Jasa Pengiriman Motor Murah Ke Luar Kota by PT Indone Kargo Ekspress

Tips Menggunakan Jasa Pengiriman Motor Murah dan Aman

Sekarang, pilihan barang atau kargo yang bisa Anda kirim sudah semakin beragam, termasuk kendaraan bermotor. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengirim motor, Anda bisa manfaatkan jasa pengiriman motor murah sebagai solusi.

Terlebih lagi, jasa kirim motor saat ini sudah semakin banyak. Dengan begitu, Anda pasti bisa temukan pengiriman motor terdekat dari tempat Anda. Tak hanya itu saja, jangkauan jasa kirim motor murah pun makin luas dan bisa menjangkau ke berbagai lokasi di Indonesia.

Meski demikian, Anda juga tak bisa sembarang memilih ekspedisi pengiriman motor. Baik itu sebagai pengirim maupun penerima, motor yang dikirim tentu harus tetap dalam kondisi baik. Di sinilah kualitas jasa kirim motor jadi fokus utama.

Apabila Anda sembarangan dan asal-asalan memilih jasa pengiriman hanya karena murah, bisa-bisa Anda malah dikecewakan nantinya. Meskipun sebenarnya tak ada salahnya memilih jasa kirim motor murah, Anda tetap harus perhatikan kualitas pelayanannya juga.

Nah, agar Anda tak keliru dalam menggunakan ekspedisi pengiriman motor, yuk simak beberapa tips berikut ini! Di sini, Anda bisa temukan tips mengirim motor dengan aman agar kendaraan Anda tetap berada dalam kondisi prima setibanya di alamat tujuan. Selamat membaca!

Cari Tahu Jenis Armada yang Digunakan Jasa Pengiriman Motor Murah

Pada dasarnya, ada berbagai jenis armada atau kendaraan yang digunakan oleh pihak jasa kirim motor. Misalnya kereta, truk, hingga kapal. Ketahui dulu apa jenis kendaraan yang digunakan agar Anda bisa pilih yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Misalnya untuk pengiriman di dalam Pulau Jawa, kereta atau truk jelas adalah pilihan terbaik. Jenis truk sendiri ada bervariasi, dengan ukuran dan kapasitas angkut yang beda satu sama lain. Tak ada salahnya jika Anda tahu secara spesifik sampai ke detail ini.

Mengapa? Karena pilihan jenis armada bisa berpengaruh pada biaya atau ongkos kirim motor nantinya. Tentukan prioritas apakah Anda ingin yang cepat sampai, terutama jika motor perlu segera dipakai di tempat tujuan. Atau, Anda tak berkeberatan bayar lebih murah karena tidak buru-buru.

Pastikan Detail Ongkos Kirim Pengiriman Motor

Meskipun motor bukan paket seperti makanan atau pakaian, bukan berarti pengiriman motor tidak butuh packing, lho! Biasanya, packing motor dilakukan untuk meminimalkan risiko kendaraan terkena kotoran selama perjalanan.

Di samping itu, packing motor juga dapat mencegah terjadinya gores pada bodi kendaraan. Sebab, tentunya jasa pengiriman motor murah tidak hanya mengirimkan satu unit motor saja kan setiap kali jalan? Dengan begitu, kondisi kendaraan akan semakin terjamin selama pengiriman sekalipun.

Nah, pastikan apakah biaya ongkos kirim alias ongkir yang dipatok oleh jasa kirim motor sudah termasuk packing atau belum. Tentunya akan lebih praktis kalau sudah termasuk biaya packing, kan?

Tapi, kalaupun misalnya belum termasuk biaya packing, bukan berarti Anda bisa langsung beralih ke pilihan lain. Tanyakan dulu apakah pihak ekspedisi pengiriman motor murah juga mematok biaya packing yang terpisah, dan tanyakan pula berapa harganya.

Biasanya, semua jasa kirim motor pasti menyediakan layanan packing, kok. Termasuk packing full seluruh bodi motor untuk keamanan maksimal. Untuk jenis packing seperti ini, hanya bagian roda saja yang tidak tertutupi.

Pastikan Motor Diasuransikan Juga

Anda pastinya tidak ingin motor mengalami hal-hal tak diinginkan selama perjalanan. Misalnya kerusakan atau ada bodi yang lepas. Meski begitu, Anda harus mengakui bahwa akan selalu ada risiko tersebut selama pengiriman motor nantinya.

Agar Anda tidak dirugikan dan terpaksa harus menanggung biaya perbaikan sendiri, pastikan bahwa kendaraan Anda sudah diasuransikan. Kalaupun tidak, Anda bisa minta pihak jasa kirim motor untuk membuat surat pernyataan. Di dalamnya, pastikan pihak pengiriman yang akan menanggung risiko jika motor mengalami kerusakan selama pengiriman.

Dengan demikian, apabila nanti benar terjadi hal-hal tak diinginkan pada kendaraan selama proses pengiriman, Anda tidak jadi pihak yang dirugikan. Akan tetapi, risiko ini bisa Anda hindari dengan memilih jasa pengiriman motor murah, aman, dan profesional yang selalu mengasuransikan kendaraan saat pengiriman.

Kalau ternyata kendaraan tidak rusak sama sekali selama pengiriman, buat apa bayar uang asuransi? Eits, jangan salah kaprah dulu.

Memang benar bahwa asuransi mengharuskan Anda untuk bayar ekstra. Akan tetapi, nilai pertanggungan atau perlindungan yang bisa Anda terima jika terjadi kerusakan jauh melebihi biaya yang Anda keluarkan.

Kalaupun memang kendaraan tetap dalam kondisi baik sampai di alamat tujuan, ya sudah. Artinya Anda sudah memastikan adanya perlindungan bagi motor selama pengiriman. Sebab, tidak ada yang pernah bisa menduga kapan risiko kerusakan terjadi selama motor dalam perjalanan, kan?

Hindari Kirim Motor Terlalu Mepet

Apabila ada tanggal tertentu kapan motor sudah harus sampai di alamat tujuan, pastikan bahwa Anda tidak mengirim motor terlalu mepet dengan tanggal tersebut. Sebab, proses pengiriman pasti butuh waktu. Jadi, sesuaikan pula dengan durasi pengiriman.

Apalagi jika pengiriman motor berbarengan dengan hari libur atau hari raya. Contohnya lebaran atau libur akhir tahun. Sebab, pada tanggal-tanggal tersebut, ekspedisi pengiriman kendaraan pun biasanya juga sudah ramai.

Jika Anda paksakan dan meminta pihak jasa pengiriman motor murah untuk mengirim motor Anda dalam waktu cepat, bisa jadi malah Anda yang rugi. Sebab, tingkat ketelitian petugas yang menangani pengiriman kemungkinan akan menurun karena diburu-buru.

Di samping itu, tentu saja masih ada risiko kalau kendaraan terkirim tidak tepat waktu. Kalau begini, tentu kesalahan bukan di pihak ekspedisi pengiriman motor. Sebab, jasa kirim motor pasti sudah menginfokan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman.

Simpan Resi Pengiriman Kendaraan

Apapun jenis barang yang dikirim, nomor resi sangat penting dan harus Anda simpan. Biasanya, nomor resi ini akan dicetak pada nota atau kuitansi yang diterima pengirim. Dokumen tersebut akan diserahkan pihak jasa kirim motor setelah proses pembayaran ongkir selesai.

Nomor resi ini jangan sampai Anda buang atau abaikan. Sebab, nomor resi dibutuhkan untuk melacak posisi dan status pengiriman motor Anda. Biasanya, Anda hanya perlu masukkan nomor resi pada kotak yang ada di website jasa pengiriman untuk pelacakan.

Dengan adanya nomor resi, Anda pun bisa bebas cek status pengiriman atau lokasi terakhir motor Anda kapan saja. Nomor resi ini juga bersifat unik dan berbeda dari satu pelanggan dengan pelanggan lainnya.

Jadi, pelacakan jadi jauh lebih mudah dengan adanya nomor resi. Pasalnya, pihak jasa pengiriman tidak bisa bantu lacak status pengiriman hanya berdasarkan nama pengirim atau penerima. Misalnya nama Anda “Andre”, dan belum tentu Anda satu-satunya yang bernama Andre di sistem milik jasa ekspedisi, kan? Itulah 5 tips menggunakan jasa pengiriman motor murah yang aman dan berkualitas. Dengan begitu, hati Anda akan selalu tenang saat menggunakan jasa kirim motor!

Tinggalkan Balasan