Sewa Truk Murah di Medan & Jakarta Ke Seluruh Indonesia

Sewa Truk Murah di Medan & Jakarta Ke Seluruh Indonesia

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Jasa Sewa Truk!

Bagi pemilik usaha tertentu, rasanya sewa truk sudah tak asing lagi ditelinga. Biasanya truk dipakai untuk mengirimkan barang dengan ukuran dan jumlah yang banyak. Banyaknya jenis truk yang disewa terkadang membuat para pengguna jasa sewa kebingungan, sebab ada banyak sekali pilihan jenis mobil truk. Menemukan jasa sewa mobil truk yang sesuai untuk keperluan usaha Sobat IKE ialah hal terpenting yang harus dilakukan supaya keselamatan barang dan pekerja yang ikut mengangkut tetap terjaga.

Nomor Telepon / WA Pelayanan Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

Jenis-jenis Truk Yang di Sediakan PT IKE

Berikut ini ada beberapa tipe dan jenis mobil truk sewaan yang ada di sediakan PT IKE, berikut penjelasannya:

1. Truk Colt Diesel Engkel

Jenis truk ini memiliki ukuran kecil layaknya mobil biasa, selain itu biasanya mobil ini bisa memasuki gang-gang yang berukuran kecil. Adapun maksimal beban angkut yang bisa dibawa truk ini ialah sebesar 2 ton. Umumnya truk jenis ini sering disebut sebagai truk engkel. Selain digunakan untuk mengirimkan barang-barang berat, jenis truk engkel bak ini juga bisa dipakai sebagai truk sampah.

2. Truk Fuso

Jenis truk fuso sebenarnya hampir mirip seperti truk colt diesel double tapi kapasitasnya biasanya lebih besar. Adapun beban angkut maksimal truk fuso sebesar 7 ton.

3. Truk Colt Diesel Double

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa truk colt diesel double hampir mirip seperti truk fuso, hanya saja daya tampung maksimal untuk beban yang diangkut sebesar 4 ton. Biasanya truk ini dikenal sebagai truk canter. Keunggulan truk colt diesel double dibandingkan truk engkel ialah jumlah muatannya bisa berjumlah lebih banyak.

4. Truk Trailer

Jasa sewa truk juga biasanya menyediakan truk trailer. Dimana truk ini bisa mengangkut barang dari mulai berkapasitas 20 ton hingga 60 ton. Truk ini termasuk sejenis truk yang berkelas berat. Truk trailer sendiri dipakai untuk pengiriman benda-benda dan alat berat. Biasanya trailer mempunyai jenis lebih banyak, baik itu jenis flatbed, lowbed, bak, box, flattrack, dan lain sebagainya.

5. Truk Tronton

Kapasitas pada truk tronton untuk membawa muatan biasanya dengan maksimal berat 10 ton. Jenis truk ini termasuk truk yang sering dipakai para pelaku usaha ekspedisi truk sebab truk tronton sendiri bisa membawa barang-barang berjumlah banyak.

6. Truk Pick Up

Maksimal berat muatan yang dapat diangkut oleh mobil jenis ini ialah sekitar 1,5 ton. Biasanya truk jenis ini dikenal sebagai mobil pick up, entah itu gran max, pick up bak, dan box. Mobil pick up biasanya digunakan untuk mengangkut peralatan rumah hingga sayur-sayuran.

7. Truk Container

Container sendiri merupakan peti kemas untuk penyimpanan barang-barang yang berukuran besar, fleksibel, serta bisa dikirim atau dibawa sesuai keinginan. Biasanya container tidak mempunyai mesin ataupun roda, jadi jika sobat IKE ingin menyewanya harus sekaligus sewa truk trainer juga.

8. Truk Wingbox

Keunggulan dari Wingbox itu sendiri ialah bagian belakang dan samping kanannya dapat dibuka semua, oleh karenanya proses membongkar dan menaikkan muatan menjadi lebih cepat. Adapun kapasitas muatan dan berat maksimal dari Wingbox sendiri sangat bervariasi. Selain itu, Wingbox sering disebut juga sebagai truk engkel wingbox atau truk tronton wingbox.

Tips Yang harus Dipahami Saat Sewa Truk

Saat melakukan angkutan atau pindahan barang, sobat IKE tentu saja memerlukan kendaraan. Bila memakai mobil saja belum cukup, maka sobat bisa memakai truk. Namun untuk menyewa truk sendiri tak bias sembarangan. Ada beberapa tips sewa truk yang harus dipahami terlebih dahulu.

Memilih truk untuk mengangkut barang merupakan hal yang harus diperhatikan. Apalagi, jika barang angkutan berjumlah cukup banyak. Jadi, sangat direkomendasikan untuk memakai truk. Namun, sobat IKE tentu saja tak boleh salah memilih jasa sewa truk itu sendiri.

Jangan khawatir, di sini Kami akan membagikan tips untuk menyewa truk. Jadi sebelum memakai jasa penyewaan truk, terlebih truk berukuran besar berbentuk tronton, maka sobat IKE harus mengetahui tips-tipsnya di bawah ini :

1. Periksa Ukuran Truk 

Hingga saat ini, ada banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami ukuran truk. Mereka langsung sewa truk tanpa mengetahui kapasitas dan ukurannya. Justru hal ini penting sekali untuk menyesuaikan keperluan pengangkutan barang-barang sobat. Setiap truk juga mempunyai ukuran yang berbeda sesuai jenisnya.

Misalnya, untuk jenis truk kargo ukurannya bisa sampai 16-26 kaki. Oleh karenanya, sobat IKE dapat memilih yang sesuai kebutuhan. Umumnya, bisa disesuaikan dengan jenis kebutuhan angkutan barang.

Apakah sobat membutuhkannya untuk pindahan rumah atau angkutan barang lainnya?  Jadi, dengan ukuran truk yang sesuai, bisa membantu proses pengiriman/pengantaran barang. Sobat IKE pun tak perlu lagi harus bolak balik, sehingga lebih efisien.

2. Kualitas Truk

Hal yang harus dipertimbangkan saat hendak melakukan sewa truk lainnya ialah kualitas mobil truk itu sendiri. Hal ini dikarenakan, truk biasanya berukuran besar, jadi harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan benar. Sobat juga dapat mengecek apakah truk tersebut layak digunakan ataukah tidak. Tidak mungkin rasanya jika sobat IKE ingin memakai truk tapi kualitasnya tidak layak pakai.

Maka dari itu, penting sekali melakukan pengecekan kualitas truk itu sendiri terlebih dahulu. Pastikan seluruh bagian/komponen dilakukan pengecekan secara detail. Sehingga, sobat IKE dapat memastikan jika truk dalam keadaan yang layak dan baik dioperasikan. Selain itu, berkendara pun menjadi lebih nyaman dan aman.

3. Perhatikan Waktu Penyewaan

Jika sobat IKE tinggal di area Jakarta atau tujuannya ingin ke kota Jakarta tentu saja penting sekali memperhatikan waktu sewa truk, di mulai dari pemberangkatan sampai waktu ketibaan di lokasi yang dituju. Hal ini dikarenakan, terdapat beberapa regulasi mewajibkan semua kendaraan yang bermuatan besar tak diperbolehkan melintasi wilayah-wilayah di kota Jakarta, khususnya jalan utama. Selain itu tanpa disadari, sobat IKE tak akan pernah mengetahui bagaimana terjadinya proses pengiriman barang yang dilakukan, sehingga bisa mengakibatkan proses pengiriman yang semestinya tepat waktu justru lebih lama dibandingkan perkiraan.

Selain itu, hal tersebut juga bisa berpengaruh pada kualitas maupun harga sewa truk di kota Jakarta. Jadi pikirkanlah ketika sobat IKE ingin menyewa truk di waktu-waktu yang berdekatan dengan hari libur nasional, seperti Idul Adha, Idul Fitri, dan lainnya. Sebab beberapa jasa penyewaan truk yang ada di Jakarta biasanya mengalami peningkatan pengiriman barang. Oleh karenanya, bisa terjadi overload sehingga bisa membuat perusahaan atau penyedia jasa tersebut lebih mengutamakan pengiriman barang yang cepat dibandingkan mengutamakan keamanannya.

4. Cek Reputasi Penyedia Jasa Sewa Truk

Tentu saja sobat IKE juga harus tepat memilih jasa penyedia sewa truk. Sebaiknya sobat memeriksa reputasi jasa sewa tersebut terlebih dahulu. Apakah jasa tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Jika sudah, sobat pun dapat menanyakan kualitas kendaraannya. Supaya lebih mudah, sobat IKE juga dapat menanyakannya ke supir yang seringkali menggunakannya. Di samping itu, biasanya jasa penyewaan truk sudah dalam bentuk badan usaha. Dan biasanya kualitasnya pun cukup baik. Sobat IKE juga dapat menanyakan harga penyewaan truk tersebut. Hal tersebut berkaitan secara langsung dengan keperluan penggunaan sobat. Jadi, coba cek reputasi penyewa terlebih dahulu!

5. Cek Kelengkapan Surat dan Dokumen Kendaraan

Setiap Kali sobat IKE menyewa truk, sebaiknya lakukan pengecekan kelengkapan surat-surat kepemilikan kendaraan. Pastikan STNK mobil tersebut harus ada. Sebab, berkendara akan lebih nyaman bila truk sewaan juga memiliki surat-surat lengkap serta dalam kondisi yang masih baik. Sobat bisa mengecek kelengkapan surat tersebut dengan teliti.

Selain itu, pastikan juga kendaraan yang sobat IKE sewa pajaknya masih aktif dan telah dibayarkan oleh jasa penyewa. Selain itu, cek STNK dan plat nomor yang tertera sudah sesuai. Jadi, jangan pernah mau terima jika ada ketidaksesuaian, sebab bisa jadi membahayakan sobat sebagai penyewa saat menggunakan truk tersebut. Jangan lewatkan poin ini, sebelum sobat IKE sewa truk di jasa penyewaan truk pilihan sobat!

6. Silahkan Cek Kelengkapan Fasilitas

Fasilitas tentu saja menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan. Sebab untuk menyewa mobil truk itu sendiri, sobat juga memerlukan fasilitas lengkap dan baik. Sobat dapat menanyakan apa saja fasilitas yang ditawarkan. Misalnya saja, terpal saat hujan yang digunakan untuk menutupi barang angkutan. Atau fasilitas lainnya berupa dongkrak dan ban serep.

Kenapa fasilitas ini sangat penting? Sebab fasilitas tersebut memang wajib digunakan. Jadi, jangan sampai ketika sobat IKE berkendara mendapati beberapa kendala yang terjadi tanpa ada solusi. Hal tersebut bisa mengakibatkan kerugian bagi sobat sebagai pihak pengguna tentunya. Jadi, tetap cek fasilitas yang ditawarkan dengan lengkap ya!

7. Persetujuan Asuransi

Semua orang tentu selalu berharap bisa berkendara lebih baik. Namun untuk hal-hal tertentu seperti musibah atau kejadian tertentu tentu saja kita tak pernah tahu. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk menggunakan persetujuan asuransi. Sebab asuransi tersebut dapat membantu meminimalisir resiko kerugian apa saja yang bisa sobat dapatkan. 

Klaim kerusakan atau pengajuan menjadi lebih gampang. Paling tidak pihak jasa sewa truk dan pengguna perlu bersepakat terlebih dahulu. Apabila keduanya sudah sepakat, sobat juga bisa berkendara dengan lebih nyaman.

8. Harga Sesuai

Harga merupakan hal yang patut diperhitungkan. Biasanya setiap daerah mematok harga yang bervariasi. Dimana semuanya tergantung dari jenis mobil truk itu sendiri. Namun sobat bisa saja mendapatkan harga terbaik dengan pertimbangan beberapa hal. Hal ini umumnya bisa didapatkan jika penyewaan dilakukan dalam waktu lama, dan biasanya pihak jasa sewa truk akan memberikan potongan bagi penyewa.

Maka dari itu, sobat IKE dapat mencari jasa sewa truk yang sesuai terlebih dahulu. Sobat bisa melakukan penawaran harga sewa sesuai dengan budgete. Apabila harga sewa yang diberikan telah disepakati, maka bisa dilanjutkan lewat surat perjanjiannya. Sebab surat inilah yang nantinya berisi persetujuan kesepakatan atau perjanjian antara kedua belah pihak.

9. Periksa Perjanjian Sewa

Sobat IKE juga harus mengecek surat perjanjian sewa truk. Sebab surat perjanjian tersebut bisa saja yang diberikan berbeda dibanding biasanya. Sebagai pihak pengguna atau penyewa, hindari perjanjian sewa yang sifatnya justru terlihat menjatuhkan pengguna/penyewa. Sebab hal tersebut bisa berdampak sangat berbahaya.

Maka dari itu, sebaiknya baca dan pahami seluruh perjanjian sewa. Periksa dengan teliti serta pastikan kebenarannya. Apabila surat perjanjian sewa tersebut sudah sesuai, sobat bisa langsung menandatangani sebagai tanda bukti bahwa proses penyewaan truk sudah dilakukan sesuai dengan perjanjian. 

10. Penyewaan Truk Dapat Dilacak Dengan Mudah

Pastikan sobat IKE memilih jasa sewa truk yang sudah menghadirkan fitur tracking atau pelacak yang bisa dipakai untuk melacak barang-barang angkutan yang sedang dalam proses pengiriman. Fitur pelacakan ini tentu saja dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Tersedianya fitur canggih ini juga dapat membantu sobat IKE untuk mengetahui perkiraan harga sewa mobil truk yang mesti sobat bayar.

Bagaimana Jika Mencari Jasa Sewa Truk Bulanan?

Setiap perusahaan tentu menginginkan pemasukan dan jumlah produksi meningkat, dan tidak ingin menghabiskan biaya operasional yang terlalu besar. Hal tersebut memang sulit diterapkan. Namun pada kenyataannya, bisa dibilang seperti itu. Dimana hampir semua perusahaan atau produsen memikirkan tentang cara agar biaya operasional yang dikeluarkan tetap kecil namun pemasukan lebih besar. 

Sementara, sobat IKE tak dapat memotong anggaran yang terlalu banyak apabila ingin produksinya tetap berjalan lancar. Ada satu cara yang dapat sobat lakukan, ialah memangkas anggaran distribusi produk itu sendiri. Sebab tanpa disadari, biaya distribusi adalah salah satu pengeluaran paling besar bagi perusahaan produsen. Khususnya untuk perusahaan yang memakai resource internal, seperti supir dan truk. 

Biaya lisensi kendaraan, honor supir, perawatan kendaraan, dan lainnya, harus disediakan per bulan agar distribusi produk tetap berjalan. Namun, semua itu sebenarnya bisa sobat IKE pangkas dengan cara memutuskan bekerjasama dengan jasa ekspedisi atau jasa sewa truk bulanan.

Mungkin terdengar simpel, namun sebenarnya mempunyai manfaat cukup besar. Ini dia kelebihan jika sobat IKE memutuskan sewa truk bulanan, diantaranya :

1. Mendapatkan Perlindungan Asuransi Pengiriman

Asuransi pengiriman ini berguna untuk membiayai seluruh resiko atas terjadinya kehilangan dan kerusakan barang ketika barang dikirimkan ke tempat tujuan. Ini tentu sudah selayaknya diberikan kepada sobat IKE untuk memastikan keamanan dan kenyamanan sampai perjanjian sewa diselesaikan.

2. Ada Berbagai Macam Pilihan Kendaraan

Sobat IKE juga bisa mendapatkan banyak pilihan truk yang bisa disewa sesuai kapasitas dan ukuran yang sesuai. 

3. Lebih Hemat Budget

Dengan sewa truk bulanan ini artinya sobat IKE tidak membutuhkan lagi sumber daya internal yang terkait tenaga dan kendaraan untuk proses operasionalnya. Dengan demikian, budget lain dapat dikurangi dengan semaksimal mungkin, baik itu untuk biaya honor supir, perawatan kendaraan, hingga lisensi kendaraan. 

Nah, itulah beberapa hal tentang proses penyewaan truk yang bisa sobat IKE lakukan agar proses penyewaan berjalan lancar.

Jika sobat IKE mencari jasa sewa truk terpercaya, berkredibel, dan menyediakan banyak pilihan truk untuk disewa sesuai kebutuhan, maka solusi terbaik ialah dengan memilih cargo murah PT. INDONE KARGO EKSPRESS.

PT IKE melayani jasa pengiriman mobil, pindahan rumah, pengiriman motor, pengiriman hewan, pengiriman jenazah dan makanan beku lewat darat, laut, dan udara. Selain itu, ada beberapa jenis truk yang disewa diantaranya Truk Engkel, Colt Diesel, CDD, CDE, FUSO, Wingbox, Reefer, Tronton, Container, Trailer. Jadi, sobat tidak perlu bingung lagi memilih jasa sewa truk terpercaya yang menyediakan semua fasilitas dan kemudahan. Pastikan memilih Kami sebagai partner sobat IKE!

Nomor Telepon / WA Pelayanan Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

Tinggalkan Balasan