You are currently viewing Cara Cek Ongkir JNE Terbaru 2024

Cara Cek Ongkir JNE Terbaru 2024

  • Reading time:9 mins read

Cek Ongkir JNE – Perusahaan layanan jasa antar barang dalam dan luar negeri JNE selalu kasih pelayanan terbaik dalam mengirimkan barang kepada konsumennya. JNE sekarang lebih mudah buat dijangkau masyarakat soalnya udah tersedia banyak di tiap kota se-Indonesia.

Gimanasih Cara Cek Tarif Ongkir JNE ?

Kamu ingin kirim barang pakai jasa pengiriman barang JNE, tapi belum cek ongkir JNE buat tahu berapa ongkos yang harus kamu keluarin nanti? Mau cek tapinya mager harus jalan ke kantornya. 

Bisa gak ya cek ongkir JNE lewat internet aja? Terus, gimana cara ceknya? Simak cara cek ongkir JNE terbaru berikut.

1. Buka Laman Resmi JNE

Kalau kamu mau cek ongkir barang di JNE, hal pertama yang harus dilakuin pastinya buka laman resmi punya JNE di www.jne.co.id lewat mesin pencarian online.

Kamu bakalan langsung diarahkan ke beranda atau halaman paling depan dengan banyak pilihan seperti lacak kiriman, tarif kiriman, titik lokasi pelayanan, dan beragam jenis produk pelayanan dari JNE.

2. Pilih Kolom Tarif Kiriman

Untuk cek ongkir JNE itu, kamu pilih yang bertuliskan tarif kiriman yang terletak di bawah pilihan tracking paket. Di situ ada kolom kosong yang mana kamu bakal diminta untuk isi tiga buah pertanyaan mulai dari asal pengiriman – tujuan pengiriman – berat barang.

3. Isi Data Kolom Tarif Kiriman 

Setiap tarif pengiriman pasti bakalan berbeda-beda ya, tergantung gimana dimensi barang seperti beratnya, panjang x lebar x tinggi, lokasi tujuan, dan jenis layanan pengiriman yang kamu mau gunain. 

Untuk contohnya,

Origin (Asal Pengiriman): Bandung

Destination (Tujuan Pengiriman): Jakarta Selatan

Weight (Berat): 10 (kg)

4. Isi Captcha dan Klik Check

Setelah kamu isi data pengiriman, isi juga Captcha dengan benar dan tinggal klik kotak merah bertuliskan check. Nanti bakalan keluar informasi yang lengkap seputar tarif biaya dari setiap jenis layanan, jenis bentuk barang kiriman dan estimasi waktu pengiriman. 

Jenis layanan juga berpengaruh sama tarif dan kecepatan waktu barangnya sampai ke tangan penerima.

Misalnya,

JTR – Paket – IDR 30000 – ETD 3-4 D

Yang artinya,

Jenis layanan yang kamu pakai itu JTR, dengan jenis bentuk barangnya berupa sebuah paket seberat 10 kg serta untuk ongkos kirim yang harus dibayar sebesar 30 ribu Rupiah dan estimasi barangnya akan sampai ke tujuan dalam waktu 3 hingga 4 hari.

Selain cek tarif lewat laman resmi JNE, ada juga cara cek ongkir JNE terbaru lainnya dari JNE! Sekarang JNE udah punya aplikasinya sendiri yang lebih memudahkan konsumen buat tracking barang, cek tarif, dan cek lokasi terdekat.

5. Download Aplikasi Resmi JNE

Kalau sewaktu-waktu kamu kesusahan untuk cek ongkir JNE lewat laman resmi milik JNE di www.jne.co.id itu, kamu sekarang bisa download aplikasi resminya. Aplikasi tersedia di PlayStore,  Apple Store atau AppGallery. Gratis! 

Tapi sebelumnya kamu perlu daftar akun dulu pakai email atau nomor ponsel dan baru bisa menggunakan layanan aplikasinya.

6. Pilih Check Tariff

Saat masuk kamu langsung disuguhin sama enam pilihan layanan. Ada tracing & tracking, lokasi terdekat, My Job, My COD Wallet. 

Klik layanan JNE yang bertuliskan “check tariff”.

7. Isi Data

Isi data yang diminta seperti asal pengiriman – kota tujuan. Kamu harus ukur juga perkiraan dimensi barang yang mau kamu kirim diantaranya ada berat barang (kg), panjang x lebar x tinggi.

8. Klik Check Tariff

Di bawah kolom data dimensi barang, langsung klik tulisan berwarna merah “Check Tariff” untuk melihat hasil cek ongkir JNE.

Sesudah di klik, informasi lengkap dan detail dari jenis layanan, tarif, dan estimasi waktu akan langsung keluar.

Aplikasi punya JNE ini mudah banget kok buat digunain, tampilannya simpel, gak ribet, dan langsung bisa kasih informasi yang kamu lagi butuhin saat itu juga.

Gak ada kuota data buat buka internet dan susah buka websitenya juga? Ini cara cek ongkir JNE yang ketiga!

9. Mendatangi Kantor Pengiriman JNE Terdekat

Cara paling umum pertama yang biasanya dilakuin adalah kamu bisa langsung datengin kantor pengiriman JNE terdekat di kotamu. Nanti di sana kamu bakalan langsung dilayani oleh petugasnya yang ramah-ramah dan profesional. Jangan lupa sekalian bawa barangnya, ya!

10. Isi Data dan Jenis Layanan Pengiriman

Isi data seperti nama pengirim dan penerima beserta nomor telepon aktifnya, alamat tujuan pengiriman. Pengisian alamat ini jangan sampai ada yang salah dan harus lengkap ya mulai dari nomor rumah, RT, RW, kode pos biar paket sama kurir gak nyasar nantinya. 

Berikutnya barangmu akan langsung ditimbang, kemudian petugas nanti bakal nanya isi barang yang mau dikirim apa dan jenis layanan pengirimannya. Kalau kamu masih bingung mau pakai jenis layanan apa, bisa kok minta jelasin petugas tentang masing-masing layanan.

Berat, dimensi, jarak pengiriman tersebut bakal pengaruhin besaran tarif yang nanti kamu harus keluarin ya.

11. Bayar pakai Uang Tunai

Metode pembayaran ongkos kirim JNE baru tersedia dengan cara tunai aja. Setelah selesai, siapin uang ongkos kirimnya dengan pakai pembayaran secara tunai. Atau bisa juga metode pembayarannya dilakukan secara COD (cash on delivery) / langsung di tempat ketika barang sampai ke tangan penerima.

Opsi paling terakhir cek ongkir JNE kalau kamu masih juga gak bisa cek lewat laman resmi JNE, aplikasinya atau gak mau ke kantornya.

12. Buka Laman Mirror

Selain laman resmi, kamu bisa cek besaran tarif ongkir lewat beberapa website non-resmi JNE yang bisa bantuin kamu buat ngecek tarifnya. Laman mirror ini isinya masih sama seperti laman resmi dari JNE, kamu tetap akan diminta untuk mengisi data asal pengiriman – tujuan pengiriman – berat barang.

Jangan Lupa Wajib Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Satu hal yang mesti dilakuin sebelum barangnya mau dikirim, pastikan kamu udah baca terlebih dulu semua syarat dan ketentuan yang udah ditetapin dan diminta oleh pihak perusahaan JNE dalam hal pengiriman barang. 

Beberapa barang yang dilarang buat dikirim contohnya kayak barang dengan bahan yang mudah meledak dan terbakar, narkotika, psikotropika, senjata api, senjata tajam.

Selain itu barang terlarang lainnya ada emas, perangko, barang curian, giro, cek, uang tunai, money order, travellers cheque, benda yang dianggap melanggar kesusilaan dan yang dianggap terlarang oleh peraturan perundang – undangan. 

Patuhilah aturannya dan jangan sampai dilanggar ya, karena nanti kamu akan dikenai masalah pidana.

Itulah keempat opsi cara cek ongkir JNE terbaru yang bisa sewaktu-waktu kamu gunain buat tahu berapa biaya yang harus disiapin kalau mau kirim barang lewat jasa pengiriman JNE. 

5/5 - (1 vote)