You are currently viewing Sewa Truk Murah, Emang Ada? Nih Kenalin!
Sewa Truk Murah (Sumber: www.indonekargo.com)

Sewa Truk Murah, Emang Ada? Nih Kenalin!

  • Reading time:7 mins read

Saat ini sewa truk murah dan transportasi kargo merupakan hal yang sangat lumrah dilakukan. Hal ini didukung dengan menjamurnya beragam perusahaan yang menawarkan jasa penyewaan truk antar kota maupun antar pulau.

Ada beberapa alasan seseorang menyewa truk, antara lain untuk penggunaan pribadi ataupun keperluan bisnis. Untuk pemakaian pribadi seringnya dilakukan saat membutuhkan jasa angkut untuk pindah rumah sehingga membutuhkan sewa truk pindahan.

Sedangkan penyewaan truk untuk keperluan bisnis semakin populer karena dirasa dapat memberikan lebih banyak keuntungan daripada memiliki armada sendiri. Maka dari itu saat ini semakin banyak pebisnis yang memilih untuk menyewa ketimbang membeli armada truk.

Tips Mendapatkan Jasa Sewa Truk Murah

Sebelum memutuskan untuk menyewa truk, ada banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu. Mulai dari biaya, keamanan, hingga fasilitas yang ditawarkan. Berikut beberapa 10 kiat-kiat sewa truk murah dan aman untuk kamu!

1. Sesuaikan Ukuran Truk Dengan Kebutuhan

Sebelum memilih truk yang akan disewa pastikan dulu tujuan penyewaan truk dan jenis truk yang akan disewa. Apakah akan menyewa untuk keperluan pindahan, untuk mengirimkan sesuatu, sebagai kebutuhan bisnis, atau keperluan lain. Tentukan juga berapa lama kamu akan menyewa truk tersebut. 

Setelah itu kamu juga harus menentukan ukuran truk yang akan disewa. Pastikan ukuran yang disewa memang sesuai dengan kebutuhan ya. Menyewa truk yang terlalu kecil tentu nggak efektif untuk mengangkut banyak barang. Sedangkan menyewa truk yang ukurannya jauh melebihi kebutuhan tentu akan menjadi sebuah pemborosan.

2. Pilih Jasa Sewa Truk yang Memiliki Beragam Jenis Kendaraan

Semakin banyak jenis kendaraan yang dimiliki oleh jasa sewa tentu saja akan membuat pilihanmu semakin luas. Apalagi nggak semua barang bisa diangkut dengan kendaraan tanpa spesifikasi khusus. Misalnya produk yang dibekukan seperti frozen food. Jika kamu mau mengirimkan frozen food tentu membutuhkan kendaraan yang memiliki box pendingin. Hal itu juga berlaku untuk jenis barang lainnya.

Maka dari itu semakin banyak jenis kendaraan yang dimiliki jasa sewa, semakin banyak pula pilihan yang kamu miliki. Nggak perlu bingung mencari jasa sewa yang lain karena mereka memiliki beragam jenis kendaraan yang kamu butuhkan. 

3. Telusuri Testimoni dan Keluhan Terkait Jasa Sewa

Meskipun saat ini ada begitu banyak yang menawarkan jasa sewa, nggak dipungkiri bahwa resiko yang dimiliki tetap tinggi. Maka dari itu salah satu cara paling aman ialah dengan meminta rekomendasi jasa sewa truk murah pada orang-orang yang memang sudah kamu kenal.

Jika ternyata nggak ada teman yang bisa memberikan rekomendasi, maka nggak ada salahnya untuk mencari di internet. Namun jangan lupa untuk memastikan kredibilitas jasa sewa dengan melakukan penelusuran testimoni yang diberikan oleh penyewa sebelumnya. Semakin bagus testimoni yang diberikan maka semakin kredibel pula jasa sewa tersebut. 

4. Pastikan Harga yang Ditawarkan Sesuai Budget yang Dimiliki

Sebelum menyewa kendaraan, pastikan dulu berapa budget yang dimiliki, hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kendaraan yang disewa. Sesudah mengetahui jumlah budget yang tersedia, maka langkah selanjutnya ialah menemukan jasa sewa truk yang sesuai.

Saat ini sudah banyak jasa sewa yang memiliki aplikasi atau website online. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk mengecek kisaran tarif yang ditawarkan oleh tiap-tiap penyedia jasa sewa. Jangan lupa untuk membandingkan harga dari satu jasa sewa dengan yang lain untuk menemukan harga yang sesuai. 

5. Jangan Pesan Kendaraan Secara Mendadak

Jika kamu mau memesan truk sebaiknya nggak dilakukan secara tiba-tiba. Mencari dan memesan truk secara mendadak biasanya akan berakhir dengan biaya yang lebih mahal karena keterbatasan waktu untuk mencari dan memilih truk yang dibutuhkan. 

Sebaiknya kamu mulai mencari truk dari jauh-jauh hari. Dengan begitu kamu bisa memikirkan secara matang truk mana yang akan kamu sewa serta memastikan ketersediaan truk itu di waktu yang kamu butuhkan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga sewa truk murah dan sesuai dengan kondisi dompet.

Selain itu kamu juga bisa mempertimbangkan promo yang ditawarkan oleh penyedia jasa. Jika kamu melakukan pemesanan secara tergesa-gesa, ada kemungkinan kamu nggak sempat melihat promo yang mereka tawarkan.  

6. Pastikan Nggak Ada Biaya Tambahan

Sebelum menandatangani perjanjian sewa, pastikan pihak penyedia jasa sewa nggak akan membebankan Anda dengan beragam biaya tambahan. Biaya tambahan yang sering dibebankan pada penyewa antara lain uang bensin, uang makan, biaya tol, hingga tip untuk supir.

Maka dari itu jangan lupa pastikan biaya apa saja yang sudah termasuk dan belum termasuk harga sewa yang ditawarkan. Jangan sampai kamu mendapatkan sewa truk murah tapi harus merogoh kocek lebih karena tambahan biaya ini itu di akhir sewa. 

7. Pastikan Jasa Sewa yang Menyediakan Asuransi Barang

Nggak semua jasa sewa memiliki asuransi terlebih untuk barang yang diantar. Maka akan lebih baik jika kamu memastikan jenis asuransi apa yang ditawarkan oleh pihak jasa sewa. Apakah asuransi yang diberikan hanya mencangkup asuransi kendaraan saja atau juga asuransi terhadap barang yang diantar.

Ada beberapa kasus dimana penyewa truk harus mengeluarkan uang lebih karena barang sampai ditujuan dalam keadaan yang nggak baik dan penyedia jasa sewa nggak memberikan asuransi untuk barang yang dibawa. Maka dari itu jangan langsung tergiur dengan harga sewa truk murah yang ditawarkan, tapi pastikan juga jenis asuransi yang disediakan ya!

8. Pilih Jasa Sewa yang Memiliki Jaringan Luas

Jika kamu ingin menyewa truk untuk kepentingan usaha maka pastikan kamu memilih jasa sewa yang memiliki jaringan yang cukup luas, apalagi jika usaha yang kamu kelola mempunyai jaringan distribusi barang yang luas.

Maka jangan lupa memastikan jasa sewa yang kamu pilih dapat mengantarkan barang ke tempat yang kamu tuju ya. Hal ini sangat penting supaya barangmu dapat diantarkan dengan lancar tanpa perlu berpindah-pindah kendaraan.

9. Pastikan Driver dan Tim yang Disediakan Profesional

Meskipun kamu mungkin bisa menyetir truk sendiri, biasanya penyedia jasa sewa truk murah akan tetap menawarkan driver dan tim dari pihak mereka. Nggak masalah jika kamu memang ingin menyetir sendiri, nggak masalah juga jika kamu ingin menyewa lengkap dengan driver.

Satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin menyewa transportasi lengkap ialah seberapa berpengalamannya orang-orang tersebut. Maka pastikan driver dan tim yang ditawarkan memang berpengalaman dan menguasai medan perjalanan. Pastikan juga mereka dapat bekerja secara profesional. Nah itu tadi beberapa tips sewa truk yang dapat kamu jadikan referensi sebelum menentukan penyedia jasa mana yang akan kamu pilih. Ingat, jangan mudah tergiur pada harga sewa murah yang ditawarkan. Tapi perhatikan juga kualitas kendaraan, fasilitas, jaminan, serta pelayanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa sewa.

Beri Penilaian