You are currently viewing Apa Itu Asuransi Mobil Online?
Asuransi Mobil Online

Apa Itu Asuransi Mobil Online?

  • Reading time:8 mins read

Banyak orang tentu sudah tahu pentingnya punya asuransi mobil. Tapi di era digital sekarang ini, layanan asuransi mobil berubah menjadi online. Hanya menggunakan aplikasi ataupun layanan website, Anda bisa dapatkan kebutuhan asuransi Anda. Ingin tahu lebih banyak soal asuransi mobil online ini? Mari bahas bersama dalam artikel berikut ini!

Mengenal Asuransi Mobil Online

Asuransi mobil online adalah asuransi mobil yang bisa diurus secara online. Biasanya akses asuransi ini bisa dilakukan dari komputer ataupun HP. Dalam pelayanan, asuransi online ini tidak berbeda banyak dengan standar asuransi biasa.

Bedanya hanya pada akses. Umumnya untuk asuransi mobil, Anda perlu hubungi petugas asuransi langsung baik dengan menelpon, sms, WhatsApp ataupun email. Terkadang ada yang hanya beri layanan jika Anda datang langsung ke kantor asuransi untuk mengurusnya.

Tapi sekarang cara lama tersebut dipandang kurang efisien. Anda sekarang bisa urus semua kebutuhan asuransi mobil hanya dengan akses internet. Bayangkan Anda sedang kecelakaan dan butuh bantuan dana segera untuk perbaikan mobil. Jika menggunakan layanan online, claim bisa Anda lakukan di tempat montir dan petugas akan langsung konfirmasi keadaan. Jika proses konfirmasi dan penelusuran selesai, claim langsung cair dan bisa Anda nikmati.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Online

Walaupun mampu membantu akses, Anda harus tahu bahwa pilihan layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Mari bahas pada bagian ini tentang kelebihan dan kekurangannya agar Anda lebih tahu!

Kelebihan Dibandingkan Asuransi Mobil Biasa

Kelebihan yang paling menonjol pada layanan ini adalah kebebasan yang diberikan pada Anda. Kebebasan akses di mana saja dan kapan saja dari mobile device pasti baik. Anda bisa bayangkan jika mendadak mengalami kecelakaan, Anda bisa langsung hubungi pihak asuransi dan klaim hanya dengan beberapa tombol.

Kelebihan lain adalah kecepatan prosesnya. Jika menggunakan aplikasi, proses klaim akan diurus otomatis pada aplikasi. Pihak asuransi akan mendapatkan informasi yang cepat juga dan bisa mengolahnya dengan lebih baik.

Umumnya asuransi mobil online bisa diselesaikan dalam beberapa menit. Jika pihak asuransi langsung mengurus klaim Anda, paling lama hanya 1 hari uang klaim bisa didapatkan. Jika Anda harus ke kantor dan bolak – balik konfirmasi, tentu prosesnya lebih lama dibandingkan pakai aplikasi.

Kekurangan Dibandingkan Asuransi Mobil Biasa

Selain kelebihan, asuransi online untuk mobil juga ada sisi kurangnya. Hal yang pertama terasa kurang adalah opsi yang diberikan. Layanan asuransi mobil online sudah ada banyak, tapi tidak semuannya memberikan layanan yang memuaskan. Anda harus mampu pilih yang berkualitas jika ingin maksimal dilayani.

Memilih layanan asuransi yang online biasanya lebih sulit dibandingkan layanan yang tatap muka. Walaupun Anda tahu kualitas asuransi baik, Anda belum tentu merasa aplikasi yang digunakan mudah dipakai. Banyak orang bahkan merasa kesulitan karena aplikasi sering bermasalah.

Kekurangan kedua adalah pengiriman bukti dan investigasi. Jika kecelakaan ringan, investigasi asuransi biasanya mudah. Anda cukup kirim pernyataan Anda dengan beberapa bukit kecelakaannya. Biasanya berupa foto dan video dari kondisi mobil. Tapi jika kecelakaan serius, syarat yang dibutuhkan terkadang banyak.

Anda terkadang diminta mengirimkan surat dari kepolisian, surat dari pihak perbaikan mobil dan juga pernyataan Anda sendiri. Pada situasi kecelakaan parah tidak jarang, Anda hanya bisa klaim setelah datang langsung melapor ke kantor asuransi. Untungnya kelemahan ribet ini bisa dihindari jika pilih layanan asuransi yang lebih tepat.

Tips Memilih Asuransi Mobil Secara Online

Karena memilih jasa asuransi yang bagus sangat penting untuk layanan online, mari bahas tips – tips yang bisa Anda gunakan dalam mencari jasa asuransi mobil ini. Berikut adalah bahasannya:

Cek Pengalaman Asuransi

Hal pertama yang perlu Anda cek adalah pengalaman asuransi. Asuransi mobil online berpengalaman biasanya memberi layanan yang lebih baik. Selama pelayanan baik, Anda bisa memastikan claim akan lebih lancar.

Pengalaman yang banyak dalam industri asuransi memastikan juga, berbagai kasus sudah mereka tangani. Dalam kasus investigasi kecelakaan yang rumit, pihak asuransi yang baru bisa makan waktu lebih lama dibandingkan yang berpengalaman. Pihak yang berpengalaman bisa ambil referensi pengalaman mereka menangani kasus yang mirip dan menyelesaikan investasi lebih baik.

Memilih Jalur Akses yang Mudah Digunakan

Jalur akses asuransi mobil secara online tentu bisa dari banyak platform. Contoh saja website dan aplikasi. Umumnya website lebih melingkup semua orang. Untuk akses website, Anda hanya perlu internet dan browser.

Jika menggunakan aplikasi, pengurusan bisa bekerja lebih cepat. Tapi tidak semua HP bisa pakai karena spec app akan meminta kemampuan HP yang kuat juga. Jika tidak cek hal ini dulu, Anda bisa kecewa sudah bayar premi dan mendaftar, ternyata layanan platform onlinenya tidak mudah digunakan. Jika sudah begi, Anda sendiri yang akan rugi.

Memberi Informasi Jelas Tentang Layanan dan Cara Claim

Standar dasar memilih jasa asuransi adalah transparansi. Pastikan pihak jasa asuransi menuliskan kejelasan yang baik tentang layanan dan cara claim. Cara klaim online bisa berbeda tiap perusahaan, jadi penjelasan soal ini wajib diberikan.

Selain itu, pastikan informasi ini mudah diakses. Minimal ada di website mereka dan tidak terlalu tersembunyi. Semakin informasi jelas pada konsumen, makin percaya mereka pada Anda. Karena itu, pastikan kualitas layanan mereka dari tingkat mutu platform layanan mereka.

Pilih Jasa Asuransi Online yang Cepat Proses Claim-nya

Kecepatan claim adalah hal yang utama untuk memilih jasa asuransi. Pastikan hanya gunakan jasa dengan kecepatan claim ringan kecelakaan dan kendaraan hanya sampai 1 hari. Karena itu, cari dulu info kecepatan klaim tiap asuransi yang ingin Anda gunakan. Jika ada banyak opsi, bandingkan satu sama lain agar mendapat pilihan terbaik.

Selalu Cari Material Research Sebelum Daftar Layanan Asuransi

Sebisa mungkin, Anda cari review asuransi mobil online dan rekomendasinya di internet. Mengumpulkan data ini memastikan Anda tidak akan mudah salah pilih. Belajar dari laporan orang – orang tentang pengalaman mereka dilayani asuransinya secara online.

Jika kebanyakan orang merasa tidak puas, Anda harus hati – hati pilih layanan asuransi yang sama. Jangan sampai Anda sudah keluar, ternyata Anda mendaftar di jasa asuransi yang serang bermasalah. Karena itu, pastikan cari referensi tambahan sebelum pakai jasa asuransi online ini. 

Jika Sibuk, Pastikan Gunakan Layanan Asuransi Mobil Online

Setelah mengetahui apa itu asuransi mobil online, Anda tentu bisa pertimbangkan sendiri apakah layanan ini cocok bagi Anda. Tidak semua orang paham tentang proses online. Kebanyakan orang juga lebih suka temu langsung dengan petugas untuk pengurusan asuransi.

Tapi di sisi lain, Anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu, jalur ambil asuransi online akan lebih praktis. Tidak hanya memastikan Anda bisa gunakan fiturnya di mana saja kapan saja, Anda juga tidak perlu repot luangkan waktu banyak untuk proses-nya. Selama Anda menimbang kelebihan dan kekurangannya, Anda akan bisa memutuskan sendiri dengan baik. Terima kasih sudah baca artikel ini. Semoga bahasan diatas membuka wawasan baru bagi Anda sekalian! Untuk info jasa pengiriman mobil bisa langsung menghubungi website kami.

Beri Penilaian