Tips Jalur Kirim Motor Antar Pulau PT Indone Kargo Ekspress

Kirim motor antar pulau kini bisa lebih mudah dengan cargo pengiriman motor. Adanya jasa pengiriman motor menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat. Sebab pengiriman sepeda motor antar pulau bisa dilakukan tanpa harus repot-repot. 

Untuk melakukan pengiriman sepeda motor antar pulau atau antar provinsi ada dua jalur yang bisa ditempuh. Berikut ini tips dan dua jalur yang bisa Sobat IKE pilih dalam pengiriman motor antar pulau. 

Jalur Pengiriman Motor Antar Pulau

Soal pelayanan, PT Indone Kargo Ekspress menyediakan layanan yang cukup lengkap. Mulai dari cargo darat, cargo laut, cargo udara, jasa pengiriman mobil, jasa pengiriman hewan, hingga jasa pengiriman sepeda motor. Untuk pengiriman sepeda motor, ada dua jalur yang bisa digunakan untuk pengiriman antar pulau. Yaitu jalur darat dan laut. 

Pengiriman sepeda motor jalur darat biasanya melibatkan truk atau mobil box berukuran besar untuk jumlah banyak. Sementara untuk jumlah pengiriman yang sedikit, armada yang digunakan pun akan menyesuaikan. 

Selain itu juga tersedia pengiriman via jalur laut. Jika Sobat IKE memilih layanan ini, maka motor Sobat IKE akan dikirim dengan menggunakan kapal. Ukuran penyimpanan yang luas membuat cargo kapal memuat kapasitas yang lebih banyak. 

Dalam memilih kirim motor antar pulau menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget adalah kuncinya. Sebab biaya kirim jalur darat berbeda dengan jalur laut. Selain itu, jenis sepeda motor juga mempengaruhi ongkos kirim.

Tips Mengirim Motor Antar Pulau

Ada beberapa tips yang bisa Sobat IKE tiru sebelum mengirim motor antar pulau. 

1. Cari Jasa Yang Terpercaya

Tips pertama adalah mencari jasa yang terpercaya. Sobat IKE bisa mengumpulkan informasi melalui website cargo yang bersangkutan. Periksa pula layanan apa saja yang ditawarkan. Selain itu, jangan sungkan untuk meminta rekomendasi dari teman atau saudara jika Sobat IKE baru pertama kali melakukan pengiriman motor via cargo. 

2. Tanyakan Biaya Kirim Motor Antar Pulau

Jangan malu untuk menanyakan biaya kirim sepeda motor pada customer service. Menanyakan biaya kirim sejak awal akan membantu Sobat IKE menemukan jasa yang tepat dengan harga yang bersahabat. Sehingga Sobat IKE tidak akan menyesal jika harga yang ditawarkan terlalu mahal. 

3. Tanyakan Jenis Motor Apa Saja Yang Bisa Dikirim

Tips selanjutnya adalah tanyakan jenis motor apa saja yang bisa dikirim. Sebab masing-masing cargo mempunyai kriteria berbeda-beda. Selain itu tanyakan pula apa saja dokumen yang harus disiapkan. 

Jenis-jenis Jasa Pengiriman 

Jika berbicara tentang cargo, sebenarnya ada beberapa jenis cargo yang harus Sobat IKE kenal. Kategori cargo berdasarkan sifat barang yang diangkut. 

1. General Cargo 

Kargo umum biasanya memiliki kategori tidak mudah rusak, tidak membahayakan, dan tidak mudah busuk ataupun mati. Barang yang termasuk dalam kargo ini tidak butuh penanganan khusus, cukup mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku saja. 

2. Kargo Khusus

Kargo adalah jenis pengiriman yang membutuhkan penanganan khusus. Seperti hewan hidup, kargo khusus jenazah, kargo barang-barang mudah rusak, barang yang bernilai tinggi, dan lain sebagainya.

3. Kargo Berbahaya 

Jenis kargo ini terdiri dari barang-barang yang punya tingkat risiko tinggi seperti mengancam keselamatan penrbangan hingga mengganggu kesehatan manusia. Contoh kargo ini adalah barang yang mudah meledak, barang yang bersifat mudah terbakar, kendaraan, barang yang mengandung karat, dan lain sebagainya.

Nah itu dia jenis cargo, tips, dan jalur kirim motor antar pulau yang harus Sobat IKE ketahui.

Tinggalkan Balasan