar-benar membutuhkan pihak lain untuk menanganinya. Dengan memakai jasa tersebut, Sobat IKE bisa mengurus kebutuhan lain dan tinggal menunggu sepeda motor yang diantar sampai di alamat tujuan.

Nomor Telepon / WA Pelayanan Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

Mengapa memakai jasa pengiriman motor?

Dibandingkan menyewa transportasi sendiri, mengapa jasa pengiriman motor lebih dianjurkan? Berikut ada beberapa alasan yang membuat layanan ini meringankan beban Sobat IKE:

1. Proses Aman Dari Awal Sampai Akhir

Sebagian besar perusahaan ekspedisi atau cargo yang menyediakan layanan pengiriman sepeda motor sudah memberlakukan prosedur untuk menjaga keamanan dan keselamatan kendaraan. Maka dari itu, sejak tahap awal sepeda motor ditangani secara profesional oleh tenaga-tenaga terpercaya. Sobat IKE pun tak perlu repot membawa kendaraan karena mereka yang bakal menjemputnya.

Kemudian, perusahaan jasa pengiriman motor akan memastikan Sobat IKE mendapatkan update sepeda motor yang dibawa. Jadi tak ada alasan bagi Sobat IKE cemas atau sampai curiga, karena ada jaminan yang menjaganya.

2. Jangkauan Hingga ke Seluruh Indonesia

Seperti layanan paket barang biasa, perusahaan ekspedisi dan cargo siap mengantarkan sepeda motor Sobat IKE ke berbagai tempat di Indonesia. Hal tersebut didukung dengan ketersediaan transportasi di jalur darat, udara, hingga laut. Faktor ini yang membuat jasa pengiriman motor bisa tepat waktu mengantarkan kendaraan Sobat IKE.

Dengan jangkauan luas sampai ke seluruh Indonesia, perusahaan yang menerima pengiriman sepeda motor semakin diandalkan yang berencana pindah provinsi atau menyeberang ke pulau tanpa harus menyediakan anggaran besar.

3. Tarif Jasa Mampu Bersaing Dengan Kompetitor

Harga variatif yang disediakan perusahaan ekspedisi dan cargo sudah ditentukan sesuai jarak tempuh, jalur yang dipilih, serta jenis transportasi yang digunakan. Kalau Sobat IKE memilih jasa pengiriman motor dari perusahaan berpengalaman, bisa dipastikan tarif jasa yang dikenakan bersaing sehat dengan para kompetitor.

Namun, Sobat IKE juga bisa menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan promo yang perusahaan berikan. Mengirimkan sepeda motor saat weekdays dan low season pun akan membuat tarif yang dibayar lebih murah.

4. Estimasi Waktu Bisa Dipertanggungjawabkan

Beberapa orang masih ragu memakai jasa pengiriman motor karena takut kendaraanya tak sampai tepat waktu. Seperti yang dibahas, tersedianya tiga jalur dan sejumlah transportasi akan memastikan sepeda motor Sobat IKE sampai sesuai estimasi waktu. Apalagi kalau prosesnya ditangani perusahaan yang punya jam terbang tinggi.

Kalaupun ada masalah di tengah perjalanan, pihak ekspedisi dan kargo pasti akan menghubungi Sobat IKE. Ganti rugi atau kompensasi lainnya dapat diberikan apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan sebelum sepeda motor sampai di tujuan.

Jasa Pengiriman Motor PT IKE Indone Kargo Ekspress

Bagaimana Mempersiapkan Sepeda Motor Sebelum Dikirim?

Selain faktor reputasi perusahaan jasa pengiriman motor, kelancaran pengiriman bergantung juga pada cara Sobat IKE menyiapkan kendaraan tersebut. Tak sedikit kerusakan yang dialami sepeda motor muncul dari kurangnya perhatian yang diberikan sang pemilik. Sobat IKE pasti tak mau kalau sampai menanggung rugi dan malu karena asal menuduh perusahaan, bukan?

Oleh karena itu, sebelum menghubungi jasa pengiriman motor, persiapkan kendaraan dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Cuci Bersih Sepeda Motor Terlebih dahulu

Mencuci bersih sepeda motor bukan hanya membuat sepeda motor terlihat seperti baru. Langkah ini pun bertujuan mengangkat kotoran-kotoran berat seperti tanah atau lumpur yang kadang terselip di antara roda, bodi sepeda motor, maupun sistem pengereman.

Selain itu, penyedia jasa pengiriman motor tak menyediakan layanan pembersihan kendaraan. Jadi, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu membersihkan sepeda motor secara menyeluruh supaya siap dibawa pihak perusahaan ke tempat tujuan.

2. Catat Kondisi Terkini Sepeda Motor

Entah untuk yang baru atau sudah lama, kondisi sepeda motor perlu Sobat IKE catat sebelum dikirimkan perusahaan ekspedisi dan kargo. Tujuannya adalah membandingkan kondisi kendaraan saat tiba di tujuan, sehingga Sobat IKE tahu apakah ada perubahan terjadi pada sepeda motor.

Akan lebih baik kalau Sobat IKE memotret sepeda motor dari berbagai sisi. Sertakan informasi penting seperti tanggal keberangkatan dan estimasi sampainya kendaraan. Jadi kalau ada masalah atau kerusakan, Sobat IKE bisa segera laporkan ke jasa pengiriman motor.

3. Lepaskan Beberapa Item Dan Aksesori

Sebagian besar perusahaan ekspedisi dan kargo tak bertanggung jawab atas kehilangan maupun kerusakan aksesori sepeda motor. Daripada berseteru dan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan, Sobat IKE sebaiknya lepaskan beberapa item dan aksesori dari sepeda motor.

Bagasi ekstra, sistem GPS, hingga stereo portabel adalah beberapa item dan aksesori yang perlu Sobat IKE tanggalkan sebelum sepeda motor dibawa penyedia jasa pengiriman motor. Bawa dengan muatan lain yang lebih praktis dan bisa Sobat IKE pantau langsung.

4. Kosongkan Tangki Bahan Bakar 

Langkah penting yang satu ini tak boleh Sobat IKE lewatkan, karena berhubungan dengan keselamatan sepeda motor dan muatan lainnya. Beberapa penyedia jasa meminta pemilik untuk mengosongkan tangki hingga seperempat, tetapi akan lebih baik kalau dikosongkan menyeluruh.

Mengapa? Jika tangki masih berisi, bensin akan menguap dan berisiko memicu api. Ruang logistik jasa pengiriman motor pun bakal mengalami kebakaran. Sobat IKE bukan cuma kehilangan sepeda motor, tetapi harus ganti rugi sejumlah kerusakan.

5. Isi Angin Ban Sepeda Motor

Selain mengosongkan tangki, Sobat IKE pun dianjurkan untuk mengisi angin ban sepeda motor. Hal ini disebabkan ban merupakan salah satu bagian dari sistem suspensi kendaraan. Mengisi angin ban akan memudahkan sepeda motor dipindahkan dalam jarak dekat.

Kemudian, ban yang terisi angin akan menjaga bantalan dan memanjangkan usia komponen. Dengan begitu, setelah dibawa jasa pengiriman motor, kendaraan tersebut bisa Sobat IKE kendarai untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

6. Menangani Atau Melaporkan Kebocoran

Apa sepeda motor milik Sobat IKE sudah sering mengalami kebocoran? Jika masih ada waktu, tangani terlebih dulu kendala tersebut dengan membawa sepeda motor ke bengkel langganan agar tidak menimbulkan kendala atau kerusakan di tengah perjalanan.

Bagaimana kalau waktunya tak memungkinkan? Laporkan kepada penyedia jasa pengiriman motor seputar risiko kebocoran tersebut. Mereka bisa saja membantu Sobat IKE menekan kemungkinan tadi untuk sementara waktu sampai sepeda motor tiba di lokasi tujuan.

7. Periksa Dan Catat Kendala Pada Mesin

Mesin, seperti yang Sobat IKE ketahui, memegang peran penting dalam performa sepeda motor. Meskipun mesin mati saat dibawa kendaraan, pastikan Sobat IKE tahu kondisi komponen tersebut. Terutama kalau sebelumnya pernah mengalami kendala dan harus diperbaiki. 

Seperti poin sebelumnya, laporkan riwayat kondisi mesin kepada jasa pengiriman motor. Dengan demikian, mereka dapat memastikan sepeda motor Sobat IKE terhindar dari pemicu-pemicu yang berpotensi merusak atau memperparah gangguan pada mesin kendaraan.

8. Kumpulkan Dokumen Dan Surat Resmi Kendaraan

Langkah terakhir yang harus Sobat IKE siapkan adalah mengumpulkan dokumen dan surat resmi sepeda motor. STNK dan BPKB adalah dua berkas yang biasanya dibutuhkan untuk memperlancar proses pengiriman kendaraan tersebut.

Selain itu, perusahaan jasa pengiriman motor memerlukan dokumen dan surat resmi untuk mengetahui status kendaraan Sobat IKE. Sebagian besar layanan jasa akan menolak pengantaran kendaraan begitu tahu sepeda motor ternyata hasil curian atau barang tadahan.

Jasa Pengiriman Motor PT IKE Indone Kargo Ekspress

Apa Saja Kesalahan Yang Harus Dihindari?

Sudah selesai mempersiapkan sepeda motor yang akan diantar jasa pengiriman motor? Untuk mencegah masalah atau kesalahpahaman yang dapat berbuntut panjang, Sobat IKE pun perlu tahu beberapa kesalahan umum di bawah ini untuk menekan risiko yang lebih buruk.

1. Salah Mencantumkan Alamat Tujuan

Ketika alamat tujuan salah atau tak lagi ada, paket biasanya akan dikembalikan kepada pihak pengirim. Proses ini mungkin tak akan terlalu merepotkan untuk dokumen atau barang sehari-hari. Namun, apa jadinya kalau kecerobohan tersebut terjadi dalam pengiriman sepeda motor?

Maka dari itu, Sobat IKE dianjurkan memeriksa data secara seksama sebelum mengontak jasa pengiriman motor. Jika sepeda motor akan diantarkan ke penerima baru, konfirmasi alamat tujuan mereka setelah menyelesaikan persiapan. Cek informasi seputar kelurahan, kecamatan, dan kode pos yang dibutuhkan perusahaan ekspedisi dan kargo.

2. Jarang Mengecek Update Pengiriman

Bukan tanpa alasan penyedia layanan pengiriman memberikan nomor resi atau akses update pada Sobat IKE. Mereka ingin agar Sobat IKE dapat memantau sendiri sejauh mana sepeda motor pergi sambil memperhatikan estimasi waktu tibanya kendaraan di tujuan.

Jadi, sebaiknya Sobat IKE rutin memeriksa update atau tracking kendaraan yang disediakan jasa pengiriman motor. Apalagi kalau lokasi tujuan cukup jauh sampai harus menyeberangi beberapa laut dan pulau. Kalau sepeda motor belum kunjung tiba di alamat dan melewati perkiraan waktu selama beberapa hari, segera kontak perusahaan untuk mengambil tindakan lanjut.

3. Mengabaikan Detail-detail Kecil

Saking fokus dengan hal-hal besar, beberapa orang sampai melupakan detail kecil yang berdampak pada proses pengiriman. Meski terkesan merepotkan, pengecekan menyeluruh dan terperinci bakal menolong Sobat IKE maupun penyedia jasa pengiriman motor dari masalah.

Apa saja detail-detail kecil yang dimaksud? Memeriksa kondisi tangki agar tetap kosong, memegang kunci ekstra, hingga memastikan mesin tetap berfungsi adalah segelintir pengecekan yang tidak akan membuat Sobat IKE menyesal. Mengabaikannya hanya akan memperlambat proses pengiriman dan mengganggu jadwal dari perusahaan.

4. Tidak Memeriksa Layanan Asuransi

Ketika mengurus dokumen bersama penyedia jasa pengiriman motor, pastikan mereka memiliki layanan asuransi atau jaminan untuk menjaga sepeda motor. Namun, masih ada yang melewatkan hal tersebut karena menganggap kendaraan mereka tiba dengan selamat.

Padahal, dengan memakai asuransi atau jaminan, sepeda motor milik Sobat IKE bakal menerima proteksi terbaik dari perusahaan. Khususnya saat kendaraan harus menyeberangi medan yang cukup berat dan riskan. Kalau rusak atau bermasalah, Sobat IKE pun tak perlu mengeluarkan biaya besar karena ada asuransi atau jaminan yang bakal menanganinya.

Jasa Pengiriman Motor Terbaik Bersama PT Indone Kargo Ekspress

PT Indone Kargo Ekspress merupakan perusahaan yang melayani sejumlah pengiriman untuk dokumen hingga kendaraan, tak terkecuali jasa pengiriman motor. Pengalaman bertahun-tahun yang sudah dilalui membuat mereka terampil dalam mengurus mengantar kendaraan ke sejumlah kota maupun daerah di Indonesia. Tarif jasa yang dikenakan pun bersahabat dengan kondisi keuangan Sobat IKE.

Dalam pemberian layanan, PT Indone Kargo Ekspress menerima layanan pengiriman sepeda motor untuk kebutuhan-kebutuhan seperti:

1. Bagian Dari Pindahan Rumah Atau Kantor 

Kalau Sobat IKE belum tahu, PT Indone Kargo Ekspress menyediakan jasa lain seperti untuk pindahan rumah dan kantor. Jika dalam proses pindahan ada kendaraan yang harus diangkut juga, manfaatkan jasa pengiriman motor yang mereka sediakan buat menekan pengeluaran di ongkos kirim.

2. Sepeda Motor Harus Diperbaiki Di Luar Kota Atau Pulau Lain

Apa Sobat IKE tinggal di pedesaan atau kawasan terpencil yang belum menyediakan bengkel memadai? PT Indone Kargo Ekspress siap membantu mengantarkan sepeda motor yang rusak ke luar kota atau bahkan pulau tanpa membuat kondisi kendaraan semakin parah.

3. Mengantarkan Sepeda Motor Kepada Pembeli

Jasa pengiriman motor yang disediakan PT Indone Kargo Ekspress pun bakal membantu Sobat IKE yang menjalankan bisnis otomotif. Penyedia layanan tersebut akan memastikan sepeda motor yang akan diantarkan ke alamat pembeli sampai dalam keadaan utuh.

Menyediakan Pengiriman Via Darat, Laut dan Udara

Kemudian, PT Indone Kargo Ekspress menyediakan layanan pengiriman melalui tiga jalur, yakni darat, laut, dan udara. Hal ini merupakan salah satu keunggulan yang dapat Sobat IKE bandingkan dengan kompetitor. Pasalnya, tak banyak penyedia jasa pengiriman motor yang membuka layanan melalui udara.

1. Pengiriman Via Jalur Darat

Jalur ini direkomendasikan buat Sobat IKE yang hendak mengantarkan sepeda motor ke luar kota atau provinsi yang masih berada di pulau yang sama. PT Indone Kargo Ekspress pun menyediakan macam-macam transportasi yang siap mengangkut sepeda motor lewat jalur darat, salah satunya kereta api yang relatif cepat.

Keuntungan jasa pengiriman motor lewat darat terletak pada ongkosnya yang terjangkau. Estimasi waktu pun relatif akurat apabila alamat yang dikirimkan tepat. Sobat IKE juga bakal menerima nomor resmi untuk update pengiriman kendaraan.

2. Pengiriman Via Jalur Laut

Pengantaran sepeda motor lewat jalur laut cocok untuk tujuan di luar pulau. Kadang, pengiriman dengan metode ini digabungkan dengan jalur darat apabila tempat penerima berada di pelosok. Ada pun jenis transportasi yang digunakan PT Indone Kargo Ekspress mencakup kapal laut dan kargo dengan kapasitas berbeda.

Tarif yang dikenakan untuk jasa pengiriman motor lewat jalur laut memang sedikit lebih mahal dibandingkan jalur darat. Namun, Sobat IKE tak perlu menunggu lama karena prosesnya cukup cepat dan mendapatkan jaminan terbaik dari perusahaan.

3. Pengiriman Via Jalur Udara

Mempunyai bujet besar dan penerima tak bisa menunggu terlalu lama? Berarti Sobat IKE dapat mengambil pengiriman sepeda motor melalui udara. PT Indone Kargo Ekspress dalam hal ini sudah menyediakan pesawat terbang seperti Hercules TNI yang dikenal akan kapasitasnya yang besar dan mampu membawa muatan berat.

Selain itu, rute pada jasa pengiriman motor melalui jalur udara lebih luas daripada jalur darat. Hal ini disebabkan pesawat dapat menjangkau lokasi-lokasi yang tak bisa ditembus transportasi darat. Jadi, sepeda motor bisa tiba tepat waktu di alamat tujuan.

Demikian informasi lengkap seputar pengiriman sepeda motor, cara mempersiapkan kendaraan, hingga opsi pengantaran bersama cargo murah PT Indone Kargo Ekspress. Sobat IKE yang kebetulan sedang mencari penyedia jasa pengiriman motor dapat mengecek layanan yang disediakan perusahaan tersebut dengan mengakses website ini atau menghubungi kontak kami.

Nomor Telepon / WA Pelayanan Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami