You are currently viewing Layanan Ekspedisi yang Memudahkan Para Pelaku Usaha

Layanan Ekspedisi yang Memudahkan Para Pelaku Usaha

  • Reading time:5 mins read

Layanan ekspedisi semakin mengalami pertumbuhan terlebih dengan adanya sistem belanja online yang makin digandrungi masyarakat, meskipun sudah sering menggunakan layanan tersebut namun tahukah Anda apa itu ekspedisi? Arti ekspedisi sendiri sebenarnya memiliki artian yang cukup luas dan sebagian orang hanya mengenalnya sebagai jasa pengiriman barang.

Mengenal Apa itu Ekspedisi

Apa yang terpikirkan oleh Anda ketika mendengar kata ekspedisi? Arti kata ekspedisi yang ada dalam KBBI adalah pengiriman barang; surat dan lain sebagainya, namun ada juga arti lain dari kata ekspedisi yaitu pengiriman tentara dengan tujuan memerangi musuh.

Banyak masyarakat yang lebih mengerti arti ekspedisi sebagai aktivitas perjalanan atau pengangkutan komoditas secara terorganisir ke tempat tujuan tertentu, dalam dunia usaha arti kata ekspedisi lebih ke proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli, perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang inilah yang disebut sebagai jasa ekspedisi.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Truk, Karakteristik dan Ukurannya yang Biasa Digunakan Oleh Jasa Cargo

Selama melakukan kegiatan pengiriman barang tentunya harus melalui prosedur yang sudah ditentukan oleh perusahaan, sebelum dikirim barang harus dikemas untuk menjaga keamanan dan kualitas barang itu sendiri, pihak pengirim juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan proses pengepakan dan pengiriman barang.

Saat ini mayoritas pengguna jasa ekspedisi adalah pelaku bisnis e-commerce, maraknya aktivitas belanja online memang membuka peluang perusahaan ekspedisi untuk membantu proses pengiriman barang sampai ke tangan konsumen, begitu juga dengan pelaku bisnis yang terbantu dengan adanya jasa ekspedisi karena menjangkau konsumen di berbagai wilayah termasuk luar negeri.

Proses pengiriman barang dilakukan dengan menggunakan berbagai moda transportasi mulai darat; laut dan udara, jadi barang bisa sampai ke tangan konsumen dalam estimasi waktu yang relatif singkat, bahkan untuk apa itu ekspedisi ke luar negeri membutuhkan waktu setidaknya 7 hari hingga paling lama 14 hari kerja.

Bagi Anda yang berencana mengirimkan barang namun dengan biaya yang cukup terjangkau biasanya menggunakan moda transportasi darat, hanya saja ada kelemahan dari proses pengiriman via darat ini yaitu terlambatnya estimasi waktu penerimaan barang, tentu saja hal ini bisa dipengaruhi beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penundaan waktu kirim.

Sedangkan untuk pengiriman luar negeri umumnya menggunakan moda transportasi udara yang terbilang lebih cepat dari pada jalur laut, namun untuk pengiriman jalur udara biayanya cukup mahal karena masih harus membayar bea cukai.

Kelebihan Menggunakan Jasa Ekspedisi

Bagi pelaku bisnis khususnya e-commerce ada banyak hal yang perlu dilakukan hingga akhirnya produk dapat dinikmati konsumen, coba bayangkan tanpa adanya jasa ekspedisi produk tidak akan sampai ke tangan konsumen, jika tidak ada jasa ekspedisi Anda harus mengantarkan barang langsung ke pembeli dan tentunya ini sangat merepotkan bukan?

Apalagi tidak hanya satu konsumen saja yang menggunakan produk Anda jadi sudah pasti dibutuhkan tenaga dari tim ekspedisi, layanan ekspedisi umumnya memiliki rantai distribusi yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air, konsumen yang berada di wilayah pelosok juga bisa membeli dan menikmati produk usaha Anda.

Kelebihan lain menggunakan layanan ekspedisi adalah adanya fitur tracking, di zaman serba teknologi sekarang ini Anda bisa dengan mudah melacak proses pengiriman hanya melalui smartphone, saat mengirimkan paketan Anda akan mendapatkan nomor resi yang fungsinya adalah untuk melacak keberadaan paket kiriman. Baik pembeli atau penjual dapat saling memanfaatkan fitur tracking tersebut sehingga sangat membantu proses pengiriman, dalam pelacakan paket biasanya juga terdapat keterangan estimasi waktu tiba pesanan, hal ini tentu akan sangat membantu pembeli yang mungkin sangat membutuhkan penggunaan produk dalam waktu tertentu.

Baca Juga: Jasa Pemindahan Brankas PT. IKE. Solusi Tepat Memindahkan Brankas Anda

Pihak pembeli akan lebih tenang mengetahui proses pengiriman barang terlebih jika barang tersebut adalah barang dengan nominal besar, bahkan pembeli juga bisa tenang dengan adanya jaminan asuransi yang ditawarkan penjual dan jasa ekspedisi, jaminan asuransi tentu juga harus sesuai dengan persyaratan yang ada di perusahaan ekspedisi tersebut. Lewat ekspedisi Anda bisa mengirim barang dalam jumlah banyak tanpa khawatir proses pengirimannya, untuk pengiriman dalam jumlah banyak ini biasanya menggunakan ekspedisi cargo, jadi sudahkah Anda memanfaatkan dengan baik apa itu ekspedisi pengiriman barang maupun dokumen?

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!