You are currently viewing Begini Cara Cek Ongkir POS Indonesia Dengan Mudah

Begini Cara Cek Ongkir POS Indonesia Dengan Mudah

  • Reading time:8 mins read

Apa itu POS Indonesia? 

Cek Ongkir Pos Indonesia | Seperti yang kita ketahui bahwa Pos Indonesia atau PT POS Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik negara (BUMN) yang bertujuan untuk melayani masyarakat dalam mengirim barang atau berkas dalam skala nasional dan internasional. 

Layanan Pos Indonesia pada jangkauan dalam negeri mempunyai empat pelayanan yaitu POS Express, POS Kilat Khusus, POS Jumbo Ekonomi, dan Layanan Standar. Pada setiap pelayanan POS memiliki kriteria barang atau dokumen yang akan dikirim dan jadwal pengiriman juga berbeda, hal ini nantinya akan menentukan harga ongkir dari setiap pelayanan pos Indonesia.

Apa Itu Ongkir?

Ongkir atau biasa dikenal dengan istilah singkatan dari ongkos kirim merupakan biaya atau tarif pengiriman barang atau paket yang ditentukan oleh setiap kurir ekspedisi POS yang ditentukan berdasarkan jarak asal tempat pengiriman paket ke penerima paket. 

Pada setiap pelayanan pos Indonesia memiliki keunggulan masing-masing pada setiap ekspedisi, berikut ulasan mengenai empat pelayanan paket ekspedisi POS Indonesia:

1. Pos Express

Layanan POS Indonesia jenis ini merupakan pelayanan POS kelas premium yang sering digunakan oleh masyarakat. Karena layanan POS ini menawarkan jasa pengiriman kilat ke seluruh kota provinsi Indonesia.

Barang yang dikirim melalui pelayanan ini biasanya berupa barang atau dokumen dan berkas yang bersifat penting dan rahasia. Layanan ini menjadi daya tarik pengguna karena waktu pengiriman yang cepat. Jika anda menggunakan layanan ini, anda  hanya perlu menunggu sehari untuk menunggu barang sampai setelah paket diterima oleh pihak POS Indonesia

Jika anda ingin menggunakan layanan ini sebaiknya langsung melakukan pengiriman di kantor cabang utama kantor POS. Hal ini bertujuan agar barang anda dapat dilayani secara khusus.

2. Pos Kilat Khusus

Fungsi dari layanan POS ini sama seperti layanan POS indonesia yang lain, hanya saja pada pelayanan ini jenis barangnya dibatasi seperti berat barang yang tidak bisa lebih dari 30kg. Selain itu pembatasan ukuran barang juga diberlakukan, ukuran barang tidak boleh lebih dari 15cm untuk panjangnya dan tidak melebihi 400cm untuk lebarnya.

Pada layanan pos kilat khusus mempunyai estimasi pengiriman paket antara 2 sampai 7 hari setelah paket diterima oleh pihak POS Indonesia. Layanan ini juga memberlakukan kebijakan perhitungan biaya pengiriman dengan metode perhitungan berat barang dan volume barang yang dikirim.

3. Pos Jumbo Ekonomi

Layanan pos Indonesia jenis ini tidak jauh berbeda dengan layanan POS kilat khusus yang memberlakukan ketentuan barang yang dikirim. Estimasi waktu pelayan barang pada pelayanan ini lebih lama daripada POS kilat khusus, karena estimasi pada POS jumbo ini antara 7 sampai 14 hari setelah diterima oleh pos Indonesia.

4. Layanan Standar

Pada pelayanan pengiriman barang jenis layanan standar hampir sama dengan layanan yang tersedia dengan POS jumbo ekonomi yang memiliki ketentuan berat barang dan volume pengiriman barang pada paket yang dikirim. Hanya saja ketentuan berat barang pada layanan ini tidak boleh lebih dari 20kg

Untuk estimasi waktu dari pelayan ini sama seperti paket pelayanan pada pos jumbo ekonomi yaitu selama 7 hari sampai dengan 14 hari setelah anda mengajukan barang pengiriman pada pihak kantor POS Indonesia pusat.

Kelebihan dari menggunakan layanan POS Indonesia adalah pelayanannya yang cepat dan akurat serta keamanan data terjamin. Harga ongkos kirim barang di empat layanan pos Indonesia dapat di cek melalui web resmi POS Indonesia.

Lalu Bagaimana Cara Cek Ongkir Pos Indonesia ?

Untuk mengecek berapa besar biaya ongkos kirim paket anda dapat mengeceknya secara online melalui website resmi dari kantor Pos Indonesia.

Anda dapat melakukan cek ongkir pos Indonesia online pada website resmi Pos Indonesia. anda hanya perlu melakukan penginputan data barang yang akan dikirim. Adapun data yang harus anda input pada website resmi POS Indonesia mencakup nama kota tujuan penerima dan alamat asal pengirim paket, serta berat dan volume barang. 

Jika anda sudah menginput data tersebut otomatis nanti sistem akan mengkalkulasikan biaya ongkos kirim untuk pengiriman paket anda tanpa perlu mengunjungi kantor POS pusat yang ada di dekat daerah anda. Selain mengecek pada website resmi pos Indonesia, anda juga dapat mengeceknya di aplikasi cek ongkir pos Indonesia atau situs-situs untuk cek ongkir lainnya.

Ada beberapa website/situs yang dapat anda gunakan untuk cek ongkir POS Indonesia diantaranya;

1. Ongkircek.com/pos

Pada situs ini ada diminta menginput data Provisi tujuan, Kabupaten tujuan, layanan (pilih layanan POS), kemudian berat benda dalam gram (gr).

Setelah anda mengisi data tersebut anda dapat melanjutkannya dengan mengklik tombol cek ongkir, maka data yang anda butuhkan secara sistematis akan muncul.

2. Cekongkir.org/pos

Pada situs ini untuk cek ongkir pos Indonesia, anda diminta memasukan data berupa Kota asal paket akan dikirim dan Kota tujuan paket akan dikirim. Pada situs ini anda memasukan berat barang dalam kilogram (Kg)

3. ongkos-kirim.com/pos-indonesia/

Pada situs ini anda diminta menentukan terlebih dahulu layanan yang anda inginkan. Karena disini anda akan mengecek ongkir POS Indonesia maka anda memilih layanan POS Indonesia. 

Untuk pengisian data selanjutnya anda harus mengisi Kota/kecamatan asal barang yang akan dikirim, kemudian anda mengisi negara tujuan, dan berat barang dalam gram (gr).

4. Cara Cek Ongkir POS Indonesia lewat website resmi

Untuk melakukan pengecekan barang atau dokumen yang anda kirim melalui POS Indonesia, anda dapat mengeceknya secara resmi dengan membuka website  https://www.posindonesia.co.id/id/check-tarif

Setelah anda membuka website tersebut nanti anda akan dibawa menuju menu dimana anda harus mengisi data barang meliputi alamat asal dan tujuan serta berat barang yang akan dikirim.

Setelah anda menginput data tersebut maka anda tinggal menekan tombol button “Cek” maka secara otomatis sistem akan memberikan respon sesuai perintah yang diajukan. Adapun isi dari informasinya yaitu nama layanan paket, rincian, tarif dan lama hari pengiriman.

Cara Hitung Ongkir POS Indonesia

Cara menghitung ongkir POS dapat kita hitung dengan mengukur jarak perjalanan barang yang akan dikirim menuju alamat tujuan barang dikirim. Dengan menentukan jarak tempuh asal dan tempat tujuan barang yang akan dikirim maka ongkos kirim dapat ditentukan. 

Jika anda mengecek pada situs internet atau website resmi dari POS Indonesia maka otomatis sistem mengkalkulasikan harga ongkos kirim berdasarkan layanan paket yang dipilih sesuai dengan ketentuan berat barang serta volume barang.

Hasil cek tarif POS akan menampilkan dengan cepat dan akurat tentang layanan paket, biaya dan lama waktu pengiriman yang datanya diambil langsung secara real time dari kurir pelayanan ekspedisinya. 

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara cek ongkir POS Indonesia, Pada setiap pelayanan mempunyai kategori yang berbeda-beda tergantung jenis barang dan cara pelayanan setiap ekspedisi POS Indonesia. Semoga membantu

5/5 - (1 vote)