You are currently viewing Ini Dia Perbedaan Logistik dan Ekspedisi yang Wajib Anda Ketahui

Ini Dia Perbedaan Logistik dan Ekspedisi yang Wajib Anda Ketahui

  • Reading time:5 mins read

Saat ini sudah banyak sekali istilah distribusi logistik, tapi banyak yang belum paham mengenai konsepnya. Ada jenis distribusi yang dinamakan dengan logistik, ekspedisi, pengiriman regular, dan lain-lain. Untuk pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui informasi tentang perbedaan logistik dan ekspedisi. Hal ini dikarenakan distribusi bisnis ini paling banyak di Indonesia sehingga orang-orang harus memahami berbagai perbedaan dari kedua istilah tersebut.

Seiring majunya dunia logistik di Indonesia, memang akan membuat banyak orang penasaran dalam ranah bidang tersebut. Apa yang dimaksud dengan pengiriman ekspedisi? Apa itu pengiriman logistik? Apa saja perbedaan yang dimiliki keduanya? Agar tidak salah menggunakan layanannya, maka Anda bisa menyimak pembahasan kali ini. Berikut ini pengertian dan perbedaan pada jasa logistik dan juga ekspedisi. 

Pengertian Jasa Layanan Ekspedisi dan Logistik

Perlu Anda ketahui, layanan logistik memiliki arti yang lebih luas dibandingkan dengan jasa ekspedisi. Logistik merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan secara strategis dengan cara mengelola pengadaan, pergerakan, dan juga penyimpanan material suku cadang. Logistik juga mencakup pelayanan pengiriman barang jadi dan aliran informasi terkait organisasi melalui jaringan pemasarannya. Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam bidang logistik?

Kegiatan logistik sendiri banyak berpusat dalam hal pengiriman barang, tetapi juga pergudangan, pengadaan truk, dan masih banyak aktivitas lainnya. Pengertiannya hampir sama dengan jasa ekspedisi, dimana jasa logistik juga fokus dalam menawarkan jasa pengiriman barang, transportasi, manajemen, pergudangan, dan masih banyak lagi. Namun bidang logistik akan memberikan pelayanan yang lebih lengkap kepada semua pelanggannya. 

Sedangkan jasa ekspedisi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman paket barang, dimana tiap pengguna layanan harus membayar biaya ongkir sesuai daerah tujuan. Jasa pengiriman ekspedisi bisa melalui jalur laut, jalur darat, dan jalur udara ke seluruh Indonesia atau bahkan sampai ke luar Indonesia. Jika dilihat-lihat pengertian antara jasa logistik dengan ekspedisi hampir sama bukan?

Kenali Perbedaan Antara Jasa Ekspedisi dan Logistik

Perbedaan logistik dan ekspedisi bisa dilihat dari berbagai macam jenis aspek. Untuk bisa mempermudah pemahaman Anda mengenai logistik dan ekspedisi, maka bisa simak beberapa poin yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Jasa yang dilayani

Ekspedisi merupakan jasa yang banyak berorientasi atau fokus terhadap layanan kirim barang bagi masyarakat luas. Sedangkan jasa logistik merupakan jenis layanan yang bisa membantu dalam menangani kebutuhan logistik perusahaan yang tentunya lebih besar. 

Logistik sendiri nantinya berkaitan langsung dengan pengadaan armada, manajemen logistik perusahaan, dan juga pergudangan. Jika untuk kebutuhan pengiriman skala kecil, biasanya masyarakat akan memilih menggunakan jasa ekspedisi. 

Jasa ekspedisi bisa memungkinkan melakukan pengiriman barang lebih banyak dari tempat satu ke tempat lainnya, sedangkan jasa logistik cenderung lebih sempit. Jasa logistik akan melakukan pengiriman sekali jalan dalam satu hari namun intensitasnya lebih besar. 

Jasa ekspedisi bisa melakukan pengiriman berulang-ulang kali sesuai kebutuhan selama masih bisa memungkinkan. Jasa logistik cenderung hanya digunakan oleh perusahaan besar untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang sangat besar.

Baca juga: Layanan Ekspedisi yang Memudahkan Para Pelaku Usaha

2. Besarnya muatan

Jasa ekspedisi memiliki muatan yang jauh lebih kecil, kemudian moda transportasinya juga bisa dikirim langsung lewat kurir dan mobil van. Banyak pebisnis online yang hanya menggunakan jasa ekspedisi untuk melakukan pengiriman barang skala kecil. 

Berbeda halnya dengan jasa logistik yang memiliki muatan 10 ton sampai dengan 50 ton. Kebanyakan jasa logistik menggunakan moda transportasi mulai dari kapal laut, truk, atau pesawat karena barang yang dikirimkan sangatlah banyak. 

Jasa ekspedisi biasanya akan menyediakan layanan gudang, konsultan manajemen logistik, dan pengadaan transportasi. Sedangkan jasa logistik memuat banyak bidang yang lebih lengkap lagi karena menawarkan pelayanan yang jauh lebih besar lagi. 

3. Sistem yang digunakan

Perbedaan logistik dan ekspedisi berikutnya berkaitan dengan sistem yang digunakan. Jasa ekspedisi biasanya memanfaatkan sistem LTL (Less That Truckload) atau menggunakan satu truk dengan melakukan banyak pengiriman. 

Sedangkan jasa logistik biasanya menggunakan truknya dengan sistem FTL (Full Than Truckload) atau model sewa penuh. Misal satu perusahaan nantinya bisa menyewa satu truk penuh untuk melakukan pengiriman semua barang miliknya sendiri.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang cargo, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp yang ada di website PT. Indone Kargo Ekspress untuk mendapatkan harga promo. Kami tunggu kabar dari Anda.

Beri Penilaian

Admin

PT Indone Kargo Ekspress adalah sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang fokus melayani jasa pindahan (rumah, kantor), jasa pengiriman mobil, menggunakan cargo darat, udara dan laut. Hubungi kami untuk mendapatkan promo menarik!