Cara Packing Barang Untuk Pengiriman JNE: Langkah Demi Langkah

  • Reading time:12 mins read

Kali ini, kami ingin berbagi tips dan panduan lengkap tentang cara packing barang untuk pengiriman melalui JNE. Packing barang dengan benar sangat penting untuk memastikan barang Anda sampai ke tujuan dengan aman dan dalam kondisi baik. Berikut adalah langkah-langkah detail yang perlu Anda ikuti:

Langkah Packing Barang

1. Pilih Kotak atau Kardus yang Tepat

Langkah pertama adalah memilih kotak atau kardus yang sesuai dengan ukuran dan jenis barang yang akan Anda kirim. Pastikan kotak yang Anda pilih kuat dan tidak mudah rusak. Jika Anda mengirim barang yang berat, pilih kotak dengan bahan yang lebih tebal dan kokoh. Pastikan ukuran kotak tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk barang yang Anda kirim.

Baca juga: Contoh Packing Barang Sesuai Kebutuhan

2. Lindungi Barang dengan Bubble Wrap atau Bahan Pelindung Lainnya

Setelah memilih kotak, langkah selanjutnya adalah melindungi barang Anda dengan bubble wrap, styrofoam, atau bahan pelindung lainnya. Bungkus setiap barang dengan bubble wrap untuk menghindari benturan dan kerusakan selama pengiriman. Jika barang yang Anda kirim rapuh atau mudah pecah, tambahkan lapisan pelindung ekstra untuk memastikan keamanan barang tersebut.

Baca juga: Sejarah dan Fungsi dari Bubble Wrap, Cari Tahu Di sini!

3. Susun Barang dengan Rapi di Dalam Kotak

Susun barang di dalam kotak dengan rapi dan pastikan tidak ada ruang kosong yang berlebihan. Ruang kosong di dalam kotak dapat menyebabkan barang bergerak dan berpotensi rusak selama pengiriman. Gunakan kertas koran, busa, atau bahan pengisi lainnya untuk mengisi celah dan menjaga barang tetap di tempatnya.

4. Pastikan Barang Tertutup Rapat

Setelah semua barang tersusun rapi dan terproteksi dengan baik, tutup kotak dengan rapat menggunakan lakban yang kuat. Pastikan semua sisi kotak tertutup dengan baik dan tidak ada bagian yang terbuka. Gunakan lakban ekstra pada sudut dan tepi kotak untuk memastikan kekuatan tambahan.

5. Labeli Kotak dengan Jelas

Langkah selanjutnya adalah melabeli kotak dengan informasi pengiriman yang jelas dan lengkap. Tuliskan alamat tujuan, nama penerima, nomor telepon, dan alamat pengirim dengan jelas. Gunakan spidol atau label cetak yang mudah terbaca. Pastikan label pengiriman ditempatkan di bagian atas kotak agar mudah dilihat oleh petugas pengiriman.

Baca juga: Cara Membuat Label Pengiriman Barang Olshop

6. Berikan Tanda pada Barang Khusus

Jika Anda mengirim barang yang membutuhkan penanganan khusus, seperti barang rapuh atau mudah pecah, berikan tanda peringatan pada kotak. Anda bisa menuliskan “Fragile” atau “Handle with Care” dengan huruf besar dan jelas. Ini akan membantu petugas pengiriman untuk menangani barang Anda dengan lebih hati-hati.

7. Pilih Layanan Pengiriman yang Sesuai

JNE menawarkan berbagai pilihan layanan pengiriman, mulai dari reguler hingga ekspres. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan waktu pengiriman dan budget yang Anda miliki. Untuk barang yang membutuhkan pengiriman cepat, Anda bisa memilih layanan ekspres agar barang sampai lebih cepat.

8. Simpan Resi Pengiriman

Setelah semua proses packing selesai dan barang Anda sudah diserahkan kepada JNE, pastikan Anda menyimpan resi pengiriman dengan baik. Resi ini berisi nomor pelacakan yang bisa Anda gunakan untuk memonitor status pengiriman barang Anda. Simpan resi ini hingga barang sampai ke tujuan dengan selamat.

Baca juga: Apa Itu Nomor Resi? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Tips Tambahan untuk Packing Barang

  • Pakai Kotak Baru:
    Jika memungkinkan, gunakan kotak baru untuk packing barang Anda. Kotak bekas mungkin sudah mengalami penurunan kekuatan dan dapat berisiko untuk digunakan kembali.
  • Gunakan Bubble Wrap:
    Selalu gunakan bubble wrap untuk melindungi barang-barang yang rapuh. Ini adalah langkah sederhana namun sangat efektif untuk mencegah kerusakan.
  • Pilih Kardus yang Kuat:
    Untuk barang yang berat, pilih kardus dengan kekuatan tinggi. Kardus dengan kekuatan tinggi dapat menahan beban lebih baik dan melindungi barang Anda selama pengiriman.
  • Hindari Overpacking:
    Jangan mengemas terlalu banyak barang dalam satu kotak. Jika terlalu penuh, barang di dalamnya bisa saling menekan dan menyebabkan kerusakan.
  • Gunakan Bahan Isi yang Tepat:
    Isi ruang kosong di dalam kotak dengan bahan seperti kertas koran, busa, atau bubble wrap. Ini akan membantu barang tetap di tempatnya dan mengurangi risiko kerusakan.

Kesimpulan

Packing barang dengan benar adalah langkah penting untuk memastikan barang Anda sampai ke tujuan dengan aman dan dalam kondisi baik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan selama pengiriman dan memastikan barang Anda tiba dengan selamat.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi customer service kami melalui nomor WhatsApp yang tersedia. Kami siap membantu Anda dengan segala kebutuhan pengiriman Anda.


Frequently Ask Question

1. Apa saja langkah-langkah packing barang untuk pengiriman JNE?

Langkah-langkah packing barang untuk pengiriman JNE meliputi:
a. Memilih kotak atau kardus yang tepat.
b. Melindungi barang dengan bubble wrap atau bahan pelindung lainnya.
c. Menyusun barang dengan rapi di dalam kotak.
d. Memastikan barang tertutup rapat.
e. Melabeli kotak dengan jelas.
f. Memberikan tanda pada barang khusus (seperti “Fragile”).
g. Memilih layanan pengiriman yang sesuai.
h. Menyimpan resi pengiriman dengan baik.

2. Apa yang harus diperhatikan saat memilih kotak untuk packing barang?

Saat memilih kotak untuk packing barang, perhatikan hal-hal berikut:
– Pilih kotak yang kuat dan tidak mudah rusak.
– Pastikan ukuran kotak sesuai dengan barang yang akan dikirim, tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
– Gunakan kotak baru jika memungkinkan, terutama untuk barang berat.

3. Bagaimana cara melindungi barang agar tidak rusak saat pengiriman?

Untuk melindungi barang agar tidak rusak saat pengiriman, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:
– Bungkus setiap barang dengan bubble wrap.
– Gunakan styrofoam atau bahan pelindung lainnya.
– Tambahkan lapisan pelindung ekstra untuk barang rapuh atau mudah pecah.
– Isi ruang kosong di dalam kotak dengan kertas koran, busa, atau bahan pengisi lainnya agar barang tidak bergerak.

4. Mengapa penting untuk melabeli kotak dengan jelas?

Melabeli kotak dengan jelas sangat penting karena:
– Memastikan informasi pengiriman seperti alamat tujuan, nama penerima, dan nomor telepon mudah terbaca.
– Membantu petugas pengiriman untuk mengidentifikasi dan menangani paket Anda dengan benar.
– Mengurangi risiko barang tersesat atau salah kirim.

5/5 - (1 vote)

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!