You are currently viewing Mengenal Lebih Dekat Syarat Pindah Rumah Adat Jawa yang Dipercaya Hingga Kini.

Mengenal Lebih Dekat Syarat Pindah Rumah Adat Jawa yang Dipercaya Hingga Kini.

  • Reading time:7 mins read

Adat jawa merupakan salah satu budaya yang bisa dibilang cukup kental pengaruhnya di masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi, mengingat bahwa suku Jawa merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Adat Jawa masih memiliki aturan yang sangat kental dan masi sangat familiar dengan budaya masyarakat Indonesia. Itu termasuk juga seperti untuk urusan pindahan rumah, ada beberapa syarat pindahan rumah adat Jawa yang mungkin perlu Anda ketahui.

Beberapa kepercayaan khususnya bagi sebagian orang yang memang saat ini masih kental akan pemahaman aturan-aturan adat dan budaya, yang dimana syarat untuk pindahan rumah menurut adat Jawa ini wajib mereka laksanakan. Karena apabila tidak dilaksanakan, maka akan terjadi sesuatu hal yang buruk menimpa pemilik rumah yang menempatinya. Mereka sangat meyakini dengan memenuhi syarat-syarat pindahan rumah menurut adat Jawa tersebut, akan menjadikan suatu keberkahan di dalam keluarga yang akan meninggali rumahnya.

Syarat Pindahan Rumah Adat Jawa

Adapun syarat-syarat pindahan rumah menurut adat Jawa yang akan memberikan keberkahan dan ketentraman bagi keluarga yang akan menempati rumah baru adalah sebagai berikut:

  • Mengadakan sebuah acara syukuran atau selamatan

Syarat pindahan rumah adat jawa yang pertama adalah melakukan atau mengadakan sebuah acara selamatan atau syukuran. Acara ini menjadi salah satu syarat pindahan rumah menurut adat Jawa yang memang harus dilakukan. Dengan dilakukannya acara selamatan atau syukuran ini bertujuan untuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar rumah baru yang di tempati mendapatkan ketentraman dan diberikan berkah bagi para penghuni rumah itu sendiri.

Di dalam proses pelaksanaan selamatan atau syukuran tersebut biasanya dipimpin langsung oleh tetua yang berada pada lingkungan rumah tersebut. Tetua itu juga yang akan memimpin untuk membacakan doa-doa agar rumah memiliki keberkahan dan kemanfaatan.

  • Menentukan hari baik sesuai syarat pindah rumah menurut adat Jawa

Syarat pindahan rumah adat jawa yang kedua adalah menentukan hari baik untuk pindah. Setiap masyarakat Jawa sendiri sudah akrab dengan yang namanya memilih atau menentukan tanggal atau hari baik dalam suatu acara. Hal tersebut juga sering didengar dengan sebutan weton atau neptu hari baik bagi seseorang.

Masyarakat Jawa beranggapan ada hari-hari tertentu yang sangat baik untuk melasungkan sebuah upacara atau proses pindahan rumah. Dengan demikian, sebelum pindah rumah ada baiknya Anda harus memperhitungkan hari apa yang baik untuk pindahan rumah, tradisi ini juga biasanya disebut dengan sebutan penanggalan. Di sini biasanya keluarga yang melaksanakan pindahan rumah akan bertanya terlebih dahulu kepada tetua adat atau seseorang yang mereka tuakan yang mengerti urusan penanggalan tersebut.

Baca Juga: Cara Menentukan Hari Baik Untuk Pindah Rumah

  • Memastikan semua sudah lengkap

Pada saat Anda ataupun keluarga Anda hendak melakukan kegiatan pindah rumah, pastikan semua hal yang ada di rumah baru Anda sudah siap semuannya. Terutama alat-alat pokok yang penting, seperti perabotan, air, listrik dan sebagainya. Kemudian Anda dan juga keluarga Anda dapat langsung menempati rumah baru dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

  • Membawa peralatan-peralatan yang disarankan  dalam syarat wajib pindahan rumah menurut adat Jawa

Syarat pindahan rumah adat jawa selanjutnya adalah Anda harus menyiapkan beberapa barang-barang khusus yang biasanya disarankan didalam syarat pindahan rumah menurut adat Jawa, hal ini harus wajib disediakan ketika Anda akan melakukan kegiatan pindahan rumah. Barang- barang yang biasanya harus disiapkan saat pindahan rumah seperti:
– Sebuah sapu lidi, disini sapu lidi melambangkan penyapuan dari segenap kemalangan yang ada dan segala penyakit.
– Lampu minyak, disini lampu minyak melambangkan penerangan batin dan jasmani.
– Tikar, sebuah tikar disini melambangkan  bahwa segala sesuatu perlu memiliki sebuah alas atau dasar yang kuat.
– Bantal, untuk tidur.

  • Silahturahmi kepada tetangga di lingkungan rumah baru melalui acara syukuran

Biasanya apabila Anda atau keluarga Anda pindah kerumah baru dan lingkungan tempat tinggal baru akan mengundang tetangga-tetangga sekitar, sahabat dan keluarga lainnya untuk melakukan doa bersama-sama agar rumah yang akan ditempati diberikan keberkahan dan setiap penghuninya senantiasa merasa nyaman dan diberikan perlindungan.

Selain doa bersama yang dilakukan, hal lain yang tidak lazim dilakukan adalah memotong tumpeng sebagai wujud dari kekayaan dan kesejahteraan. Tumpeng merupakan sajian tradisional yang sangat erat  dengan acara selamatan atau syukuran.

  • Menentukan hari baik berdasarkan posisi rumah yang disarankan dalam syarat pindahan rumah menurut adat Jawa.

Didalam mitologi jawa, dikenal adanya istilah Nogo Tahun. Nogo Tahun ini merupakan perlambangan keburukan dari arah mata angin yang berdasarkan bulan-bulan tertentu dalam satu tahun penanggalan Jawa.

Nogo tahun yang berada pada arah timur pada awal tahun Jawa dan berpindah setiap 3 bulan menuju arah selatan, barat dan utara, hingga kembali lagi ke timur di awal tahun berikutnya.

Disaat Anda ingin melakukan pindahan rumah dengan arah mata angin tertentu, sangat dianjurkan untuk menghindari bulan-bulan saat nogo tahun berada pada arah tersebut. Seperti disaat hendak pindah ke rumah yang baru yang terletak di timur, maka Anda tidak diperbolehkan pindah pada bulan suro, safar ataupun maulud.

  • Pindah rumah dikarenakan oleh kondisi tertentu didalam syarat pindah rumah menurut adat Jawa

Seseorang atau suatu keluarga ada kalanya melakukan kegiatan pindah rumah karena sesuatu alasan tertentu. Seperti pindahan yang mendadak yang mengharuskan seseorang atau keluarga untuk pindah rumah dengan sesegera mungkin. Padahal jika dilihat sang nogo tahun letaknya masih berada pada arah yang sama dengan arah kepindahan rumah. Apabila kepindahan ini masih harus Anda lakukan, maka tentu saja proses pindahan tersebut takutnya akan membuat suatu efek buruk yang akan terjadi pada Anda. Biasanya orang pada zaman dahulu menyiasati atau menganjurkan beberapa syarat. Yang pertama saat keluar rumah lamanya seseorang harus melewati pintu belakang, dan saat memasuki rumah baru itupun harus masuk melalui pintu belakang juga. Syarat ini hanya dilakukan 1 kali saja saat mengangkut dan memasukan barang kerumah.

Itulah penjelasan mengenai beberapa syarat pindahan rumah menurut adat Jawa. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk mengenal hari baik di saat melakukan pindahan rumah.

Jika Anda membutuhkan jasa pindahan rumah, PT. Indone Kargo Ekspress siap membantu Anda untuk pindah rumah tanpa ribet dan dengan harga terjangkau. Segera hubungi customer service kami untuk pertanyaan lebih lanjut.
Terima kasih.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!