Sewa Truk Engkel untuk Proses Antar-Kirim Barang Dalam Dan Luar Kota

Sewa truk engkel yang disediakan PT Indone Kargo Ekspress merupakan salah satu layanan yang dapat Sobat IKE manfaatkan untuk mengangkut muatan. Truk engkel cukup mudah dijumpai di jalan-jal an perkotaan karena memiliki dimensi yang relatif kecil. Kemudian, berbeda dari truk-truk muatan yang dijumpai di pelabuhan, kendaraan ini hanya memiliki empat roda dengan bak terbuka.

Keunggulan Menggunakan Truk Engkel

Sobat IKE yang memerlukan kendaraan untuk mengirim atau menjemput barang akan sangat terbantu setelah sewa truk engkel. Ada sejumlah keunggulan yang diperoleh, antara lain:

1. Bisa Melewati Jalan-Jalan kecil

Dengan tinggi tak sampai dua meter, truk engkel cukup mudah dibawa melewati jalan-jalan kecil. Oleh karena itu truk engkel sering digunakan pelaku usaha retail maupun orang-orang yang sedang pindahan rumah. Selain itu, Sobat IKE tak bakal kerepotan menghindari kabel listrik, ranting pohon, dan rintangan lain selama mengendarai truk engkel.

Di sisi lain, kapasitas truk engkel cukup besar, yakni maksimal dua ton. Jadi, menyewa truk engkel bakal cocok buat Sobat IKE yang memerlukan kendaraan praktis dengan daya tampung maksimal.

2. Mudah Dikendarai Di Jalan Raya

Keunggulan selanjutnya yang akan didapatkan dari mencarter truk engkel adalah mudah dikendarai di jalan raya. Khususnya untuk Sobat IKE yang belum berpengalaman membawa truk-truk lebih besar. Dimen si truk engkel memungkinkannya menelusuri jalan raya tanpa harus menghalangi atau menyenggol jenis kendaraan lain.

Namun, Sobat IKE juga harus membawa surat dan izin resmi saat mengambil sewa truk engkel untuk mengantisipasi razia atau pemeriksaan dadakan.

3. Akses Yang Lebih Leluasa

Berdasarkan aturan Kementerian Perhubungan, truk golongan I, termasuk truk engkel, dapat mengakses jalan raya di perkotaan dari pukul lima pagi hingga sepuluh malam. Dengan kata lain, sewa truk engkel menunjang kegiatan Sobat IKE yang butuh angkutan untuk pindahan rumah sampai membawa stok barang ke klien maupun konsumen.

Berbeda dengan truk golongan II yang baru boleh masuk ke jalan raya perkotaan dari pukul sepuluh malam hingga dua pagi.

Hal-hal Yang Harus Dicek Saat Membawa Truk Engkel

Sudah mantap buat sewa truk engkel dari PT Indone Kargo Ekspress? Sobat IKE perlu mengecek hal-hal berikut sebelum membawa kendaraan tersebut:

1. Kubikasi Muatan Atau Barang

Pastikan kubikasi muatan atau barang sesuai spesifik truk. Akan lebih baik kalau muatannya tak melebihi panjang, lebar, serta tinggi kendaraan. Ganti jenis truk kalau seandainya muatan Sobat IKE memang tak bisa ditampung truk engkel. Minta bantuan pada ahli kalau Sobat IKE tak tahu cara menghitung kubikasi barang atau muatan.

2. Berat Barang Atau Muatan

Seperti yang disinggung, untuk sewa truk engkel, berat muatan atau barang sebaiknya tak melebihi dua ton. Memaksakan diri untuk membawa muatan di luar kapasitas (overload) bakal membahayakan Sobat IKE dan berpotensi merusak truk. Jadi periksa dulu kapasitas maksimal truk yang akan disewa.

3. Tempat Muat Dan Bongkar Barang

Meski sewa truk engkel memungkinkan Sobat IKE untuk melintasi jalan raya maupun perkampungan, jangan sampai Sobat IKE belum tahu tempat buat memuat dan membongkar barang. Terlalu lama memutari lokasi dan lama dalam membongkar muatan akan menghalangi jalan atau warga sekitar yang hendak mengaksesnya.

Setelah memastikan semua poin di atas, Sobat IKE dapat langsung menghubungi PT Indone Kargo Ekspress buat sewa truk engkel. Jangan lupa periksa harga dan dokumen yang dibutuhkan, ya!

Tinggalkan Balasan