Jasa Pengiriman Motor Via Kereta Api No 1 Di Indonesia

Jasa Pengiriman Motor Via Kereta Api No 1 Di Indonesia

Ingin pergi ke kampung halaman atau ke kota lainnya, tapi tidak ingin repot dengan kendaraan yang dibawa, terutama sepeda motor ? Yang harus Anda lakukan adalah menggunakan jasa pengiriman motor via kereta api.

Apa Itu Jasa Pengiriman Motor Via Kereta Api ?

Seperti namanya, pengiriman motor ini dilakukan menggunakan transportasi kereta api sebagai layanan angkutnya.

Tahukah Anda, bahwa saat ini layanan pengiriman via kereta api memang cukup populer. Selain lebih cepat, praktis, dan juga aman.

Selain populer untuk mengirim barang, kendaraan roda dua juga dapat dikirim menggunakan layanan transportasi yang dimaksud.

Yang menarik adalah, saat ini, layanan pengiriman kendaraan motor yang dimaksud tidak hanya dimiliki oleh pihak KAI atau Kereta Api Indonesia saja.

Namun ada juga beberapa penyedia jasa lain, yang telah bekerja sama dengan Kereta Api untuk layanan pengiriman kendaraan bermotor tersebut. 

PT INDONE KARGO EKSPRESS adalah salah satu perusahaan cargo terbesar di Medan yang dapat membentu pengiriman motor anda dengan cabang yang sudah ada di beberapa kota besar Indonesia.

Tpis Memilih Jasa Kirim Motor Via Kereta Api

jasa pengiriman motor via kereta api
www.indonekargo.com

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih penyedia jasa kirim motor, menggunakan kereta ini, antara lain :

1. Mencari Informasi

Cari informasi tentang penyedia jasa pengiriman tersebut. Adapun informasi yang dimaksud di sini adalah tentang kejelasan tentang pihak penyedia jasa, mulai dari alamat kantor, jalur pengiriman,  dan yang lainnya.

2. Cek Testimoni

Tidak ada salahnya jika Anda mengecek testimoni dari pihak penyedia jasa. Pilih penyedia jasa yang testimoninya baik di mata konsumen, dan mampu memberikan layanan dan fasilitas yang baik.

3. Ketahui Jenis Layanan

Cek juga bagaimana layanan yang diberikan oleh pihak penyedia jasa. Sebaiknya pilih layanan yang sesuai kebutuhan Anda. Misalnya saja adanya layanan door to door, layanan port to port, adanya layanan tracking dan yang lainnya.

4. Fasilitas Yang Diberikan

Cek juga fasilitas yang diberikan, akan lebih baik, jika pihak penyedia jasa juga mempunyai fasilitas asuransi, agar motor yang Anda kirim nanti, aman dan selamat sampai tujuan. 

5. Menyediakan Layanan Packing

Selain itu, usahakan agar pihak penyedia jasa juga menyediakan layanan packing, motor. Agar motor dapat dipack dengan baik dan rapi, sesuai prosedur yang ada.

6. Perhatikan Standar Keamanan Pengiriman Motor

Anda juga perlu mengecek standar keamanan pengiriman motor oleh pihak penyedia jasa, misalnya saja dengan menguras tangki bensin, membungkus motor dengan dus, agar tidak lecek, ketika bergesekan dengan motor lainnya, serta hal lainnya.

7. Ketahui Tarif Ongkir Motor

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah mengecek harga yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa. Ada beberapa hal yang turut mempengaruhi harga pengiriman motor via kereta api, seperti jenis motor, berat motor, jarak tempuh pengiriman. 

Apabila motor Anda termasuk motor standar, dengan berat standar (100 kg untuk bebek), dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Sudah pasti harga yang diberikan termasuk standar. Demikian pula sebaliknya!

Persiapan Yang Harus Dilakukan

Tentunya ada beberapa persiapan khusus ketika Anda akan mengirim motor, menggunakan layanan jasa pengiriman motor via kereta api, antara lain :

1. Kosongkan Bagasi Motor Anda

Pertama-tama kosongkan bagasi yang ada di dalam motor. Pastikan tidak ada barang berharga, atau Anda masih dapat mengisinya dengan jas hujan.

2. Copot Spion Motor

Untuk keamanan, sebaiknya copot spion, dan simpan di dalam bagasi, dalam kondisi sudah terbungkus, agar tidak mudah rusak.

Walau umumnya pihak penyedia jasa akan mencopot dan membungkusnya untuk Anda, selama perjalanan, dan akan dipasang kembali, ketika sudah sampai ke tujuan.

3. Kosongkan Tangki BBM

Selain mengosongkan bagian bagasi, ada baiknya jika Anda juga perlu mengosongkan bagian tangki BBM. Tidak perlu sampai kosong, cukup isi seadanya, atau setidaknya cukup untuk perjalanan menuju pengisian BBM. 

Tujuannya tidak lain untuk menghindari insiden kebakaran, yang mungkin terjadi, akibat ceceran BBM, ketika terjadi guncangan selama perjalanan.

4. Kunci Kontak Dalam Posisi Off

Pastikan juga kunci kontak dalam posisi off, ketika proses pengiriman berlangsung. Agar aki tidak terkuras habis.

5. Cuci Motor Sebelum Dikirim

Akan lebih baik, jika sebelumnya, motor dikirim dalam kondisi bersih, dan melumasi beberapa bagian yang rentan sekali berkarat. Agar motor tetap nyaman digunakan, sesampainya di lokasi tujuan.

6. Infokan Kondisi Motor Kepada Jasa Pengiriman Motor Via Kereta Api

Jika ada beberapa tambahan yang harus pihak ekspedisi ketahui tentang motor tersebut. Sebaiknya informasikan dengan segera, agar pihak jasa ekspedisi, memberikan layanan tambahan pada motor Anda.

7. Perhatikan Syarat Mengirim Motor Via Kereta Api

Ada juga beberapa syarat yang harus Anda perhatikan dan penuhi ketika akan menggunakan jasa pengiriman motor via kereta api, antara lain :

  1. Pastikan surat menyurat motor yang Anda miliki lengkap, mulai dari STNK asli, fotokopi BPKB, dan juga kunci kontak, sebagai kelengkapan dokumen ketika akan mengirim motor. 
  2. Apabila motor yang Anda miliki masih berstatus kredit, sebaiknya sertakan juga Surat Keterangan dari pihak Leasing itu sendiri. STNK yang diberikan memang sebaiknya asli, demikian pula dengan kunci kontak. 
  3. Sedangkan dokumen lainnya, bisa diberikan dalam bentuk fotokopi.
  4. Bagi pihak penerima atau yang akan mengambil motor, sebaiknya sudah memiliki resi penerima. Tujuannya tidak lain adalah untuk menunjukkan bukti resi penerima dari pihak pengirim. Bisa menggunakan layanan email, fax, atau aplikasi lainnya.     

Cara Kirim Motor Via Kereta Api

Adapun cara kirim menggunakan jasa pengiriman motor via kereta api, tidak terlalu rumit, yang harus Anda lakukan adalah :

1. Pastikan Tarif Pengiriman

Menanyakan masalah biaya, adalah hal yang sebaiknya Anda tanyakan pertama kali ketika mengunjungi pihak penyedia jasa.

Sebaiknya tanyakan biaya keseluruhan atau total keseluruhan pengiriman. Mulai dari biaya pengiriman, biaya administrasi, biaya pengemasan motor dan yang lainnya.

2. Daftarkan Data Diri Pemilik Motor

Hal berikutnya adalah mendaftarkan motor yang akan dikirim. Kali ini isi form atau formulir pengiriman motor yang dimiliki oleh pihak penyedia jasa. 

Pastikan Anda mengisinya dengan benar, sesuai dengan identitas yang ada, dan juga kelengkapan motor yang ada.

3. Daftarkan Data Diri Penerima Motor

Dalam keterangan tersebut Anda juga perlu mencantumkan identitas dan juga kelengkapan, tentang pihak yang akan mengambil motor. 

Tidak hanya nama, namun juga alamat. Lantaran orang tersebut, yang nantinya akan mengambil motor, di pihak jasa ekspedisi. Yang sebelumnya telah dihubungi oleh pihak jasa ekspedisi.

4. Pastikan Anda Memberikan Surat Untuk Proses Pengambilan Motor

Dalam proses serah terima motor tersebut, pastikan, Anda memberikan kelengkapan surat menyurat secara lengkap.

Dokumentasikan motor yang akan dikirim, akan lebih baik, jika bersama salah satu staff jasa pengiriman sebagai bentuk dokumentasi. Sebagai bentuk antisipasi jika terjadi sesuatu hal yang selama pengiriman, oleh pihak ekspedisi.

5. Bayar Tagihan

Jangan lupa bayar tagihan yang diberikan, sesuai dengan nominal tagihan itu sendiri.

6. Minta Resi Untuk Pengambilan Motor

Setelah semua prosedur selesai, Anda akan memperoleh resi. Resi inilah yang nantinya dikirimkan pada orang yang akan mengambil motor di tempat tujuan.

Jadi demikianlah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan menggunakan layanan jasa pengiriman motor via kereta api PT INDONE KARGO EKSPRESS.

Hal-hal tersebut sebaiknya Anda perhatikan dengan baik, agar layanan dari pihak jasa ekspedisi mampu Anda rasakan dengan baik, hingga akhirnya motor yang dikirim tiba di tempat tujuan.

Tinggalkan Balasan