You are currently viewing Sewa Truk Engkel Terdekat : Memuat Barang Lebih Banyak dan Efisien
sewa truk engkel terdekat (Sumber: www.indonekargo.com)

Sewa Truk Engkel Terdekat : Memuat Barang Lebih Banyak dan Efisien

  • Reading time:7 mins read

Truk sebagai salah satu kendaraan yang digunakan untuk mengangkut berbagai macam material, seperti batu, kayu, hasil tambang, dan masih banyak lagi. Terdapat berbagai macam jenis truk. Salah satunya, truk engkel yang paling banyak digunakan. Bahkan, sudah banyak tempat sewa truk engkel terdekat sesuai lokasi. 

Lantas, Apa Kelebihan Menggunakan Truk Engkel?

Umumnya, truk memang memuat barang yang berbobot besar dan dalam jumlah yang banyak. Tak heran, truk memang dipakai sebagai alat vital dalam kebutuhan logistik. Sementara, kapasitas muatan truk engkel bisa membawa beban yang ringan sekitar 2 – 2,5 ton, serta digunakan untuk membawa material semen, bata, batu, dan lain-lain.

Truk engkel disebut juga truk CDE (Colt Diesel Engkel) merupakan jenis truk yang berukuran kecil dengan 4 roda. Setiap ukuran box berkisar kira-kira 350 cm, lebar 170 cm, dan tinggi 160 cm. Lalu, kapasitas volumenya sekitar 7- 9 kubik. 

Berdasarkan fungsinya, truk engkel juga banyak digunakan untuk mengangkut barang-barang rumah atau peralatan kantor, seperti lemari, meja, dan peralatan lainnya. Truk engkel tidak memiliki atap atau langit-langit yang dapat menyebabkan adanya gesekan. Jadi, barang jauh lebih mudah dimasukkan atau dikeluarkan dari bak truk. Terdapat pula kelebihan dari truk engkel / truk cde ini, simak di bawah ini.

1. Truk Engkel Lebih Praktis

Umumnya, truk engkel memiliki ukuran yang lebih kecil dari jenis lainnya. Dengan ukuran minimalis, mampu menjangkau setiap akses jalan saat pengiriman barang. Misalnya, jalan perumahan hingga perkampungan. Truk engkel ini pun banyak digunakan untuk pengiriman barang-barang retail maupun kebutuhan perorangan. 

2. Mampu Memuat Barang Banyak

Seperti yang telah disampaikan, muatan truk engkel bisa mencapai 2,5 ton. Meskipun hanya memiliki 4 roda, ternyata truk jenis ini justru paling banyak dipilih bagi para pengusaha retail. Bahkan, harga sewanya cenderung lebih murah. Hal ini yang membuat setiap orang beralih menggunakan kendaraan pengangkut satu ini. Perlu diingat pula, untuk tidak mengangkut muatan lebih dari kapasitasnya. Hal ini dapat mengganggu keselamatan, karena mesin harus bekerja lebih kuat dan berdampak pada keawetan mesin. 

3. Kargo Luas

Dengan ukuran kargo sekitar  7 – 9 / kubik, truk engkel mampu memuat banyak barang sekaligus. Pengiriman pun lebih cepat karena bisa menampung banyak barang sekaligus. Ukuran box juga lebih besar dari jenis truk lainnya. Maka tak heran, truk engkel menjadi pilihan transportasi pengiriman. 

4. Tidak Ada Larangan Jam

Setiap jenis truk memiliki jam operasionalnya sendiri. Apabila terlihat melintas di jalan raya, maka akan didenda karena melanggar peraturan lalu lintas kota. Berbeda dengan truk engkel, saat menyewa atau menggunakannya tidak perlu cemas. Truk ini bisa beroperasi kapan saja, karena termasuk dalam truk golongan I yang bebas melintas. Dengan begitu, tidak akan menghambat pengiriman barang dalam kota maupun luar kota. Sudah tertarik untuk menggunakannya? Cukup sewa truk engkel terdekat dari lokasi Anda. Sebelum memilih jasa penyewa, ada baiknya memperhatikan tips di bawah ini. 

Tips Memilih Sebelum Sewa Truk Engkel Terdekat

Menyewa truk engkel tidak serta-merta dipilih begitu saja. Melainkan, mempertimbangkan jumlah bobot barang yang diangkut dan menyesuaikan dengan kapasitas truk tersebut. Jangan sampai salah pilih, ya!

1. Memilih Ukuran Truk yang Sesuai Kebutuhan

Hal pertama dan utama adalah memilih ukuran truk yang akan disewa. Untuk mendapat kendaraan pengangkut yang sesuai, sebagai pengguna jasa harus mengetahui bobot muatan dan volume dari barang yang dikirim. Setelah itu, Anda tinggal mencocokkan dengan kapasitas muatan yang telah disediakan oleh jasa sewa truk engkel terdekat dari lokasi tersebut. 

2. Memilih Jasa yang Terpercaya

Bagi Anda yang memiliki usaha seperti online shop. Mungkin, ada baiknya memilih jasa sewa truk dan pengiriman yang dipercaya. Sekarang, tidak perlu repot mencari jasa penyewaan. Anda bisa mencarinya secara online atau langsung melalui website resmi. Dalam website tersebut, sudah tertera alamat, nomor telepon, hingga ulasan konsumen yang pernah menggunakan jasa tersebut. Cara lainnya adalah mencari sewa truk engkel terdekat dari lokasi Anda. Jadi, bisa menentukan mana yang dianggap aman dan terpercaya.

3. Mengecek Tarif Sewa

Nah, tarif sewa merupakan bagian terpenting. Jangan sampai sudah menyewa, justru jasa tersebut tidak recommend. Maka dari itu, tidak perlu tergesa-gesa. Anda bisa melakukan riset dan mengecek tarif penyewaan. Langkah ini berguna untuk memastikan harga tidak melebihi budget yang sudah ditentukan. Biasanya, jasa penyewaan truk engkel memang menawarkan harga yang sangat relatif. Usahakan tidak tergiur dengan harga yang murah. Pastikan dahulu jika kualitas jasanya memang bagus. 

4. Pilih Jasa yang Memberikan Asuransi

Sebaiknya, memilih jasa penyewaan yang memberikan asuransi. Mengapa? Karena, pengiriman akan jauh lebih aman. Apalagi, mengirim barang dalam jumlah banyak dan jarak tempuh yang cukup jauh. Dengan adanya asuransi, Anda juga akan merasa lebih aman dan meminimalisir kemungkinan, seperti barang rusak atau hilang.

5. Memilih Truk Keluaran atau Tahun Terbaru

Usia sebuah kendaraan sangat berpengaruh pada performanya. Truk dengan tahun keluaran terbaru atau usianya masih muda masih memiliki daya tahan yang bagus. Hal ini, berguna untuk mencegah mogok atau terjadinya yang tidak diinginkan saat proses pengiriman. Pilihlah truk dengan tahun 2014 – 2021, karena kisaran tersebut masih aman digunakan untuk pengiriman luar kota. Anda dapat bertanya pada jasa sewa truk engkel terdekat dari lokasi, guna mencari perbandingan kualitas terbaik. 

Harga Penyewaan Truk Engkel

Setelah memahami tips di atas, Anda dapat memastikan kembali bila jasa penyewaan yang dipilih memang sudah tepat. Penyewaan bisa dilakukan secara per bulan atau per hari saja. Namun, setiap jasa memiliki harga yang berbeda-beda. 

Rangkuman harga ini diambil dari beberapa jasa penyewaan di internet. Untuk harga sewa truk engkel per harinya, setiap jasa membuka harga mulai Rp. 200.000. Sedangkan, biaya sewa per bulannya mulai Rp. 8.000.000 jutaan. Semua tarif pun disesuaikan dengan besar ukuran dan kapasitas truk engkel yang akan disewa, serta setiap wilayah juga berbeda-beda. 

Biasanya pemilik usaha lebih memilih penyewaan per bulan, karena dimanfaatkan untuk mengangkut barang atau muatan lainnya. Truk engkel yang disewakan selama satu bulan memiliki daya tahan yang lebih kuat. Ditambah, kecepatan yang berbeda guna pengiriman barang dapat sampai tepat waktu.  Bagi Anda yang hanya membutuhkan jasa pengangkutan barang secara personal, dapat menyewanya secara per hari. Dengan begitu, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Jangan lupa untuk melakukan riset sewa truk engkel terdekat dari lokasi, dengan melihat kualitas maupun tarif penyewaan dari jasa tersebut. Anda juga bisa menyiapkan biaya tak terduga, karena akan terhitung juga biaya memindahkan dan mengangkut barang.

5/5 - (1 vote)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!