You are currently viewing Sortir adalah Proses Penting dalam Pengiriman Barang
Sortir adalah ?

Sortir adalah Proses Penting dalam Pengiriman Barang

  • Reading time:9 mins read

Dalam alur pengiriman logistik ada yang namanya sortir barang. Sortir adalah proses pemilihan barang sesuai dengan wilayah yang akan dikirim.

Berbeda dengan definisi sortir pada industri pabrik atau penjualan barang, yang artinya sortir adalah memilih barang sesuai dengan kualitas.

Penyortiran barang pada industri logistik biasanya tertahan tidak lebih dari satu hari, jika jumlah barang yang wilayahnya sama lebih banyak, maka penyortiran akan lebih cepat.

Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas bagaimana langkah-langkah sortir yang tepat dan efektif sehingga tidak ada kesalahan dalam pengiriman barang.

Apakah Sortir adalah Proses Penting dalam Pengiriman Barang?

Ya, sortir barang adalah proses yang sangat penting dalam kegiatan industri logistik, melalui sortir maka proses pengiriman akan lancar.

Pasalnya setiap barang yang akan dikirim telah dipesan oleh berbagai pihak sesuai dengan alamat, sehingga tugas penyortir adalah memisahkannya sesuai dengan wilayah.

Pada tahapan penyortiran, karyawan dituntut untuk teliti serta fokus agar tak terjadi kesalahan yang dapat menghambat aktivitas kerja kedepannya.

Sortir adalah tahapan yang menentukan apakah proses selanjutnya dapat dilaksanakan dengan cepat atau tidak. Jadi jika terjadi kesalahan pada tahap penyortiran, dikhawatirkan proses pengirimannya semakin lambat.

Sebagai himbauan saja, jika Anda membeli suatu barang pastikan tulis alamat dengan benar dan lengkap agar saat tahap penyortiran, barang lebih cepat sampai dan tidak dikembalikan.

Pada dasarnya kegiatan sortir adalah sesuatu yang kelihatan mudah, namun kenyataannya diperlukan teknik khusus agar barang cepat dikirimkan.

Jika Anda penasaran, apa saja langkah-langkah penyortiran barang, berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Langkah-Langkah Sortir adalah Sebagai Berikut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kegiatan sortir adalah bukan perkara yang mudah, pasalnya diperlukan beberapa keahlian seperti ketelitian, keahlian dan teknik dasar yang wajib dikuasai.

Keahlian tersebut harus dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja pada bagian penyortiran, entah dalam perusahaan skala besar maupun kecil.

Industri logistik memang sangat ketat dalam penanganan barang, jika Anda selalu melakukan kesalahan maka dampaknya akan dinilai layanan yang buruk oleh pelanggan.

Bagi industri logistik, sortir adalah bagian yang harus selalu diperhatikan karena menentukan pengiriman barang yang dibawa oleh driver.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa saja langkah-langkah sortir dalam industri logistik. Langkah-langkah sortir adalah sebagai berikut:

1. Memastikan Wilayah Barang

Aktivitas sortir adalah proses yang harus dilakukan dengan penuh ketelitian, sehingga barang tidak ditempatkan pada wilayah yang salah.

Dalam proses penyortiran biasanya tidak langsung dipilah berdasarkan lokasi tujuan akhir, tetapi dipilah berdasarkan provinsi, kota, baru kemudian alamat detailnya.

Hal tersebut dilakukan karyawan agar waktu dan proses lebih efektif. Bahwasanya apabila langsung dipilah sesuai alamatnya, maka proses akan memakan waktu yang lama.

2. Mencantumkan 3 Letter Code

Apa itu 3 letter code? 3 Letter code atau Tiga Digit Kota Besar adalah semacam kode yang dapat memudahkan aktivitas penyortiran sehingga dapat dikirim sesuai dengan alamat domisili yang tertera.

Dengan adanya 3 letter code maka pengiriman barang akan jauh lebih mudah dan cepat, sesuai dengan kota yang akan dituju.

Biasanya kode tersebut dituliskan dengan warna merah atau warna lainnya sesuai dengan perusahaan logistik yang Anda gunakan.

Pada tahapan pencantuman 3 letter code, karyawan wajib tahu berbagai macam kode-kode tersebut agar tidak keliru saat memisahkan barang. Berikut contoh Tiga Digit Kota Besar diantaranya:

  •  SEG: Serang
  • BSI: Bekasi
  • BDO: Bandung
  • SOC: Solo
  • JOG: Yogyakarta
  • SRG: Semarang
  • MLG: Malang
  • XOJ: Sidoarjo

Itulah beberapa 3 letter code yang harus diketahui, masih banyak lagi kode yang wajib diingat oleh penyortir karena wilayah Indonesia tidak hanya 2 hingga 3 pulau saja, namun kota-kota besar terbentang dari Sabang hingga Merauke.

3. Memindahkan Barang ke Warehouse

Setelah proses 3 letter code selesai, maka tahapan sortir selanjutnya adalah memindahkan barang ke warehouse atau gudang.

Pada tahapan ini, barang akan disortir kembali disesuaikan dengan kota yang telah tercantum pada saat proses 3 letter code.

4. Crosscheck

Tahapan selanjutnya yaitu mempersiapkan barang untuk segera dikirimkan, karyawan wajib melakukan pengecekan kembali di warehouse atas segala surat yang berkaitan dengan barang tersebut.

Crosscheck dilakukan untuk meminimalisir kesalahan pengiriman, bahwasannya pada tahap ini tak jarang masih ada kesalahan, sehingga karyawan perlu lebih teliti lagi saat pengecekan barang berdasarkan suratnya

5. Packing

Jika barang sudah dicek secara keseluruhan, maka saatnya melakukan packing atau pembungkusan barang.

Pembungkusan barang ini, wajib dibungkus menyesuaikan jenis barang yang akan dikirim. Pastikan alat pelindung seperti bubble wrap, kardus atau kayu memenuhi kriteria barang yang dibungkus.

Pada dasarnya ukuran setiap barang berbeda-beda, jadi sebaiknya dibungkus menyesuaikan ukuran barang agar tidak ada kerusakan saat pengiriman barang.

Baca juga: Jenis-Jenis Packing Barang yang Wajib Anda Ketahui!

6. Finishing

Setelah melalui beberapa proses, sekarang saatnya masuk ke tahap finishing atau tahapan akhir.

Pada tahapan finishing artinya barang sudah siap dan sesuai dengan surat-surat, sehingga tidak lagi memerlukan tindakan penyortiran. Pada tahapan finishing diharapkan barang telah siap untuk dikirim.

Finishing dilakukan oleh karyawan dengan mengecek resi barang, lalu setelahnya memberikan surat jalan untuk driver yang akan mengirimkan barang sesuai dengan wilayah yang tertera.

Itulah beberapa tahapan sortir yang dilakukan oleh layanan perusahaan logistik setiap harinya. Sortir adalah pengecekan barang yang cukup melewati proses panjang karena pekerja bertanggung jawab atas barang konsumen.

Jasa Pengiriman Barang dari PT Indone Kargo Ekpress

Jika Anda sedang mencari jasa pengiriman barang yang murah, aman dan terpercaya maka segeralah menggunakan PT. Indone Kargo Ekspress.

PT IKE (Indone Kargo Ekpress) adalah perusahaan spesialis cargo dengan lebih dari 15 tahun pengalaman, dan telah melayani pelanggan dari Sabang hingga Merauke.

Segala pilihan armada telah kami sediakan, baik via darat, laut, maupun udara dengan menjangkau seluruh rute wilayah Indonesia.

PT IKE akan memberikan pelayanan serta kinerja terbaik, sehingga semua barang Anda akan kami antarkan dengan selamat sampai dengan tujuan.

Anda tak perlu khawatir karena kami akan melayani dengan sistem pick up & delivery, sehingga Anda dapat duduk santai dirumah tanpa membawa barang ke tempat pengiriman barang.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!