You are currently viewing Perbedaan COD dan DFOD? 2 Istilah yang Serupa Tapi Ternyata Tak Sama

Perbedaan COD dan DFOD? 2 Istilah yang Serupa Tapi Ternyata Tak Sama

  • Reading time:2 mins read

Bagi sobat IKE yang sering belanja online di marketplace shopee dan tokopedia dan memilih menggunakan pengiriman dari J&T Express mungkin pernah dengar istilah COD dan DFOD, tapi sudah tahukah apa pengertian dari masing-masing istilah tersebut? Apakah ada perbedaan?

Pengertian COD

COD atau Cash On Delivery atau yang bisa juga disebut dengan bayar di tempat adalah jenis pengiriman yang penerima harus membayar lunas harga barang yang dibeli ditambah ongkirnya ketika barang sudah diterima oleh si pembeli.

Sedangkan pengertian untuk DFOD adalah

Pengertian DFOD

DFOD atau Delivery Fee On Delivery atau biaya kirim saat pengiriman paket. Dari namanya sobat pasti bisa menebak pengertiannya. Kalau pakai layanan ini, maka penerima hanya membayar ongkirnya saja bukan harga barangnya. Dan tentu si pengirim (seller) tidak perlu membayar ongkos kirim karena akan dibebankan ke orang yang dituju atau ke penerima.

Sederhananya yang akan membayar ongkirnya nanti adalah penerima (buyer). Besaran tarifnya akan sesuai dengan yang diberikan kurir nantinya. Yang pasti ongkir akan cocok dengan rate kota asal ke kota tujuan.

Jadi inti perbedaan dari kedua istilah di atas adalah ada pada siapa yang akan menanggung harga barangnya. Kalau pakai sistem COD maka harga barang dan ongkos kirim ditanggung oleh penerima. Sedangkan untuk sistem DFOD harga barang tidak ditanggung oleh penerima, penerima hanya perlu membayar ongkos kirim saja.

Semoga dengan membaca artikel ini Anda sudah mengerti perbedaan dari kedua istilah tersebut ya. Dan untuk Anda yang ingin mengirim barang menggunakan jasa cargo, PT. Indone Kargo Ekspress siap membantu Anda.
Jangan lewatkan harga spesial yang akan Anda dapatkan untuk mengirimkan barang Anda dengan menghubungi customer service atau mengklik tombol whatsapp yang ada di website ini. Semoga bermanfaat.

4.3/5 - (3 votes)