Jasa Pengiriman Mobil Surabaya, Pastikan Syaratnya Pas!

Jasa Pengiriman Mobil Surabaya, Pastikan Syaratnya Pas!

Jasa pengiriman mobil Surabaya merupakan layanan yang banyak dicari oleh masyarakat yang ingin mengirimkan mobil ke Surabaya maupun dari Surabaya. Pada dasarnya mengamankan mobil dengan jasa pengiriman tidak jauh berbeda dengan pengiriman paket pada umumnya.

Namun mengingat mobil merupakan barang yang besar dan harganya mahal, maka prosedur pengirimannya pun sedikit lebih kompleks dan biaya pengirimannya juga lebih mahal dibandingkan paket biasa.

Jenis Metode dan Armada Jasa pengiriman Mobil Surabaya

Jasa pengiriman mobil Surabaya biasanya menggunakan armada yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan atau jarak yang akan ditempuh dalam proses pengiriman tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya.

Car Towing

Armada yang satu ini berupa truck yang telah dirancang khusus dan digunakan untuk mengirim satu unit mobil saja. Jenis truck yang digunakan oleh jasa pengiriman mobil Surabaya biasanya adalah truck engkel dan cdd. Dari segi kecepatan, car towing adalah layanan pengiriman mobil yang paling cepat karena ketika Anda menelepon car towing, pihak ekspedisi akan langsung mengirimkannya ke alamat tujuan. Oleh sebab itu layanan ini sering disebut dengan pengiriman mobil eksklusif.

Car Carrier

Hampir sama dengan car towing tetapi car carrier berupa truck yang berukuran lebih besar sehingga dapat memuat beberapa kendaraan sekaligus sekali perjalanan. Dalam pengiriman mobil dengan car carrier, mobil-mobil akan dikumpulkan jadi satu di truck besar.  Car carrier dapat menjadi alternatif yang lebih murah dibandingkan car towing. Car carrier biasanya digunakan untuk mengirimkan kendaraan antar pulau untuk keperluan pribadi maupun pengiriman mobil yang akan dijual di dealer.

Self Drive

Ini juga menjadi salah satu metode pengiriman mobil dengan tarif yang lebih murah. Pasalnya pada pengiriman mobil tersebut, perusahaan ekspedisi akan menugaskan drivernya untuk mengendarai langsung mobil yang akan dikirim menuju ke alamat yang ditentukan oleh pengirim. Biasanya asuransi preminya sebesar 0,3 persen dari harga jual mobil. Pengiriman dengan metode self drive sering digunakan untuk pengiriman mobil di area Jawa dan Sumatera.

Kapal Roro

Ini adalah armada yang digunakan untuk mengirimkan mobil antar pulau. Cara ini tergolong aman dan cukup cepat. Dengan metode pengiriman ini, mobil bisa berjalan masuk dan keluar sendiri dari kapal ke pelabuhan secara langsung. Jika Anda ingin mengirim mobil ke luar pulau dengan proses yang lebih cepat, maka kapal Roro adalah pilihan yang tepat. 

Syarat Pengiriman Mobil Antar Pulau

Agar proses pengiriman mobil lebih aman, ada beberapa syarat pengiriman mobil yang perlu diperhatikan, khususnya untuk pengiriman antar pulau. Syarat-syarat tersebut nantinya akan menjamin keamanan sekaligus memudahkan petugas pengiriman mobil. Setiap jasa ekspedisi mobil biasanya memiliki ketentuan masing-masing terkait persyaratan

Fotokopi Identitas Diri

Syarat pertama yang biasanya diminta untuk pengiriman adalah menyertakan fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Sebenarnya fotokopi KTP menjadi syarat yang umum untuk berbagai kebutuhan, termasuk syarat untuk proses pengiriman mobil antar pulau. Apalagi mobil jga termasuk barang yang memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan menyertakan salinan identitas pengirim, maka proses pengiriman mobil ke luar kota atau luar daerah dapat dilakukan secara resmi oleh pihak ekspedisi mobil.

Fotokopi KK Kartu Keluarga

Selain fotokopi KTP, kartu identitas lain yang sering diminta untuk data pendukung pengiriman mobil adalah Kartu Keluarga. Kartu identitas ini akan menjadi kelengkapan pendukung identitas pengirim selain KTP. Meskipun termasuk syarat yang tidak wajib, beberapa jasa pengiriman mobil surabaya kadang meminta fotokopi KK untuk kelengkapan dokumen pengiriman.

Fotokopi BPKB Asli

Syarat selanjutnya selain fotokopi KTP dan KK adalah fotokopi BPKB mobil asli. Meskipun BPKB yang disertakan hanya fotokopi, sebaiknya fotokopi identitas pengirim juga sinkron dengan identitas pemilik kendaraan. Dokumen ini penting untuk memastikan bahwa mobil yang dikirim adalah barang resmi, bukan barang ilegal atau tidak sah.

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Asli

Selain salinan BPKB, dokumen selanjutnya yang diperlukan untuk pengiriman mobil ke luar kota adalah STNK asli. STNK ini merupakan syarat dan ketentuan wajib untuk pengiriman kendaraan. STNK ini juga menjadi bukti legalitas kendaraan

Data Alamat

Setelah dokumen-dokumen tersebut dipenuhi, pihak ekspedisi juga akan memberikan form baik berupa kertas maupun digital yang harus diisi dengan lengkap, termasuk mengisi data alamat rapat dan alamat tujuan pengiriman. Dalam proses penjemputan penjemputan, pihak ekspedisi akan mengecek kembali data-data persyaratan untuk pengiriman mobil. Jika persyaratan sudah sesuai dengan identitas kepemilikan dan data alamat penjemputan juga sesuai, mobil dapat diambil secara resmi oleh pihak ekspedisi. Pastikan untuk mengisi alamat penjemputan dan tujuan secara detail untuk menghindari pengiriman yang salah alamat.

Tips Menerima Mobil Kiriman Dari Jasa Ekspedisi

Setelah mengetahui cara persiapan dan memilih jasa pengiriman mobil Surabaya, lalu bagaimana cara menerima mobil kiriman? Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh pihak pengirim dan penerima karena tidak semua mobil yang dikirim berhasil sampai ke alamat tujuan tanpa mengalami lecet atau kerusakan lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menerima mobil yang dikirim oleh jasa ekspedisi.

Meminta Dokumentasi Mobil Kiriman

Pastikan pihak pengirim mobil sudah memiliki dokumentasi mobil berupa dokumentasi foto dan surat jalan atau checklist yang sudah disepakati oleh jasa ekspedisi. Dengan dokumentasi yang disertakan tersebut Anda dapat melakukan pemeriksaan kondisi mobil seperti seluruh bodi, eksterior, dan interior mobil. Selain kondisi fisik mobil, Anda juga dapat memeriksa barang-barang yang dikirim jika dalam pengirimannya pihak pengirim menyertakan barang lain.

Mengklaim Asuransi Mobil Jika Ditemukan Kerusakan

Lalu apa yang perlu dilakukan jika ternyata saat pemeriksaan ditemukan ada kerusakan pada mobil yang disebabkan karena kesalahan pengiriman? Anda dapat melakukan klaim kerusakan kiriman ke pihak ekspedisi atau asuransi. Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih asuransi yang terpercaya saat mengirim mobil. Dengan asuransi yang terpercaya, Anda akan lebih mudah untuk melakukan klaim. Anda dapat meminta berita acara dari pihak ekspedisi jika memang terjadi kerusakan atau lecet pada mobil. Pastikan pihak ekspedisi membuat berita acara yang detail mengenai kondisi kerusakan yang terjadi.

Meluangkan Waktu Untuk Menerima Mobil dari Jasa Pengiriman Mobil Surabaya

Pihak penerima sebaiknya menyempatkan diri untuk mengambil atau menerima mobil. Pastikan Anda benar-benar memanfaatkan waktu penerimaan mobil tersebut dengan baik. Bahkan Anda sebaiknya tidak meminta orang lain untuk mewakilkan misalnya satpam. Waktu penerimaan tersebut menjadi kesempatan bagi Anda untuk memeriksa kerusakan yang mungkin terjadi dan dapat langsung menyampaikannya ke pihak ekspedisi. Apalagi jika layanan pengiriman yang digunakan adalah port to port, Anda wajib mengambilnya di terminal atau pelabuhan terdekat di kota Anda.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengiriman mobil ke luar kota atau luar daerah. Jasa pengiriman mobil Surabaya dapat menjadi solusi mudah bagi Anda yang ingin mengirimkan mobil dengan aman dan nyaman serta biaya yang tidak terlalu mahal.

Tinggalkan Balasan