Cara Mengatur dan Merencanakan Pindah Rumah yang Efektif dan Efisien

  • Reading time:5 mins read

Saat akan pindah rumah, banyak hal yang harus dipersiapkan agar proses pindahan tidak merepotkan. Pasalnya, Anda tidak hanya mengurus masalah pindahan kerja saja, tapi juga urusan domestik untuk mengurus pindah barang. Apalagi pindahan ini cukup menyita waktu dan tenaga sehingga harus tahu tips dan trik yang tepat supaya lebih efektif dan efisien.

Cara Efektif Pindah Rumah Tanpa Ribet

Ada berbagai hal penting yang tidak boleh dilewatkan saat pindahan. Berikut ini merupakan beberapa tips pindahan yang perlu dilakukan.

1. Memisahkan Dokumen Penting

Salah satu hal yang cukup sering diabaikan saat pindahan rumah yaitu memisahkan dokumen penting. Pasalnya, pikiran sedang crowded sehingga dokumen yang tidak begitu penting justru disatukan dengan dokumen yang penting.

Anda perlu memisahkan dokumen-dokumen yang penting seperti sertifikat, akta, ijazah, dan berkas lainnya di satu packingan map. Jangan sampai dokumen hilang atau rusak, karena untuk mengurusnya sangat ribet. Lebih baik upayakan untuk memisahkannya dari awal agar tetap aman saat pindah ke rumah baru.

2. Menyimpan Perabot Kecil di Perabot Besar

Untuk mempermudah dalam proses packing saat pindah rumah, Anda dapat memanfaatkan perabot besar untuk menyimpan barang-barang kecil. Misalnya dengan memanfaatkan lemari untuk menyimpan selimut, sprei, jaket, dan barang-barang lainnya.

3. Persiapkan Jauh-jauh Hari

Pindah rumah bukanlah hal yang sederhana yang bisa dilakukan secara mendadak. Anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum hari pindahan. Ada banyak barang yang harus dipacking dan hal-hal yang harus diurus.

Anda bisa menggunakan Google Kalender untuk mengingatkan waktu pindahan. Selain itu, Anda juga harus menyicil packing sedikit demi sedikit. Hal ini juga membantu Anda agar tidak memforsir tenaga di satu waktu. 

4. Menjual Barang yang Tidak Dipakai

Untuk mengurangi barang yang dipindahkan ke rumah baru, Anda bisa menjual barang yang sudah tidak dipakai lagi. Saat beres-beres barang, bisa jadi ruangan menjadi kurang karena tiba-tiba Anda mendapati banyak barang yang sudah lama tidak terlihat.

Baca juga: Tips Jual Barang Pindahan Rumah Agar Cepat Laku

Coba Anda pikirkan, apakah barang-barang tersebut masih digunakan saat pindah ke rumah baru nantinya? Jika tidak, maka Anda bisa menjualnya ke tukang rongsok agar barang yang dipindahkan lebih simpel. Misalnya menjual kertas atau buku yang tidak terpakai lagi.

5. Tidak Menambah Stok Makanan

Ketika pindahan, ada banyak barang yang harus diurus, sehingga usahakan untuk tidak menambah stok makanan. Makanan bisa Anda beli di tempat tujuan jadi tidak perlu memaketkannya dari rumah lama. 

Anda hanya perlu menyiapkan stok bahan makanan basah untuk selama waktu yang tersisa di rumah lama. Jadi nantinya juga tidak ada makanan yang terbuang sia-sia.

6. Moving Checklist

Mempersiapkan pindahan tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun Anda dapat menentukan sekiranya berapa lama durasi yang dibutuhkan untuk waktu pindahan. Caranya, Anda bisa melakukan moving checklist secara lengkap dan membuat timeline.

Moving checklist merupakan table berisi aktivitas yang akan dilakukan dalam aktivitas pindah. Misalnya pengorganisasian barang, packing, hingga jasa pindahan yang dibutuhkan. Dengan begitu maka tidak ada hal penting yang terlewat satu pun.

7. Gunakan Label di Tiap Box

Untuk membuat barang packingan lebih terata rapi, Anda bisa memberikan label pada tiap box. Hal ini juga bertujuan supaya barang terorganisasi dengan baik. Tulis nama barang pada setiap box yang akan dipindahkan ke rumah baru.

Saat ada di rumah baru dan Anda akan menata barang-barang kembali, maka Anda tidak akan bingung. Jadi proses penataan barang nantinya jauh lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 7 Tips Packing Barang untuk Pindah Rumah Agar Tidak Hilang dan Tercecer

8. Gunakan Jasa Pindahan Rumah

Jika rumah tujuan baru berada di lokasi yang jauh dari tempat tinggal lama, maka Anda membutuhkan jasa pindahan rumah. Cara ini membantu Anda untuk lebih cepat dan mudah selama proses pindahan. Mungkin Anda akan mengeluarkan uang tambahan untuk sewa jasa profesional, tetapi akan semakin efektif dan efisien.

Pilihlah jasa pindahan rumah yang terpercaya dan berpengalaman mengurus pindahan rumah, baik dalam kota maupun luar kota. Indone Kargo merupakan salah satu jasa kargo yang melayani pindahan rumah atau pengiriman barang skala besar. Hubungi CS Indone Kargo melalui website resmi untuk penjemputan barang ke rumah Anda!

Beri Penilaian