Inspirasi Menu Makanan Syukuran Pindahan Rumah Sederhana

  • Reading time:6 mins read

Syukuran pindahan rumah menjadi salah satu momen istimewa yang biasanya diapresiasi dengan cara menggelar syukuran dan makan-makan. 

Meskipun terdapat banyak menu selamatan mulai dari yang sederhana hingga mewah, tetapi esensinya adalah ucapan rasa syukur. Anda bisa mengundang keluarga, kerabat, dan tetangga terdekat untuk turut hadir dalam acara.

Berikut ini beberapa inspirasi menu makanan syukuran pindahan rumah sederhana yang bisa Anda suguhkan.

Menu Syukuran Pindahan Rumah

Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah sebuah hidangan tradisional Indonesia yang umumnya disajikan dalam acara-acara perayaan atau upacara adat. Hidangan ini terdiri dari nasi kuning yang disusun menyerupai gunung dan dikelilingi aneka lauk-pauk dan makanan pendamping lainnya.

Lauk pauk tersebut biasanya berupa ayam goreng, ikan bakar, sate, telur dadar, tahu tempe, sayuran, dan acar. Makanan-makanan tersebut disusun mengelilingi tumpeng sebagai simbol kelimpahan rezeki dan keragaman hidup.

Nasi tumpeng memiliki makna dan simbolik yang dalam budaya Indonesia. Hidangan ini sering disajikan dalam berbagai perayaan seperti ulang tahun, pernikahan, acara keagamaan, atau acara adat tertentu. Nasi tumpeng juga biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam acara-acara penting sebagai tanda syukur dan harapan akan keberkahan serta kesuksesan di masa depan.

Nasi Liwet

Nasi liwet dibuat dengan cara memasak nasi menggunakan santan kelapa dan bumbu rempah-rempah seperti daun salam, serai, lengkuas, dan bawang merah. Proses memasaknya biasanya menggunakan panci khusus yang disebut kendil, sehingga memberikan aroma dan rasa khas pada nasi liwet.

Nasi liwet biasanya disajikan dengan aneka lauk-pauk dan pelengkap seperti ayam suwir, telur, ikan asin, tempe, tahu, teri, sayur labu siam, dan sambal. Lauk-pauk dan pelengkap ini memberikan cita rasa dan variasi pada hidangan nasi liwet.

Nasi liwet sering kali disajikan dalam acara-acara keluarga, acara adat, syukuran pindahan rumah atau acara spesial lainnya. Tradisi makan nasi liwet adalah dengan menyantapnya secara bersama-sama dari satu wadah besar atau nampan yang diletakkan di tengah meja. Hal ini mencerminkan nilai kebersamaan, persaudaraan, dan keakraban dalam budaya Jawa.

Baca juga: 10 Tips Packing Pindahan Rumah Dengan Cepat

Jajanan Pasar

Jajanan pasar adalah sebutan untuk berbagai jenis makanan atau camilan tradisional yang biasanya dijual di pasar tradisional atau pedagang kaki lima di Indonesia. Jajanan pasar sangat beragam dan memiliki cita rasa khas yang bervariasi tergantung daerahnya.

Jajanan pasar bisa berupa kue klepon, pastel, risoles, kue lumpur, lemper, arem, putu ayu, dan lain-lain. Sajian ini biasanya sebagai pendamping dari makanan utama.

Olahan Ikan

Olahan ikan adalah berbagai jenis makanan yang dibuat dengan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Ikan merupakan sumber protein yang kaya akan nutrisi.

Beberapa olahan ikan yang bisa Anda gunakan untuk acara syukuran, misalnya pindang ikan, ikan goreng, ikan bakar, pepes ikan, dan lain-lain. 

Mie Goreng Jawa

Mie goreng Jawa menjadi salah satu menu yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Mie goreng bisa menjadi penyeimbang untuk rasa gurih dari menu-menu yang sudah disuguhkan.

Menu ini bisa menjadi pilihan untuk tamu undangan yang tidak ingin mengonsumsi nasi. Mie goreng juga cocok dimakan bersama dengan lauk lainnya.

Ayam Goreng Tradisional

Ayam goreng tradisional menjadi menu andalan dari berbagai acara karena rasanya yang sudah pasti nikmat. Sangat cocok dimakan bersama nasi hangat dan oseng-oseng sederhana.

Daripada menggunakan menu kambing atau daging, harga ayam jauh lebih terjangkau sehingga bisa menghemat budget Anda. Selain diolah dengan cara digoreng, ayam juga bisa Anda olah dengan kremes, kecap, kremes, dan lain-lain.

Baca juga: Inilah Kumpulan Doa Ketika Menempati Rumah Baru Agar Berkah

Urap Sayur

Urap sayur dapat menjadi alternatif daripada memasak berbagai jenis sayuran. Anda bisa mencampurkan sayur-sayuran menjadi satu. Mengonsumsinya pun tidak repot karena sekaligus sudah diaduk. 

Memasaknya pun sangat sederhana, cukup dengan merebus sayuran kemudian menambahkan bumbu berupa kelapa parut yang sudah matang dan diberikan bumbu. Urap sayur juga cocok dimakan bersama dengan ayam goreng dan nasi hangat.

Itulah beberapa rekomendasi menu makanan untuk syukuran pindahan rumah yang bisa Anda suguhkan ke tamu. Tidak perlu menu makanan dengan harga yang mahal dan ribet, cukup dengan menu sederhana bisa memberikan makna kebersamaan dan rasa syukur.

Baca juga: Hitungan Hari Baik Pindahan Rumah Berdasarkan Berbagai Kepercayaan

Jika Anda membutuhkan jasa pindahan rumah yang siap membantu Anda tanpa ribet. Kami PT. Indone Kergo Ekspress siap membantu Anda. Segera hubungi customer service kami untuk mendapatkan harga spesial. Terima kasih.

1.9/5 - (7 votes)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!