You are currently viewing Mengenal Jenis-jenis Cargo dalam Jasa Ekspedisi

Mengenal Jenis-jenis Cargo dalam Jasa Ekspedisi

  • Reading time:6 mins read

Dalam pengiriman barang antar kota atau antar pulau, terdapat penggunaan jasa kirim yang tak terlepas dari hal tersebut yakni cargo. Jenis – jenis cargo bermacam-macam. Ada berbagai macam barang yang dikirimkan dalam jumlah banyak ke berbagai lokasi, lewat laut, darat hingga udara.

Jenis pengiriman cargo ini terbagi atas jalur yang dipilih serta armada transportasinya. Berikut ini jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Cargo

1. Cargo Menggunakan Pesawat

Jenis cargo yang pertama adalah pengiriman dari jalur udara, yaitu menggunakan pesawat. Jenis yang satu ini banyak dipilih karena lebih cepat ketimbang pengiriman dengan jalur lain. Pada pengiriman melalui udara, terbagi lagi menjadi 2 jenis. Apa saja itu?

  • General Cargo: kategorinya adalah barang-barang umum atau biasa yang tak membutuhkan adanya penanganan khusus. Namun keamanan tetap terpenuhi dan telah memenuhi syarat yang ditetapkan. Contohnya yakni barang-barang rumah tangga, peralatan kantor, peralatan untuk olahraga, dan lain sebagainya.
  • Special Cargo: adalah barang yang membutuhkan penanganan dan perhatian khusus misalnya pada kontrol suhu, udara dan selubung khusus. Wajib memenuhi persyaratan khusus sesuai regulasi. Contohnya makanan segar yang mudah membusuk, hewan hidup, perhiasan yang sangat berharga, dan lain-lain.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Cargo Udara

2. Cargo Menggunakan Kapal 

Melalui jalur laut merupakan pengiriman yang membutuhkan waktu lebih lama. Keunggulannya terletak pada kemampuannya menjangkau pulau-pulau yang terpisahkan oleh selat perairan. Jenis ekspedisi cargo jalur laut ini cocok untuk pengiriman barang yang volumenya besar dan cakupannya jauh. 

Pengiriman jalur laut menggunakan kapal laut juga mempunyai lebih banyak ruang atau space untuk aneka jenis cargo. Kendaraan bermotor, produk obat-obatan, pakaian, dan lain-lainnya bisa diangkut jasa cargo dengan kapal laut. Ada 2 rute kapal laut yaitu linier dan juga tramper

Pada rute linier biasanya biaya, tujuan serta jadwal sudah ditetapkan, jadi Anda bisa memperkirakan estimasi waktunya dan juga tarifnya. Sementara itu pada rute tramper, jadwal, tujuan dan biayanya fleksibel. Ada beberapa faktor yang biasanya mempengaruhi kargo pengiriman barang rute tramper ini.

Baca juga: Pengiriman barang murah melalui cargo laut

3. Cargo Menggunakan Kereta

Jenis cargo yang ketiga yaitu pengiriman via darat atau menggunakan kereta. Umumnya ada 2 pilihan, kereta express dan juga kereta parcel atau kereta barang. Kereta express merupakan kereta yang hampir sama dengan kereta penumpang namun telah dilengkapi gerbong barang cargo secara khusus.

Sementara itu untuk kereta parcel tidak ada gerbong penumpang dikarenakan semuanya adalah gerbong barang. Keunggulan pengiriman cargo jalur darat dengan kereta yaitu harganya terjangkau, pengiriman termasuk cepat, perkiraan berangkat dan sampainya juga bisa diketahui, serta dapat melayani pengiriman barang jumlah besar.

4. Cargo Menggunakan Truk

Selain kereta, pengiriman cargo melalui jalur darat lainnya adalah menggunakan truk. Disebut juga dengan pengiriman trucking. Pengiriman ini merupakan yang paling umum dan juga sudah banyak digunakan masyarakat, karena memang layanan serta jalurnya mudah untuk dijangkau. 

Baca juga: Kenali 5 Jenis Truk, Karakteristik dan Ukurannya yang Biasa Digunakan Oleh Jasa Cargo

Pada pengiriman trucking pula, performa ketepatan waktu yang dimilikinya fleksibel. Dikarenakan sangat bergantung pada berbagai faktor misalnya seperti pengemudi, kondisi kepadatan di jalan, dan armada truk yang dipakai. Jenis pengirimannya ada dua, yaitu sebagai berikut:

  • FTL (Full Truck Load) : digunakan untuk jenis pengiriman barang berat ataupun volume barang cukup besar. Anda bisa menyewa satu truk penuh dengan barang kiriman anda sendiri. Tentunya layanan khusus ini memiliki harga yang cenderung lebih tinggi.
  • LTL (Less Than Truckload) : berarti barang kiriman punya Anda diharuskan untuk bercampur dengan barang kiriman milik orang lain. Ini artinya pihak si penyedia jasa mengumpulkan sejumlah barang konsumen yang memerlukan layanan sejenis hingga seluruh kapasitas muatannya sudah selesai dan sudah terisi dengan penuh. Berbeda dengan FTL, harga yang ditawarkan LTL tentunya lebih murah.

Baca juga: Mengetahui Pengertian LTL, Partial Truckload dalam Sistem Pengiriman Barang

Saat ini ada banyak jasa penyedia trucking dengan beragam jenis layanan terbaiknya. Pastinya kriteria perusahaan trucking yang bagus adalah yang dapat memudahkan anda sebagai pengirim barang dengan pelayanan terbaik agar tidak mengecewakan para pembeli.

Demikianlah penjelasan singkat tentang jenis-jenis cargo yang perlu Anda ketahui. Masih bingung menggunakan jasa cargo yang mana untuk mengirimkan barang-barang Anda? Silakan hubungi nomor WhatsApp PT. Indone Kargo Ekspress untuk mendapatkan harga spesial.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!