You are currently viewing Awas, Jangan Salah Pilih! Ketahui Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler Sebelum Anda Mengirim Barang

Awas, Jangan Salah Pilih! Ketahui Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler Sebelum Anda Mengirim Barang

  • Reading time:4 mins read

Pengiriman kargo dan reguler adalah dua jenis pengiriman yang digunakan untuk mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain. Kedua jenis pengiriman ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal waktu pengiriman, biaya, dan jenis barang yang dapat dikirim.

Pengertian Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo adalah jenis pengiriman yang digunakan untuk mengirim barang yang tidak dapat dikirim melalui pengiriman reguler. Barang-barang yang dikirim melalui pengiriman kargo biasanya adalah barang-barang yang besar, berat, atau khusus seperti mesin-mesin berat, alat-alat berat, atau bahan-bahan kimia. Waktu pengiriman untuk pengiriman kargo juga lebih lama dibandingkan pengiriman reguler, karena barang-barang tersebut harus diangkut dengan kapal atau pesawat kargo. Biaya pengiriman untuk pengiriman kargo juga lebih tinggi dibandingkan pengiriman reguler, karena barang-barang tersebut harus diangkut dengan kendaraan yang khusus dan dikenakan biaya yang lebih tinggi.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Cargo dalam Jasa Ekspedisi

Pengertian Pengiriman Reguler

Pengiriman reguler adalah jenis pengiriman yang digunakan untuk mengirim barang-barang yang lebih kecil dan ringan seperti paket, surat, atau dokumen. Waktu pengiriman untuk pengiriman reguler jauh lebih cepat dibandingkan pengiriman kargo, karena barang-barang tersebut dapat dikirim melalui jasa pengiriman umum seperti pos atau jasa kurir. Biaya pengiriman untuk pengiriman reguler juga lebih rendah dibandingkan pengiriman kargo, karena barang-barang tersebut dapat dikirim dengan biaya yang lebih murah.

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler

Jika kita bedakan berdasarkan kategori, maka perbedaan pengiriman kargo dan reguler menjadi seperti berikut ini:

1. Barang

Kargo lebih cocok untuk barang-barang berukuran besar atau berat, seperti mesin, peralatan industri, atau kontainer. Sedangkan pengiriman reguler lebih sesuai untuk barang-barang kecil atau ringan, seperti paket, dokumen, atau barang-barang eceran.

2. Jasa

Kargo lebih mengutamakan kecepatan dan keamanan pengiriman, seperti pengiriman barang yang sangat penting atau darurat. Sedangkan pengiriman reguler lebih fokus pada harga yang murah dan fleksibilitas jadwal pengiriman.

3. Tujuan pengiriman

Kargo lebih cocok untuk pengiriman barang ke luar negeri atau ke daerah yang jauh dan sulit dijangkau. Sedangkan pengiriman reguler lebih sesuai untuk pengiriman barang ke dalam negeri atau ke daerah yang dekat dan mudah dijangkau.

4. Jenis pengiriman

Kargo lebih cocok untuk pengiriman barang yang memerlukan jenis pengiriman khusus, seperti pengiriman barang yang memerlukan suhu tertentu atau pengiriman barang yang memerlukan perlindungan khusus. Sedangkan pengiriman reguler lebih sesuai untuk pengiriman barang yang tidak memerlukan jenis pengiriman khusus.

Secara umum, pengiriman kargo dan reguler memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pemilihan jenis pengiriman yang sesuai harus didasarkan pada jenis barang yang akan dikirim dan kebutuhan waktu yang diinginkan.

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya. Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman barang terpercaya, jangan ragu untuk menggunakan jasa dari PT. Indone Kargo Ekspress, jangan ragu untuk menghubungi customer service PT. Indone Kargo Ekspress, sehingga kami bisa membantu sesuai kebutuhan Anda. Hubungi kami melalui button WhatsApp di website ini sekarang.

Terima kasih.

3.7/5 - (3 votes)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!