Tips Jual Barang Pindahan Rumah Agar Cepat Laku

  • Reading time:6 mins read

Jual barang pindahan rumah bisa menjadi alternatif untuk Anda yang repot membawa barang-barang besar dan sulit untuk dipindahkan. Terlebih jika Anda pindah ke luar pulau atau antar provinsi sehingga sedikit kerepotan.

Jual barang juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mempunyai barang-barang baru di rumah baru. Sehingga hasil dari penjualan tersebut bisa menjadi dana tambahan untuk membeli barang baru.

Namun menjual barang-barang baru juga tidak bisa Anda lakukan sembarangan karena cukup sulit melakukannya. Sehingga butuh trik khusus agar barang yang dijual cepat laku. Berikut ini beberapa trik khusus untuk jual barang pindahan rumah yang bisa Anda lakukan.

Tips Jual Barang Pindahan Rumah

Mengatur Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk menjual barang pindahan rumah dapat meningkatkan peluang agar cepat laku. Misalnya musim liburan bisa menjadi strategi yang tepat, sebab dapat menarik minat pembeli yang sedang mencari barang tambahan untuk perayaan tertentu. 

Kemudian menjelang awal bulan atau saat gajian biasanya adalah waktu dimana orang memiliki lebih banyak uang untuk membeli barang-barang. Selain itu, ikuti pula tren pasar yang sedang berkembang, siapa tahu barang Anda adalah yang sedang dicari oleh masyarakat.

Memberitahu Orang Sekitar

Memberitahukan orang sekitar sebelum Anda memutuskan untuk jual barang pindahan rumah bisa menjadi solusi agar cepat laku. 

Beritahu tetangga dan teman di sekitar Anda tentang niat Anda untuk menjual barang bekas. Anda dapat mengirim pesan atau mengobrol secara pribadi dengan mereka untuk memberi tahu bahwa Anda akan mengadakan penjualan barang bekas.

Baca juga: 7 Tips Packing Barang untuk Pindah Rumah Agar Tidak Hilang dan Tercecer

Menjaga Kondisi Perabotan Bekas dengan Baik

Mulailah dengan membersihkan perabotan secara menyeluruh. Gunakan lap lembut, sikat, atau kain mikrofiber untuk menghilangkan debu, noda, atau kotoran yang mungkin ada pada perabotan. Jangan lupa membersihkan bagian sulit dijangkau seperti celah-celah atau lipatan.

Jika ada kerusakan kecil pada perabotan, seperti goresan kecil atau baut yang kendur, usahakan untuk memperbaikinya. Ganti baut yang kendur, gunakan pena retouch untuk menutupi goresan kecil, atau rekatkan bagian yang terlepas jika memungkinkan. Hal ini akan membuat perabotan terlihat lebih baik dan memberikan kesan bahwa Anda telah menjaga perabotan dengan baik.

Pastikan semua bagian perabotan masih berfungsi dengan baik. Jika ada tombol yang macet, engsel yang kendur, atau lampu yang tidak menyala, perbaiki sebelum menjualnya. Pembeli akan lebih tertarik pada perabotan yang berfungsi dengan baik.

Jika ada perabotan yang rusak parah dan sulit diperbaiki, lebih baik tidak menjualnya. Perabotan tersebut mungkin tidak akan menarik minat pembeli, dan akan lebih baik jika Anda membuangnya atau mendaur ulang.

Menetapkan Harga yang Sesuai dengan Kondisi

Lakukan penelitian pasar untuk mencari tahu harga sejenis perabotan bekas. Cari tahu berapa harga yang biasanya ditawarkan oleh penjual lain untuk perabotan serupa dalam kondisi yang sama atau serupa. Ini akan memberikan gambaran mengenai harga yang wajar untuk perabotan Anda.

Usia dan kondisi perabotan merupakan faktor penting dalam menentukan harga. Perabotan yang lebih baru dan dalam kondisi yang baik umumnya akan memiliki nilai lebih tinggi. Namun, jika perabotan sudah cukup tua atau memiliki kerusakan yang signifikan, mungkin perlu menetapkan harga yang lebih rendah.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal saat Pindah Rumah yang Harus Anda Hindari

Anda juga perlu mempertimbangkan fleksibilitas dalam negosiasi harga. Pembeli mungkin akan mencoba menawar harga yang lebih rendah, jadi Anda harus mempertimbangkan batasan harga terendah yang dapat diterima.

Menjual Perabotan Bekas di Media Sosial

Menggunakan media sosial untuk menjual perabotan bekas dapat menjadi cara efektif untuk menjangkau calon pembeli yang lebih luas.

Caranya yaitu dengan menentukan platform media sosial yang paling sesuai untuk menjual perabotan bekas. Facebook Marketplace, Instagram, atau platform khusus jual-beli seperti Carousell atau OLX bisa menjadi pilihan yang baik.

Baca juga: 5 Tempat Jual Furniture Bekas Pindah Rumah Terbaik di Jakarta

Jangan lupa mencantumkan deskripsi yang sesuai dengan kondisi dari perabotan bekas yang Anda jual. Jangan sampai pembeli kecewa karena ada kekurangan yang ditutup-tutupi.

Itulah beberapa tips jual barang pindahan rumah yang bisa Anda terapkan agar cepat laku. Penting untuk menerapkan harga yang sesuai dengan kondisi barang, jangan sampai Anda tidak jujur.

Jika Anda membutuhkan jasa pindahan rumah yang siap membantu Anda tanpa ribet. Kami PT. Indone Kergo Ekspress siap membantu Anda. Segera hubungi customer service kami untuk mendapatkan harga spesial. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)