Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam yang Wajib Anda Pahami

  • Reading time:5 mins read

Seperti halnya tata cara pindah rumah dalam berbagai tradisi dan kepercayaan, Islam sejatinya juga memiliki panduan tersendiri saat seseorang berencana melakukan pindahan rumah. Bahkan, pindah rumah menurut Islam tidak hanya sebagai simbol belaka, namun sikap tenggang rasa ke sesama manusia sehingga kehidupan akan semakin berkah dan tenteram.

5 Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam

Seorang muslim dianjurkan mengikuti beberapa tata cara yang baik saat akan pindah dan menempati rumah baru. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tata cara pindah rumah yang baik sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam.

1. Siapkan semuanya sebelum memilih hari pindahan

Ketika akan pindahan rumah, sangat disarankan untuk mempersiapkan semuanya dengan detail dan baik. Packing semua barang dengan rapi dan lakukan persiapan secara matang sehingga rumah baru siap untuk Anda tempati.

Selain itu, mempersiapkan hari baik untuk pindah rumah juga kerap dilakukan. Sejatinya, dalam Islam semua hari dianggap baik, namun bagi beberapa orang ada satu bulan yang dapat disesuaikan menurut posisi rumah baru yang akan ditinggali.

Misalnya jika rumah baru berada di arah Timur, maka Anda dapat pindah di bulan Sya’ban, Ramadhan, atau Rajab. Kalau posisi rumah di Selatan, maka proses pemindahan rumah dapat dilakukan pada bulan Syawal, Zulkaidah, atau Zulhijah.

2. Ucapkan salam saat memasuki rumah baru

Adapun tata cara pindah rumah menurut Islam tidak hanya dilakukan sebelum menempatinya saja, namun juga saat memasuki rumah baru tersebut. Dalam hal ini, setiap muslim dianjurkan untuk memberi salam saat masuk ke dalam rumah.

Selain itu, penting juga untuk membaca doa-doa saat akan memasuki rumah baru. Adapun doa yang dianjurkan adalah surah Al-Baqarah sehingga kehidupan di dalam rumah senantiasa dilindungi oleh Allah SWT. Surah tersebut dapat dibaca langsung atau memutarnya melalui audio.

Anda juga sebaiknya mengatakan “Ma sha’ Allaah la quwwata illa Billaah” ketika Anda kagum dengan rumah baru yang akan ditinggali. Dengan demikian, berbagai bahaya yang bisa saja menimpa hal yang Anda kagumi diharapkan dapat dihindari.

Baca juga: Inilah Kumpulan Doa Ketika Menempati Rumah Baru Agar Berkah

3. Mengadakan syukuran pindahan rumah

Ada baiknya Anda menyelenggarakan syukuran dengan mengundang keluarga, kerabat, bahkan tetangga sekitar rumah. Membuat dan menghidangkan makanan lalu mengundang orang lain untuk makan di rumah baru menjadi salah satu wujud syukur kepada Allah SWT.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keberkahan sehingga rumah baru yang akan ditempati dapat terasa nyaman bagi semua penghuninya. Tidak hanya itu, acara syukuran juga diharapkan akan dapat menyambung tali silaturahmi antar umat.

Dalam kebiasaan bermasyarakat, kegiatan ini cukup sering dilakukan. Para ulama pun membolehkan kegiatan seperti ini selama tidak diikuti dengan ritual atau pesta lain di luar ketentuan syariat agama Islam.

Baca juga: Inspirasi Menu Makanan Syukuran Pindahan Rumah Sederhana

4. Tidak memajang benda berbau syirik

Tata cara pindah rumah menurut Islam yang lainnya yakni dengan tidak menyekutukan Allah alias tidak berlaku syirik. Salah satu contohnya dengan menyimpan benda-benda jimat di rumah, baik pada patung, gambar, atau benda-benda lain yang dianggap memiliki kekuatan magis.

Sebaliknya, perbanyak membaca Al-Quran dan shalawat sehingga rumah baru yang Anda tempati akan dilimpahi dengan keberkahan. Hal ini sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW yang mengajarkan setiap umat muslim untuk memperbanyak ibadah.

5. Bersilaturahmi dengan tetangga sekitar

Saat berada di lingkungan tempat tinggal yang baru, dianjurkan juga untuk berbuat baik kepada para tetangga. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk berkenalan dengan tetangga sekitar dan bercengkerama dengan mereka di sejumlah kegiatan lingkungan.

Selain itu, tidak ada salahnya membawa beberapa buah tangan saat berkunjung ke rumah tetangga. Jaga selalu keharmonisan dengan tetangga sehingga tercipta kehidupan bermasyarakat yang tenteram dan nyaman.

Demikian beberapa tata cara pindah rumah menurut Islam yang penting untuk Anda ketahui. Buat Anda yang ingin pindahan rumah dengan nyaman dan tanpa ribet, jangan segan menggunakan jasa pindahan rumah dari perusahaan cargo Indonekargo.com. Hubungi customer kami melalui nomor WhatsApp untuk mendapatkan harga menarik. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)