You are currently viewing Mengetahui Pengertian LTL, Partial Truckload dalam Sistem Pengiriman Barang

Mengetahui Pengertian LTL, Partial Truckload dalam Sistem Pengiriman Barang

  • Reading time:5 mins read

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah LTL dan Partial Truckload dalam sistem pengiriman barang. Penerapan layanan pengiriman ini dinilai dapat menghadirkan jasa pengiriman barang yang lebih murah dan cepat. Lalu sebetulnya apa pengertian LTL, Partial Truckload? Berikut penjelasannya.

Pengertian LTL (Less than Truckload), Partial Truckload?

Layanan LTL (Less than Truckload) dan Partial Truckload adalah sistem pengiriman yang menggabungkan efisiensi co-loading dan routing dengan tujuan untuk meminimalkan biaya pengiriman barang.
Dengan layanan LTL Partial Truckload ini Anda bisa mengirimkan barang secara co-loading dengan muatan orang lain untuk memaksimalkan penggunaan kapasitas truk. Hal ini bisa terjadi ketika Anda memiliki budget yang terbatas untuk mengisi seluruh ruang di dalam truk hingga penuh. Jika dibandingkan dengan layanan FTL (Full Truckload), LTL memang memiliki tarif yang lebih rendah karena Anda hanya perlu membayar biaya sesuai dengan jumlah barang yang akan dikirim.

Sementara biaya untuk memenuhi seluruh kapasitas truk akan dibayar oleh orang lain atau perusahaan yang juga melakukan pengiriman barang di hari yang sama. Kelebihan Layanan LTL, Partial Truckload Sistem pengiriman yang juga dikenal dengan layanan muat sebagian ini sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis yang membutuhkan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang, utamanya bagi perusahaan yang sedang berkembang.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan ini, berikut beberapa kelebihan LTL, Partial Truckload yang perlu Anda ketahui:

1. Hemat Biaya
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa layanan LTL Partial Trucking memiliki tarif yang lebih murah ketimbang menggunakan layanan FTL. Dengan begitu Anda bisa menghemat anggaran untuk biaya pengiriman.

2. Pengiriman Barang Lebih Cepat
Menggunakan layanan LTL Partial Truckload menjadi solusi pengiriman barang yang lebih cepat karena waktu tunggu pengiriman yang lama untuk broker atau pengirim barang bisa dihilangkan. Setelah melakukan pemesanan, kargo atau barang Anda akan langsung dikirim bersama dengan barang milik orang lain secara berurutan sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Barang ke Seluruh Indonesia

3. Cocok Untuk Pengiriman Barang Skala Kecil
Jika Anda seorang pemilik bisnis dan harus mengirimkan barang pesanan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi yang menawarkan layanan LTL, Partial Truckload sebagai pilihan. Dengan begitu bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa harus menggunakan seluruh kapasitas truk.

Tips Memilih Jasa Ekspedisi dengan Layanan LTL, Partial Trucking

Setelah memahami pengertian LTL, Partial Truckload beserta kelebihannya, Anda juga perlu memilih jasa ekspedisi kredibel yang menyediakan layanan LTL Partial Truckload. Karena jika salah pilih, barang-barang yang dikirim berisiko mengalami kerusakan.

Hal tersebut perlu menjadi pertimbangan Anda, mengingat dalam layanan LTL barang-barang akan mengalami bongkar muat lebih dari satu kali. Bongkar muat barang ini dilakukan untuk mengatur muatan kargo di dalam truk ketika memasukkan barang dari pengirim lain. Sebagai referensi, berikut beberapa tips memilih jasa ekspedisi yang handal dalam layanan pengiriman LTL Patrial Truckload:

1. Pilihlah jasa ekspedisi yang populer dan memiliki reputasi yang baik

2. Pastikan jasa ekspedisi yang dipilih memiliki layanan LTL Partial Trucking dengan fasilitas
yang lengkap

3. Pilihlah jasa ekspedisi yang menawarkan tarif pengiriman murah namun berkualitas.

4. Pastikan jasa ekspedisi yang Anda pilih memiliki layanan atau aplikasi resmi yang dapat diakses
secara online. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah memilih truk dan rute yang paling
efisien.

5. Pilihlah jasa ekspedisi yang menyediakan layanan asuransi untuk menghindari hal-hal yang tidak
diinginkan.

6. Pilihlah jasa ekspedisi yang menggunakan jaringan driver luas

Dengan dukungan perkembangan teknologi saat ini LTL Patrial Truckload tidak hanya menjadi solusi dalam mengurangi biaya pengiriman saja. Layanan ini juga menawarkan ETA (Estimated Time of Arrival) tercepat untuk beragam jenis barang.

Jasa ekspedisi yang memiliki layanan ini umumnya akan menghitung rute yang paling optimal dari beragam muatan Anda maupun pelanggan lain.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian LTL, Partial Truckload dalam sistem pengiriman barang. Pastikan untuk memilih penyedia layanan ekspedisi terpercaya yang menyediakan layanan muat sebagian sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!