You are currently viewing Apa itu Kargo? Lalu Apa Bedanya dengan Ekspedisi?
Perbedaan Kargo Dengan Ekspedisi

Apa itu Kargo? Lalu Apa Bedanya dengan Ekspedisi?

  • Reading time:9 mins read

Jika Anda menganggap bahwa layanan kargo dan ekspedisi adalah dua jenis jasa pengiriman yang sama, maka Anda salah. Karena kargo adalah jasa pengiriman barang yang dapat mengantarkan barang antar kota, pulau, bahkan antar negara dalam muatan besar.

Walaupun ada beberapa ekspedisi yang dapat mengantarkan barang ke luar negeri, namun jumlahnya sangat terbatas dan tidak sebanyak muatan yang dikirim oleh jasa kargo.

Maka dapat disimpulkan bahwa kargo adalah layanan kirim barang yang dapat mengangkut barang dalam jumlah besar melalui bantuan truk, kapal laut, dan pesawat.

Jika Anda ingin mengirim alat berat, pindah rumah, mengirim jenazah, dan mengirim kendaraan. Maka Anda dapat memilih kargo sebagai jasa pengiriman barang yang tepat.

Kargo adalah Solusi Kirim Barang dalam Skala Besar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kargo adalah jenis ekspedisi yang dikenal untuk memuat barang dalam skala besar. Anda dapat menggunakannya untuk pengiriman yang lebih besar dan benar-benar urgent.

Namun bukan berarti jasa ekspedisi dinilai sebagai pengiriman yang tidak urgent. Hanya saja jenis pengiriman kargo lebih dibutuhkan karena biasanya menyangkut kebutuhan primer.

Seperti yang diketahui bahwa kebutuhan primer sifatnya wajib untuk memenuhi keberlangsungan hidup Anda. Jadi, tanpa adanya barang yang dikirimkan maka kehidupan Anda akan terhambat.

Karena kargo adalah jenis pengiriman dengan skala yang besar tentu saja harga pengirimannya akan lebih besar dibandingkan jasa ekspedisi. Namun hal ini bisa dikondisikan sesuai jarak dan muatan barang yang diangkut.

Semakin jauh jarak pengiriman barang maka akan semakin mahal biayanya, sedangkan jika pengiriman barang lebih dekat maka tidak terlalu mahal.

Namun ada beberapa kargo yang menawarkan harga murah, seperti PT Indone Kargo Express atau PT IKE. Jadi, jika Anda ingin mengirimkan barang menggunakan kargo sebaiknya gunakan PT IKE saja, yang sudah terpercaya akan pelayanannya.

Jenis-Jenis Kargo adalah Sebagai Berikut

Sebelum menggunakan jasa pengiriman kargo, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana penangannya. Karena kargo adalah layanan jasa pengiriman yang cukup banyak pilihannya, maka Anda harus mengetahui apa saja jenisnya, yaitu:

1. General Kargo

General kargo adalah jenis barang yang termasuk dalam kategori barang umum dan tahan lama sehingga tidak perlu ditangani secara khusus. Walaupun begitu, Anda wajib mengikuti persyaratan yang berlaku supaya barang-barang Anda tetap aman saat diperjalanan.

Barang yang termasuk dalam kategori umum diantaranya, peralatan rumah, peralatan kantor, pakaian, sparepart, barang elektronik, dan lain-lain.

2. Special Kargo

Special kargo adalah kategori pengiriman yang semua jenis barangnya ditangani secara khusus. Proses pengiriman barang special kargo dimulai dari barang diambil, disimpan, kemudian didistribusikan ke tempat tujuan.

Biasanya special kargo dikirimkan melalui angkutan udara dengan memenuhi segala persyaratan sesuai dengan IATA.

Barang kiriman yang termasuk dalam kategori special kargo yakni binatang hidup, jenazah, barang yang menyengat, barang-barang mahal, hingga barang yang mudah rusak.

3. Irregularity Kargo

Irregularity kargo adalah kategori barang kiriman yang terlibat dalam permasalahan penangan kargo. Artinya, saat proses penerimaan atau pengiriman terjadi kesalahan yang tidak sesuai dengan SOP (Standard Operation Procedure).

Ada beberapa tipe irregularity cargo, seperti:

  • Missing Cargo, adalah barang kargo yang hilang saat akan pengiriman, entah itu di stasiun pemberangkatan (origin station) atau di stasiun kedatangan (destination station).
  • Damage Cargo, adalah barang atau kargo yang terlihat dalam keadaan rusak, entah karena kerusakan packing atau kondisi barang kargo itu sendiri. Ada beberapa jenis damage cargo diantaranya, pilferage, spoile, torn, breakage, mortality, dan deterioration.
  • Overload Cargo, adalah kargo yang telah dibuatkan manifest namun gagal berangkat karena kapasitas pesawat yang overload.
  • Found Cargo, barang atau kargo yang ditemukan di stasiun lain yang bukan tujuannya.

Prosedur Pengiriman Barang Kargo

Dalam prosedurnya, setiap kargo adalah memiliki beberapa aturan atau SOP yang harus dipatuhi. Prosedur tersebut diberlakukan agar pengiriman barang sampai ke tujuan dengan aman.

Berikut beberapa prosedur yang harus Anda lalui:

1. Pemesanan / Booking Shipment

Pertama-tama Anda harus melakukan booking shipment ke perusahaan kargo dengan memberikan data diri seperti, fotocopy KTP, NPWP dan SPPKP. Hal tersebut bertujuan agar pihak perusahan dapat memproses barang dengan mudah saat mengirimkan barang Anda.

2. Menentukan Berat Barang Kiriman

Sebelum dikirimkan melalui armada, wajib bagi Anda untuk mengetahui berat barang kiriman, hal ini bertujuan untuk menentukan container empty. Terdapat dua cara dalam perhitungan barang yaitu berdasarkan volume barang dan berdasarkan berat asli.

3. Penerimaan Barang

Jika Anda sudah mengetahui berat dan volume barang, maka selanjutnya adalah menerima barang ke container empty.

Pada tahapan ini, Anda diperbolehkan memeriksa kondisi container apakah layak untuk digunakan atau tidak. Jika sudah layak, pihak kargo akan melanjutkan pengiriman. Namun jika tidak yakin, Anda bisa menolak dan mengganti dengan container yang lain.

4. Menentukan Barang yang Mudah Rusak

Pada tahapan ini ditentukan apakah jenis barang termasuk dalam kategori general kargo atau special kargo.

Barang-barang yang mudah rusak biasanya berupa makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan segala yang bersifat tidak tahan lama.

Maka barang tersebut, nantinya akan ditangani secara khusus, agar tidak mudah busuk atau rusak.

5. Menentukan Barang Cair

Barang cair bisa berakibat fatal jika tidak diperhatikan keamanannya, biasanya pengiriman benda cair harus berada dalam tangki dan di las dengan contrainer yang digunakan.

Jika tindakan safety tersebut telah diterapkan, maka pengiriman barang dapat dijamin keselamatannya.

6. Mengisi Airwaybill

Pengisian Airwaybill (AWB) atau STTP (Surat Tanda Terima Pengiriman) adalah tanda bukti jika barang sudah diangkut.

Nantinya ditulis oleh pihak kurir dan wajib ditandatangani oleh pengirim. Setelah itu, kurir akan memberikan semacam lampiran sebagai bukti pengiriman.

PT IKE Ahlinya Kargo Untuk Wilayah Indonesia

PT Indone Kargo Express adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pengiriman barang skala besar untuk wilayah Indonesia. Kami menyediakan berbagai armada dalam pengiriman antarkota dan antarpulau.

Apapun jenis barang Anda, akan kami kirimkan dengan selamat sesuai dengan tujuan. Kami juga melayani kiriman barang dengan tujuan khusus, seperti Pabrik, Perkebunan, Pertanian, Pertambangan, dan Power Plant.

Kami adalah ahlinya jasa pengiriman barang kargo dengan harga termurah yang memiliki beberapa fitur terbaru, untuk mendukung pendistribusian barang atau kargo, berikut beberapa keunggulannya :

  • Harga Fleksibel, kami menyediakan harga yang sangat fleksibel bagi Anda yang ingin mengirimkan barang ke luar kota dan luar pulau. Semakin dekat pengiriman, maka harga akan jauh lebih murah, sedangkan jika pengiriman antar pulau jauh maka harga akan menyesuaikan.
  • Gratis Konsultasi, tim kami selalu siap untuk mendiskusikan segala keperluan barang Anda. Jika Anda ingin mendapatkan harga yang fleksibel, maka bisa diskusikan dengan kami pada sesi konsultasi ini.
  • Dukungan Aplikasi, Anda dapat request untuk mengambil barang hanya melalui aplikasi saja, sehingga sangat mudah untuk berkomunikasi dengan kami.
  • Keamanan, PT IKE sudah bekerjasama dengan asuransi terpercaya, maka kami menjamin keamanan barang-barang Anda.

Kargo adalah jasa pengiriman barang yang wajib Anda gunakan jika ingin mengirim barang dalam skala besar. Segera gunakan jasa kami untuk kemudahan pengiriman barang Anda!

5/5 - (1 vote)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!