You are currently viewing Subtotal Pengiriman Adalah: Pengertian dan Tips Menghematnya

Subtotal Pengiriman Adalah: Pengertian dan Tips Menghematnya

  • Reading time:5 mins read

Pernah mendengar atau mengetahui istilah shipping fee subtotal atau subtotal pengiriman dalam invoice pembelanjaan online? Ternyata, subtotal pengiriman adalah istilah penting yang berbeda dengan biaya pengiriman yang sudah pasti harus Anda bayarkan.

Memahami Shipping Fee Subtotal 

Banyak orang mengira bahwa subtotal pengiriman sama saja dengan biaya total yang harus dibayarkan untuk satu kali pengiriman barang. Padahal, istilah ini mengacu pada bagian dari total biaya keseluruhan yang umumnya terkait dengan biaya pengiriman.

Saat melakukan pembelian melalui situs atau aplikasi e-commerce, biaya ini akan termasuk ke dalam bagian total pembayaran. Biaya subtotal umumnya juga akan mencakup berbagai biaya tambahan sehingga sangat mungkin berdampak besar terhadap total biaya belanja.

Tidak jarang, biaya pengiriman jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga produk itu sendiri. Hal ini terbilang cukup wajar, terlebih jika Anda melakukan transaksi pembelian dari penjual yang lokasinya sangat jauh dari alamat pengiriman atau tujuan Anda.

Selain jarak pengiriman, penghitungan subtotal pengiriman adalah secara umum juga dipengaruhi oleh dimensi barang, metode pengiriman, sampai dengan asuransinya. Nantinya, penghitungan subtotal juga akan dipengaruhi lagi oleh promo atau diskon yang berlaku.

Dimensi hingga berat paket yang akan dikirimkan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap biaya pengiriman. Semakin besar atau berat paket yang Anda kirimkan, maka secara tidak langsung juga akan menyebabkan semakin tinggi subtotal biaya yang harus Anda siapkan.

Begitu pula jika Anda memilih layanan atau metode pengiriman tertentu. Sebagai contoh untuk pengiriman barang berharga dan elektronik sudah pasti akan jauh lebih mahal dibandingkan dokumen surat karena adanya asuransi atau biaya benefit perlindungan.

Menghemat Subtotal Pengiriman Paket

Untuk menghitung subtotal pengiriman suatu paket, Anda perlu melihat kembali berapa berat paket yang akan dikirim, jenis layanan atau metode pengiriman apa yang dipakai, hingga biaya tambahan atau biaya admin yang umumnya dikenakan pihak e-commerce.

Tidak jarang, biaya subtotal ini dapat melebihi harga produk itu sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa langkah mudah untuk menghemat shipping fee subtotal tersebut dengan cara-cara berikut:

1. Memilih Layanan Pengiriman Termurah

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan yakni dengan memastikan bahwa Anda telah memilih layanan pengiriman yang harganya lebih murah. Misalnya, jika dibandingkan dengan pengiriman sameday, akan jauh lebih hemat layanan reguler hingga ekonomis.

Meskipun dari segi waktu pengantaran lebih lama, namun untuk pengiriman barang yang tidak terlalu urgent Anda dapat memilih layanan yang lebih hemat. Perbedaan layanan ini sudah pasti juga akan berpengaruh kepada biaya subtotal yang harus Anda tanggung.

2. Membandingkan Tarif Pengiriman

Dikarenakan subtotal pengiriman adalah akumulasi dari berbagai faktor pengiriman, maka sangat penting untuk membandingkan tarif ongkir dari setiap layanan yang disediakan. Umumnya, setiap ekspedisi memiliki tarif pengiriman yang berbeda untuk setiap daerah.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan simulasi dan perbandingan tarif sebelum memutuskan untuk mengirimkan suatu paket. Misalnya dengan mengakses fitur cek tarif di website ekspedisi atau menanyakan langsung ke customer service ekspedisi tersebut.

3. Mengecek Ulang Biaya Tambahan

Biaya tambahan seringkali juga menjadi penentu besaran subtotal pengiriman yang harus Anda tanggung. Mulai dari biaya packaging, biaya asuransi, biaya admin, dan sebagainya. Oleh karena itu, cek kembali biaya yang dikenakan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Tidak jarang, para pengirim tidak menyadari adanya biaya tambahan sehingga mereka kaget dengan biaya subtotal yang begitu besar. Barang-barang elektronik dan berisiko tinggi umumnya akan dikenakan biaya lagi untuk melindunginya dari berbagai kemungkinan buruk.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda pahami terkait subtotal pengiriman. Pada dasarnya, subtotal pengiriman adalah biaya yang perlu Anda siapkan sebelum benar-benar menyelesaikan total biaya pengiriman. Cek ulang subtotal tersebut supaya Anda tidak boncos!

Guna memastikan biaya pengiriman tetap hemat, selalu pastikan Anda menggunakan jasa ekspedisi terpercaya. Pilih Indone Kargo Ekspress yang menyediakan berbagai layanan pengiriman kargo terbaik dengan harga terjangkau. Hubungi CS kami untuk info lengkapnya!

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!