You are currently viewing Asuransi Mobil All Risk Yang Harus Anda Ketahui

Asuransi Mobil All Risk Yang Harus Anda Ketahui

  • Reading time:9 mins read

Salah satu jenis asuransi yang ada dan termasuk paling banyak digunakan adalah jenis asuransi mobil all risk. Apa itu asuransi mobil all risk, dan apa keuntungan yang akan didapat ketika menggunakan jenis asuransi yang satu ini! Semua informasi tersebut akan Anda dapatkan disini.

Apasih Asuransi Mobil All Risk ?

Seperti namanya asuransi mobil all risk, maka asuransi yang satu ini akan melindungi mobil Anda, dari berbagai macam resiko. Mulai dari kecelakaan, rusak akibat huru-hara atau kerusuhan, bencana alam, atau bahkan hilang karena dicuri orang. Adapun nama lain dari komperhensif all risk terbaik ini adalah Komprehensif, atau komprehensif.

Manfaat Yang di-Cover Oleh Asuransi Mobil All Risk

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, ketika Anda menggunakan jenis komperhensif mobil all risk yang satu ini, mampu memberikan perlindungan pada mobil dari berbagai resiko kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Tentunya ini akan jadi salah satu perlindungan menyeluruh yang membuat Anda merasa tenang dan nyaman ketika berkendara di jalan raya.

Pastinya Anda penasaran, hal-hal apa saja yang termasuk ke dalam premi konferhensif all risk tersebut. Tentunya cukup banyak, seperti :

  • Terjadi kecelakaan, akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terbalik, atau bahkan terperosok.
  • Semua macam hal yang berhubungan dengan sebuah perbuatan jahat dari orang lain.
  • Kasus pencurian, baik pencurian biasa atau tanpa kekerasan.
  • Terjadinya kebakaran, atau terkena sambaran petir.
  • Tentang semua hal yang berhubungan dengan resiko penyebrangan menggunakan kapal feri.
  • Kerusakan pada roda, akibat kecelakaan.
  • Tentang biaya derek, dan juga pengangkutan ke bengkel terdekat.
  • Adanya pengecualian pada polis asuransi all risk.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil All Risk

Lalu apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti program asuransi mobil all risk tersebut, tentunya cukup banyak, antara lain :

1. Mobil Anda akan terlindungi secara total

Anda jadi tidak perlu lagi khawatir akan resiko kerusakan yang terjadi menimpa mobil kesayangan Anda. Karena besar atau kecilnya kerusakan yang ada, tidak akan menyebabkan klaim Anda ditolak. Lain halnya ketika Anda menggunakan jenis asuransi TLO, yang mengharuskan kerusakannya di atas 75%.  

2. Mempunyai cakupan manfaat yang sangat luas

Jenis komperhensif mobil all risk ini, mempunyai pilihan perluasan jaminan. Jadi dengan mengikuti program yang satu ini, mobil kesayangan Anda, akan terbebas dari berbagai resiko khusus, seperti kerusuhan, tanggung jawab terhadap pihak ketiga, bencana alam, dan juga yang lainnya.

3. Membuat pikiran Anda jadi jauh lebih tenang

Dengan mengikuti asuransi mobil komperhensif seperti ini, Anda jadi tidak perlu kebingungan lagi ketika hal buruk terjadi pada mobil Anda. Karena semua biaya asuransi all risk yang Anda bayarkan sebelumnya, akan digunakan untuk membayar semua hal buruk yang terjadi pada mobil Anda.

Mulai dari biaya perbaikan mobil, pembiayaan pada pihak ketiga dan yang lainnya. Ini adalah salah satu layanan yang membuat hidup Anda jadi jauh lebih nyaman dan tenang.

Berapa Biaya Dan Harga Asuransi Mobil All Risk

Anda tentu penasaran akan berapa biaya dan juga harga asuransi mobil all risk tersebut. Jika dibandingkan dengan jenis produk lainnya, yaitu TLO, sudah tentu All Risk ini terbilang lebih mahal. Ketentuan ini sendiri sudah diatur oleh pihak OJK, dari surat edaran yang diberikan. 

Dalam surat edaran tersebut, biaya premi asuransi akan dibagi jadi 5 kategori, dan 3 wilayah yang berbeda. Setiap wilayah mempunyai batas atas dan bawah yang juga berbeda. 5 kategori tersebut, akan dibagi berdasarkan uang pertanggungan yang akan diberikan, mulai dari :

  • Kategori 1, untuk 0 hingga 125 jutaan rupiah.
  • Kategori 2, untuk diatas 125 jutaan rupiah hingga 200 jutaan rupiah.
  • Ke 3, untuk diatas 200 jutaan rupiah hingga 400 jutaan rupiah.
  • Kategori 4, untuk diatas 400 jutaan rupiah hingga 800 jutaan rupiah.
  • Kategori 5, untuk diatas 800 jutaan rupiah.

Sedangkan untuk wilayah akan dibagi jadi wilayah Sumatera dan sekitarnya. Lalu wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan juga Banten. Sedangkan yang ketiga adalah wilayah yang ada di luar wilayah 1 dan 2.

Baca juga : Jasa Pengiriman Mobil Terpercaya Keseluruh Indonesia

Jadi untuk Anda yang ingin memilih program asuransi mobil all risk, sebaiknya pilih besaran premi yang ditawarkan, dan kemudian sesuaikan dengan keuangan bulanan Anda. Pilih premi yang tepat, agar tidak terlalu mengganggu keuangan bulanan Anda.    

Cara Dan Syarat Klaim Asuransi Mobil

Berikutnya bagaimana cara klaim asuransi all risk. Ini adalah salah satu faktor yang cukup penting, yang seringkali membuat orang jadi malas untuk mengikuti sebuah program asuransi.

Sebenarnya cara untuk melakukan klaim asuransi mobil all risk terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan aneka syarat yang diperlukan. Adapun aneka syarat yang dimaksud, antara lain:

  • Fotokopi dan polis asuransi yang asli.
  • Fotokopi SIM dan juga STNK.
  • Adanya bukti laporan dari pihak kepolisian, ketika terjadi kecelakaan.
  • 1 lembar formulir klaim, yang sudah diisi lengkap dengan tandatangan.
  • Adanya kronologi tertulis, terutama ketika terjadi kecelakaan.
  • foto – foto dari kendaraan Anda.
  • Adanya fotokopi KTP, SIM dan juga STNK dari pihak ketiga.
  • Menyediakan surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga, tentunya yang sudah ditandatangani, serta dibubuhi materai.
  • Adanya surat pernyataan, yang menyatakan bahwa pihak ketiga ini, tidak mempunyai asuransi kendaraan bermotor.
  • Adanya surat keterangan polisi, tentang kronologi kecelakaan yang terjadi.

Untuk proses klaim sendiri, juga tidak terlalu sulit. Setelah berbagai macam syarat sudah Anda penuhi, maka langkah berikutnya adalah :

  • Mengunjungi bengkel rekanan dari pihak penyedia asuransi yang ada.
  • Tidak ada salahnya jika menghubungi pihak agen asuransi, untuk mendampingi Anda.
  • Jangan lupa, untuk mengisi formulir klaim, secara lengkap.
  • Berikutnya pihak bengkel akan melakukan konfirmasi pada pihak asuransi yang ada.
  • Ketika konfirmasi sudah diterima, baru mobil akan diperbaiki.

Untuk lama klaim asuransi mobil komperhensif sendiri, dan ditambah dengan proses pengerjaan bengkel. Biasanya memakan waktu sekitar 3 hingga 5 hari. Tapi tentunya hal tersebut tergantung dari banyak atau tidaknya jumlah klaim yang masuk ke bengkel setiap harinya.

Pastinya semakin sedikit jumlah klaim yang ada, maka proses klaim mobil Anda juga akan semakin cepat. Dari penjelasan diatas, tentunya kini Anda jadi lebih tahu tentang asuransi mobil all risk. Bagi Anda yang memang ingin program asuransi secara menyeluruh, maka asuransi all risk ini adalah pilihan asuransi yang tepat. Agar lebih jelasnya tidak ada salahnya Anda berbicara lebih lanjut dengan pihak agen asuransi terkait. Agar Anda memperoleh informasi lebih jelas dan detail, tentang keuntungan dan layanan apa saja yang akan didapat ketika menggunakan premi. Termasuk ketika Anda ingin memperoleh layanan tambahan, apa saja yang sebaiknya dilakukan.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!