You are currently viewing 12 Mitos Ketika Pindahan Rumah, Beneran Mitos atau Fakta? Cek Artikel Berikut ini!

12 Mitos Ketika Pindahan Rumah, Beneran Mitos atau Fakta? Cek Artikel Berikut ini!

  • Reading time:11 mins read

Pindahan adalah sebuah proses yang sering kita alami dalam hidup. Banyak orang pindah rumah karena berbagai alasan, seperti mendapatkan pekerjaan baru, mencari lingkungan yang lebih baik, atau sekedar ingin perubahan suasana. Namun, di sekitar kegiatan pindahan ini, ada beberapa mitos pindah rumah yang berkembang di masyarakat.

Pengertian Mitos

Mitos adalah cerita tradisional yang mengandung simbol-simbol dan seringkali melibatkan peristiwa-peristiwa supernatural atau kejadian luar biasa. Menurut Wikipedia, mitos biasanya digunakan untuk menjelaskan asal-usul, kepercayaan, adat istiadat, dan fenomena alam. Cerita-cerita ini diwariskan dari generasi ke generasi dan sering kali memiliki peran penting dalam masyarakat, karena membantu membentuk pandangan dunia dan nilai-nilai budaya. Mitos juga bisa memberikan pelajaran moral dan menunjukkan contoh perilaku yang baik atau buruk.

Mitos Pindahan Rumah

Dan mitos pindahan rumah adalah cerita atau kepercayaan yang berkembang di masyarakat tentang hal-hal yang harus dilakukan atau dihindari saat seseorang akan pindah ke rumah baru. Mitos ini biasanya berisi nasihat, larangan, atau ritual tertentu yang dipercaya dapat membawa keberuntungan atau menghindarkan dari kesialan.

1.Hari baik untuk Pindahan

Salah satu mitos yang sering kita dengar adalah bahwa pindahan di hari tertentu bisa membawa sial atau keberuntungan. Misalnya, ada yang percaya bahwa pindah rumah di hari Jumat dianggap kurang baik karena akan membawa nasib buruk. Padahal, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung kepercayaan ini.

Contohnya, ada mitos yang mengatakan bahwa kita tidak boleh pindah rumah pada hari Selasa dan Jumat karena dianggap sebagai hari yang kurang baik. Ada juga kepercayaan bahwa memasukkan beras dan garam pertama kali ke dalam rumah baru sebelum barang lainnya bisa mendatangkan kemakmuran. Mitos-mitos ini berbeda-beda di tiap daerah dan tergantung pada tradisi setempat.

2. Membawa barang tertantu terlebih dahulu ke rumah baru

Mitos lainnya adalah bahwa barang-barang tertentu harus dibawa terakhir saat pindahan untuk menjamin keberuntungan di rumah baru. Contohnya, banyak yang mengatakan bahwa cermin tidak boleh dibawa pertama kali masuk ke rumah baru karena bisa memecahkan harmoni yang ada.

Ada juga kepercayaan bahwa memasuki rumah baru harus dengan kaki kanan terlebih dahulu agar membawa energi positif. Meskipun terdengar menarik, tidak ada dasar nyata yang menjelaskan mengapa hal ini perlu dilakukan.

3. Menghindari Pindah Malam Hari

Pindah rumah malam hari juga menjadi salah satu mitos yang berkembang dalam pergaulan masyarakat. Katanya, ketika Anda pindah rumah saat malam hari akan mengganggu si penunggu rumah. Faktanya, mitos pindah rumah ketika malam hari itu lebih kepada merepotkan dibanding menakutkan. Sebab, untuk memindahkan barang-barang tentu membutuhkan penerangan yang baik.

4. Menabur Garam di Pintu Masuk Rumah Baru

Selain itu, beberapa orang percaya bahwa menaburkan garam di setiap sudut rumah baru dapat membersihkan energi negatif. Walaupun ini adalah tradisi yang telah lama ada, efektivitasnya dalam membersihkan energi masih menjadi pertanyaan.

5. Tidak boleh langsung tidur di rumah baru

Sebuah mitos yang cukup umum adalah bahwa kita tidak boleh langsung tidur di rumah baru pada malam pertama pindahan. Mitos ini berkata bahwa hal itu bisa mengundang mimpi buruk atau energi negatif. Namun, kenyataannya, kelelahan setelah proses pindahan adalah alasan yang sangat wajar untuk segera beristirahat.

6. Membawa Beras dan Air Bersih

Mitos lain tentang pindah rumah adalah membawa beras dan air bersih. Ini berdasarkan Feng Shui, yang menganggap beras dan air sebagai lambang kemakmuran. Jadi, ada kepercayaan bahwa membawa keduanya saat pindah akan membuat hidup Anda penuh dengan kekayaan. Tapi tentu saja, ini tidak masuk akal. Kekayaan sebenarnya tergantung pada kerja keras Anda di pekerjaan atau bisnis.

7. Menyimpan Barang Lama Membawa Sial

Beberapa orang percaya bahwa membawa barang-barang lama ke rumah baru akan membawa nasib buruk dari masa lalu. Sebenarnya, ini lebih kepada preferensi pribadi daripada aturan yang harus diikuti. Memilih barang apa yang akan dibawa adalah bagian dari proses memulai lembaran baru di tempat tinggal yang baru.

8. Menunda Kepindahan untuk Ibu Hamil

Ada mitos yang mengatakan ibu hamil tidak boleh pindah rumah. Tapi, apakah benar jika Anda hamil dan perlu pindah, Anda harus menunda sampai beberapa bulan lagi? Mitos ini sebenarnya ada untuk mencegah ibu hamil dari bekerja keras saat pindahan. Dari sudut pandang medis, tidak ada larangan atau bahaya bagi ibu hamil yang ikut membantu dalam proses pindahan.

Baca juga: Mitos pindah rumah saat hamil

9. Pintu Harus Dibuka Semalaman

Ada juga mitos yang mengatakan pintu rumah baru harus dibiarkan terbuka semalaman agar keberuntungan bisa masuk. Ini tentu saja bukan praktik yang aman dan tidak ada hubungannya dengan keberuntungan. Keamanan rumah Anda jauh lebih penting daripada mengikuti mitos seperti ini.

10. Mencat Ulang Rumah Baru Mengusir Energi Negatif

Mitos lainnya adalah bahwa mencat ulang rumah baru dapat mengusir energi negatif dari penghuni sebelumnya. Meskipun mencat ulang bisa memberikan suasana baru, tidak ada bukti bahwa ini memiliki efek spiritual atau mistis.

11. Meletakkan Patung atau Simbol Keberuntungan

Banyak yang percaya meletakkan patung tertentu atau simbol keberuntungan seperti tapal kuda dan bambu hoki akan menarik keberuntungan ke dalam rumah. Walaupun ini bisa menjadi dekorasi yang menarik, keberuntungan seseorang tidak ditentukan oleh objek tersebut.

12. Tanaman Tertentu Dapat Menarik Energi Positif

Akhirnya, ada kepercayaan bahwa menanam tanaman tertentu seperti lidah mertua atau peace lily di rumah baru dapat menarik energi positif. Meskipun tanaman dapat meningkatkan estetika dan kualitas udara, mereka tidak secara ajaib menarik energi baik atau buruk.

Mengapa Mitos Ini Bertahan?

Mitos-mitos pindahan rumah ini bertahan karena seringkali dianggap sebagai bagian dari tradisi dan budaya. Orang-orang mungkin mengikuti mitos ini sebagai cara untuk merasa lebih terhubung dengan masa lalu dan komunitas mereka. Selain itu, mitos memberi rasa kontrol atas situasi yang tidak pasti seperti pindah ke tempat baru.

Kesimpulan

Meskipun mitos pindahan rumah adalah bagian dari budaya, suksesnya pindah lebih tergantung pada perencanaan dan persiapan daripada tradisi.

Penting untuk diingat bahwa pindah rumah adalah tentang memulai babak baru dalam hidup Anda. Jangan biarkan mitos-mitos ini menghalangi Anda. Percayalah pada fakta dan nalar, serta nikmati proses membangun kenangan baru di rumah Anda.

Jika Anda membutuhkan jasa pindahan rumah, Anda bisa menghubungi customer service kami untuk mendapatkan penawaran menarik.

Frequently Asked Question

Apa yang dimaksud dengan mitos pindahan rumah?

Mitos pindahan rumah adalah kepercayaan atau cerita yang berkembang di masyarakat tentang hal-hal yang harus dilakukan atau dihindari saat seseorang akan pindah ke rumah baru, yang biasanya berisi nasihat, larangan, atau ritual tertentu.

Mengapa hari Jumat sering dianggap tidak baik untuk pindahan?

Ada mitos yang mengatakan bahwa pindah rumah di hari Jumat dapat membawa nasib buruk. Namun, ini hanyalah kepercayaan dan tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

Apakah membawa barang tertentu terakhir kali ke rumah baru benar-benar dapat menjamin keberuntungan?

Walaupun banyak yang percaya seperti itu, misalnya bahwa cermin tidak boleh dibawa pertama kali karena bisa memecahkan harmoni, sebenarnya tidak ada dasar nyata yang menjelaskan kenapa hal ini perlu dilakukan.

Apakah efektivitas menabur garam di sudut rumah baru dalam membersihkan energi negatif sudah terbukti?

Meskipun menaburkan garam di setiap sudut rumah baru sebagai tradisi yang telah lama ada, efektivitasnya dalam membersihkan energi masih menjadi pertanyaan dan belum ada bukti konkret.

Mengapa mitos pindahan rumah masih bertahan dalam masyarakat?

Mitos-mitos pindahan rumah bertahan karena seringkali dianggap sebagai bagian dari tradisi dan budaya, memberikan rasa terhubung dengan masa lalu dan komunitas, serta memberikan rasa kontrol atas situasi yang tidak pasti seperti pindahan.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!