You are currently viewing Fasilitas Logistik: Pengertian dan Jenis-jenisnya Untuk Menunjang Bisnis Anda

Fasilitas Logistik: Pengertian dan Jenis-jenisnya Untuk Menunjang Bisnis Anda

  • Reading time:6 mins read

Secara umum, fasilitas logistik sangat penting untuk mendukung kelancaran proses logistik dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan barang. Tanpa fasilitas logistik yang memadai, proses logistik akan menjadi kurang efektif dan efisien, yang pada akhirnya akan berdampak pada biaya yang lebih tinggi dan pelayanan yang kurang baik bagi pelanggan.

Lalu apa sih pengertian dari fasilitas logistik tersebut?

Pengertian Fasilitas Logistik

Fasilitas logistik adalah sarana atau prasarana yang digunakan dalam proses pengelolaan logistik. Fasilitas ini dapat berupa gudang, pergudangan, pabrik, kantor, jalan, jembatan, pelabuhan, bandar udara, atau sarana transportasi lainnya yang digunakan untuk mendukung kelancaran proses logistik.

Baca juga: Logistik Adalah Kunci Pengiriman Barang yang Aman dan Praktis

Jenis-jenis Fasilitas Logistik

Berikut ini adalah beberapa jenis fasilitas logistik yang sering digunakan:

1. Fullfillment Center atau Pusat Pemenuhan

Fulfillment center atau pusat pemenuhan logistik adalah tempat di mana perusahaan menyimpan produknya dan mengirimkannya ke pelanggan. Ini adalah bagian penting dari operasi bisnis logistik.

Fulfillment center biasanya didesain dengan baik untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mereka dilengkapi dengan peralatan yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola produk secara efektif dan mengirimkannya ke pelanggan dengan cepat. Ini termasuk sistem pengiriman otomatis, sistem pengelolaan inventori, dan mesin pengemas.

2. Distribution Center atau Pusat Distribusi

Distribution center atau pusat pendistribusian logistik adalah lokasi dimana barang-barang diterima, disimpan, dan didistribusikan ke pelanggan atau toko-toko. Ini adalah bagian penting dari sistem logistik suatu perusahaan, yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan aliran barang dari pabrik atau gudang hingga pelanggan akhir.

Pusat pendistribusian logistik menggunakan teknologi canggih seperti sistem informasi manajemen gudang (warehouse management system) dan sistem pemantauan real-time untuk memastikan bahwa barang-barang tersedia ketika dibutuhkan dan dikirim ke tempat yang tepat. Selain itu, pusat pendistribusian logistik juga digunakan untuk mengkoordinasikan pengiriman barang dengan cara yang paling efisien dan ekonomis.

Beberapa contoh aktivitas yang dilakukan di sebuah distribution center adalah penerimaan barang, pemeriksaan kualitas, penyimpanan sementara, pengemasan ulang, dan pengiriman barang. Pusat pendistribusian logistik juga dapat digunakan untuk mengkoordinasikan aktivitas pengembalian barang, yang dapat mencakup pemeriksaan kualitas ulang, perbaikan, atau penyimpanan sementara untuk dikirim kembali ke pabrik atau gudang.

Pusat pendistribusian logistik juga dapat digunakan untuk mengkoordinasikan aktivitas cross-docking, yaitu proses penerimaan barang dari beberapa sumber yang berbeda dan segera didistribusikan ke pelanggan atau toko-toko tanpa disimpan dalam gudang.

3. Pergudangan atau Pusat Penyimpanan

Pergudangan atau pusat penyimpanan adalah fasilitas yang digunakan untuk menyimpan barang-barang atau produk yang dibutuhkan oleh perusahaan atau individu. Ini bisa berupa gudang besar yang digunakan oleh perusahaan besar untuk menyimpan produk mereka, atau ruang penyimpanan yang lebih kecil yang digunakan oleh individu atau perusahaan kecil.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sewa Gudang untuk Pindahan Rumah atau Bisnis

Pergudangan dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, seperti bahan baku, produk jadi, atau barang-barang yang dibutuhkan untuk operasi perusahaan. Pusat penyimpanan juga dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang pribadi, seperti perabotan rumah tangga, alat-alat olahraga, atau barang-barang yang tidak digunakan secara teratur.

Manfaat Fasilitas Logistik

Manfaat yang dapat diperoleh dari fasilitas logistik antara lain:

1. Efisiensi waktu dan biaya

Dengan fasilitas logistik yang baik, perusahaan dapat mengoptimalkan proses pengiriman barang dan jasa, sehingga waktu dan biaya yang dikeluarkan dapat lebih efisien.

2. Peningkatan kualitas pelayanan

Fasilitas logistik yang baik tentu bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, seperti dengan menjamin ketersediaan barang dan jasa serta menjamin keamanan dan kelancaran proses pengiriman.

3. Peningkatan fleksibilitas

Fasilitas logistik yang baik dapat memberikan perusahaan fleksibilitas dalam menyesuaikan dengan perubahan permintaan pasar, seperti dengan menambah atau mengurangi kapasitas gudang atau kendaraan.

4. Peningkatan efektivitas

Fasilitas logistik yang baik juga dapat meningkatkan efektivitas perusahaan dalam mengelola inventori, seperti dengan mengoptimalkan tingkat persediaan barang dan mengurangi biaya gudang.

5. Peningkatan keselamatan

Fasilitas logistik yang baik akan meningkatkan keselamatan barang dan jasa yang dikirim, seperti dengan menjamin keamanan gudang dan kendaraan, serta melakukan pengamanan barang yang dikirim.

Kesimpulannya, fasilitas logistik yang baik dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, seperti efisiensi waktu dan biaya, peningkatan kualitas pelayanan, fleksibilitas, efektivitas, dan keselamatan. Oleh karena itu, perusahaan harus mengelola fasilitas logistik dengan baik agar dapat meningkatkan kinerja dan keuntungan perusahaan.

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya. Jika Anda membutuhkan jasa cargo terpercaya, jangan ragu untuk menggunakan jasa dari PT. Indone Kargo Ekspress, jangan ragu untuk menghubungi customer service PT. Indone Kargo Ekspress, sehingga kami bisa membantu sesuai kebutuhan Anda. Hubungi kami melalui button WhatsApp di website ini sekarang.

Terima kasih.

5/5 - (1 vote)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!