Tips Packing Makanan Beku / Frozen Food Agar Tidak Mudah Busuk

Saat ini keberadaan bisnis memang sangat banyak dan beraneka ragam seperti bisnis makanan beku atau dikenal dengan frozen food. Bisnis yang satu ini ternyata sangat menjanjikan dan banyak diminati oleh masyarakat. Jika anda ingin berbisnis makanan beku maka wajib tahu bagaimana tips packing makanan beku.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena apabila makanan beku tersebut tidak mempunyai proses pengemasan atau packing yang bagus maka bisa menyebabkan makanan tersebut  cepat busuk dan akhirnya tidak layak untuk  dimakan.

Tips Packing Makanan Beku Dengan Baik

Perlu diketahui apabila tujuan utama dari pengemasan tersebut adalah untuk melindungi produk frozen food tersebut agar tidak mengalami kerusakan. Bukan hanya sekedar itu saja, kemasan tersebut ternyata juga banyak digunakan oleh para pelaku usaha dalam melakukan ketika marketing untuk memperoleh perhatian calon customer. 

Adapun beberapa jenis makanan beku diantaranya adalah nugget, ikan, daging dan makanan yang lainnya. Jenis-jenis makanan tersebut biasanya dijual dalam bentuk beku agar dapat bertahan dalam waktu lama. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni packing dari makanan beku tersebut. 

Agar tidak salah dalam mengemas jenis makanan satu ini, berikut tips packing makanan beku agar tidak cepat rusak dari PT IKE

1. Perhatikan Proses Pembuatan Makanan Terlebih Dahulu 

Sebelum memutuskan buat melakukan pengemasan, maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah memperhatikan bagaimana proses pembuatan makanan tersebut. pastikan apabila pembuatan makanan tersebut bersih dan steril. Jangan lupa untuk mencuci semua bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut. 

Cobalah menggunakan produk atau bahan berkualitas agar makanan beku yang anda miliki tersebut dapat bertahan lebih lama. Jangan sampai anda menggunakan bahan baku pembuatan yang  meragukan. 

2. Pilih Kemasan Yang Tertutup Dan Kedap Udara

Tips berikutnya adalah memilih produk kemasan yang digunakan mengemas makanan beku anda. Sebaiknya memilih kemasan yang tertutup dan kedap udara. Dengan kemasan inilah maka kualitas dari makanan didalamnya akan terjamin dengan baik dan terhindar dari adanya kerusakan.. 

Selain itu juga bisa menghalangi agar tidak ada benda-benda asing yang masuk ke dalam kemasan. Adapun beberapa jenis plastic kedap udara yang aman digunakan untuk makanan beku diantaranya adalah plastic PE dan HDPE. 

3. Memilih kemasan simple dan mudah dibawa 

Tidak hanya mempertimbangkan penggunaan plastic yang aman untuk kemasan, tips packing makanan beku yang berikutnya adalah dengan memilih kemasan yang simple serta mudah dibawa kemana-mana. Jangan sampai kemasan makanan beku tersebut justru terlalu rumit bahkan membingungkan para konsumen ketika ingin membukanya. 

Jangan lupa, ukuran dari kemasan harus disesuaikan dengan produk yang ada didalamnya. Hindari para konsumen tertipu dengan kemasan berukuran besar ternyata produk yang ada didalamnya berukuran kecil. Inilah sebabnya sebisa mungkin memilih ukuran yang tepat. 

4. Menghindari freeze burn 

Dalam mengemas frozen food, maka anda juga harus memikirkan daya tahan yang dimilikinya. Jangan sampai makanan mengalami freeze burn atau adanya perubahan warna, tekstur, kandungan gizi dan cita rasa didalamnya. Inilah mengapa pentingnya pembuatan makanan tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang baik. 

Ingin membangun usaha makanan beku? Memang ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti bagaimanakah cara untuk mengemas makanan tersebut agar tidak cepat basi saat dibawa jasa pengiriman makanan beku. Demikian beberapa tips packing makanan beku.

Tinggalkan Balasan