Mau Pindahan Rumah, Kost dan Kantor Gunakan Jasa Pindahan Terdekat

Pindahan baik pindahan rumah atau pindah kost biasanya memerlukan jasa pindahan terdekat. Ini adalah jasa yang dapat membantu Anda melakukan proses pindahan baik rumah, kos, kantor, instansi, atau pindahan lainnya. 

Apapun tujuannya, pindahan merupakan hal yang melelahkan. Jika tidak disiapkan dengan matang, biasanya ada saja barang yang rusak atau tertinggal selama proses pindahan. Apalagi jika jarak dari kost lama ke kost baru tergolong cukup jauh dan barang bawaan Anda cukup banyak.

Manfaat Menggunakan Jasa Pindahan Untuk Anak Kos

Jasa pindahan terdekat menawarkan solusi bagi anak kos yang memiliki keterbatasan waktu dan tenaga untuk melakukan pindahan sendiri. Menggunakan layanan pindahan tersebut dapat membantu menghemat waktu dan tenaga karena sebagian besar proses pindahan akan ditangani oleh pihak layanan pindahan.

Tips Pindahan Kos Dengan Jasa Pindahan Terdekat

Meskipun sudah menggunakan jasa pindahan terdekat, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pindah kost. Agar proses pindahan kost dapat berjalan lancar dan nyaman, berikut ini adalah beberapa tips yang wajib diperhatikan.

Menuliskan Daftar Barang yang Akan Dikemas

Catat apa saja barang yang akan Anda bawa untuk pindahan. Dalam proses pindahan biasanya tidak semua barang perlu dibawa karena sebagian biasanya sudah tidak digunakan lagi dan dapat dibuang.

Pencatatan barang ini akan membuat proses pindahan lebih terorganisir. Selain itu, list tersebut juga akan berguna ketika proses pemindahan sehingga tidak akan ada barang yang tercecer atau tertinggal.

Mengelompokkan Barang Berdasarkan Jenisnya

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengelompokkan barang sesuai dengan jenisnya. Secara umum jenis pengelompokkan barang untuk anak kos misalnya adalah pakaian, buku-buku, dokumen atau berkas, peralatan elektronik, sepatu, dan perabotan lainnya

Ketika proses mengelompokkan barang, jangan lupa untuk memperhatikan list yang telah Anda buat sebelumnya. Buat list barang pada kemasan tersebut. Selain membuat proses pindahan menjadi lebih rapi, hal ini juga akan memudahkan Anda menyusun barang di kost yang baru.

Memanfaatkan Kardus Bekas

Untuk lebih menghemat biaya pindahan, Anda dapat menggunakan kardus bekas untuk mengemas barang-barang yang akan dibawa. Gunakan kardus tersebut untuk mengemas sesuai dengan jenis barang Anda. 

Karena barang yang perlu dikemas cukup banyak, pastikan kardusnya cukup kuat agar saat proses pemindahan barang nanti tidak jebol. Bila perlu, lekatkan lagi permukaan dan sudut kardus dengan isolasi sehingga lebih kokoh.

Mengemas Barang Sejak Jauh-jauh Hari

Proses mengemas barang untuk pindahan memang cukup melelahkan. Tetapi jika hal ini ditunda-tunda, maka proses pindahan menjadi kurang matang karena terkesan terburu-buru. 

Jika Anda sudah membuat list dan mengelompokkan barang, mulailah mengemas barang sejak jauh hari. Proses ini bukan berarti Anda langsung mengemas semua. Anda dapat menyicil dulu untuk mengemas barang yang tidak terlalu penting atau tidak digunakan setiap hari. Jadi saat proses pindahan tiba, proses pengemasan tidak akan terlalu melelahkan.

Contohnya, seminggu sebelum pindahan, sisihkan barang yang akan Anda gunakan selama seminggu ke depan. Kemudian, kemas sisa barang yang lain untuk pindahan. Jadi saat jasa pindahan terdekat datang di hari pindahan, Anda tinggal menyiapkan sedikit barang. Hasilnya proses pengemasan barang pun menjadi lebih cepat dan mudah.

Memperhatikan Barang yang Perlu Perlakuan Khusus

Kesalahan yang sering terjadi dalam proses pindahan adalah menumpuk barang secara asal, yang penting barang dapat terangkut. Coba perhatikan lagi barang yang memerlukan perhatian khusus misalnya barang pecah belah dan teknologi.

Pastikan Anda tidak meletakkan atau menumpuknya secara sembarangan saat pindahan nanti. Bila perlu, lapisi barang yang mudah rusak dengan kain misalnya pakaian, handuk atau kaos kaki.

Menghubungi Jasa Pindahan

Setelah Anda memastikan waktu pindahan, tahap selanjutnya adalah menghubungi jasa barang pindahan. Saat ini sudah tersedia banyak ekspedisi barang pindahan yang dapat membantu Anda melakukan pindahan kos. Anda dapat menggunakan jasa pindahan terdekat yang ada di sekitar kos Anda. Jadi jasa tersebut tidak akan menghabiskan waktu perjalanan yang terlalu lama untuk menuju ke kos Anda.

Menentukan Jenis Kendaraan Untuk Pindahan

Kendaraan menjadi elemen yang paling penting untuk dipertimbangkan untuk pindahan kos. Apalagi jika lokasi kos baru jauh dari lokasi kos lama. Jika barang bawaan tidak terlalu banyak, kendaraan seperti pickup sudah cukup ideal untuk proses pindahan. 

Tetapi jika barang yang perlu dibawa lebih banyak, Anda dapat menggunakan armada seperti truck. Jika lokasi kos sulit dijangkau dengan truck, maka pickup menjadi pilihan yang tepat. Jika kendaraan tersebut tidak mampu memuat semua barang pindahan, maka Anda dapat menggunakan 2 pickup sekaligus. Alternatif lainnya adalah menggunakan satu pickup yang nanti bolak balik membawa barang-barang Anda.

Mengabsen Barang Bawaan

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengabsen setiap barang yang telah dikemas berdasarkan catatan yang telah Anda buat sebelumnya. Selanjutnya buat ceklist untuk setiap kemasan tersebut saat diangkut dengan armada pindahan untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Lakukan proses ini 2 kali yaitu saat mengangkut barang ke kendaraan dan saat menurunkannya saat tiba di kos baru.

Periksa Kembali Minimal Dua Kali

Meskipun Anda sudah mengabsen barang, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali.barang pindahan tersebut. Jangan lupa untuk memeriksa kembali ruang kos yang lama untuk memastikan tidak ada barang yang jatuh atau tertinggal.

Memilih Jasa Pindahan Terdekat yang Terpercaya

Saat ini sudah ada banyak jasa pindahan yang dapat membantu Anda melakukan proses pindahan, termasuk pindahan kos. Dengan banyaknya jasa yang tersedia, pastikan Anda memilih jasa yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Anda dapat meminta rekomendasi dari teman, kerabat, atau mungkin pemilik kos mengenai jasa layanan pindahan yang terpercaya di sekitar kos. Dengan rekomendasi mereka, Anda tentu akan semakin yakin untuk menggunakan jasa tersebut.

Demikian sedikit tips untuk melakukan pindahan kos dengan bantuan jasa pindahan terdekat. Anda dapat menghubungi jasa tersebut beberapa hari sebelum pindahan. Apalagi jika Anda akan banyak melibatkan jasa tersebut dalam proses pindahan sehingga mereka dapat mengosongkan waktu mereka di hari tersebut.

Pada saat memesan jasa tersebut, jangan lupa untuk menginformasikan berapa banyak barang yang akan diangkut saat pindahan. Selain itu, beritahu juga mereka mengenai jenis barang yang akan dibawa sehingga mereka dapat menyiapkan armada yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jangan sungkan menanyakan mengenai apa saja hal-hal termasuk dalam layanan pindahan tersebut. Apakah layanan tersebut sudah termasuk bahan bakar, bagaimana penentuan tarif dari jasa tersebut, apakah tersedia asuransi, dan lain sebagainya.  Dengan mendapatkan informasi yang jelas, Anda tentu akan lebih nyaman dan yakin mempercayakan pindahan kos Anda pada jasa pindahan terdekat. Selain melayani pindahan kos, jasa tersebut juga cocok untuk pindahan rumah, kantor, atau yang lainnya

Tinggalkan Balasan