Cara Menangani Misroute JNE

  • Reading time:5 mins read

Proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain di jarak yang jauh sudah bukan lagi menjadi hal yang asing. Meskipun dilakukan oleh tenaga atau lembaga yang profesional, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya misroute JNE atau berbagai kendala lain yang secara tidak sengaja terjadi.

Hal ini masih terbilang wajar, mengingat banyaknya barang yang diangkut, serta banyaknya lokasi-lokasi transport dan sortir barang yang membuat beberapa SDM bisa saja melakukan sedikit kesalahan. 

Kekeliruan semacam ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara yang dapat dilakukan baik itu oleh pihak ekspedisi maupun pihak pengirim barang itu sendiri. Ulasan kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi barang atau paket kiriman yang mengalami misroute JNE. 

Jenis-jenis Pengiriman Barang

Sebelum membahas soal misroute JNE, perlu diketahui bahwa di Indonesia sendiri pengiriman barang dapat dilakukan dengan berbagai jenis pengiriman. Dilihat dari moda transportasi yang digunakan, pengiriman barang melalui ekspedisi dapat dibagi menjadi:

Ekspedisi via darat

Ini merupakan pengiriman barang melalui ekspedisi yang diangkut menggunakan kendaraan-kendaraan darat mulai dari truk, tronton, mobil, hingga kendaraan roda dua. Jenis ekspedisi ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang dalam jarak yang tidak terlalu jauh atau maksimal masih dalam satu pulau. 

Ekspedisi via laut

Jenis ekspedisi yang satu ini merupakan ekspedisi yang digunakan untuk mengirim barang yang jaraknya cukup jauh dan mengharuskan penyeberangan dari satu pulau ke pulau lain.

Ekspedisi via udara

Merupakan jenis ekspedisi jarak jauh yang memungkinkan pengiriman barang antar pulau bahkan antar negara sekalipun.

Selain dibagi berdasarkan mode angkutnya seperti yang dijelaskan tersebut, pengiriman barang via ekspedisi juga terbagi dalam jenis tarif yang menentukan lamanya waktu distribusi. Misalnya seperti jasa ekspedisi ekonomi yang menawarkan pengiriman barang dengan harga termurah. Hingga jasa ekspedisi ekspress yang menawarkan pengiriman barang kilat namun dengan tarif yang sedikit lebih mahal. 

Cara Mengirim Barang Lewat Ekspedisi

Untuk mengirimkan barang, terutama barang berukuran besar yang membutuhkan pengiriman cargo, melalui jasa ekspedisi maka Anda bisa melakukan beberapa tahap atau cara berikut ini:

  • Kemas barang atau paket yang hendak Anda kirim dengan sebaik mungkin. Hal ini untuk memastikan barang yang Anda kirim tetap utuh sampai tujuan.
  • Datang ke agen ekspedisi, atau kontak langsung ekspedisi yang bersangkutan untuk melalukan pick up terhadap paket yang akan Anda kirimkan. 
  • Sebutkan tujuan pengiriman barang Anda secara detail dan jelas. 
  • Anda akan menerima bukti pengiriman barang yang di dalamnya terdapat nomor resi untuk melacak keberadaan barang. 

Pengiriman Barang Misroute atau Salah Alamat

Salah satu kendala atau permasalahan yang kerap terjadi dalam sebuah proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain melalui jasa ekspedisi adalah misroute. Atau juga disebut dengan salah sortir, atau salah alamat.

Sebagian besar orang yang mengalami kendala semacam ini dalam melakukan pengiriman barang biasanya merasa khawatir akan keselamatan barangnya. Namun perlu diketahui bahwa kesalahan atau kendala semacam ini bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Terlebih jika Anda memilih menggunakan ekspedisi yang terpercaya dan menomorsatukan kualitas pengiriman maka Anda tidak perlu lagi merasa cemas dan khawatir. Karena barang atau paket kiriman Anda akan tetap terjamin keamanannya. 

Cara Menangani Misroute Pengiriman Barang

Jika Anda mengalami kendala misroute dalam proses pengiriman barang melalui ekspedisi, maka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

Pertama, cek keberadaan barang menggunakan nomor resi yang Anda miliki. Anda bisa melakukan pengecekan atau pelacakan keberadaan barang ini melalui aplikasi resmi pihak ekspedisi atau website ekspedisi yang bersangkutan. Di sini Anda akan mengetahui letak keberadaan barang Anda saat ini. 

Kemudian, jika Anda berada di posisi sebagai penerima barang, maka Anda harus mengontak pengirim barang, atau seller tempat Anda membeli produk yang sedang dalam proses pengiriman. Katakanlah bahwa barang yang sedang dikirim mengalami kendala misroute atau salah pengiriman. Jangan lupa segera hubungi pihak ekspedisi, dengan menyebutkan nomor resi barang Anda, dan sampaikan kendala mengenai misroute JNE yang Anda alami. Dengan demikian pihak ekspedisi akan dapat segera menangani permasalahan tersebut dengan memindahkan barang ke jalur pengiriman yang sesuai.

Jika Anda membutuhkan jasa ekspedisi yang siap membantu pengiriman cargo Anda. Kami PT. Indone Kergo Ekspress siap membantu Anda. Segera hubungi customer service kami untuk mendapatkan harga spesial. Terima kasih.

Beri Penilaian