You are currently viewing Asuransi Karyawan: Apa saja manfaat yang didapat ?

Asuransi Karyawan: Apa saja manfaat yang didapat ?

  • Reading time:7 mins read

Sebagai seorang karyawan, baik itu yang bekerja di dalam ruangan ataupun yang bekerja di lapangan, keduanya pasti memiliki resiko masing-masing. Karena ketika sedang bekerja, bisa saja terjadi kecelakaan atau sesuatu yang tidak diinginkan saat bekerja, terlebih lagi bagi yang memang bekerja di lapangan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang membuat kebijakan bagi para karyawan yaitu dengan memberikan asuransi karyawan. Asuransi ini tentunya sangat penting sekali bagi para karyawan karena bisa berfungsi sebagai jaminan perlindungan bagi mereka. 

Seberapa Penting Asuransi Bagi Karyawan?

Meskipun ada banyak perusahaan yang mewajibkan para karyawannya untuk ikut asuransi, namun masih banyak juga karyawan yang enggan untuk ikut program asuransi. Hal ini terjadi karena para karyawan tersebut tidak terlalu suka ketika gaji mereka dipotong untuk membayar asuransi yang mereka miliki, terlebih lagi potongannya pun juga lumayan besar. Sedangkan para karyawan tersebut juga memiliki kebutuhan yang banyak. 

Walaupun begitu, para pekerja harus mengerti bahwa ada banyak manfaat dari menggunakan asuransi yang harus mereka ketahui. Selain itu, mengikuti asuransi juga bisa mereka gunakan sebagai ajang menabung. Toh menabung demi masa depan yang lebih baik tidak ada salahnya. Daripada para karyawan tersebut menghamburkan yang mereka untuk sesuatu yang kurang berguna, kan lebih baik mereka menggunakan uangnya untuk ikut asuransi kesehatan karyawan.

Lantas apa sih pentingnya asuransi untuk karyawan? Tentu saja ada banyak sekali manfaat serta faedah yang bisa dirasakan dari mengikuti asuransi. Untuk ulasan  selengkapnya, kamu bisa langsung baca di bawah ini. 

Asuransi Karyawan Bisa Mengurangi Resiko Tertentu 

Manfaat pertama yang bisa dirasakan bagi para karyawan adalah asuransi karyawan tersebut bisa mengurangi risiko tertentu. Hal ini karena ketika sedang bekerja rawan terjadi kecelakaan kerja atau Hal lain yang tidak diinginkan. Terlebih lagi bagi kamu karyawan yang memiliki pekerjaan dibidang tertentu yang berhubungan secara langsung dengan area yang berbahaya. 

Jika memang kamu bekerja pada bidang khusus tertentu, maka kamu juga harus berani bertanya pada perusahaan, apakah ada tunjangan untuk para karyawannya yang diberikan setiap bulan. Selain itu, kamu juga harus bertanya apakah pihak perusahaan akan menanggung biaya pengobatan ketika kamu sakit yang lumayan berat dan lain-lain. Apabila perusahaan belum bisa menjamin beberapa hal diatas, maka alangkah baiknya bagimu untuk ikut program asuransi.

Karena program asuransi kesehatan karyawan sangat berguna sekali untuk melindungi kamu dan juga harta bendamu dari segala macam resiko. Karena seperti kata orang bijak bahwa, mencegah lebih baik  daripada mengobati. Ada banyak sekali program asuransi bagi karyawan yang bisa kamu ikuti, salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan. 

Membuat Karyawan Lebih Disiplin Dalam Menabung 

Keuntungan mengikuti asuransi lainnya yang bisa kamu nikmati adalah kamu akan jadi lebih disiplin dalam hal menabung. Dengan mengikuti asuransi kamu bisa perlahan-lahan menghilangkan pikiran buruk seperti menabung untuk asuransi adalah hal yang sia-sia dan juga buang-buang waktu saja.

Baca juga : Manfaat ketika menggunakan asuransi mobil dengan tepat

Hal ini karena sesungguhnya kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi padamu kedepannya ketika kamu sedang melakukan pekerjaanmu. Terlebih lagi jika kamu bekerja sebagai teknisi lapangan yang resikonya lebih besar daripada mereka yang bekerja di dalam kantor. Agar kamu merasa tidak terlalu terbebani, kamu bisa menganggap bahwa program asuransi karyawan yang kamu ikuti sama halnya dengan menabung biasa pada umumnya yang bisa dibilang bahwa semakin banyak kamu menabung, maka tabungan tersebut juga semakin bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhanmu. Dengan begini pasti kamu tidak akan merasa keberatan lagi untuk membayar asuransi kesehatan yang kamu ikuti. 

Membuat Karyawan Merasa Lebih Tenang dan Terlindungi 

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti asuransi adalah kamu bisa merasa lebih aman, tenang, serta terlindungi. Hal ini karena kamu sudah tidak perlu khawatir lagi ketika terjadi kecelakaan kerja, atau ketika kamu jatuh sakit dan hal-hal lainnya yang tentu saja tidak kamu inginkan. Karena hampir semuanya pasti sudah dijamin oleh pihak asuransi keshatan yang kamu ikuti.

Tidak hanya menguntungkan bagi kamu, ketika kamu ikut program asuransi kesehatan maka kamu sudah bisa bernafas lega karena pastinya keluarga kecil kamu juga sudah mendapatkan jaminan perlindungan. Jadi, ikut asuransi kesehatan tidak hanya bermanfaat bagi kamu seorang diri, keluarga kecil kamu pun masih juga akan merasakan manfaatnya. Jadi, jangan takut atau ragu-ragu untuk segera mendaftar program asuransi kesehatan karyawan. 

Meningkatkan Produktivitas Kerja 

Secara disadari atau tidak ternyatan mengikuti program asuransi bisa meningkatkan produktivitas kerjamu. Hal ini bisa terjadi karena dengan mengikuti program asuransi kesehatan karyawan kamu bisa mendapatkan rasa aman yang lebih secara psikologis. Hal inilah yang ternyata bisa membuat kamu lebih bersemangat serta energic ketika melakukan pekerjaan. 

Selain itu, program asuransi jaminan karyawan ternyata juga bisa meningkatkan motivasi kamu untuk melakukan pekerjaan. Dan karena semangat kerja yang terus meningkat serta motivasi bekerja yang semakin tinggi maka secara otomatis produktivitas dalam bekerja pun juga akan meningkat. Hal ini karena sebagai seorang karyawan kamu tidak lagi merasa khawatir berlebihan akan keamanan dirimu. Kamu hanya perlu melakukan pekerjaanmu dengan baik serta semaksimal mungkin, dan biarkan program asuransi kesehatan karyawan yang kamu ikuti yang memberikan jaminan perlindungan terhadapmu. 

Jangan Lupa Memilih Asuransi Karyawan yang Sesuai dengan Kebutuhan 

Meskipun ada banyak keunggulan menggunakan asuransi yang bisa kamu dapatkan, namun kamu juga perlu lebih bijak dalam memilih program asuransi. Hal ini karena kebutuhan asuransi setiap orang tidaklah sama karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan masing-masing. Oleh karena itu, apabila kamu termasuk seorang karyawan yang diwajibkan untuk memiliki asuransi jaminan karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan, maka kamu cukup ikut program asuransi karyawan yang memang didaftarkan oleh pihak perusahaan dimana kamu bekerja. 

Namun, apabila diluar asuransi tersebut kamu memang membutuhkan asuransi lain, misalnya asuransi yang berkaitan dengan kendaraan, maka kamu cukup memilih satu asuransi terkait yang memang benar-benar telah terpercaya. Pada intinya, kamu harus bisa memilih mana asuransi yang sekiranya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Dengan begitu, maka kamu pasti bisa mencukupi kebutuhanmu yang lain tanpa harus merasa terbebani. Dan pastikan juga kamu memilih perusahaan asuransi yang terbaik dan terpercaya ya! 

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengikuti program asuransi karyawan. Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan, bukan? Oleh sebab itu, jangan takut atau jangan ragu lagi untuk mengikuti program asuransi kesehatan karyawan. Ingat baik-baik ya, mencegah itu lebih baik hlo daripada mengobati. Jadi, tidak ada ruginya kok ikut program asuransi, asal dengan catatan kamu bisa memilih perusahaan asuransi yang bagus serta program asuransi karyawan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!