Jenis Mobil Pengangkut Barang Yang Digunakan Jasa Ekspedisi

  • Reading time:6 mins read

Mobil pengangkut barang memungkinkan pengiriman barang ke berbagai tempat, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dalam proses pengiriman, jenis mobil yang mengangkut pun menyesuaikan muatan barang.

Hal ini berguna untuk menjaga barang-barang pelanggan tetap aman sampai ke tujuan pengiriman. Paling tidak terhindar dari potensi kerusakan akibat benturan ketika melewati medan yang kondisinya tidak menentu.

Jenis Mobil Pengangkut Barang

Lalu, apa saja sih jenis mobil pengangkut barang yang sering kali digunakan perusahaan jasa ekspedisi? Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Mobil Box

Mobil box adalah kendaraan yang paling banyak digunakan jasa ekspedisi. Sebab, mobil ini memiliki kapasitas besar, sehingga cukup menampung barang-barang yang cukup banyak.

Proses pengiriman menggunakan mobil box juga relatif aman karena terdapat penutup yang berkualitas baik. Jenis kendaraan ini pun termasuk yang paling banyak digunakan untuk pengiriman jalur darat. Misalnya untuk mengantarkan barang antar kota, seperti dari Surabaya ke Jakarta.

Truk Fuso

Truk fuso memiliki ukuran yang besar, yaitu 190 ps sampai 220 ps. Sementara untuk panjangnya sendiri sekitar 6 sampai 9 meter. 

Banyak perusahaan kargo yang menggunakan jenis kendaraan ini, terutama jenis truk engkel. Sebab, truk engkel ini bisa memuat kapasitas paket yang banyak dan aman. 

Tidak hanya itu saja, namun mobil ini sering kali digunakan untuk kebutuhan pindah rumah. Daya tampung maksimalnya sendiri mencapai 2000 kg.

Pada truk ini terdapat penutup yang ada pada sisi atas, kanan, dan kiri. Sehingga barang-barang yang diangkut terlindungi dari hujan dan panas selama dalam proses pengiriman.

Truk Wingbox

Truk wingbox merupakan jenis kendaraan yang berukuran 700x220x250 cm. ukurannya yang cukup besar mampu menampung barang sampai 10 ton.

Desain truk ini pun cukup unik karena terdapat sayap pada dua sisinya. Hal ini memudahkan penggunanya mengambil barang dari sisi yang terdalam tanpa harus melakukan pembongkaran isinya.

Baca juga: Mau Ekspedisi Pengiriman Murah? Truck Wingbox Solusinya!

Truk Tronton

Truk tronton adalah jenis kendaraan yang besar daripada truk lainnya. Ukuran dari truk ini mencapai 950x250x180 cm, lengkap dengan 10 ban yang membuatnya tampak gahar.

Jenis truk ini berguna untuk membawa barang-barang berupa alat berat, furnitur, bahan material, kendaraan, dan sebagainya. Anda bisa menjumpai truk semacam ini lewat pada area jalan raya, jalan tol, pabrik, dan sebagainya.

Colt Diesel Double

Colt Diesel Double (CDD) merupakan mobil pengangkut barang yang berukuran 450x200x200 cm. Terdapat enam ban dalam kendaraan ini, posisinya dua di bagian depan dan empat lainnya di belakang.

Jenis kendaraan ini bisa mengangkut barang yang beratnya 4 sampai 5 ton sekali perjalanan. Kapasitas muatannya ini yang menjadikan CDD sering digunakan oleh perusahaan jasa logistik.

Truk Trailer

Teruk trailer adalah jenis kendaraan yang memiliki kapasitas besar. Penggunaannya cocok untuk kebutuhan angkut yang memiliki beban berat dan volume besar.

Trailer ini sendiri mempunyai bak dengan panjang 14 meter dan lebar 2,5 meter. Sementara kapasitas tampungnya mencapai 60 ton. Namun untuk kapasitas muatannya hanya sampai 45 ton saja.

Menariknya, truk ini memiliki teknologi lock system di bagian baknya. Jadi muatan yang ada di dalamnya bisa tertahan dengan kuat meskipun berjalan dengan kecepatan tertentu atau melewati jalan rusak.

Mobil Pick Up

Mobil pick merupakan jenis kendaraan yang termasuk kecil. Kapasitas muatan yang tertampung hanya sekitar 1,5 ton dan volume maksimalnya 1 kubikasi. Kecuali untuk jenis pick up bak yang memiliki volume maksimal mencapai 6 kubikasi.

Truk Towing

Truk towing merupakan jenis kendaraan yang mampu mengangkut kendaraan roda empat. Sebab, ukurannya sangat besar dan mampu menampung beberapa kendaraan sekaligus di dalamnya.

Meskipun bentuknya yang sangat besar, namun bisa mengantarkan barang-barang dengan jarak jauh. Bahkan sering kali digunakan untuk pengiriman antar pulau menggunakan kapal laut. Pemilihan mobil pengangkut barang yang tepat mampu menunjang barang-barang Anda selamat sampai ke tujuan pengiriman.

Menemukan perusahaan kargo dan ekspedisi yang tepat untuk distribusi barang Anda bisa jadi susah-susah gampang. Untuk memudahkan pengiriman barang direkomendasikan untuk menggunakan layanan jasa cargo dari perusahaan kargo Indonekargo.com. Tersedia layanan pengiriman lengkap, harga bersaing sekaligus layanan yang memuaskan.

Hubungi customer kami melalui nomor WhatsApp untuk mendapatkan harga menarik. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)