You are currently viewing Apa Itu Mobil Blind Van? Mobil Hits Untuk Usaha

Apa Itu Mobil Blind Van? Mobil Hits Untuk Usaha

  • Reading time:5 mins read

Mobil blind van belakangan ini cukup marak dijumpai di Indonesia dan negara-negara lainnya. Terbukti, hampir semua brand mobil ternama telah meluncurkan varian blind van. Blind van itu sendiri sebenarnya adalah mobil yang mengusung bentuk minibus. Kendaraan ini dapat menampung beban hingga 720 kg atau 0,72 ton.

Fungsi Mobil Blind Van

Kendaraan ini dengan bentuknya yang unik menawarkan beberapa fungsi atau kegunaan yaitu sebagai berikut:

1. Blind Van Cocok Untuk Usaha Ekspedisi

Untuk usaha angkutan barang, tidak semua usaha cocok menggunakan truk dengan bak terbuka atau box yang terpisah entah karena kurang representatif, dimensi yang tidak sesuai kebutuhan, atau karena tidak ada akses langsung ke kargo. Blind van hadir dengan semua solusi tersebut karena hadir dengan bodi seperti mobil
penumpang. Saat ini cukup banyak jasa ekspedisi yang menggunakan jenis mobil ini dibandingkan pickup box. 

2. Blind Van Cocok Untuk Usaha Kuliner

Selain untuk keperluan ekspedisi paket, kendaraan ini juga menjadi pilihan tepat untuk para pemilik usaha catering atau kuliner. Makanan yang dikirim menggunakan mobil blind van memiliki kesan lebih higienis karena interiornya lebih baik dibandingkan pickup. Hal ini tentu akan semakin meningkatkan keyakinan konsumen terhadap kualitas makanan yang diterima.

3. Blind Van Cocok Untuk Pedagang

Bagi pedagang yang sering membawa banyak barang saat kulakan misalnya pedagang yang memiliki usaha toko sembako atau pedagang pakaian akan lebih mudah dan nyaman untuk membawa barang dagangannya. Selain itu desain blind van juga lebih menarik daripada pickup sehingga dapat digunakan sebagai mobil untuk bekerja maupun untuk mobil pribadi.

Selain dari ketiga fungsi di atas, tentu masih ada banyak lagi fungsi yang bisa ditawarkan dari kendaraan ini. Jadi Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan Mobil Blind Van

1. Memberikan Akses Langsung Ke Kargo Tanpa Harus Turun Dari Mobil

Blind van memunginkan sopir maupun penumpang di depan untuk mengontrol kondisi barang atau penumpang di belakang. Hal ini tidak dapat dilakukan jika Anda menggunakan pickup box di mana Anda harus keluar lebih dulu untuk mengecek kondisi kargo.

2. Barang yang Dibawa Lebih Aman

Barang yang dibawa menggunakan blind van memiliki resiko yang lebih rendah terhadap kerusakan
karena tidak akan terkena hujan, panas serta tidak mengalami goncangan yang keras. Dengan demikian barang yang dibawa pun akan lebih aman.

3. Dapat Dibranding

Blind van yang paling banyak diminati saat ini adalah yang berwarna putih polos. Hal ini karena kendaraan tersebut biasanya akan dibranding dengan nama usaha atau layanan sehingga dapat semakin meningkat reputasi usaha sekaligus sebagai brand awareness bagi masyarakat.

Perbedaan Mobil Blind Van vs Pickup

Sebenarnya tidak banyak perbedaan antara mobil blind van dengan pickup. Keduanya sudah dilengkapi dengan KIR atau Keur. Ini artinya, kendaraan tersebut sudah melalui rangkaian pengujian kelayakan sebagai pengangkut barang maupun orang. Selain itu, keduanya sudah sudah memiliki SIFA atau Surat Ijin Bongkar Muat Barang yang diperlukan oleh jasa ekspedisi.

Perbedaan utama antara blind van dengan pickup box adalah Anda tidak akan dikenakan lagi biaya investasi misalnya untuk pembelian box yang cukup mahal. Dengan demikian, ketika Anda membeli mobil blind van sebenarnya Anda sudah membeli paket komplit kendaraan karena sudah dapat langsung dipakai untuk memuat kargo dengan aman tanpa harus membeli box dari karoseri.

Pilihan Mobil Blind Van Semakin Beragam

Saat ini hampir semua brand mobil sudah menghadirkan tipe blind van sehingga masyarakat memiliki keleluasaan untuk memilih sesuai dengan brand favorit atau budget yang tersedia. Secara umum, harga mobil blind van lebih tinggi dibandingkan pickup box. Namun, pickup box nantinya akan memerlukan biaya yang lebih besar untuk box dan custom lainnya.

Mobil blind van menjadi pilihan yang tepat jika Anda hanya akan menggunakannya untuk antar jemput barang. Selain itu, mobil ini juga bisa langsung digunakan untuk usaha. Mobil ini sewaktu-waktu juga dapat dialihfungsikan untuk kendaraan pribadi dengan menambahkan jok di tengah dan bagian belakang tanpa harus mengubah bentuknya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membeli mobil penumpang.

4/5 - (1 vote)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!