Rumus Volume Barang –  Begini Cara Hitung Volume Ala Jasa Ekspedisi!
Rumus Volume Barang Untuk Menentukan Harga Pengiriman

Rumus Volume Barang – Begini Cara Hitung Volume Ala Jasa Ekspedisi!

Sebelum mengirim barang, tentunya pihak jasa pengiriman akan menghitung terlebih dulu volume dari barang tersebut untuk mempertimbangkan biaya pengiriman dan perlakuannya. Lalu bagaimana sebenarnya cara jasa pengiriman menghitung rumus volume barang?

Rumusnya tidak rumit, dan Anda juga bisa menghitungnya sendiri dari rumah.

PT Indone Kargo Ekspress adalah spesialis jasa pengiriman cargo murah ke berbagai wilayah di seantero Indonesia.

Apapun jenis barang yang ingin Anda kirimkan dan berapapun ukurannya, kami akan bisa menanganinya dengan baik dan memastikannya sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Untuk informasi lebih lanjut seputar pelayanan kami, Anda bisa mengunjungi website resmi kami.

Cara Menghitung Rumus Volume Barang ala Jasa Pengiriman

Rumus volume benda yang umum, seperti balok, adalah dengan mengalikan panjang dengan lebar dan tingginya. Namun, rumus menghitung volume barang untuk jasa pengiriman sedikit berbeda.

1. Menghitung Berat Volume Barang untuk Cargo Darat dan Laut

Rumus volume barang untuk pengiriman darat dan laut:

P x L x T / 4.000

Dengan P melambangkan panjang barang, L melambangkan lebar barang, dan T melambangkan tinggi barang.

Hasil akhirnya nanti akan memiliki satuan kg, sehingga rumus ini sering juga disebut rumus untuk menghitung berat volume barang.

Berat volume hasil penghitungan rumus ini nantinya akan menggantikan berat asli barang yang diukur menggunakan timbangan biasa. Ini bisa membuat penghitungan biaya pengiriman barang lebih adil dari segi ukuran dan berat barang.

Contoh:

Lisa ingin mengirimkan paket aksesoris dalam jumlah banyak melalui PT Indone Kargo Ekspress. Ketika ditimbang berat paketnya tidak sampai 10 kg, tapi secara keseluruhan ukuran paketnya cukup besar.

Sekarang saatnya menghitung menggunakan rumus volume barang. Misalkan panjang, lebar, dan tinggi paket Lisa adalah 40 cm. Maka hasil akhir berat volume paket Lisa adalah 16 kg.

Jauh lebih berat dibandingkan berat aslinya kan? Tapi Lisa tetap harus membayar biaya pengiriman yang sesuai dengan berat volume paketnya berdasarkan rumus volume barang tersebut.

Jika Anda sedang mencari jasa pengiriman barang yang murah, aman, dan terpercaya, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman paket dari kami yaitu PT Indone Kargo Ekspress.

Kami sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun melayani berjuta-juta paket dari jutaan customer di seluruh Indonesia.

Percayalah, barang Anda akan aman bersama kami!

2. Menghitung Berat Volume Barang untuk Cargo Udara

Jika Anda akan mengirimkan barang atau paket melalui kargo udara, rumus menghitung berat volume yang digunakan akan sedikit berbeda. Rumus volume barang untuk pengiriman udara:

P x L x T / 6.000

Simbol yang digunakan di dalamnya masih sama seperti rumus sebelumnya dan hasil akhir dari rumus ini juga akan memiliki satuan kg.

Bedanya, walaupun rumusnya menggunakan angka yang lebih besar, hasil akhir berat volume untuk cargo udara ini nantinya akan lebih sedikit atau lebih ringan dibandingkan cargo darat dan laut.

Contoh:

Jennie ingin mengirimkan paket berisi baju-baju mahal yang baru saja dia beli dari luar negeri melalui cargo udara.

Saat sampai di jasa pengiriman, tentunya dia juga harus mengukur terlebih dahulu berat volume paketnya.

Misalnya ukuran paketnya sama dengan paket Lisa di atas, maka jika dihitung menggunakan rumus volume barang khusus untuk cargo udara, barang milik Jennie jadi memiliki berat 10,67 kg. Jauh lebih sedikit kan?

Untuk mengirim barang ke tempat yang jauh, entah itu antar pulau atau antar negara, tentunya cargo udara adalah pilihan yang terbaik.

Tapi bukannya mengirim barang menggunakan cargo udara itu mahal ya?

Anda tidak perlu khawatir, dengan menggunakan jasa pengiriman cargo murah dari PT Indone Kargo Ekspress, Anda akan bisa tetap mengirim barang dengan harga terjangkau.

Untuk pemesanan Anda bisa menghubungi nomor customer service kami ataupun melalui website resmi kami.

Apapun jenis barang Anda, PT Indone Kargo Ekspress akan siap menjaga dan mengirimkannya sampai ke tempat tujuan!

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menghitung Rumus Volume Barang

Anda memang bisa menghitung berat volume sendiri menggunakan rumus-rumus di atas, tapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukannya.

Perlu diingat juga bahwa hal ini mungkin berbeda-beda untuk setiap jasa pengiriman.

1. Barang Diukur Setelah Packing

Pengukuran berat volume menggunakan rumus baru boleh dilakukan setelah barang selesai di-packing dan sudah dalam kondisi siap untuk dikirimkan.

Setelahnya Anda tidak boleh mengotak-atik barang lagi karena bisa mempengaruhi ukurannya.

Inilah sebabnya barang sebaiknya diukur di tempat jasa pengiriman secara langsung.

Apapun kebutuhan pengiriman barang Anda, PT Indone Kargo Ekspress memiliki banyak sekali layanan yang bisa memenuhinya.

Beberapa layanan terbaik kami adalah cargo darat, laut, dan udara, jasa pengiriman motor dan mobil, jasa pindahan rumah, dan jasa pengiriman khusus (frozen food, jenazah, hewan, alat berat).

2. Sisi Terluar Barang yang Akan Diukur

Ukuran panjang, lebar, tinggi yang diperlukan untuk menghitung berat volume diukur dari sisi terluar barang.

Makanya akan lebih mudah untuk mengukur barang yang dikemas dalam bentuk kubus atau balok yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang jelas.

Jikalau barang yang ingin Anda kirimkan bentuknya tidak beraturan, pengukuran tetap akan dilakukan setelah barang Anda dimasukkan dalam packing kardus atau box.

Supaya tidak mengulur waktu, disarankan Anda mengemas barang dengan bentuk yang rapi sebelum dikirimkan.

Jasa cargo murah dari PT Indone Kargo Ekspress melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia, meliputi Sumatera, Sulawesi, Bali, NTT, Ternate, Papua, Kupang, Ambon, Kalimantan, dan tentunya pulau Jawa.

Walaupun lokasinya jauh sekalipun kami bisa jamin barang Anda akan bisa sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu sesuai jadwal.

Sudah jutaan pelanggan yang mempercayakan barangnya pada PT. Indone Kargo Ekspress, dan terbukti bahwa pelayanan kami adalah yang terbaik.

3. Ada Alternatif Packing Kayu

Pada beberapa jasa pengiriman, ada yang mewajibkan barang untuk diberi packing kayu jika ingin dikirim menggunakan cargo tertentu.

Ukuran packing kayu biasanya lebih besar dari barang, sehingga pengukuran panjang, lebar, dan tingginya akan ditambah beberapa cm.

Jasa pengiriman PT Indone Kargo Ekspress didukung oleh tim yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Kami akan bisa pastikan paket dan barang Anda sampai di tempat tujuan dalam kondisi terbaiknya, tanpa lecet apalagi kerusakan. Kami juga menggunakan rumus volume barang seperti yang sudah dijelaskan di atas, dan hasil akhir ongkos kirim untuk barang Anda nantinya akan mendapatkan harga yang termurah. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website resmi kami

Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan