You are currently viewing Cara Mengecek Resi Kantor Pos dengan Mudah

Cara Mengecek Resi Kantor Pos dengan Mudah

  • Reading time:5 mins read

Saat melakukan pengiriman barang, tentunya hal yang paling penting untuk dipenuhi dan dicatat dengan baik yaitu penggunaan nomor resi yang bisa digunakan dalam membantu untuk mempermudah melacak lokasi atau proses pengiriman dari paket agar bisa sampai ke penerimanya dengan baik. Apalagi sekarang ini melacak nomor resi tersebut menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja hanya dengan memiliki jaringan internet saja tanpa perlu untuk datang langsung ke kantor pos. Jika Anda ingin mengetahui cara mengecek resi kantor pos, simak penjelasan berikut:

Cara Cek Resi Kantor Pos lewat Online

Berkat adanya kemajuan teknologi yang saat ini mempermudah begitu banyak kehidupan masyarakat, termasuk juga dengan membantu untuk mengetahui cara mengecek resi kantor pos dengan lebih mudah dan cepat tanpa memakan waktu yang lama. Apalagi saat ini juga sudah tersedia begitu banyak platform yang dapat diakses secara online sehingga mempermudah dalam pemenuhan segala bentuk kebutuhan yang dimiliki, termasuk juga dengan melacak sampai mana paket yang dikirimkan melalui kantor pos. Mengetahui resi dari pengiriman paket dan melacaknya secara berkala merupakan hal yang penting agar bisa memastikan bahwa paket sampai ke penerimanya dalam keadaan terbaik.

Sebenarnya keberadaan dari nomor resi ini sudah ada sejak waktu yang lama dan semua ekspedisi pengiriman yang menyediakan jasa pengiriman barang selalu memberikan resi kepada para pelanggan yang sudah membayar dalam jasa pengiriman yang diinginkan. Di sisi lain, pengiriman paket sekarang ini juga sudah banyak dilakukan tidak dengan perorangan saja tetapi juga sudah ada banyak e-commerce yang juga menyediakan pengiriman barang sesuai dengan barang yang dibeli sehingga menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, dalam pemesanan yang dilakukan juga sudah dilengkapi dengan nomor resi yang digunakan sehingga tidak perlu lagi menggunakan cara mengecek resi kantor pos secara manual dengan memasukkan nomornya.

1. Cek Resi Kantor Pos Melalui Website Pos Indonesia

Bagi yang melakukan pengiriman paket melalui Pos Indonesia secara langsung tanpa melalui e-commerce, hal ini tidak perlu untuk dikhawatirkan karena ada beberapa cara mengecek resi kantor pos yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu melalui website yang dimiliki oleh kantor pos itu sendiri.

Berikut merupakan langkah untuk melakukan pengecekan resi melalui website Pos Indonesia diantaranya:

  1. Buka browser yang ada di laman posindonesia.co.id/id/tracking.
  2. Pada kolom yang bertuliskan tracking bisa untuk memasukkan nomor resi yang dimiliki.
  3. Klik pada tombol cari.
  4. Nantinya akan muncul informasi mengenai status paket yang sedang dikirimkan sesuai resinya.

2. Cek Resi Kantor Pos Melalui Aplikasi Pos Indonesia

Selain melalui websitenya, cara mengecek resi kantor pos kedua yang bisa dijadikan sebagai pilihan yaitu mengeceknya melalui aplikasi yang disediakan oleh Pos Indonesia. Pastikan bahwa sudah memasang aplikasinya pada HP terlebih dahulu yang bisa diunduh melalui App Store maupun Play Store.

Berikut langkah mengecek resi pos Indonesia melalui aplikasi diantaranya:

  1. Buka aplikasi dan masuk terlebih dahulu dengan melakukan registrasi. Jika tidak ingin registrasi, maka bisa untuk langsung mengeceknya pada kolom resi yang tersedia.
  2. Masukkan nomor resi yang dimiliki pada kolom resi yang sudah tersedia.
  3. Tunggu sampai informasi mengenai pengiriman paket ada muncul pada layar HP.

3. Cek Resi Kantor Pos Melalui Media Sosial

Alternatif cara mengecek resi kantor pos yang bisa digunakan lainnya yaitu bisa melakukan pengecekan melalui media sosial resmi yang dimiliki oleh Pos Indonesia dan pastikan bahwa nomor resi yang akan dicek sudah benar. Setelah itu, cari media sosial yang dimiliki oleh pos Indonesia, bisa untuk twitter yang ada dengan nama akun @PosIndonesia atau juga bisa juga melalui Facebook dari Pos Indonesia yang resmi. Nantinya tinggal mention atau mengirimkan pesan pada salah satu akun tersebut dan menanyakan status dari pengiriman paket dengan mengirimkan nomor resi yang dimiliki agar dicek oleh petugasnya dan nanti akan mendapatkan pesan kiriman terkait informasinya.

Demikian 3 cara mengecek resi kantor pos yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!