You are currently viewing Apa Itu Estimasi Pengiriman dan Bagaimana Mengeceknya?

Apa Itu Estimasi Pengiriman dan Bagaimana Mengeceknya?

  • Reading time:4 mins read

Dalam aktivitas pengiriman paket, mengetahui dan memahami apa itu estimasi pengiriman sudah pasti menjadi hal yang sangat penting. Dengan demikian, Anda sebagai pengirim atau penerima barang akan mengetahui berapa lama barang tersebut akan sampai.

Definisi Estimasi Pengiriman

Tidak dapat dipungkiri jika estimasi pengiriman menjadi salah satu hal yang paling sering dicari ketika akan menggunakan jasa ekspedisi. Terlebih, setiap perusahaan memiliki perkiraan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis layanan dan mode pengiriman yang dimiliki.

Pada dasarnya, estimasi pengiriman adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan suatu barang. Estimasi ini diberikan dengan memperhitungkan beberapa hal, termasuk jarak tempuh dan waktu pengiriman barang tersebut.

Umumnya, sebuah jasa ekspedisi akan membagi beberapa estimasi pengiriman, mulai dari ekspress atau yang paling cepat, reguler, hingga ekonomis yang lebih lama. Adapun estimasi pengiriman dapat berupa satu hari, beberapa hari, bahkan beberapa minggu.

Faktor yang Memengaruhi Estimasi Pengantaran

Meskipun telah mengetahui apa itu estimasi pengiriman, penting juga untuk memahami jika ada beberapa faktor yang menyebabkan lamanya estimasi pengantaran suatu barang. Secara umum, berikut beberapa hal yang berpengaruh terhadap lama-tidaknya barang akan sampai:

1. Jarak dan Lokasi Pengiriman

Jarak tempuh dan lokasi pengiriman barang menjadi salah satu faktor penting yang menentukan berapa lama paket tersebut akan sampai. Semakin jauh dan sulit area pengiriman, estimasi waktu yang dibutuhkan biasanya juga akan semakin lama.

Sebagai contoh, jika mengirimkan barang dari Jakarta ke Bandung, estimasi waktunya akan berbeda dengan pengiriman barang ke Jayapura. Apabila pengiriman ke Bandung menempuh waktu 1-2 hari, pengiriman ke Jayapura mungkin akan membutuhkan waktu 3-5 hari.

2. Jenis Layanan yang Digunakan

Setiap jasa ekspedisi sudah pasti mempunyai jenis layanan pengirimannya masing-masing, muali dari yang paling cepat sampai yang paling lama. Jika Anda sebagai konsumen memilih layanan pengiriman ekspres, estimasi waktu pengiriman tentu akan jauh lebih cepat.

Berbeda jika Anda memilih jenis layanan ekonomis yang umumnya merupakan paket paling murah. Meskipun dengan jarak yang sama jauhnya, estimasi pengiriman ekonomis bisa lebih lama karena harus menempuh beberapa destinasi atau drop-point terlebih dahulu. 

3. Ketentuan Pihak Ekspedisi

Estimasi pengiriman juga dapat dipengaruhi oleh kebijakan yang dilakukan oleh pihak jasa ekspedisi tersebut. Salah satu contohnya terkait dengan kebijakan pengiriman pada hari libur. Pasalnya, beberapa jasa ekspedisi diketahui hanya akan mengirimkan paket di hari kerja.

Dikarenakan sejumlah jasa pengiriman tidak beroperasi di hari libur atau di luar jam kerja yang normal, maka waktu pengiriman juga akan tergantung dari kapan Anda melakukan pengiriman paket. Jika Anda men-drop paket sehari sebelum libur, tentu paket akan lebih lama sampai.

Cara Mudah Mengecek Perkiraan Pengiriman

Selain mengetahui apa itu estimasi pengiriman dan faktor yang memengaruhi, penting juga untuk memastikan di mana Anda bisa mengecek estimasi pengiriman paket tersebut. Anda dapat melakukan pengecekan tersebut melalui cara berikut:

Melalui Customer Service Jasa Ekspedisi

Anda dapat menghubungi pihak customer service Indone Kargo Ekspress melalui nomor WhatsApp yang tertera di website ini untuk mengetahui lebih detail berapa biaya pengiriman yang harus disiapkan sekaligus estimasi pengiriman suatu barang.

Itulah beberapa hal mengenai apa itu estimasi pengiriman, faktor yang memengaruhinya, hingga bagaimana mengecek perkiraan tersebut. Anda perlu memastikan kembali berapa lama paket tersebut dapat sampai dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!