JASA PENGIRIMAN MOBIL PALING AMAN DAN TERPERCAYA

Menggunakan jasa pengiriman mobil bakal memudahkan Sobat IKE untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja jual beli kendaraan, pindah rumah, atau sekadar mengantarkannya ke tempat kerja baru untuk dipakai sebagai transportasi utama.

Tujuan mana pun yang nantinya diambil, Sobat IKE perlu mempertimbangkan beberapa hal agar mobil sampai dengan selamat dan bebas masalah. Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahas seputar tip mengirim mobil dengan jasa ekspedisi, jenis angkutan yang dipakai, hingga hal-hal apa saja yang harus Sobat IKE siapkan.

Nomor Telepon / WA Customer Service PT IKE

Klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

jasa pengiriman mobil

Tips Memakai Jasa Ekspedisi Untuk Kirim Mobil

Ada sejumlah perbedaan yang harus Sobat IKE perhatikan sebelum memakai layanan kirim mobil dari jasa ekspedisi, antara lain :

1. Periksa Jangkauan Pengirimannya

Masing-masing jasa ekspedisi punya kapasitas jangkauan pengiriman sendiri. Ada yang mampu mengantarkan mobil hingga ke luar pulau, ada juga yang hanya ke beberapa kota tertentu. Kalau Sobat IKE berencana mengirim mobil ke luar pulau, sebaiknya pilih layanan dengan jangkauan luas.

Kemudian, mengetahui jangkauan pengiriman akan membantu pemeriksaan SOP. Jangan sampai Sobat IKE memilih jasa dengan syarat dan ketentuan yang merugikan dan tidak mendapatkan ganti rugi dari kesalahan yang terjadi di lapangan.

2. Menyediakan Fasilitas Dan Sarana Memadai

Jasa ekspedisi berpengalaman pastinya sudah mendukung fasilitas dan sarana memadai. Mereka akan menyediakan fitur tracking yang membantu Sobat IKE dalam melacak status pengiriman, nomor resi, hingga pencarian tarif untuk menyediakan ongkos kirim yang harus dibayar.

Fasilitas dan layanan lain yang sebaiknya Sobat IKE pertimbangkan adalah cara packing, jenis asuransi yang diberikan, hingga profesionalitas pekerja yang menangani bongkar muat kendaraan. Jadi mobil yang hendak diantarkan akan siap dan jauh dari risiko tak diinginkan.

3. Gunakan Layanan Yang Sesuai Budget

Variasi tarif yang ditawarkan jasa ekspedisi bergantung pula dengan jenis pengirimannya. Sobat IKE yang memerlukan layanan dengan harga terjangkau bisa memakai pengiriman port-to-port yang mana akan mengantarkan mobil dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain.

Ada pula jasa pengiriman door-to-door yang akan mengirimkan mobil dari tempat tinggal konsumen ke tujuan yang diinginkan. Jenis layanan mana pun yang akan Sobat IKE pilih, pastikan sudah sesuai dengan bujet yang dianggarkan.

4. Memeriksa Jadwal Pengiriman Mobil

Seperti pengiriman barang, jadwal mengantar mobil juga kadang menghadapi lonjakan permintaan (overload). Kepadatan ini umumnya berlangsung menjelang hari raya keagamaan, liburan sekolah, atau tahun baru. Kadang Sobat IKE juga harus membayar ongkos kirim yang lebih mahal.

Jika Sobat IKE ingin mobil sampai tepat waktu, pilihlah jadwal pada saat hari kerja. Memaksakan pengiriman selama overload shipping tak jarang membuat jasa ekspedisi mempercepat proses pengiriman tanpa mengecek kualitas layanan dan kondisi kendaraan.

5. Dampingi Petugas Ekspedisi Yang Bertugas

Jika memungkinkan, Sobat IKE dampingi petugas ekspedisi yang akan mengurus pengiriman mobil. Hal ini mencakup saat mereka melakukan packing, bongkar muat ke angkutan yang telah ditentukan, serta pengantaran kendaraan.

Sobat IKE tak harus mengikuti petugas yang bekerja untuk mengawasi pekerjaannya. Manfaatkan nomor resi yang mereka berikan untuk melacak status keberadaan mobil. Sistemnya juga sudah real time, jadi Sobat IKE tak perlu mencemaskan risiko keterlambatan.

6. Pakai Jasa Asuransi Pengiriman Tepercaya

Salah satu langkah yang akan menjaga mobil dari risiko kerusakan selama berada dalam perjalanan adalah menggunakan asuransi pengiriman tepercaya. Maka sebelum mengantarkannya ke tempat ekspedisi, Sobat IKE bisa cek dulu penyedia asuransi yang terbaik.

Kalau tak mau repot, pilih jasa ekspedisi yang sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi. Selain lebih praktis, Sobat IKE akan mendapatkan tarif asuransi yang lebih terjangkau untuk menjamin keselamatan kendaraan.

7. Sesuaikan Data Pada Surat Jalan Pengiriman

Jangan puas memeriksa dokumen pengiriman dalam sekali pindai. Alangkah baiknya kalau Sobat IKE terus mengecek poin-poin yang tercantum pada surat jalan maupun berkas lain dari penyedia jasa. Tanyakan juga detail yang menurut Sobat IKE kurang jelas atau mencurigakan.

Kemudian, simpan berkas-berkas penting yang digunakan dalam proses pengiriman. Dokumen tersebut akan membantu Sobat IKE saat hendak menyelesaikan transaksi tertentu atau klaim yang memerlukan surat keterangan dari penyedia jasa.

jasa pengirian mobil pt ike

Jenis Angkutan Yang Dipakai Untuk Mengantar Mobil

Kelancaran jasa pengiriman mobil berkaitan pula dengan jenis angkutan yang ekspedisi siapkan. Sebagian besar layanan ekspedisi kendaraan umumnya memakai empat tipe angkutan, antara lain :

1. Menggunakan Mobil Towing

Berencana mengirimkan mobil antar kota atau pulau lewat jalur darat ? Sobat IKE dapat memakai towing untuk keperluan tersebut. Towing atau mobil derek mempunyai semacam deck yang berfungsi untuk menempatkan kendaraan sebagai beban angkutan. Penjemputan dan pengantaran mobil akan penyedia jasa lakukan secara door-to-door. Ada pun kendaraan yang biasanya menggunakan pengiriman lewat towing adalah mobil antik, mobil sport, hingga kendaraan mati.

2. Menggunakan Carrier

Selanjutnya ada carrier yang mempunyai kapasitas angkut yang lebih terbatas, yakni lima unit kendaraan saja. Sejumlah perusahaan memilih carrier untuk mengantarkan mobil baru maupun bekas untuk klien dan konsumen mereka. Sobat IKE yang kebetulan menjalankan bisnis sewa atau jual beli kendaraan bisa memanfaatkan carrier untuk menjaga mobil dari risiko seperti tergores, jatuh, atau rusak akibat kecelakaan.

3. Menggunakan Self-drive

Sesuai namanya, jenis angkutan ini mengandalkan supir untuk mengantarkan mobil. Sobat IKE dapat memilih layanan self-drive untuk mengirimkan kendaraan ke tujuan yang masih berada di dalam kota. Hal ini pula yang membuat kapasitas pada jenis angkutan tersebut lebih sedikit daripada towing atau carrier. Walau begitu, self-drive masih menjanjikan untuk pengiriman individu sampi bisnis sewa kendaraan kecil-kecilan.

4. Menggunakan Kontainer

Berbanding terbalik dengan self-drive, kontainer menyediakan kapasitas besar untuk mengirimkan kendaraan. Pasalnya penyedia ekspedisi akan menggunakan peti kemas untuk menempatkan mobil berdasarkan muatan yang sudah ditentukan. Pemakaian kontainer lebih aman daripada kapal mengingat kendaraan terlindungi dari paparan sinar matahari maupun hujan deras. Sehingga mobil sampai dalam kondisi bebas cacat.

Mempersiapkan Mobil Yang Akan Dikirim Jasa Ekspedisi

Sudah menemukan jasa pengiriman mobil dan jenis angkutan yang akan anda gunakan ? Sekarang, Sobat IKE bisa lanjutkan dengan menyiapkan kendaraan sebelum menyerahkannya kepada penyedia layanan.

Ya, Sobat IKE tatap harus memastikan kondisi mobil sendiri walau penyedia jasa akan memberikan proteksi dan jaminan terbaik. Langkah ini juga bakal mencegah Sobat IKE repot mengurus dokumen dalam waktu yang terbatas.

Kira-kira, apa saja hal yang harus Sobat IKE siapkan sebelum mengirimkan mobil ?

1. Mencuci Mobil Sampai Bersih

Baik untuk kebutuhan pribadi atau bisnis, mencuci mobil harus Sobat IKE lakukan sebelum mengirimkan kendaraan tersebut. Kegiatan ini dapat Sobat IKE lakukan sendiri. Namun kalau Sobat IKE memerlukan pemeliharaan maksimal, bawa dulu mobil ke bengkel profesional. Membersihkan mobil akan membuat bodinya mulus dan jauh dari risiko lecet.

2. Amankan Barang – Barang Dalam Mobil

Jika mobil yang hendak mengirim kendaraan pribadi, pastikan Sobat IKE amankan barang-barang dalam mobil. Buat check list dan catat barang apa saja yang terdapat pada bagian dalam mobil. Akan lebih baik kalau Sobat IKE tidak menaruh barang dan harta yang cenderung mudah rusak, misalnya laptop, ponsel pintar, hingga perhiasan.

3. Foto Eksterior Mobil Untuk Dokumentasi

Selepas membersihkan mobil dan mencatat barang, lanjutkan dengan memotret eksterior mobil. Tujuannya adalah sebagai bukti kondisi kendaraan sebelum sampai ke pihak jasa ekspedisi. Pasalnya tak sedikit penyedia layanan yang lepas tangan dari tanggung jawab saat mendapati mobil yang mereka kirim cacat. Kadang mereka juga tak mau mengganti kerugian kalau Sobat IKE tak punya bukti.

4. Cegah Kerusakan Dengan Lepas Komponen

Tak mau ambil risiko besar? Sobat IKE dapat melepaskan dulu beberapa komponen eksterior kendaraan. Bebarapa bagian yang dapat kita copot mencakup spoiler hingga spion. Langkah ini tepat kalau Sobat IKE memilih jenis angkutan dengan kapasitas besar dan membuat mobil berdempetan dengan kendaraan-kendaraan lain.

5. Mengecek Interior Dan Lindungi Jok Mobil

Kalau mobil yang Sobat IKE hendak kirimkan adalah kendaraan baru, pastikan setiap jok sudah tertutup plastik pelindung. Cek juga setiap komponen pada interior mobil untuk memastikan tak ada bagian yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, pelanggan yang menerimanya akan nyaman saat mengendarai mobil tersebut.

6. Memeriksa Kondisi Dan Performa Mesin

Jangan sepelekan kondisi dan performa mesin kendati waktu pengiriman mobil terbilang singkat. Periksa apakah mesin kendaraan dalam keadan baik dan bekerja sesuai fungsinya. Kalau Sobat IKE kurang berpengalaman dalam mengurus mesin mobil, panggil ahli dari bengkel tepercaya untuk memastikan kondisinya agar tak mogok dalam perjalanan.

7. Menyesuaikan Alarm Dalam Mobil

Persiapan ini perlu Sobat IKE lakukan saat memilih jenis angkutan self-drive. Jika alarm pada mobil termasuk jenis yang belum terlalu umum, sebaiknya Sobat IKE matikan dulu. Hal ini akan mencegah supir yang mengantar bingung dan panik kalau alarm tiba-tiba menyala. Kalaupun Sobat IKE ingin tetap mengaktifkan alarm, informasikan dulu kepada supirnya, ya.

8. Menyalin Dokumen Dan Berkas Mobil

Selain mempersiapkan dokumen, Sobat IKE perlu menyalinnya dalam bentuk fotokopi. Apalagi penyedia jasa biasanya akan meminta Sobat IKE untuk menyerahkan berkas asli STNK dan BPKB mobil. Dengan memegang fotokopi dokumen setidaknya Sobat IKE punya bukti untuk mengurus proses pengiriman sampai mobil sampai tujuan.

9. Mengecek Cairan Di Dalam Mobil

Cairan yang dalam hal ini adalah bahan bakar seperti bensin dan aki. Pastikan cairan tersebut tertampung sesuai tempat dan kapasitasnya. Sobat IKE harus memeriksanya baik-baik agar tak terjadi kebocoran yang memicu hal-hal berbahaya. Baik aki maupun bensin pun tak boleh berada dalam posisi yang mudah goyah.

10. Mengisi Bahan Bakar Secukupnya

Persiapan terakhir yang wajib Sobat IKE lakukan adalah mengisi bahan bakar pada mobil. Kalau Sobat IKE memakai jasa angkutan self-drive, pastikan bahan bakar dalam kendaraan terisi penuh. Sementara kendaraan yang memakai carrier atau towing hanya membutuhkan bahan bakar secukupnya. Jangan sampai terlalu penuh atau kosong untuk mencegah ledakan.

Keunggulan Memakai Jasa Kirim Mobil Profesional

Kini tiba saatnya bagi Sobat IKE untuk menentukan penyedia layanan pengiriman profesional. Dari sekian banyak ekspedisi yang menawarkan jasa serupa, ada PT Indone Kargo Ekspress yang bisa Sobat IKE andalkan.

Indone Kargo Ekspress sudah lama berpengalaman dalam menjalankan sistem delivery dan pick-up untuk dokumen dan barang lainnya. Dengan wilayah jaringan yang cukup luas, Indone Kargo Ekspess pun memastikan Sobat IKE mendapatkan informasi valid dan lengkap terkait status paket atau barang.

Hal tersebut berlaku juga saat Indone Kargo Ekspress mengantarkan mobil Sobat IKE dengan macam-macam keuntungan seperti :

1. Pengiriman Ekonomis Dengan Jangkauan Luas

Seperti penyedia jasa lain, Cargo murah Indone Kargo Ekspress menawarkan dua jalur pengiriman, yakni melalui darat dan laut. Masing-masing jalur mempunyai kelebihan dan kekurangan, tetapi kalau Sobat IKE memerlukan jasa ekonomis yang memuaskan, maka jalur laut adalah solusi yang tepat.

Mengapa ? Jalur laut mempunyai jangkauan pengiriman yang lebih luas tanpa membebankan ongkos kirim mahal kepada Sobat IKE. Sebenarnya jalur darat pun menyediakan pengiriman ke luar pulau, tetapi tarifnya kemungkinan lebih mahal. Memilih jalur pengiriman dengan bijak akan membantu Sobat IKE menentukan bujet yang sesuai.

2. Waktu Pengiriman Cepat Dan Prosesnya Praktis

Beberapa orang masih bimbang saat mereka hendak mengirimkan mobil dengan jasa ekspedisi, terutama saat harus mengurus dokumen. Namun bersama Indone Kargo Ekspress. Justru akan mempermudah Sobat IKE agar kendaraan kendaraan bisa tiba pada tujuan dengan selamat.

Indone Kargo Ekspress bakal membimbing Sobat IKE dari proses pemesanan jasa angkutan, pengumpulan berkas, pemeriksaan kendaraan, hingga pengirimannya. Jangan cemaskan juga waktu pengantaran, karena Indone Kargo Ekspress akan selalu memastikan setiap kendaraan yang kami kirim mengikuti jadwal yang sudah tetap.

3. Mempekerjakan Staf Yang Berkompeten Pada Bagiannya

Salah satu faktor yang membuat Indone Kargo Ekspress menjadi kepercayaan banyak pihak adalah keberadaan para staf yang berkompeten pada setiap devisinya. Jasa ekspedisi ini menempatkan orang-orang yang ahli pada posisi yang sesuai untuk melancarkan usaha tersebut.

Jadi, tak ada alasan bagi Sobat IKE untuk bimbang atau cemas saat menggunakan jasa Indone Kargo Ekspress. Jam terbang tinggi para staf telah melatih mereka untuk melayani pelanggan dan kebutuhan mereka dalam waktu cepat. Sobat IKE juga bisa menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan ekspedisi untuk meyakinkan kualitas jasa mereka.

4. Meringankan Beban Pelanggan Yang Sibuk

Berkendara dalam perjalanan jauh pasti melelahkan, apalagi kalau Sobat IKE harus mengantarkan mobil sendirian. Untuk menekan risiko tersebut, Sobat IKE bisa mempercayakan pengiriman kepada Indone Kargo Ekspress.

Jasa angkutan self-drive yang Indone Kargo Ekspress tawarkan adalah salah satu layanan untuk membantu Sobat IKE yang sibuk bekerja. Sobat IKE hanya perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos kirim, memilih jadwal pengiriman, dan melacak secara real time melalui fitur tracking yang kami miliki. Sehingga Sobat IKE masih bisa menuntaskan pekerjaan lain.

5. Menghadirkan Jaminan Terbaik Untuk Pelanggan

Keuntungan terakhir yang bakal Sobat IKE terima dari Indone Kargo Ekspress adalah jaminan terbaik, entah dari segi pelayanan atau garansi. . Profesionalitas ini yang menjadikan penyedia jasa tersebut sangat populer sampai sekarang.

Sejak awal pengiriman hingga mobil sampai, Sobat IKE akan selalu pendapat pelayanan dari PT Indone Kargo Ekspress. Indone Kargo Ekspress juga tak akan melepas tanggung jawab apabila mereka melakukan kesalahan. Manfaatkan  jaminan tersebut supaya Sobat IKE memperoleh pelayanan maksimal.

Tertarik memakai jasa pengiriman mobil dari PT Indone Kargo Ekspress ? Tunggu apa lagi hubungi sekarang juga !

Nomor Telepon / WA Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami