You are currently viewing Perbedaan Cargo dengan Ekspedisi dalam Dunia Logistik
Perbedaan Cargo Dengan Ekspedisi

Perbedaan Cargo dengan Ekspedisi dalam Dunia Logistik

  • Reading time:8 mins read

Maraknya kegiatan jual beli online pada zaman ini memiliki andil besar dalam meningkatkan jumlah layanan pengiriman barang dengan beragam penawaran menarik. Adapun, beberapa jenis jasa pengiriman yang sering masyarakat gunakan yaitu pengiriman cargo dan ekspedisi. Apa saja sih perbedaan cargo dengan ekspedisi?

Secara umum, kedua jenis layanan pengiriman ini memiliki tujuan yang serupa. Tujuan tersebut adalah untuk mengantarkan suatu barang sampai ke tangan penerima dengan aman. Lantas, faktor apa sajakah yang membedakan kedua jenis layanan tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Perbedaan Cargo dengan Ekspedisi

Seiring dengan perkembangan zaman dan peradaban, pembangunan infrastruktur di negara kita juga ikut mengalami peningkatan performa yang cukup signifikan.

Semakin meningkatnya kualitas pembangunan negara, kualitas akses untuk menuju ke banyak daerah pun juga jadi semakin mudah. Hal ini juga turut mendukung berkembangnya industri bisnis logistik baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, maraknya kegiatan jual beli online juga menjadi salah satu faktor utama yang membuat pamor badan usaha logistik jadi makin melonjak. Kini, badan usaha logistik sudah memiliki lebih banyak opsi layanan untuk masyarakat terutama dalam hal pengiriman barang baik dalam partai kecil, menengah, maupun partai besar.

Oleh karena itu, muncullah beberapa jenis layanan pengiriman barang sesuai dengan jumlah barangnya, jenis barangnya, waktu pengirimannya, dan faktor-faktor lainnya. Adapun jenis – jenis layanan pengiriman tersebut antara lain jasa pengiriman ekspedisi (reguler) dan jasa pengiriman cargo.

Pada dasarnya, kedua jenis layanan tersebut memiliki tujuan yang sama dengan sedikit bumbu – bumbu pembeda. Kira – kira, apa saja perbedaan cargo dengan ekspedisi? Simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Jumlah dan Bobot Barang

Salah satu faktor pembeda yang paling kentara antara jasa pengiriman ekspedisi maupun cargo adalah jumlah dan bobot barang yang dikirimkan.

Untuk jenis layanan pengiriman ekspedisi, jumlah barang yang dikirimkan biasanya sangat sedikit dan dengan ukuran barang yang relatif lebih kecil (ringan). Mudahnya, jasa ekspedisi melayani pengiriman barang satuan dengan bobot maksimal 5 kg.

Dalam pengiriman ekspedisi, tidak ada batasan mengenai bobot minimum barang yang dapat Anda kirimkan. Sehingga, se-ringan apapun jenis barangnya, penyedia jasa logistik tetap akan mengantarkan barang tersebut ke lokasi tujuannya dengan profesional.

Sementara itu, jasa pengiriman cargo lebih terfokus pada pelayanan pengiriman barang dalam jumlah banyak dan jenis barang yang berukuran besar.

Biasanya, bobot barang yang bisa dikirimkan melalui layanan cargo haruslah mencapai angka 10 kg atau 50 kg setiap satu kali pengiriman. Untuk penetapan bobot minimum spesifikasinya tergantung pada kebijakan pihak penyedia layanan yang bersangkutan.

2. Sasaran dan Contoh Barang yang Dikirimkan

Perbedaan cargo dengan ekspedisi yang berikutnya adalah sasaran pelayanannya. Biasanya, pengiriman ekspedisi lebih diperuntukkan untuk jenis pelanggan individu / perorangan dengan spesifikasi barang berukuran kecil, sedang, dan cenderung bersifat satuan.

Umumnya, jenis pengiriman ekspedisi lebih sering digunakan oleh pemilik toko online untuk mengirimkan produk jualannya kepada pembeli yang memesannya. Adapun contoh jenis barang yang kerap diantar dengan layanan pengiriman ekspedisi antara lain dokumen, hadiah kecil, pakaian, makanan, peralatan sekolah, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, jenis pengiriman cargo biasanya lebih sering dipakai suatu perusahaan yang ingin mengirimkan barang ke badan usaha lainnya untuk kepentingan B2B. Contohnya, perusahaan supplier mengirimkan barang dalam jumlah besar kepada jenis badan usaha lain seperti perusahaan produksi, manufaktur, retail, dan lain-lain.

Adapun, contoh jenis barang yang biasa dikirim dengan layanan cargo antara lain kendaraan (motor, mobil), bahan baku industri, mesin, stok produk bisnis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, beberapa pelaku bisnis berskala besar juga sering menggunakan layanan pengiriman cargo untuk mengirimkan produk jualannya kepada reseller maupun distributor mereka. Atas dasar tersebut, maka muncullah istilah dua macam istilah yakni Full Than Truck Load (FTL) dan Less Than Truck Load (LTL) dalam dunia per-cargo-an.

Selain untuk kepentingan B2B, layanan pengiriman cargo juga bisa digunakan untuk mengangkut seluruh perabotan rumah bagi Anda yang ingin pindah ke hunian baru.

3. Lama Pengiriman dan Harga

Selanjutnya, perbedaan cargo dengan ekspedisi juga terletak pada aspek durasi dan harga pengiriman. Aspek ini kerap menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi setiap pelanggan kala ingin memesan jasa pengiriman barang.

Pada dasarnya, layanan ekspedisi standar dapat mengantar barang dengan durasi yang relatif lebih cepat dibanding dengan layanan cargo standar.

Untuk harga, layanan ekspedisi menggunakan perhitungan tarif per satu kilogram sementara cargo menggunakan tarif per berat minimumnya. Jika jasa cargo menggunakan bobot minimum 10 kg, maka setiap pengirim akan tetap membayar harga yang sama baik yang mengirimkan barang di atas 10 kg maupun yang di bawah 10 kg.

Jika pelanggan ingin mengirim barang dalam waktu cepat, maka pelanggan juga harus siap membayar harga lebih mahal agar lebih diprioritaskan.

Apabila Anda ingin mengirimkan barang dalam durasi singkat, Anda bisa memilih layanan pengiriman cepat seperti paket kilat, express, atau same-day-service.

Untuk layanan ekspedisi, pengiriman cepat dapat dilakukan melalui jalur darat maupun udara tergantung jarak pengirimannya.

Jika jaraknya dekat maka paket tersebut akan lebih memungkinkan untuk diprioritaskan dalam ekspedisi jalur darat. Namun, jika jarak pengiriman barang terpaut agak jauh, maka ekspedisi tersebut akan mengirimkan barang Anda melalui jalur udara agar lebih cepat sampai.

Di sisi lain, pengiriman cargo memerlukan waktu yang agak lebih lama dibanding dengan layanan ekspedisi. Karena biasanya, layanan pengiriman cargo menggunakan sarana transportasi kapal untuk pengiriman barang antar pulau sehingga waktu yang diperlukan jadi lebih lama sekitar 3 – 15 hari.

Beberapa penyedia jasa pengiriman cargo menyediakan paket layanan kirim cepat melalui jalur udara. Namun ingat, Anda akan dikenakan biaya pengiriman yang jauh lebih mahal jika dibanding dengan layanan cargo reguler atau standar.

Sudah Tahu Perbedaan Cargo dengan Ekspedisi?

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda tentu sudah lebih paham dengan perbedaan antara layanan pengiriman cargo maupun ekspedisi.

Sebelum Anda memesan jasa pengiriman ekspedisi maupun cargo, alangkah baiknya untuk memahami informasi layanan cargo dengan teliti agar tidak merugi di hari nanti.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan strategi pengiriman lain yang jauh lebih menguntungkan agar barang bisa sampai dengan cepat tanpa harus keluar biaya banyak.

Bagaimana caranya? Salah satu jalannya adalah dengan memesan jasa pengiriman barang di perusahaan logistik terpercaya yakni di PT Indone Kargo Express.

Ingin Kirim Barang Murah dan Cepat? Di Indone Kargo Express Saja!

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan layanan pengiriman di perusahaan logistik Indone Kargo Express antara lain :

  • Harga fleksibel dan reasonable
  • Dapat mengirim barang ke seluruh daerah di Indonesia
  • Bergaransi
  • Telah didukung dengan aplikasi pesan jasa canggih
  • Jaminan keamanan selama pengiriman
  • Didukung oleh tim profesional dan armada berkualitas
  • Gratis konsultasi

Untuk informasi penawaran menarik lainnya, silakan kunjungi laman Indone kargo sekarang juga!

4.6/5 - (9 votes)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!