Jasa Pengiriman Motor Antar Pulau Lebih Murah Dengan PT IKE

Jasa Pengiriman Motor Antar Pulau Lebih Murah Dengan PT IKE

Motor adalah salah satu jenis kendaraan roda dua yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, motor membuat kita lelah jika menempuh perjalanan jarak jauh apalagi antar pulau. Oleh karena itu banyak yang memilih menggunakan jasa pengiriman motor antar pulau.

Anda bisa melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum dan menitipkan motor kepada pihak layanan pengiriman motor. Anda bisa beristirahat dan tidak lelah sampai di kampung halaman. Silaturahmi akan berjalan dengan lancar.

Jasa ini juga sangat berguna bagi Anda yang menjual atau membeli motor jenis tertentu antar pulau. Ya, Anda dapat melakukan kegiatan jual beli motor ke seluruh Indonesia dengan jasa yang satu ini. 

Cara Memilih Jasa Pengiriman Motor antar Pulau

Di Indonesia, jasa kirim motor ini ada banyak sekali. Oleh karena itu Anda harus memilih yang terbaik. Bagaimana caranya?

1. Pilih yang Harganya Masuk Akal

Pertama, pilihlah jasa yang mematok harga yang masuk akal. Ya, umumnya semua jasa ekspedisi memiliki harga yang tak jauh berbeda. Jika ada Pengiriman motor yang mematok harga terlampau jauh maka bisa dicurigai.

Jangan pernah langsung percaya dengan jasa kirim motor antar pulau yang menawarkan harga sangat murah. Bisa jadi kualitas yang diberikan sangat kurang atau bahkan sama sekali tidak memuaskan.

Jangan sampai motor Anda mengalami permasalahan selama di perjalanan hanya karena harganya sangat murah. Namun, harga yang mahal juga tidak menentukan bahwa jasa kirim motor antar pulau itu berkualitas. 

Anda harus mengecek betul-betul bagaimana kualitas dari pengiriman motor tersebut. Hal ini penting demi keselamatan motor Anda dari satu pulau ke pulau lainnya.

2. Pilih Ekspedisi yang Memiliki Reputasi yang Baik

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas bahwa pemilihan jasa pengiriman yang berkualitas merupakan kunci. Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan mereka bagus, Anda bisa mengecek reputasinya.

Lihat dari nama jasa ekspedisi tersebut. Apakah nama itu sudah terkenal di kalangan Anda atau belum. Kemudian, lihat di internet dan cari review dari jasa pengiriman motor tersebut.

Anda bisa mencarinya di media sosial atau di forum-forum diskusi online mengenai pengiriman motor antar pulau tersebut. Anda bisa menanyakan atau melihat bagaimana tanggapan mereka mengenai pelayanan jasa tersebut,

3. Pilihlah Jasa yang Memberikan Informasi Real Time Motor yang Anda Kirimkan

Berikutnya, pilihlah pengiriman motor yang memberikan layanan informasi real time. Dengan cara yang satu ini, Anda bisa mengetahui sampai di mana barang Anda di mana saja dan kapan saja.

Jasa pengiriman motor antar pulau zaman sekarang kebanyakan sudah menggunakan teknologi ini.  Biasanya pemilik jasa ekspedisi menyediakan aplikasi atau website untuk mengeceknya menggunakan nomor resi yang telah diberikan.

4. Pastikan Ekspedisi dengan Garansi Terbaik

Terakhir, pastikan jasa kirim motor yang Anda pilih memberikan garansi terbaik untuk kendaraan roda dua Anda. Biasanya, untuk melakukan pengiriman motor ke luar pulau Anda akan melalui tahap konsultasi terlebih dahulu.

Pada tahap ini penting sekali bagi Anda untuk menanyakan bagaimana mengenai klaim garansi pengiriman motor sendiri. Pastikan garansi yang ditawarkan menguntungkan Anda sebagai pelanggan.

Faktor yang Menentukan Harga Kirim Motor antar Pulau

Lalu, berapa harga jasa pengiriman motor antar pulau itu? Harganya  berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor, yaitu sebagai berikut:

1. Dari Mana dan ke Mana Motor akan Dikirim

Pertama, harga pengiriman motor sangat tergantung pada di mana tujuan pengiriman itu sendiri. Pengiriman dari pulau Jawa ke Kalimantan tentu berbeda harganya ketika Anda mengirim dari pulau Jawa ke Sumatera.

2. Tergantung Pada Jenis dan Berat Motor yang akan Dikirimkan 

Kemudian, ada juga pengiriman motor yang menetapkan tarif berdasarkan besar kecilnya motor dan juga jenisnya. Karena kita tahu sendiri bahwa ada motor yang ukurannya besar dan ada juga yang ukurannya kecil.

3. Tergantung Paket yang Anda Pilih

Harga pengiriman motor antar pulau juga sangat tergantung pada jenis paket yang Anda pilih. Semakin cepat paket yang Anda pilih pastinya tarifnya juga akan semakin mahal pula. 

4. Tergantung Jasa Packing yang Anda Pilih

Harga jasa pengiriman sepeda motor juga tergantung pada jasa packing yang Anda pilih. Jika Anda memilih melakukan packing sendiri dari rumah maka tarif yang dibayarkan hanya ongkos kirim saja. Sedangkan jika Anda memasrahkan packing kepada pihak jasa maka Anda harus membayarnya lebih.

5. Tergantung Jasa Pengiriman Motor Antar Pulau yang Anda Gunakan

Harga juga sangat bergantung pada jasa pengiriman yang Anda pilih. Ongkos kirim antara satu jasa dengan yang lainnya berbeda. Namun umumnya perbedaan itu tidak signifikan.

6. Apakah Motor Anda Dijemput atau Diantarkan

Jika motor Anda diantarkan ke pihak jasa pengiriman maka Anda tak perlu membayar mahal. Jika dijemput pastinya ada tarif lebih.

Tips Ketika Menggunakan Jasa Kirim Motor Antar Pulau

Sebelum menyerahkan kendaraan roda dua Anda kepada pihak jasa pengiriman sebaiknya lakukan tips-tips di bawah ini:

1. Fotokopi Berbagai Dokumen Persyaratan

Pertama, siapkan semua kelengkapan dokumen Anda. Ya, Anda harus memiliki salinan beberapa surat penting seperti KTP dan juga STNK. Keduanya sebagai syarat untuk pengangkutan motor.

Sebaiknya gandakan dokumen untuk diberikan pihak pengiriman motor juga untuk Anda sendiri. Anda harus menyimpannya sebagai bukti bahwa itu sebagai motor Anda dan berfungsi untuk pengambilan.

2. Kosongkan Bensin

Sebaiknya, kosongkan bensin motor Anda sebelum diserahkan kepada pengiriman motor. Hal ini untuk menghindari bensin yang tumpah dan juga untuk menghindari ledakan ketika motor sedang terkena panas. Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut, tak ada salahnya untuk melakukan itu.

3. Foto Detail Motor Anda Sebelum Keberangkatan

Selanjutnya, foto detail motor Anda sebelum Anda bawa atau dijemput. Foto beberapa detail pada motor Anda dan pastikan sampai di tempat tujuan dalam keadaan yang sama. Foto semua bagian jangan sampai ada yang terlewat.

Mengapa hal ini penting? Karena foto bisa menjadi salah satu bukti jika motor Anda mengalami kerusakan. Dengan adanya foto keadaan sebelum keberangkatan, maka Anda bis mengklaim garansi jasa tersebut dengan lebih mudah. Nah, begitulah beberapa penjelasan mengenai jasa pengiriman motor antar pulau yang perlu Anda ketahui. Kini di Indonesia telah tersedia sehingga Anda tak perlu khawatir motor tak sampai di rumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk semua yang membaca.

Tinggalkan Balasan