You are currently viewing Fixed assets adalah Modal yang Penting Bagi Perusahaan
fixed assets adalah

Fixed assets adalah Modal yang Penting Bagi Perusahaan

  • Reading time:8 mins read

Sebuah perusahaan tidak ubahnya rumah tangga yang  kinerjanya dipengaruhi oleh harta benda yang dimiliki. Fixed assets adalah bagian penting untuk sebuah usaha.

Dalam dunia bisnis, modal merupakan hal penting karena berpengaruh pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk. Aset dalam bentuk uang maupun barang harus berguna secara optimal.

Fixed assets adalah Bagian Penting dari Perusahaan

Berjalannya sebuah perusahaan dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain modal dan SDM. Kepemilikan suatu barang berupa fixed assets adalah sangat penting bagi perusahaan. Selain menunjang produktivitas juga prestise.

Untuk mendapatkannya perusahaan dapat membeli secara cash atau tempo. Besarnya nominal yang sudah terbayar berpengaruh pada jumlah kekayaan usaha. Sedangkan sisa cicilan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan.

Pengertian Fixed Assets adalah Sebagai Berikut

Bagi sebagian besar orang, uang dan barang merupakan sumber pendapatan penting. Padahal masih banyak faktor lain yang ikut mempengaruhi keberhasilan usaha dan kesejahteraan perusahaan.

Aset merupakan hal yang harus masuk dalam laporan perkembangan perusahaan. Aset tetap atau fixed assets adalah bagian atau cabang dari aktiva yang turut berperan dalam jalannya sebuah usaha.

Pengertian fixed assets adalah kekayaan yang berupa benda dan dapat bertahan lama serta mengalami penyusutan. Beberapa jenisnya yaitu properti, mesin produksi, kendaraan operasional, gedung yang masuk dalam neraca keuangan.

Sedang Ikatan Akuntansi Indonesia mendefinisikan fixed assets sebagai aktiva berwujud yang dibentuk terlebih dulu. Perusahaan tidak mempunyai maksud untuk menjualnya dan dapat memberi manfaat lebih dari satu tahun.

Beberapa ahli mengelompokkan fix assets dalam dua kelompok yaitu berwujud dan tidak berwujud. Yang pertama disebut tangible assets, terkait dengan barang kasat mata atau dapat dilihat seperti gedung, kendaraan, mesin produksi dan perlengkapan kantor.

Kelompok kedua atau yang dikenal dengan intangible assets merupakan sesuatu yang tidak ada bentuknya tetapi sangat berpengaruh pada jalannya perusahaan. Contohnya adalah  lisensi produk, goodwill, hak paten dan waralaba.

Karakteristik Fixed Assets

Sebagai modal yang berupa benda fixed assets mempunyai karakteristik. Sebuah perusahaan tidak dapat berjalan secara optimal jika salah satu atau beberapa aktiva tidak tersedia.

Meski demikian, untuk memenuhi kebutuhan barang tersebut, beberapa perusahaan memilih untuk menyewa, dan tidak membeli. Pertimbangannya salah satunya menekan biaya pemeliharaan karena pemilik yang menanggungnya.

Kepemilikan aktiva menyebabkan perusahaan mempunyai kewajiban untuk membayar pajak. Selain itu juga harus menanggung penyusutan dari nilai jual. Dengan menyewa tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut.

Namun biaya sewa kadang cukup besar sehingga perusahaan memutuskan untuk memiliki aset baik dengan membeli secara tunai maupun kredit. Jika pembelian secara tempo maka yang tercatat secara akunting sejumlah pembayarannya.

Fixed assets seperti namanya, mempunyai wujud atau bentuk sehingga keberadaanya dapat dibuktikan. Dalam pencatatan inventaris biasanya ada penomoran, tanggal pembelian dan nilai umur pakai.

Tidak seperti barang dagangan yang tujuan pembeliannya untuk dijual kembali agar menghasilkan keuntungan, fixed assets melancarkan produksi atau usaha. Sebelum memutuskan untuk membelinya perlu memikirkan manfaat barang tersebut.

Harga aktiva tetap biasanya cukup signifikan karena mempunyai nilai material. Semakin lama, nilai ekonomisnya menurun sampai titik 0 dalam pembukuan. Beberapa perusahaan tidak memasuknya lagi ke dalam aset secara akuntansi.

Karakteristik dari fixed assets mempunyai masa pakai panjang sehingga manfaatnya terus berpengaruh pada keberlangsungan perusahaan. Misalnya pabrik bagi sebuah perusahaan.

Fixed assets juga berguna dalam operasional usaha. Bagi sebuah jasa kargo, armada pengangkut sangat penting dan merupakan aktiva tetap yang menjadi prioritas.

Jenis Fixed Assets

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang pengertian dan karakteristik aktiva tetap, kemudian apa yang masuk dalam jenis ini? Masing-masing perusahaan mempunyai aset yang berbeda tergantung dari kebutuhan.

Secara umum biasanya perusahaan mempunyai gedung sebagai salah satu jenis fixed assets.  Bangunan tersebut mempunyai nilai jual yang setiap tahun mengalami penurunan.

Namun beberapa perusahaan memilih untuk tidak membeli tetapi menyewa. Selain karena harganya yang mahal juga biaya perawatan cukup tinggi. Beberapa company justru menjadikan gedung sebagai bisnis dengan menyewakannya.

Office equipment merupakan komponen penting dalam menjalankan sebuah perusahaan. Mesin fotocopy, scanner, alat presentasi dan lainnya dapat menjadi bagian dari aktiva tetap. Jika barang ini tidak ada, operasional bisa terganggu.

Mesin produksi juga merupakan perlengkapan penting. Dengan peralatan ini perusahaan dapat memproduksi barang yang menghasilkan profit. Bagi usaha percetakan, keberadaan mesin cetak sangat vital.

Membeli mobil sebagai fasilitas karyawan bagi sebuah perusahaan mungkin tidak penting. Namun untuk jasa ekspedisi kendaraan merupakan alat produksi yang berpengaruh pada keberlangsungan usaha.

Beberapa jenis fixed assetspenting bagi suatu perusahaan. Tetapi bisa saja tidak urgent untuk yang lain. Tergantung manfaat dan perannya dalam keberlangsungan usaha.

Fixed Assets merupakan Hal Penting Bagi Perusahaan

Fixed assets mempunyai peran besar dalam operasional sebuah perusahaan. Jika salah satu tidak tersedia dapat mengganggu jalannya bisnis. Bahkan unit usaha dapat saja tutup.

Bukan hanya membantu untuk mengoptimalkan produksi yang menghasilkan profit, investor dapat saja membatalkan rencana untuk menanamkan modalnya karena hal ini. Fixed assets adalah bagian penting dalam mendatangkan kepercayaan.

Salah satu poin dalam evaluasi kesehatan sebuah perusahaan adalah efektivitas penggunaan aktiva tetap. Jika rasionya tinggi, maka potensi laba juga besar. Dengan efisiensi maksimal company lebih kompetitif dari pesaing.

Keberadaan aktiva tetap membantu terciptanya pelaporan keuangan yang akurat, penilaian perkembangan bisnis dan analisis keuangan secara menyeluruh. Kesehatan finansial perusahaan terlihat dari fixed assets.

Fixed assets merupakan bagian penting yang menjadi bahan pertimbangan bagi seorang investor ketika akan membeli saham. Begitu juga kreditor, dapat membatalkan keputusannya untuk meminjam uang karena hal ini.

Bagi industri padat modal seperti manufaktur yang membutuhkan modal besar, aktiva tetap sangat penting. Bentuknya yang tidak likuid atau susah berpindah kepemilikan membuat investor merasa lebih aman.

Dalam kondisi perusahaan mengalami kerugian jaminan tidak langsung karena dari penjualannya dapat mengembalikan dana investor. Hal ini yang membuat penanam modal yakin dan berani berinvestasi.

Sebagai modal kerja utama bagi perusahaan, fixed assets selalu menjadi prioritas utama. Sebagai contoh jasa kargo atau pengiriman barang, maka armada transportasi seperti truk dan tronton dalam kondisi prima menjadi kebutuhan penting.

Ketersediaan aktiva tetap ini sangat berpengaruh pada kepercayaan konsumen untuk menggunakan jasanya. Seperti pada PT IKE, ketersediaan sarana tersebut sangat menunjang kualitas layanan yang diberikan.

Anda dapat mengunjungi website kami untuk mengetahui layanan dan sarana yang Kami gunakan. Armada angkut yang berkualitas merupakan bukti profesionalisme dalam melayani konsumen.

Sebuah usaha seringkali mengalami kendala dalam pengiriman bahan baku maupun produk jadi. Hal tersebut yang menjadi pertimbangan berdirinya sebuah kargo terpercaya, seperti yang kami kelola.

Bagi kami, armada terbaik untuk pengangkutan sebagai fixed assets adalah prioritas. Percayakan kebutuhan ekspedisi Anda kepada kargo yang berpengalaman, yaitu PT IKE.

5/5 - (1 vote)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!