You are currently viewing Pengertian Trucking, Jasa Ekspedisi Terjangkau Untuk Anda

Pengertian Trucking, Jasa Ekspedisi Terjangkau Untuk Anda

  • Reading time:6 mins read

Seringkali mendengar istilah trucking yang secara umum berhubungan dengan transportasi atau armada yang digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah besar seperti pengiriman cargo yang proses pengirimannya bisa melalui jalur darat maupun jalur laut.

Pengertian Trucking

Trucking adalah layanan jasa pengiriman barang melalui darat yang menggunakan armada mobil dan truk, mulai antar kota hingga antar pulau, di mana barang yang akan dikirim dicampur menjadi satu untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang, sehingga bisa lebih murah dan cepat.

Untuk proses pengiriman barang menggunakan layanan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk proses pengiriman antar pulau, maka sebelum menggunakan layanan trucking, Anda harus memperhitungkan estimasi waktu yang dibutuhkan dengan tepat agar barang sampai ke penerima dengan tepat waktu.

Kelebihan Jasa Trucking 

Untuk proses pengiriman barang menggunakan jasa trucking memiliki banyak kelebihan dan manfaatnya, antara lain lebih hemat dan efisien karena harga yang ditawarkan lebih murah, terutama untuk barang yang memiliki ukuran dan volume besar. Berikut beberapa kelebihan dari trucking.

1.     Harga lebih murah dibandingkan pengiriman melalui jalur udara.

2.     Mampu mengirim barang dalam jumlah dan besar lebih dari 30Kg.

3.     Dapat menerima semua jenis barang yang akan dikirimkan. 

4.     Mudah dilakukan pemantauan dengan menggunakan sistem tracking. 

5.     Mampu melakukan pengiriman antar kota dan luar pulau hingga ke luar negeri.

6.     Tidak ada persyaratan yang berlebihan untuk pengiriman.

7.     Untuk pemesanannya dapat dilakukan dengan mudah. 

Baca juga: Layanan Ekspedisi yang Memudahkan Para Pelaku Usaha

Mengetahui Jenis Armada Pengiriman Trucking

Umumnya, untuk armada yang menggunakan jasa trucking sangat beragam, biasanya tergantung dari permintaan atau kebutuhannya. Di sini ada beberapa armada yang sering digunakan untuk pengiriman barang.

1. Mobil

Mobil seringkali digunakan sebagai kendaraan untuk membawa barang kiriman. Kendaraan ini umumnya dipakai untuk kepentingan komersial/niaga maupun untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan antar-jemput barang atau muatan muatan. 

2. Truk Box

Truk box termasuk tipe truk yang masuk dalam truk yang berukuran tidak terlalu kecil karena terlihat luas. Perbedaan dengan truk yang biasanya adalah jumlah ban yang lebih banyak, sehingga mampu membawa lebih banyak barang. 

3. Truk Tronton

Jenis truk tronton menjadi salah satu truk yang banyak digunakan sebagai armada untuk pengiriman barang dengan bobot lebih besar dibandingkan dengan truk-truk lainnya, sehingga membawa barang sekitar 30 kubikasi dengan berat maksimal 10 Ton.

4. Truk Trailer

Truk Trailer sebagai salah satu armada yang mempunyai daya angkut dari 20 Ton hingga 60 Ton.

5. Truk Fuso

Truk fuso sebagai salah satu truk yang mampu membawa barang dengan berat maksimal 7 Ton. Fuso sendiri termasuk kendaraan niaga kelas light dan medium.

Baca juga: Apa Itu Mobil Blind Van? Mobil Hits Untuk Usaha

Perkiraan Harga Layanan Trucking

Salah satu yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan jasa trucking adalah waktu untuk proses pengiriman barang dan harga pengiriman atau ongkos kirim. 

Dengan mengetahui perhitungan kira-kira budget yang harus dikeluarkan lebih memudahkan Anda dalam mempersiapkan dana yang harus dikeluarkan, sehingga tidak kaget ketika melakukan pengiriman barang dengan jumlah yang besar secara langsung. 

Namun, tahukah Anda jika dalam penentuan harga tersebut, ada beberapa hal yang mempengaruhi murah atau mahalnya biaya pengiriman dengan layanan trucking ini yang perlu Anda ketahui, sehingga dapat memiliki gambaran yang jelas, yaitu jasa, tenaga ahli yang dibutuhkan, SOP yang berlaku, total berat barang yang kirim, total volume barang yang dikirim, dan rute pengiriman ke alamat yang dituju.

Dari berbagai faktor yang sudah disebutkan tersebut akan digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui perhitungan suatu barang yang akan dikirimkan, sehingga dapat menetapkan harga jasa truckingnya dengan tepat. Dengan menggunakan jasa trucking Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengirimkan barang dengan jumlah besar ke luar pulau, apalagi jasa trucking adalah bagian dari layanan logistik yang penting bagi pelaku bisnis, jadi tidak heran jika biaya yang dicantumkan pada jasa trucking sesuai dengan barang kiriman Anda karena terhitung juga dari volumenya.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa trucking untuk mengirimkan barang cargo Anda, jangan ragu untuk menghubungi customer service PT. Indone Kargo Ekspress melalui tombol WhatsApp yang ada di website ini. Kami siap membantu Anda.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!