You are currently viewing Ini Dia 11 Tata Cara Pindahan Rumah yang Perlu Anda Tahu

Ini Dia 11 Tata Cara Pindahan Rumah yang Perlu Anda Tahu

  • Reading time:9 mins read

Apakah Anda salah seorang yang sedang bingung bagaimana caranya pindahan rumah? Seringkali akibat beberapa faktor membuat banyak orang harus melakukan hal tersebut. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara pindahan rumah yang efektif sehingga bisa berlangsung sesuai keinginan dan tidak terlalu merepotkan. Apakah Anda salah satu yang hendak melakukan pindahan rumah? Jika iya, maka ulasan berikut cocok untuk Anda baca dan lakukan.

11 Cara Pindahan Rumah yang Perlu Anda Tahu

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pindahan rumah yang efektif dan lebih tertata. Ini pembahasannya:

1. Moving Checklist

Mempersiapkan pindahan tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun Anda dapat menentukan sekiranya berapa lama durasi yang dibutuhkan untuk waktu pindahan. Caranya, Anda bisa melakukan moving checklist secara lengkap dan membuat timeline.

Moving checklist merupakan table berisi aktivitas yang akan dilakukan dalam aktivitas pindah. Misalnya pengorganisasian barang, packing, hingga jasa pindahan yang dibutuhkan. Dengan begitu maka tidak ada hal penting yang terlewat satu pun.

2. Mengecek barang-barang berharga

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek barang-barang berharga. Anda bisa memastikan bahwa nantinya tidak akan ada barang berharga yang tertinggal. Mungkin tidak akan masalah jika pindahan rumah yang Anda lakukan berjarak dekat. Namun, akan sangat merepotkan jika lokasi pindahan rumah yang Anda lakukan membutuhkan jarak tempuh cukup jauh.

Oleh sebab itu, mulailah terlebih dahulu dengan mengelompokkan barang-barang berdasarkan jenis dan tingkat kepentingannya. Seperti berkas-berkas berharga yang dijadikan satu, barang elektronik satu dengan lainnya, hingga barang-barang lain seperti pakaian, tempat makan, maupun kategori yang belum disebutkan. Dengan begitu, pindahan rumah yang hendak Anda lakukan bisa lebih terstruktur dan tidak membuat Anda bingung.

3. Mengemas ke dalam kardus/plastik/benda lain untuk mengamankan barang-barang

Cara pindahan rumah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengemas barang-barang tadi ke dalam wadah yang tepat. Baik kardus, plastic, tas, koper, dan lainnya. Cara ini juga perlu Anda lakukan untuk mengamankan barang-barang yang hendak dipindah dan memudahkan pembawaannya nanti.

Selain itu, jangan sampai Anda lupa untuk menempatkan barang-barang tadi di wadah paling aman sesuai tingkat kepentingannya. Seperti berkas di dalam tas, barang elektronik ke dalam kardus yang dilengkapi styrofoam, dan lainnya.

Baca juga: 5 Cara Membungkus Paket Elektronik Agar Tetap Terjaga Keamanan dan Kualitasnya

4. Gunakan Label di Tiap Box

Untuk membuat barang packingan lebih terata rapi, Anda bisa memberikan label pada tiap box. Hal ini juga bertujuan supaya barang terorganisasi dengan baik. Tulis nama barang pada setiap box yang akan dipindahkan ke rumah baru.

Saat ada di rumah baru dan Anda akan menata barang-barang kembali, maka Anda tidak akan bingung. Jadi proses penataan barang nantinya jauh lebih efektif dan efisien.

5. Membersihkan rumah lama

Setelah Anda berkemas-kemas, Anda bisa membersihkan rumah terlebih dahulu sebelum meninggalkannya. Jangan sampai Anda meninggalkan sampah yang berserakan atau lantai berdebu. Hal ini untuk memberikan kesan yang baik ketika Anda hendak meninggalkan rumah yang lama.

Kegiatan bersih-bersih pun bisa dilakukan bersama anggota keluarga lainnya sehingga pekerjaan ini akan terasa lebih menyenangkan.

6. Memisahkan Dokumen Penting

Salah satu hal yang cukup sering diabaikan saat pindahan rumah yaitu memisahkan dokumen penting. Pasalnya, pikiran sedang crowded sehingga dokumen yang tidak begitu penting justru disatukan dengan dokumen yang penting.

Anda perlu memisahkan dokumen-dokumen yang penting seperti sertifikat, akta, ijazah, dan berkas lainnya di satu packingan map. Jangan sampai dokumen hilang atau rusak, karena untuk mengurusnya sangat ribet. Lebih baik upayakan untuk memisahkannya dari awal agar tetap aman saat pindah ke rumah baru.

7. Menyimpan Perabot Kecil di Perabot Besar

Untuk mempermudah dalam proses packing saat pindah rumah, Anda dapat memanfaatkan perabot besar untuk menyimpan barang-barang kecil. Misalnya dengan memanfaatkan lemari untuk menyimpan selimut, sprei, jaket, dan barang-barang lainnya.

8. Menjual Barang yang Tidak Terpakai

Untuk mengurangi barang yang dipindahkan ke rumah baru, Anda bisa menjual barang yang sudah tidak dipakai lagi. Saat beres-beres barang, bisa jadi ruangan menjadi kurang karena tiba-tiba Anda mendapati banyak barang yang sudah lama tidak terlihat.

Baca juga: Tips Jual Barang Pindahan Rumah Agar Cepat Laku

Coba Anda pikirkan, apakah barang-barang tersebut masih digunakan saat pindah ke rumah baru nantinya? Jika tidak, maka Anda bisa menjualnya ke tukang rongsok agar barang yang dipindahkan lebih simpel. Misalnya menjual kertas atau buku yang tidak terpakai lagi.

9. Tidak Menambah Stok Makanan

Ketika pindahan, ada banyak barang yang harus diurus, sehingga usahakan untuk tidak menambah stok makanan. Makanan bisa Anda beli di tempat tujuan jadi tidak perlu memaketkannya dari rumah lama. 

Anda hanya perlu menyiapkan stok bahan makanan basah untuk selama waktu yang tersisa di rumah lama. Jadi nantinya juga tidak ada makanan yang terbuang sia-sia.

10. Pamitan dengan tetangga

Jangan lupakan hal satu ini. Salah satu bagian penting dalam cara pindahan rumah yang efektif, baik, dan benar adalah berpamitan dengan tetangga sekitar. Ketika Anda datang dengan permohonan izin dan perkenalan, maka sebaiknya pergi pun dengan berpamitan. 

Dengan begitu, Anda tidak akan meninggalkan kesan buruk terhadap tetangga sekitar yang mungkin sudah lama mengenal Anda. Bahkan, cara ini juga bisa dijadikan alternatif untuk menjaga hubungan tetap baik meskipun nantinya Anda sudah berada di rumah baru.

11. Menggunakan jasa pindahan rumah terpercaya

Nah, cara berikutnya yang bisa Anda lakukan ketika ingin melakukan pindahan rumah dengan efektif adalah dengan menggunakan jasa pindahan rumah terpercaya. Menggunakan jasa pindahan rumah bisa membantu Anda untuk melakukan pengiriman yang diketahui akan sangat banyak.

Selain itu, dengan menggunakan jasa pindahan rumah yang efektif, bisa membuat kegiatan pindahan yang dilakukan bisa berlangsung dengan lebih cepat dan terjangkau. Namun, tetap saja Anda harus jeli dalam memilih jasa pindahan rumah. Anda bisa menemukan jasa terbaik dan terpercaya dengan mengikuti tips berikut.

Tips Memilih Jasa Pindahan Rumah

1. Memilih jasa yang memiliki reputasi terbaik

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek bagaimana track record dari jasa yang hendak digunakan. Apakah memiliki hubungan baik dengan pelanggan sebelumnya atau justru sebaliknya.

2. Memberikan transparansi biaya pindahan dengan layanan yang diberikan

Jangan lupa untuk mengecek bagaimana biaya yang ditawarkan dengan layanan yang diberikan. Sekiranya masuk akal, maka Anda bisa melanjutkan untuk menggunakan jasa yang bersangkutan.

3. Memiliki testimoni positif

Anda pun bisa mengecek baik buruk jasa pindahan rumah dari testimoni pelanggan sebelumnya. Lihat apakah testimoni di media sosial maupun website jasa yang bersangkutan tergolong positif atau negatif. Itulah beberapa cara pindahan rumah yang bisa Anda lakukan lengkap dengan bagaimana cara mendapatkan jasa pindahan terbaik.

Jika Anda mencari jasa pindahan rumah, maka PT. Indone Kargo Ekspress bisa membantu Anda untuk melakukan pindahan tanpa repot. Silakan hubungi customer service kami melalui tombol Whatsapp yang ada di website ini untuk mendapatkan harga terbaik. Terima kasih.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!