Syarat Pindah Rumah yang Perlu Diperhatikan

  • Reading time:5 mins read

Ketika memutuskan untuk pindah rumah, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Berbagai syarat pindah rumah perlu dipastikan kembali sehingga semua hal yang bersifat administratif maupun hal-hal tidak tertulis lain dapat terpenuhi.

Inilah Syarat Pindah Rumah yang Sebaiknya Dilakukan

Beberapa orang kerap menggunakan adat tertentu saat melakukan pindahan rumah. Meski demikian, pada dasarnya Anda tidak melulu harus menggunakan tradisi tertentu untuk hal tersebut. Berikut secara umum syarat yang sebaiknya Anda lakukan.

1. Pastikan rumah sudah siap huni

Hal pertama yang penting untuk dipastikan yakni kesiapan rumah untuk dihuni, baik dari sisi kelayakan bangunan maupun legalitasnya. Jangan sampai Anda pindah ketika rumah baru masih berantakan atau masih banyak syarat administratif yang kurang.

Jika Anda membeli rumah baru lewat KPR misalnya, pastikan persyaratan dan serah terima sudah dilakukan. Atau jika membangun rumah sendiri, pastikan konstruksinya sudah ideal dan selesai dan Anda hanya tinggal mengisinya dengan perabotan.

2. Bawa keperluan secara lengkap

Hal-hal lain yang juga harus selalu Anda pastikan yakni membawa segala perabot dan keperluan secara lengkap. Saat melakukan pindahan rumah, pastikan semua barang sudah diangkut dengan baik, terutama untuk perabotan yang penting.

Tentu akan sangat repot jika masih ada barang yang tertinggal, terlebih jika pindahan rumah dilakukan pada jarak yang sangat jauh atau di luar kota. Dengan begitu, Anda bisa langsung menata perabotan tersebut pada rumah baru yang akan ditempati.

Di beberapa adat, terdapat sejumlah perabotan yang harus dibawa sebagai syarat pindah rumah yang harus dipenuhi. Misalnya di adat Jawa, dianjurkan untuk membawa sapu lidi sebagai lambang untuk menyapu segala pengaruh buruk di dalam rumah baru nantinya.

3. Lakukan sterilisasi rumah baru

Hal yang juga tidak boleh terlewatkan yakni melakukan sterilisasi rumah baru secara menyeluruh, baik di dalam maupun di luar rumah. Minimal langkah-langkah pembersihan seperti menyapu dan mengepel lingkungan rumah baru perlu menjadi perhatian khusus.

Bila perlu, lakukan sterilisasi dengan melakukan fogging apabila lingkungan sekitar masih banyak sarang nyamuk. Anda juga dapat memastikan sirkulasi udara di rumah baru tetap terjaga dengan membuka ventilasi dan membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

4. Perhatikan waktu pindahan rumah

Dalam beberapa tradisi, sangat dihindari untuk melakukan aktivitas pindah rumah di malam hari. Selain karena minim cahaya, pindahan rumah di malam hari umumnya malah akan membuat Anda kelelahan dan tidak sempat untuk membersihkan rumah.

Anda juga dapat menentukan hari-hari tertentu untuk melakukan pindahan. Meskipun pada dasarnya tidak ada ketentuan khusus untuk memilih hari atau bulan saat pindah rumah, namun ada baiknya Anda memperhatikan hal tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Membuat laporan ke aparat setempat

Adapun syarat pindah rumah lain yang juga perlu diperhatikan adalah membuat laporan domisili, terutama jika Anda berencana pindah rumah dan menetap dalam waktu yang lama. Laporan ini bisa dilakukan melalui aparat desa setempat.

Jika Anda pindah rumah ke luar kota atau bahkan luar provinsi, umumnya pengurusan surat domisili bisa mencapai Dinas Dukcapil setempat. Namun, ada baiknya Anda memulai laporan perpindahan dari tingkat RT/RW terlebih dahulu.

6. Ada baiknya gelar syukuran

Meskipun bukan merupakan aturan tertulis, menggelar acara syukuran rumah baru saat pindah rumah sebaiknya Anda lakukan. Syukuran dapat dilakukan dengan mengundang kerabat, anak-anak yatim, bahkan tetangga sekitar sebagai ajang silaturahmi.

Baca juga: Inspirasi Menu Makanan Syukuran Pindahan Rumah Sederhana

Dalam syukuran tersebut dapat dilakukan dengan doa yang dilanjutkan dengan makan bersama. Tidak harus mewah, namun tetap khidmat dan sesuai dengan tradisi atau syariat agama sehingga diharapkan rumah baru akan membawa berkat bagi semua orang.

Demikian beberapa syarat pindah rumah baik yang tertulis maupun yang tidak. Bagaimanapun, pindah rumah secara mudah merupakan keinginan banyak orang. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan cargo Indonekargo.com yang menyediakan layanan terbaik dengan harga angkut yang sangat terjangkau. Segera hubungi customer service indonekargo.com dan dapatkan penawaran spesial untuk kebutuhan angkutan barang perabotan Anda ke rumah baru!

Nah, buat Anda yang ingin pindahan rumah, Anda tidak perlu bingung, gunakan saja jasa pindahan rumah dari perusahaan cargo Indonekargo.com untuk membantu Anda pindahan secara efektif.

Hubungi customer kami melalui nomor WhatsApp untuk mendapatkan harga menarik. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)