Jasa Pengiriman Motor JNE, Emang Bisa? Begini Caranya!

Jasa Pengiriman Motor JNE? Tahukah Anda bahwa JNE, tidak hanya mampu mengirim berbagai macam jenis barang, ke berbagai kawasan di Indonesia saja. Namun JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) ini juga dapat mengirim berbagai macam jenis barang lainnya, termasuk motor.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang layanan jasa pengiriman motor JNE tersebut, sebelum menggunakannya. Adapun jenis layanan pengiriman yang akan digunakan oleh JNE kali ini adalah JNE Trucking atau JTR.   

Tips Aman Kirim Motor

Sebelum membahas lebih dalam tentang layanan jasa pengiriman motor JNE ini. Sebaiknya pahami beberapa tips berikut, agar motor yang Anda kirimkan kelak aman, dan sampai dengan selamat.  

  1. Pastikan Anda mengosongkan bagasi motor, selain itu Anda juga perlu mengurangi BBM yang ada di dalam tangki.
  2. Agar lebih aman, sebaiknya copot spion, dan bungkus dengan rapi, kali ini Anda dapat menyimpannya di dalam bagasi.
  3. Bungkus juga motor tersebut, menggunakan dus, di sekelilingnya, agar tidak lecet selama perjalanan. Pastikan semua body motor tertutup dus, terkecuali bagian roda. Akan lebih baik jika beberapa bagian tertentu, seperti batok lampu, dan yang lainnya diberi tambahan pelapis.
  4. Pastikan juga kunci kontak dalam posisi off, agar aki motor tidak cepat habis.
  5. Sebaiknya cuci bersih motor, sebelum dikirim. Juga lumasi beberapa bagian yang paling rentan berkarat. Agar ketika digunakan kelak, motor tetap terasa nyaman.
  6. Ketika motor akan Anda serahkan pada pihak ekspedisi JNE, sebaiknya temani staff JNE, untuk mengecek motor, akan lebih baik dokumentasi pengecekan tersebut. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dokumentasi terhadap keutuhan motor yang akan dikirim.
  7. Siapkan beberapa surat menyurat yang diperlukan, seperti STNK asli, fotokopi BPKB, dan juga kunci kontak. Sedangkan dokumen pelengkap lainnya dapat diberikan dalam bentuk fotokopi.
  8. Apabila motor masih dalam tahap cicilan, dan belum lunas, sebaiknya berikan juga keterangan dari pihak leasing.
  9. Jangan lupa siapkan juga dokumen untuk pihak penerima, seperti no telpon, alamat pihak penerima yang jelas, no resi, dan yang lainnya.

Sedikit tips tambahan, ketika Anda akan mengirim motor, sebaiknya dilakukan jauh hari. Terutama ketika akan mengirim di waktu padat, seperti musim liburan. Agar pihak jasa ekspedisi, mampu meneliti dengan baik, dan mampu memberikan layanan prima pada masing-masing motor yang akan dikirim.  

Cara Menggunakan Jasa Pengiriman Motor JNE

Lalu bagaimana cara kirim motor menggunakan jasa pengiriman motor JNE tersebut. Yang pasti tidak sulit, yang harus Anda lakukan adalah :

  1. Mengunjungi kantor JNE cabang terdekat. Atau bisa saja, Anda menghubungi pihak CS yang ada di website resmi atau di aplikasi ponsel pintar.
  2. Karena kali ini Anda akan mengirimkan motor, maka layanan JNE yang tepat adalah JNR.
  3. Berikutnya cek bobot motor yang akan dikirim. Umumnya untuk motor bebek, biasanya bobot motor sekitar 100 kg. Sedang untuk motor sport atau jenis lainnya, biasanya bobotnya jauh lebih berat. Anda sebaiknya memperhatikan hal tersebut.
  4. Cek jenis mesin motor yang Anda miliki. JNE terutama JTR mempunyai 3 jenis layanan pengiriman motor, yaitu :
    1. JTR< 150 untuk layanan kirim motor dengan mesin kurang dari 150 cc.
    2. JTR< 250 untuk layanan kirim motor dengan mesin kurang dari 250 cc.
    3. Sedangkan JTR> 250 untuk layanan kirim motor dengan mesin lebih dari 250 cc.
  5. Cek juga kota asal Anda, dan juga kota tujuan. Akan lebih baik jika memasukkan alamat secara lengkap.
  6. Untuk layanan lain, Anda juga perlu memasukkan alamat pickup. Kali ini masukkan alamat dimana motor tersebut akan dibawa.
  7. Jika semua sudah dirasa lengkap, maka Anda akan memperoleh estimasi biaya pengiriman. Estimasi biaya kirim ini, cukup beragam, mulai dari ongkos kirim, asuransi, layanan pengiriman, dan yang lainnya.
  8. Pelajari estimasi biaya kirim tersebut, pilih sesuai dengan kebutuhan, terutama ongkos kirim dan asuransi.
  9. Jangan lupa untuk memberikan beberapa kelengkapan yang diminta untuk mengirim motor.

Alasan Menggunakan Jasa Pengiriman Motor JNE

Jika dilihat dari ulasan di atas, jelas sudah bahwa menggunakan jasa pengiriman motor JNE, tentunya sangat mudah. Selain mudah, ada juga beberapa alasan lain, kenapa sebaiknya Anda menggunakan JNE terutama JNR tersebut, antara lain :

  1. Estimasi lama kirim jelas. Hal seperti ini dapat Anda lihat secara langsung dari detail estimasi lama kirim paket pada dikantor JNE. Dalam hal ini sesuai dengan jam kerja yang ada.
  2. Tarif ongkos kirim lebih pasti. Tidak hanya ongkos kirim, namun ada juga ongkos kirim lainya, yang membuat motor yang akan dikirim aman selama perjalanan.
  3. Selain itu, jika dilihat dan dibandingkan, tarif yang diberikan terbilang cukup murah. Ini yang jadi kelebihan dari JNE, terutama pengiriman dalam bobot yang berat.
  4. Adanya layanan tracking, ini yang akan memudahkan anda melacak, keberadaan motor itu sendiri.
  5. Adanya layanan door to door, sehingga Anda dan penerima tidak perlu pergi ke luar rumah untuk mengirim atau menerima motor tersebut. Karena dengan layanan tersebut, motor akan diambil oleh pihak JNE secara langsung, dan dikirim ke alamat tujuan juga secara langsung.
  6. Sebenarnya selain layanan door to door, ada juga layanan lain yang ditawarkan oleh pihak JNE, seperti layanan port to port dan yang lainnya. Anda dapat memilih salah satu yang dinilai tepat, dan sesuai kebutuhan.
  7. Proses cetak resi juga jauh lebih mudah. Ini yang akan memudahkan Anda dan pihak penerima motor kelak, untuk mengambil motor.

Yang harus diperhatikan ketika menggunakan JNE / JTR untuk kirim motor

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika menggunakan jasa pengiriman motor JNE dalam hal ini JNE Trucking / JTR, yaitu :

  • Pastikan daerah tempat pengambilan motor, termasuk daerah layanan JNE.
  • Pastikan juga daerah tempat penerima motor juga termasuk daerah layanan JNE. Terutama ketika Anda menggunakan layanan door to door.
  • Kenali motor Anda dengan baik, mulai dari bobot, jenis mesin (cc), dan hal-hal lainnya. Guna memudahkan Anda dalam menghitung serta membungkus motor itu sendiri.
  • Cek juga tanggal pengiriman dan tanggal sampai motor tersebut. Apabila Anda akan mengirim pada saat musim liburan, sebaiknya hal tersebut dilakukan sejak jauh hari, agar staf JNE mampu memberikan pelayanan maksimal, pada masing-masing motor.
  • Akan lebih baik, jika Anda sebelumnya mencari informasi atau melakukan estimasi ongkos kirim. Jangan lupa cek juga apakah ada biaya lain yang harus dibayar. Agar Anda dapat mempersiapkan biaya secara tepat, dan tidak mengalami over budgeting.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan layanan jasa pengiriman motor JNE tersebut, sangat menguntungkan, praktis, dan cepat. Didukung dengan luasnya jangkauan JNE, sudah pasti motor yang akan dikirim, akan sampai ke lokasi yang diminta dengan aman dan selamat sampai tujuan.

Namun perlu Anda ketahui tidak semua gerai JNE menerima pengiriman motor. Banyak faktor dan alasan untuk itu, salah satunya tidak adanya team yang melakukan packing terhadap motor anda.

Untuk itu kami mengenalkan PT INDONE KARGO EKSPRESS Perusahaan jasa pengiriman yang sudah berdiri sejak tahun 2008 dan sudah menangani berbagai macam pengiriman mulai dari pengiriman mobil, jasa pengiriman motor, pindahan rumah, Hewan, Makanan Beku dll.

Kami menyediakan semua kebutuhan layanan pengiriman anda. Kami siap mengirimkan barang anda ke seluruh kota-kota di Indonesia dengan tarif yang lebih murah dari jasa pengiriman lainnya.

Tinggalkan Balasan