You are currently viewing Ini Dia Pentingnya Dokumen Pengiriman Barang

Ini Dia Pentingnya Dokumen Pengiriman Barang

  • Reading time:5 mins read

Apakah Anda pernah mengisi dokumen pengiriman? Kali ini kita akan membahas mengenai pentingnya dokumen pengiriman barang yang perlu Anda ketahui. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melengkapi dokumen pengiriman supaya barang dapat dikirim dengan aman.

Apa Itu Dokumen Pengiriman Barang?

Jika Anda ingin mengirimkan barang, maka Anda akan diminta untuk mengisi dokumen pengiriman. Dokumen pengiriman barang adalah catatan penting yang perlu dilengkapi supaya barang dapat dikirimkan dengan aman.

Dokumen pengiriman barang ini dapat berisikan mengenai data-data barang. Data-data tersebut berupa nama barang, jenis barang, dan jumlah barang. Terdapat pula data-data lain yang perlu dilengkapi supaya barang yang dikirimkan sudah benar.

Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa dokumen pengiriman barang yang diisi sudah sesuai dengan kondisi barang yang dikirim. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi barang setelah proses pengiriman dilakukan.

Pentingnya Dokumen Pengiriman Barang

Terdapat berbagai alasan yang dapat menunjukkan pentingnya dokumen pengiriman barang. Hal ini perlu diketahui supaya Anda bisa melengkapi dokumen tersebut dengan sungguh-sungguh dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Beberapa alasan pentingnya dokumen pengiriman barang yaitu sebagai berikut:

1. Identitas Produk

Dokumen pengiriman dapat membantu memperjelas identitas barang. Sehingga barang yang Anda kirimkan tidak tertukar dengan mudah. Pastikan Anda melengkapi data identitas barang dengan benar supaya barang tersebut dapat segera ditemukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk melengkapi nama barang, jumlah barang, dan alamat pengiriman. Hal ini akan memudahkan untuk melakukan pengiriman dengan aman dan meletakkan barang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

2. Mengetahui Kondisi Barang

Selanjutnya, dokumen pengiriman dapat membantu Anda dan jasa pengirim untuk mengetahui kondisi barang. Dalam artian, pihak jasa dapat mengetahui kondisi barang supaya bisa menjaga kondisi barang dengan baik dalam proses pengiriman.

Dokumen pengiriman barang akan membantu menentukan cara pengemasan dan peletakan barang agar tidak merusak barang tersebut. Sehingga barang tersebut bisa sampai dengan selamat dengan kondisi yang utuh dan aman.

3. Perintah Pemuatan Barang

Dokumen pengiriman barang dapat digunakan untuk memperjelas perintah pemuatan barang. Hal ini dilakukan jika pengiriman barang melalui kapal laut. Sehingga dokumen pengiriman dapat menunjukkan bahwa barang tersebut memang harus segera dikirimkan.

Keberadaan dokumen pengiriman akan mempercepat proses pemuatan barang ke kapal. Hal ini akan menjamin bahwa barang tersebut memang sudah sesuai dengan ketentuan pengiriman. Sehingga kapal bisa segera mengirimkan ke lokasi tujuan yang sesuai dengan alamat yang tertera.

Poin-poin Dokumen Pengiriman Produk

Jika Anda mengirim barang melalui cargo, maka penting untuk mengetahui poin penting dokumen pengiriman barang tersebut. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk melengkapi dokumen demi kelancaran proses shipping di kapal pengiriman.

Beberapa poin penting dokumen pengiriman yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Shipping Instruction (SI)

Dokumen ini perlu dilengkapi oleh pengirim sebaga dokumen perintah untuk memuat barang ke dalam kapal. Shipping Instruction perlu dimiliki oleh kedua pengirim dan jasa pengirim sehingga barang tersebut dapat dimuat dengan aman dan lancar.

2. Invoice

Terdapat pulan dokumen invoice yang memuat data-data pengiriman barang. Biasanya memuat tentang alamat tujuan barang. Selain itu, terdapat informasi mengenai identitas barang dan harga barang tersebut.

3. Packing List

Dokumen packing list memuat tentang deskripsi barang yang dikirimkan. Sehingga identitas barang dapat ditulis secara terperinci sesuai dengan jenis barang, kuantitas barang, dan berat barang yang dikirimkan.

4. Airwaybill

Terdapat dokumen airwaybill yang memuat tentang identitas barang untuk proses shipping jalur udara. Terdapat identitas pengirim dan penerima, kuantitas barang, tanggal transaksi, dan berat barang. Jangan lupa untuk melengkapi dokumen dengan tanda tangan pengirim.

5. Surat Ekspedisi

Selain itu, terdapat surat ekspedisi yang dapat menunjukkan proses pengiriman telah dilakukan. Surat ini berlaku untuk proses shipping darat, udara, ataupun laut. Sehingga Anda perlu memperhatikannya dengan baik.

Demikianlah pentingnya dokumen pengiriman barang jangan lupa untuk mengisinya dengan lengkap. Bagi Anda yang membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang cargo, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp yang ada di website PT. Indone Kargo Ekspress untuk mendapatkan harga promo. Kami tunggu kabar dari Anda.

Beri Penilaian